Bisakah Penghasilan Anda Naik 7 Kali Lipat dalam Periode 15 Tahun?

Dimana-mana, sepertinya tren bisnis terus bergerak naik. Penjualan mobil kian meningkat. Penjualan motor dan gadget android terus melangit. Pengunjung mal juga terus merayap naik. Ya, dimana-mana semua serba naik, kecuali satu hal : pendapatan dan gaji kebanyakan orang kok tetap stagnan.

Jadi : bisakah Anda meningkatkan income Anda 7 kali lipat dalam periode 15 tahun? Artinya, jika income Anda sekarang Rp 5 juta/bulan, lima belas tahun lagi harus menjadi Rp 35 juta/bulan. Kalau sekarang sudah 10 juta/bulan, berarti harus meningkat ke angka 70 juta/bulan.

Jika Anda merasa tidak sanggup, sorry, berarti prestasi Anda “dibawah rata-rata prestasi nasional”. Lho, kenapa bisa begitu?

Naik 7 kali lipat dalam kurun 15 tahun. Inilah saudara-saudara, pertumbuhan GDP per kapita ekonomi Indonesia dalam 15 tahun terakhir. Sebuah pencapaian yang impresif, dan membuat saya cukup terkejut.

Berikut datanya. GDP Per Kapita Indonesia tahun 1998 = USD 459. GDP Per Kapita Indonesia tahun 2013 = USD 3600. Naik lebih dari 7 kali lipat dalam 15 tahun (!)

Ibarat orang gajian, pendapatan ekonomi Indonesia naik 7 kali lipat dalam 15 tahun. Ibarat sebuah perusahaan, maka “Indonesian Incorporated”, omzetnya naik 7 kali dalam 15 tahun.

Berikut data lebih detil pertumbuhan impresif GDP Per Kapita Indonesia 1998 – 2013 :

1998 USD 459
2000 USD 773

2005 USD 1,257
2010 USD 2,951

2013 USD 3,600

Dalam bahasa bisnis, GDP bisa diartikan sebagai jumlah produksi/output total yang dihasilkan sebuah perusahaan, dan lalu dinilai dalam bentuk uang. Outputnya bisa berupa sepatu, tas, laptop atau apapun.

GDP Per Kapita artinya total output perusahan itu kemudian dibagi dengan jumlah total karyawan yang bekerja didalamnya. Bahasa KPI-nya : jumlah ton produksi/karyawan.

Dan seperti yang dapat dilihat pada data diatas, secara agregat, total produksi ekonomi Indonesia terus tumbuh dengan cemerlang.

Naik 7 kali lipat dalam periode 15 tahun adalah prestasi yang cukup mencengangkan. Itulah kenapa, banyak lembaga dunia, memprediksi ekonomi Indonesia akan berada pada peringkat 7 dunia pada tahun 2030.

Siapa yang menggerakkan laju ekonomi yang impresif itu? Ya, para pelaku bisnis di sekitar kita. Para pemilik bisnis dimana kita bekerja untuknya. Di kantor-kantor. Di pabrik-pabrik.

Dan sekali lagi, seperti data yang tercantum diatas, pertumbuhan output ekonomi Indonesia naik 7 kali lipat 15 tahun. Inilah angka rata-rata nasional.

Pertanyaannya simpel : apakah income Anda telah tumbuh 7 kali lipat dalam periode 15 tahun belakangan ini? Jika kenaikannya tidak sampai 7 kali lipat, berarti laju Anda dibawah rata-rata pertumbuhan nasional.

Untuk para pelaku bisnis, juga sama pertanyaannya : apakah omzet bisnis Anda bisa tumbuh 7 kali lipat dalam 15 tahun terakhir? Jika tidak, maka prestasi bisnis Anda lebih buruk dari rata-rata nasional.

Siapa yang paling menikmati pertumbuhan 7 kali lipat itu, bahkan melampauinya?

Jawabnya sederhana : mereka yang punya insting bisnis yang tajam, dan gigih memperjuangkan bisnisnya.

