Ranking 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia

Kalau kita rajin menelisik laporan keuangan atau juga annual report perusahaan besar Indonesia yang sudah go public, kita tahu, kegiatan ekonomi bisnis di negeri ini sungguh terus bergerak dengan kencang. Saya punya positive expectation and feeling : suatu saat ekonomi negeri ini akan menjadi salah satu pilar penting dalam dinamika ekonomi global, bersama China, India dan Brazil.

Dan perjalanan untuk menapak menjadi world class players itu juga amat ditentukan dari seberapa bagus kinerja bisnis perusahaan – perusahaan top di negeri ini. Dalam tulisan kali ini, kita akan memetakan peringkat 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia (10 Best Companies di Indonesia).

Peringkat ini disusun dengan mengacu pada empat kriteria penting : aspek finansial (sejauh mana mereka mampu mencetak profit secara berkesinambungan); aspek operasional bisnis (bagaiamana mutu proses bisnis yang mereka sajikan); aspek reputasi (bagaimana dampak bisnis mereka terhadap masyarakat) dan juga aspek SDM (sejauh mana mereka cakap dalam mengelola SDM-nya).

Berikut daftar pemenang 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia untuk tahun 2011.

1. Astra International
2. Bank BRI
3. Telkomsel
4. Garuda Indonesia
5. Adhi Karya
6. Teh Sosro
7. Medco Indonesia
8. Astra Agro Lestari
9. Mustika Ratu
10. Adira Finance

Ada sejumlah catatan yang layak dibentangkan berkaitan dengan daftar peringkat 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia diatas.

Catatan pertama : pilihan nomer satu yang jatuh pada Astra International mungkin bukan sebuah kejutan. Telah lama perusahaan ini dikenang sebagai organisasi bisnis yang tangguh, baik dari sisi profitabilitas atau terutama, dalam ketangguhan sistem manajemen dan jajaran SDM-nya. Mereka layak berutang budi pada mendiang William Soerjadjaja dan juga mantan CEO mereka Teddy Rakhmat – dua figur utama yang telah meletakkan pondasi bisnis yang amat kokoh demi melesatnya Astra di kemudian hari (sayang di Indonesia, jarang ada tokoh bisnis sehebat Oom William).

Bank BRI menjadi nomer dua karena mereka benar-benar bank yang luar biasa. Net profit mereka telah menembus angka 6 triliun rupiah; dan ini mereka bangun melalui fokus pada segmen UKM di segenap penjuru Indonesia. Bank BRI adalah contoh sempurna tentang BUMN yang punya level kelas dunia.

Teh Sosro dan Mustika Ratu adalah dua eksemplar bagus tentang bagaimana ketangguhan bisnis lokal untuk memenangkan kompetisi skala global. Sampai hari ini Sosro masih terus bertahan sebagai market leader. Mudah-mudahan mereka tetap bisa bertahan sebagai perusahaan domestik, tidak bernasib sepertu Aqua yang dicaplok Danone dari negeri Perancis. Mustika Ratu juga terus menjulang dan merangsek ke pasar Asia, dengan CEO baru-nya yang cantik itu, putri tunggal dari sang pendiri Mooryati Soedibyo.

Adhi Karya diam-diam adalah perusahaan konstruksi top di negeri ini. Mereka punya banyak projek di luar negeri (Timur Tengah dan China) and you know what. Para karyawan mereka yang bekerja di luar negeri dianggap sebagai salah satu pekerja konstruksi terbaik di dunia. Banyak project owners di luar negeri yang kagum dengan ketekunan, ketrampilan dan dedikasi mereka.

Kelapa sawit adalah produk unggulan yang akan membawa negeri ini melambung dalam kancah ekonomi global. Dan Astra Agro Lestari adalah salah satu perusahaan sawit yang paling bagus di tanah air (mereka juga bagus karena anak perusahaan Astra International).

Demikianlah catatan ringkas tentang 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia. Mereka semua merupakan figur penting yang mudah-mudahan bisa membawa negeri ini menuju kemakmuran (melalui penciptaan lapangan kerja, membayar pajak dengan rajin, dan multiplier effects lainnya).

Tentu saja diharapkan mereka juga bisa terus melakukan inovasi : inovasi dalam produk, inovasi dalam proses kerja, dan juga inovasi dalam praktek manajemen yang berkaliber internasional.

~
Photo credit by : Dabiel KHC @ Flickr.com

Dapatkan secara gratis ebook – PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.

