2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online

Dengan jumlah pengguna internet yang kian meningkat pesat (sekitar 40 juta pada tahun 2012), maka online business merupakan salah satu sektor yang potensial untuk mekar dengan semerbak. Disitu terbentang sebuah peluang untuk mereguk sejumput rezeki yang berkelimpahan. Disitu ada setangkup harapan untuk menikmati profit yang terus mengalir tanpa henti.

Dan tentu saja ini : online business yang sukses bisa dijalankan hanya dari rumah. Sambil duduk leyeh-leyeh menikmati wedang jahe di serambi belakang rumah, kita bisa meraup omzet yang lumayan mak nyus. Tidakkah ini sebuah pemandangan yang indah, dibanding harus setiap pagi berangkat ke kantor, pulang petang atau malam, setelah grudak gruduk dihimpit kemacetan dan polusi yang kian tak tertahankan?

Ah, kalau saja begitu mudahnya menjalankan online business. Jangan khawatir sobat. Sebentar lagi akan dihidangkan dua rahasia besar dibalik keberhasilan menjalankan online business. Sebelum melanjutkan hidangan, monggo, silakan di-seruput dulu wedang jahe-nya.

Rahasia pertama untuk menjalankan bisnis online yang sukses mungkin bisa diringkas dalam tiga kata : trafik, trafik dan trafik. Banyak orang yang bersemangat membangun web store yang keren, lengkap dengan display produk yang jos markojos. Namun mereka lupa, tanpa trafik pengunjung yang memadai, web store itu ibarat rumah megah di tengah kuburan. Sunyi dan senyap.

Dan kabar buruknya adalah ini : membangun trafik pengunjung yang tinggi, alamak, susahnya minta ampun. Blog keren yang tengah Anda baca ini contohnya. Setelah empat tahun berjibaku, tiap minggu tanpa henti update tulisan bagus, toh jumlah pengunjung blog ini hanya 30 ribu/bulan (oke sudah lumayan tinggi; sebab banyak web store yang pengunjungnya cuma 2000-an/bulan. Namun target saya sebenarnya 300 ribu visitor/bulan. Sebab kalau target ini tercapai, saya bisa segera menjadi jutawan. I am not joking).

Ada dua cara untuk mendongrak trafik pengunjung. Cara pertama adalah cara alamiah. Maksudnya mencoba menarik pengunjung dengan konten informasi yang melimpah. Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing.

Mudah-mudahan dengan begitu akan ada banyak yang nge-link ke web kita, dan Google akan makin baik hati dengan isi/konten web kita yang melimpah. Selanjutnya, ribuan pengunjung akan dengan mudah menclok ke web store kita. Namun, cara alamiah ini sungguh butuh nafas yang panjang. Endurance. Dan kesabaran. Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.

Cara kedua untuk mendongkrak pengunjung tentu saja melalui iklan. Sebenarnya memasang iklan di Google atau Facebook cukup murah juga. Hanya Rp 200 per klik. Artinya setiap ada yang nge-klik iklan kita, maka kita kena biaya Rp 200 saja. Artinya kalau kalau kita pengin ada 100 klik/pengunjung per hari maka biayanya : 100 klik x Rp 200 = Rp 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan.

Pengalaman saya, memasang iklan di Google dan FB ini cukup efektif dalam mendatangkan calon pembeli (menurut saya, Google Adword lebih efektif dibanding iklan di FB). Dikombinasikan dengan konten yang teratur, maka trafik web store kita bisa pelan-pelan merayap naik.

Rahasi kedua untuk mendatangkan bisnis online yang sukses adalah ini : high conversion rate. Maksudnya berapa persen jumlah visitor yang menjelma menjadi pembeli. Dari sejumlah data e-commerce, rata-rata conversion rate bisnis online adalah antara 1% hingga 10%. Makin tinggi tentu makin bagus.

Dari data dan pengalaman yang ada, produk fashion (seperti busana, kaos, rok, baju) atau produk buku, obat-obatan herbal, cenderung memiliki conversion rate yang relatif lebih tinggi. Kategori produk yang pas, yang dikombinasikan dengan mutu produk yang bagus akan bisa membuat conversion rate yang tinggi.

Contohnya adalah EDUBISNIS.NET yang menjual layanan kursus online dalam bidang internet marketing (bagaimana menghasilkan 40 juta/bulan secara online) dan manajemen bisnis. Karena produknya bagus, maka conversion rate web Edubisnis tergolong tinggi.

Demikianlah, dua faktor kunci yang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis online.

Yang pertama, trafik pengunjung. Dan yang kedua : high conversion rate. Kalau saja kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, maka kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.