Bukan yang hanya bisa mengumpat kesana kemari, atau yang hanya berteriak-teriak melihat “berita buruk” di TV dan di koran. Atau cuma bengong tak tahu harus berbuat apa.

Kini yang dibutuhkan memang bukan hanya mengumpat dan berkeluh kesah (kenapa sih gaji gue ndak naik-naik). Yang diperlukan adalah visi hidup yang jelas, dan kompetensi andal untuk mewujudkan visi itu.

Sebab hanya dengan itu, income Anda bisa naik 7 kali lipat dalam 15 tahun ke depan. Dan bukan terus termehek-mehek digilas roda kemajuan zaman.

Selamat berjuang. Saya akan terus menulis, dan 15 tahun lagi, akan menanyakan hasil prestasi Anda.

Photo credit by Paul Bica @flickr.com

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

36 comments on “Bisakah Penghasilan Anda Naik 7 Kali Lipat dalam Periode 15 Tahun?
  1. Terimakasih atas motivasinya Pak Yod, 7 kali lipat dalam 15 tahun InsyaAllah pasti bisa..Indonesia akan menjadi salah satu negara seperti BRIC. Dan Indonesia masuk pada Next Eleven N-11 seperti prediksi Goldman Sachs – Jim ONeil dalam hal peningkatan level ekonomi nasional..Jadi sepertinya harus segera loncat ke ‘second curve’ jadi pengusaha.. 🙂

  2. Motivasi di senin pagi.. Kalau secara tahun, kami belum sampai 7 tahun, saat ini. namun optimisme Indonesia, dan optimisme kami serasa, terus naik. Ayo Indonesia Optimis.

  3. karena ini adalah rata-rata, dan (sepertinya) lebih banyak yang dibawah rata-rata daripada yang diatas, berarti ada segelintir orang yang pertumbuhannya jauh melampaui angka ini. hmmm …. yang muncul dipikiran ada 2 opsi, gimana caranya jadi segelintir orang itu, atau gimana mengurangi segelintir orang itu

  4. Alhamdulillah saya kerja mulai 1997 sewaktu belum lulus 700rb

    1998 sedudah lulus 3x lipat dari itu, saat ini 15 tahun kemudian 16x lipat dari 1998

    Sebentar lagi Insya Allah kalau rejeki sampai 20x ……. akhir tahun depan

  5. Gaji saya pada tahun 1998 adalah 120 ribu, alhamdulillah pada tahun 2013 ini sudah bisa naik 50x an. Tetapi kalo dari segi jumlah mungkin masih belum mencukupi untuk hidup sejahtera. Yang penting cukuplah.

  6. Pertanyaannya… Apakah harga harga 15 tahun lagi akan tetap sama dengan saat ini atau malahan sudah melambung ber kali kali lipat, sehingga memang income kita meningkat 7 kali lipat, tetapi daya beli kita justru menurun karena harga harga yang naiknya melampaui kenaikan income kita …

  7. Pengamatan dan pengalaman saya, rasanya angka 7 kali lipat dalam 15 tahun masih kurang tuh mas, karena ada faktor inflasi dll. Mestinya berkisar antara 30-100 kali lipat. Itu pun tergantung Anda bekerja di sektor mana: energi? iT? Perbankan? Perdagangan? Dsb.

  8. alkhamdulillah …kalo aku sudah 16 x, dan tanpa pindah perusahaan dan tanpa naik jabatan…soale sudah mentok…atasnya sudah owner…, tapi kerjaan dan tanggung jawab makin besar…artinya ya sama saja, kedepan aku ingin jadi raja kecil saja…Tetap Semangat….

  9. Motivasi yang mampu membakar lemak-lemak kemalasan, terlalu banyak mengeluh ini itu ketika ditimpa kemalangan atau kelemahan. Ayo bangkit…mencapai 10x lipat pendapatan bulan ini.

  10. BISA! itu kata yg pertama kali muncul dalam kepala saya ketika membaca judul artikel Pak Yodia pagi ini di inbox email saya.