Pakar Hijau Slide Biru

54 comments on “Ranking 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia
  1. Maaf pak,ada beberapa yg saya kurang sepakat.menurut saya,sangat sulit membandingkan perusahaan yang berbeda industri.apalagi faktor yg dinilai sama.rasanya,perbandingannya tidak lagi ‘apple to apple’.

    Yang kedua,bagaimana mungkin kita bs menilai terbaik utk 2011 sementara tahun ini baruberjalan kurang dari 3 bulan.

    Lalu,saya rasa Garuda Indonesia kurang pantas berada di sana.konflik internal antara manajemen dan serikat pekerja beberapa waktu yang lalu,kurang lakunya saham IPO,serta laporan keuangan yang merugi,membuat GA kurang pantas disebut salah satu yang terbaik.

    CMIIW
    :)

  2. Mengenai neraca utang perusahaan raksasa tersebut bagaimana, khususnya Astra dan perusahaan plat merah ? Setuju dengan Mas Bijak, Garuda Indonesia dan Telkomsel saya pikir kurang layak masuk peringkat, dengan segala permasalahan dan keluhan konsumen yang kerap muncul. Semoga di masa mendatang sisi service excellent lebih dikedepankan. Anyway, thanks Mas Yodhia atas sajiannya.

  3. saya setuju bila BRI masuk dalam front line 10 besar. dengan share market yg mereka ciptakan membentuk opini publik bahwa BRI merupakan bank yang merakyat.
    utk grup AAL,hal ini karena didukung dengan adanya konflik di timur tengah sehingga menjadikan harga CPO melambung tinggi di pasar dunia.
    kalau GI,saya belum sependapat pak….
    banyak konflik internal yg terjadi di tubuh GI
    btw,saya tetap salut dengan perusahaan2 tersebut. hal ini menginspirasi utk selalu grow up

  4. Thanks atas kiriman artikelnya setiap minggu pak….
    ditunggu selanjutnya tulisan bagaimana masing2 perusahaan terbaik tsb mengelola perusahaannya?keunggulan2 apa yg mereka miliki dlm strateginya?smoga dpt menjadi pembelanjaran bagi kita smua…

  5. saya tidak mempermasalahkan daftar tersebut, ataupun kriteria penilaiannya, karena tidak akan berdampak apapun ke depannya. yang jadi masalah tidak ada data yang disajikan, yang didasarkan oleh riset yang mendalam, untuk mendukung penetapannya, yang ada hanya cerita dongeng yang setiap orangpun bisa mengarangnya.

    lagi membandingkan perusahaan yang berbeda, baik berbeda di industri maupun skalanya juga tidak lazim, akan menyisakan banyak pertanyaan yang barangkali secara ilmiah susah menjawabnya.

    anyway, that’s good trial…..

  6. Kurang setuju jika kalimatnya “10 perusahaan terbaik 2011″ kalau diganti 2010 mungkin bisa menjadi referensi di masa yg akan datang.

    kenapa saya tidak setuju ? ini kan masih bulan Maret Pak. jika diganti dengan “10 perusahaan terbaik di kuartal pertama 2011″ masih bisa saja pantes.

    dan ada beberapa perusahaan yg bermasalah seperti Garuda Indonesia kok bisa masuk 10 besar terbaik ?

    bisa di jelaskan penilaian dari segi apa ?

    Makasih sebelumnya :)

  7. Saya kurang sependapat kalau jajaran SDM dimasukkan sebagai salah satu kriteria.

    Kami adalah salah satu suplier dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yg merupakan anak perusahaan Astra International.

    Setiap kami mendapat order dari TMMIN selalu terjadi perubahan, bahkan sampai hari H pesanan tsb harus dikirim pun masih terjadi perubahan. Kemudian pada saat penerimaan barang di lokasi juga tidak ada aturan (SOP) yg jelas, sehingga sering terjadi saling komplain kuantiti barang yg diterima.

    Kami pun sering berpikir ternyata Astra tidak lah sehebat yg digemborkan dan bahkan kami berani bertaruh bahwa dari sisi service mungkin kami jauh lebih baik. Padahal kami mungkin hanya seujung kuku Astra besarnya.

  8. The Best in 2011 karena tulisan ini dipublikasikan di tahun 2011. Tentu penilaiannya adalah dengan mengacu pada data setahun (12 bulan) terakhir.

    Masukan tentang Garuda memang ada benarnya; namun proses turn around yang mereka lakukan selama ini (sejak emirsyah satar masuk menjadi CEO) saya kira layak diapresiasi.

  9. Saya setuju dengan pak kristiawan.. mungkinkah dapat disajikan lebih mendalam strategi bisnis dan pengelolaan manajemen yang mereka tempuh sehingga mencapai top 10. Thx