Dan tentu saja sambil ditemani secangkir wedang jahe yang rasanya mak nyus. Sambil duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.

banner 6 banner 7

48 comments on “2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online
  1. bisnis online adalah bisnis yang tidak boleh dilewatkan, dan sangat menggiurkan. kenapa demikian karena bisnis online mampu melibatkan ribuan orang dengan biaya murah sehingga calon pembeli terbuka lebar. selainitu online, tidak terikat waktu dan tempat.
    .
    intinya untuk sukses di bidang ini, kita harus memberikan konten yang unik dan sangat bermanffat bagi orang lain. perhatikan konten anda. dengan demikian pengunjung akan berdatangan.
    saat pengunjung datang “semua jenis bisnis pasti jadi”

    salam saya
    Ono Musfilar
    (Sang Penggapai Mimpi)
    http://www.ono-musfilar.com

  2. Sip gan , mau tahu berapa transaksaksi online di tahun 2009 sembilan saya akan ulas untuk anda di blogku silakan kunjungi ya heheheheheh

    Inpriring gan yodhia

    See You The Top !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111111111111111111111

  3. Thanks atas ulasannya Mas Yodhia.
    Ijin share ya Mas …

    Kebetulan sy punya Agency Biro Haji & Umroh dan mulai 3 bulan terakhir mulai menggunakan internet sbg media pemasaran. Dan alhamdulillah, tidak disangka respon masyarakat begitu bagus meskipun sy msh pakai blog yg gratisan. Sebulan bisa menghasilkan transaksi rata2 sekitar US$20000 dr yg via online … sebuah tambahan transaksi yg lumayan utk media yg msh gratisan …

  4. Client terbesar, dengan kemungkinan untuk membeli 70%, dari bisnis online adalah berasal dari Search Engine. Untuk itu mengapa para internet marketer berlomba untuk menaikkan rangking website mereka dengan berharap menjadi paling atas, rangking-1. Dengan begitu mempunyai kesempatan lebih besar untuk dikunjungi oleh calon client.

  5. endurance..itulah yang berat..sampai sekarang sekarang belum berhasil bikim web yang high traffic…sedikit konten asalahkan keyword nya tepat, maknyus juga hasilnya…

  6. traffic generator yg paling heboh era 2000 an adalah kaskus, yang waktu itu perlu content dewasa untuk menarik netters

    saat ini sdh ga ada lagi tapi kaskuser nya tetap membludak

    no 2 … Detik, karena content news nya yg aktual
    mula2 ga ada iklan2 menganggu ……. sekarang iklan nya melimpah

    nice article om Yodhia

  7. mas Bambang (2) kasus anda bagus dan luar biasa. Hanya dengan blog gratisan sudah generate USD 20 ribu. Jenis jasa yang Anda tawarkan kayaknya memang pas : banyak orang cari info umroh via google.

    Kalau dikelola dengan sungguh-sungguh (dan niat ibadah), Insya Allah bisa generate 10 kali lipat.

    Tuhan Maha Pemurah. Alhamdulilah. Barokah.

  8. Menarik sekali…saya malah lupa nyeruput wedang jahenya :)

    saya masih awam, bagaimana cara melihat jumlah traffic web saya?

    lalu kalo menurut Pak Yodhia, traffic 300 ribuan pengunjung itu bisa jadi jutawan, mekasnisme nya gimana Pak?

    trims

  9. Indra (5), ya tidak juga. Kalau blog Anda rame, bisa pasangin iklan, dapat income juga.

    Atau juga bisa jadi reseller : melalui blog Anda, ikut membantu menjualkan produk orang lain dan Anda dapat komisi.

    Apapun pilihannya, tetap yang paling penting ya TRAFIK.

    Otty (4) : ya mungkin ndak bisa dibandingkan dengan kaskus atau detik (kan mereka kelas korporat). Kalau kelas individual/perorangan, dapat trafik 1,000/hari saja sudah lumayan bagus. Apalagi bisa 5 ribu/hari.

    Saya kira 99% web dan blog di Indonesia trafiknya masih dibawah 1000 visitor/hari.

    Kalau Detik, mungkin sekarang sudah 500 ribu/hari. Kaskus mungkin bisa tembus 1 juta pengunjung/hari. Makanya servernya suka kedodoran.

    Tapi kalau web individual, trafik masih kecil, ndak apa. Visitor sedikit tapi kalau produknya pas, bisa dahsyat. Contohnya ya kasusnya mas Bambang diatas (komen no. 2).