  11. Bener juga ya mas, harusnya jika bekerja sejak tahun 99 maka idealnya kenaikannya 15x, jika mulai kerja sebelum krismon bisa 75x. Alhamdulillah saya termasuk salah satunya.
    Cuma apakah 15 tahun ke depan bisa mencapai 7x dari sekarang, itulah persoalannya. Semua mengharuskan kerja keras dan doa untuk dapat mewujudkannya. Kita bisa jika kita yakin bahwa kita mampu.

    Salam hangat.

  12. Ass.Wr.Wb Kereenn..baru kali ini saya membaca komentar orang-orang pinter dan bijak.

    Semua komentarnya santuunn sekali. Saya 39 tahun, bekerja 13 th-an, sering lupa untuk menghitung seberapa banyak kenaikan gaji saya, padahal saya kerja di Accounting lho.

    Males untuk itu, yang penting yang didapet disyukuri, gitu ya (alasan org males he..he..).

    Saat ini gaji bersih saya 4-5 juta saja, bayar SPP anak saya yang di SMP Boarding sebulan 3,5 juta. sisanya untuk makan. Cukup?? SSttt.

    Karena judulnya tadi penghasilan yang naik, nah istri saya buka lapak jualan es buka jam 09.00-22.00 berapa hasilnya…12 – 16 juta per bulan, dikurang modal, sewa dan gaji karyawan masih lumayan 10 jutaan lah…

    Jadi sobat budiman kalau mau penghasilan banyak jangan jadi pegawai, mending….jualan ES..he..he..!!

    Salam sayang untuk istriku..

  13. Setya (4) : kronologi perjalanan karir Anda adalah tipikal profil karir GM/Manager yang lazim saya temui diantara teman-teman saya.

    Benar, rata-rata gaji fresh graduate pd tahn 1997/1998 adalah sekitar 2 juta/bulan (saya termasuk di generasi tahun itu).

    Jika kinerja oke, saat ini generasi 97/98 mestinya memang sudah harus jadi GM/VP. Rata-rata teman saya juga sudah berada pada posisi ini.

    Gaji GM/VP memang sekitar 40 juta/bulan – jadi naik 20 kali lipat dibanding 15 tahun silam (saat gajinya masih Rp 2 juta).

    Semua layak disyukuri. Saya ikut senang jika ada orang yang bisa memperoleh limpahan rezeki (finansial) yang sangat memadai.

    Abu Madjid (15) : mudah-mudahan kiprah istri Anda bisa memberi inspirasi bagi para pembaca blog ini 🙂

  14. hehhe luar biasa, 15 tahun naik 7 kali lipat, coba saya inget2 dulu prestasi saya:

    brarti tahun 2017 gaji saya harus 23 juta per bulan…bisa gak ya?

    kalo di lihat dari trend kenaikan gaji bulanan tentu relatif tidak mungkin, kalo dilihat dari promosi, 4 tahun ke depan sepertinya blm ada posisi kosong.

    jalan alternatifnya ya harus bikin cara gila naikkan income.

    apapun itu, jelas analisa di atas sangat menarik dan menimbulkan gairah tersendiri

    salam,
    wahyudi

    http://www.thinkforums.org
    http://www.degezondepatient.com
    http://www.ehitchhikers.com
    http://www.favouriteson.net
    http://www.universpartages.com
    http://www.singleusecameras.org

  15. naik segitu mungkin susah bagi buruh & karyawan.
    bagi pejabat susah, kecuali ada niat korupsi
    bagi pengemis(fenomena, dengan berbagai trik, bisa didapatkan
    bagi pebisnis, sudah pasti ini sangat memungkinkan

  16. dikejar bagi yang belum di dapat, disyukuri yang sudah di tangan .. Alhamdulillah gaji sudah ikut naik berlipat-lipat sejak 1998 … (karena 1998 masih sekolah alias cuman dapat uang saku doang ..)

  17. cerita pengalaman pribadi:
    – thn 98 lulus kuliah
    – nganggur 6 tahun (lama kali ya jadi pengangguran), thn 2004 baru bekerja dgn gaji 800.000 (inipun ikut perusahaan temen)cuma kerja 1 thn.
    – loncat sana loncat sini, singkat cerita awal tahun 2013 masih bergaji 10 jtaan, 3 bulan kemudian naik 50 %, namun 3 bulan kemudian naik lagi sekitar 35 % (dari angka terakhir) sampe sekarang…
    – gak tau awal tahun 2014 naik berapa persen lg…(atau mungkin turun karena kita tak pernah tau masa depan kita)
    – kesimpulan: 9 tahun naik 25 kali lipat

    Efek “positif” dari KUTU LONCAT…negatifnya lebih banyak…hehehe

  18. Insyaallah bisa… Niatkan dalam diri. Sampai bertemu lagi 15 tahun lgi dengan pertanyaan yg sama. 🙂

  19. banyak yg sharing masalah gajinya, jadi pingin ikutan juga.

    tahun 2001, pertama kali kerja, dibayar 350 rb.
    tahun 2013, gaji take home pay 32 juta.

    gak tau itu kenaikan nya berapa kali lipat.

    tapi sebenarnya, apakah besarnya gaji sekarang sudah bisa dijadikan acuan kalo kita sukses ?

    mungkin pertanyaan yg lebih menohok, dengan gaji sekarang, apa yg sudah kita lakukan ? apa yg sudah kita berikan untuk kemajuan keluarga, lingkungan kita ?

    bener gak ?

    (yg lagi menghibur diri, meski gaji besar, tapi belum bisa berbuat apapa)

  20. Makjlebbb, tulisannya benar-benar menikam saya untuk bisa lebih semangat dan berusaha.

    Mudah-mudahan kita semua bisa lebih baik lagi di tahun 2014 sebagai permulaan.

  21. Terimakasih insight nya Pak Yod.. Sebuah percikan yang semakin membakar semangat saya untuk berpindah kuadran.

    Semoga saya bisa sampaikan ke Bapak hasil insightnya sebelum 15 tahun ke depan.

  22. InsyaAllah bisa pak, Alhamdulillah dulu 1997 karena berbekal ijazah sltp, kerja hanya dapat upah pertama kali adalah Rp. 60rb/bulan dan saat ini dengan berbekal semangat mulai mandiri, penghasilan sudah meningkat lebih dari 15 kali.

  23. menarik sekaliiiii tulisannya mas !!

    Saya mengamati cukup bsnyak orang2 yg menikmati kenaikann income 7x lipat yaitu:

    1. Kalau tetap kerja di prsh orang:

    – naik jabatan atau dapat bonus gila2an, tapi jaraaaaang dan sulit
    – pindah kerja keluar negeri bergaji dollar, harus punya kompetensi khusus utk kerja di luar

    – pindah bidang kerja dari yg gaji kecil ke yg lebih besar spt di sektor energi dan oil gas., sama dgn di atas ttg isu kompetensi
    – korupsi di tpt kerja, DONT TRY IT AT WORK, resiko: penjara, kpk, loss job, neraka dll

    2. Merujuk kuadran cash flow Robert Kiyosaki, pindah kuadran, bisa bertahap juga, 2 atau tiga kaki di bbrp kuadran sambil memantapkannya.

    – jadi pembicara, trainer, konsultan, bisnis, msnajemen, motivasi sambil kerja atau full
    – bisniss pribadi sambil kerja atau full
    – investasi sambil kerja atau full

    DLL
    SIP
    brgds,
    Rahmat N, MBA, CSCP, CPP, CPPM
    http://www.omexcellence.org
    http://www.joelmba.blogspot.com
    http://Www.indonesian-procurement.blogspot.com

  24. pengalaman saya: diawal karir gaji naiknya merambat dibawah 10% setahun, tetapi begitu masuk level AVP keatas (di bank) kenaikkan gaji sudah bisa eksponensial karena makin terbatasnya talent pada level itu, sementara demand tinggi. Dan kita tidak hanya bicara gaji tapi banyak kompensasi lain yang bentuknya macam-macam. Pesan saya: saat awal karir bersabarlah dan belajarlah dgn rajin, buatlah knowledge base yang kuat, nanti saatnya akan tiba utk memanen itu semua.

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!