  10. om Yodhia, kaskus pada awalnya bukan korporasi

    ada 2 orang pendiri nya, salah satu nya teman baik saya
    waktu itu hanya untuk kumpul2 anggota community ………. sejak awal bukan korporasi hanya tempat kumpul2 buat lepas uneg2 aja

    kalau contoh online shop diluar, strength mereka adalah services apapun jenis barangnya

    after services minded ini yg harus kuat kalau mau survive berbisnis online, imho

  11. Yohan (7) : kalau pakai web gratisan memang ndak kelihatannya ya. Kalau pake hosting berbayar, kita dapat statistik lengkap tentang jumlah pengunjung, jumlah artikel paling banyak di-klik, dan data lain yang lengkap. Untuk hosting berbayar, saya pakai http://www.andalan.net

    Kalau trafik 300 ribu/bulan, Anda bisa pasang iklan, dan dapat fee banyak. Atau dengan tarfik seged gitu, Anda bisa jualan sepeda online(asyik juga ide ini) atau jualan parfum online; dan pasti laris manis. Sebab trafik gede sekali.

  12. @otty

    betul banget, saya juga berbisinis di kaskus, dan after sales service itu sangat perlu. Apalagi ketika ada produk baru, pasti ane tawarin kemereka dulu yang udah “PUAS” dengan layanan ane. Biasanya sih lebih mudah. Dan yang ga kalah penting juga adalah, reputasi yang sudah dibangun jagnan sampe rusak, karena reputasi untuk jualan online itu Mutlak, ga boleh engga, karena dasar dari bisnis ini dalah KEPERCAYAAN. thanks

  13. Saya suka yang ini pak:
    “Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.”

    Intinya “Kerja Keras”, untuk mendatangkan trafic. Dan ini kompetisinya sangat tinggi di internet…
    akhirnya bisa lihat “high conversion rate”.

    Yang terakhir Sambil “duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.” ini belum terlaksana pak :-) …masih duduk aja di depan komputer.

    Terima kasih memberi ide…untuk mendatangkan trafic trafic trafic…moga moga aja ngak macet seperti di Jakarta :-D

    have nice day

  14. Betul, setuju sekali apa yang di katakan bro Yodhia “Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing..”
    Yang mau saya tanyakan bagaimana apabila update content berkala kita di Social Networking seperti FB agar tidak dianggap sampah ato spam? sementara update produk kita hampir tiap jam ada produk masuk ke gudang yang seharusnya kita publish di situs tersebut… thks

  15. pak bagaimana caranya kita bisa menjalankan pemasaran secara konvensional dan online secara beriringan, dengan tetap optimal hasilnya di kedua metode itu? terima kasih pencerahannya.

  16. dan jangan malas .. kyk sy :) gk bsa fokus, kbnykn ide en yg diurusin tenaga kurang sdkt action slow motion, kbnykn leyeh d rmh maklum sdh Over Sex .. et (>50 thn)MERDEKA en msh ttp merasa Muda .. sdh coba bbrp toko Online gratisan lmyn ada respon deal 1-2 .. utk sgr maju fokus sy hrs membuat dri sy kejepit byar mecotot-njendol kyk bawor :)

    Tks info strateginya Boz

  17. Waw….., terima kasih gan, infonya, luar biasa sangat membuka cakrawalku selama ini, ternyata bisnis di dunia maya perlu untuk masa depan,
    Thanks gan artikelnya, two thumbs up

  18. Abah (15) update-nya ya satu hari dua kali saja; kalau tiap jam nanti too much.

    Begras (16) : pemasaran online mungkin bisa dengan cara pasang iklan di Google Adword. Efektif dalam menjaring calon pembeli. Dan relatif murah.

  19. Semoga Alloh memberikan kesejahteraan dunia akherat pada kita semua.
    Semoga Alloh memberikan kita kebaikan hati untuk bersedekah.
    Semoga Alloh senantiasa menganugerahkan kita sikap sederhana.

    “Hak bagi umatku adalah apa yang ia makan kemudian habis. Apa yang ia kenakan kemudian rusak.” Nabi saw
    “Ada dua nikmat dimana manusia banyak tertipu karenanya, yaitu kesehatan dan kesempatan.” Nabi saw

  20. Untuk mendapatkan trafik memang tidak mudah, apalagi blog kita gratisan (kita?? saya aja kali ya,hehehe) mungkin brapa pengunjung blum bs di dteksi, tp kalau untuk melihat siapa yang pernah brkunjung di blog kita kn bs pake FEEDjit live traffic yg gratis, Bagaimana Pendapat Pak yodhia?

  21. Kebetulan saya pelaku online business, dulu backlink memang dibutuhkan dalam menggaet trafik, namun sejak Google merubah algoritma menjadi Google Panda, content nampaknya harus ditingkatkan.

  22. ahmad (26) : Amiin. Barakallohu fiik

    Ternyata diam-diam mas Yodhia menyimpan ilmu terpendamnya, internet marketing. informasi yang sangat menarik.

  23. wah kok hebat2 ya. sy jualan lewat blog ndak laku-laku. jd msh jaman baheula. langsung ketemuan di mall atau duduk2 di loby cm keluar duit buat minum langsung deal.
    2 kali buat yg berbayar, 2 kali itu pula dikerjain sama webdesignernya. mau trima duitnya nggak ada kerjanya.
    skrg status web under construction. ada yg bisa bantu?

  24. saya menikmatinya 1,5 thn ini di bisnis online sambil ngantor lumayan…produk herbal yang baru dikenal menjadi terkenal http://www.tehsirihmerah.com…dr mulai belajar buat websitenya hingga strategi mendatangkan pengunjung saya lakukan sendiri dan akhirnya sekarang sudah memiliki 2 assistant utk membantu…

  25. Alhamdulillah,
    Berkat sering membaca blog Pak Yodhia, menjadikan semangat entrepreneursip semakin besar.
    Apalagi setelah lapak online kami dikunjungi banyak orang sebagai acuan, serta mampu memberikan peluang usaha bagi banyak orang.. terima kasih sudah menjadikan
    www. assalam-herbal.com
    menjadi lapak terpercaya untuk obat herbal berkualitas yang kami pasarkan, untuk rekan-rekan yang berminat kami bantu memasarkan produknya, bisa menghubungi kami via email / YM.

    Terima kasih banyak Pak Yodhia…

  26. Dua Rahasia yang memang sangat perlu dikuasai ketika terjun ke dunia online:

    1. Bagaimana mendapatkan trafik yang besar
    2. dan Bagaimanan mendapatkan high conversion rate yang tinggi.
    Bagaimana untuk mendapatkan keduanya?

    Sebenarnya bisnis online pada prinsipnya sama dengan bisnis biasa (offline). Perbedaannya hanyalah dikemasan saja. Bisnis ini menggunakan internet sebagai media promosi dan mendapatkan konsumen.

    Hal yang perlu Anda perhatikan ketika ber-bisnis baik online maupun offline adalah Produk yang Anda jual merupakan produk terbaik baik secara kualitas maupun harga. Selain itu jasa atau service yang Anda berikan bisa sangat memuaskan konsumen. Dengan begitu pelanggan akan datang dengan sendirinya.

    Anda tentu masih ingat cara berpromosi paling efektif? ya, “dari mulut ke mulut”. Karena kita lebih mempercayai rekomendasi dari seseorang yang kita kenal, apalagi orang tersebut dapat dipercaya ketimbang informasi dari manapun.

    Promosi dari mulut ke mulut ini dapat efektif jika kita mempunyai produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan memuaskan para pemakainya. Sehingga mereka akan dengan sukarela menyebarkan informasi produk kita ke kerabat yang membutuhkan.

    Jangan lupa, bahwa promosi ini juga dilakukan oleh GOOGLE. Masih ingat bagaimana Anda bisa tau http://www.GOOGLE.com?? betulkan? dari teman!!!

    Google (www.google.com) mendunia tanpa lewat iklan sedikitpun!! Karena produk mereka benar-benar banyak yang membutuhkan dan sangat memuaskan dibanding produk pesaing.

    Intinya berikan yang terbaik bagi konsumen Anda dan jangan pernah kecewakan mereka!! maka konsumen akan datang dengan sendirinya!!

    Untuk mendapatkan inspirasi desain rumah dan konsultasi rumah gratis silahkan kunjungi :http://www.desaingriya.com

  27. beberapa kendala yang membuat saya kurang berhasil adalah mendapatkan banyak pengunjung kompeten yang akan menawar jasa saya. Perlu usaha keras
    yerima kasih atas ulasan di atas, sukses selalu untuk anda

  28. terima kasih pak yod…telah membagi ilmu secara gratis kepada saya, hampir setahun, tiap senin selalu sarapan sajian renyah dari p yod.

    dan itu sangat membantu membuka wawasan saya.

  29. betapa indahnya jika bisa merasakan rumah kita selalu dikunjungi orang2 yang butuh informasi dari kita…………….
    ulasan yang sangat realistis, ini nyata mas
    semoga tambah sehat dan selalu memberikan kami inspirasi………

    strategimanejemen(dot)net emang LUAR BIASA
    (y)

    Ditunggu Share update ilmunya mas :)

Comments are closed.