Google dan Siasat Search Engine Optimization

Dalam jagat online yang kian membuncah, Google adalah pendekar yang nyaris tak tertandingi. Mesin pencari yang mereka ciptakan benar-benar telah mengubah cara netters menelisik dan bersetubuh dengan dunia maya yang makin eksotis.

Google dengan kata lain telah menjadi gerbang utama ketika setiap orang bermaksud menjulurkan kaki dalam jagat online. Itulah mengapa, sebuah website yang bisa menyeruak dalam peringkat pertama hasil pencarian Google akan sangat merasa tersanjung, dan layak larut dalam sukacita.

Cuman sialnya sungguh tak mudah menembus peringkat atas Google. Sebabnya jelas : setiap hari ribuan – atau bahkan jutaan website – bertarung, saling menyodok, beradu otot dan kecerdasan untuk melesat menjadi web yang nangkring di urutan pertama (atau kedua dan ketiga) hasil pencarian Google.

Dari proses itu kemudian muncul istilah search engine optimization (disingkat SEO) : atau sebuah siasat cerdik untuk membuat sebuah website melesat di peringkat atas Google. Dalam diskus kali ini, saya akan mendedahkan 4 cara praktis agar sebuah web bisa menjulang di mata mesin Google. Jika Anda sudah atau akan membuat web/ blog, perhatikan benar tips ini. Jika kantor Anda punya website, sodorkan tips ini kepada orang-orang IT agar web perusahaan/kantor Anda tidak “lenyap” tanpa pernah terdeteksi oleh Google.

Tips # 1 : Jika membuat website/blog, upayakan agar nama domain web Anda mirip atau sama dengan konten/produk yang akan dibangun dan dijual. Dulu, ketika mau membuat blog ini saya merancang bahwa isinya akan berkaitan dengan strategi bisnis dan manajemen. Itulah mengapa saya memilih nama domain www.strategimanajemen.net. Atau ketika saya hendak menjual slide presentasi, maka nama web yang saya pilih adalah www.rajapresentasi.com.

Apa kelebihannya? Ketika orang mengetikkan kata strategi bisnis, manajemen, atau presentasi, maka web-web itu akan sangat dihargai oleh Google, karena nama domainnya persis sama dengan kata yang diketikkan. Jadi jika kelak Anda akan membuat web tentang manajemen SDM, maka nama domain sebaiknya www.ilmumanajemenSDM.com atau sejenisnya. Dan jika Anda mau berjualan batik, maka nama domainnya bisa www.pasarbatik.com atau www.seragambatik.com.

Tips # 2 : Membuat agar web orang lain mau mereview dan kemudian juga menuliskan link yang mengarah ke website Anda. Link dari web lain ini sungguh sangat dihargai oleh Google. Makin banyak link dari luar, makin bagus web Anda di mata paman Google. Jika blog Anda bagus seperti yang sedang Anda baca ini, maka akan cukup banyak web/blog yang membuat link ke sini secara sukarela. Namun kalau Anda punya web www.pakarsedotwc.com, maka siapa yang mau membuat link kesitu secara sukarela?

Beruntung, sekarang ada sebuah jasa yang bisa membuat para blogger ditanah air mau mereview dan membuat link ke web Anda. Nama layananannya adalah www.reviewmu.com. Cukup dengan membayar Rp 30 ribu, Anda bisa memesan satu blogger untuk membuat link ke web Anda (kalau Anda punya dana Rp 300 ribu, Anda bisa memesan 10 link). Saya pernah menggunakan jasa layanan ini, dan sangat happy dengan hasilnya.

Tips # 3 : Secara rutin melakukan update artikel ke web atau blog Anda. Bagusnya, update setiap hari atau dua hari sekali. Sebab Google suka dengan web yang diupdate secara reguler. Namun memang menulis setiap hari atau dua hari sekali memang ndak mudah. Karena itu, paling sedikit lima hari atau seminggu sekali harus diupdate. Jangan sampai web kita dibiarkan mangkrak berbulan-bulan tidak diupdate. Lama-lama web ini bisa makin tenggelam dalam hasil pencarian Google.

Tips # 4 : Ini mungkin berlaku bagi yang akan membuat website. Kelak kalau memang akan membuat blog atau web, gunakan aplikasi WordPress. Kini banyak tersedia aplikasi gratisan untuk membuat web seperti blogspot, joomla, atau lain-lainnya. Namun sejauh yang saya tahu, aplikasi wordpress adalah yang paling friendly di mata mesin pencari Google. Blog strategimanajemen.net ini juga menggunakan wordpress. Aplikasi wordpress ini juga sangat mudah dioperasikan (kalau Anda bisa membuka email yahoo, saya kira Anda juga pasti akan bisa membuat web dengan aplikasi wordpress).

Demikianlah empat tips praktis yang akan membantu web Anda untuk melesat dalam peringkat papan atas hasil pencarian Google. Saya telah mempraktekkan empat tips diatas untuk hampir semua website/blog saya (total saya memiliki 6 website : tiga berbahasa Indonesia dan tiga berbahasa Inggris). Dan hasilnya cukup mengesankan : ribuan orang “menclok” masuk ke website saya melalui pintu Google.

Kepada dua anak muda pendiri Google, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih : Mr. Brin and Mr. Page, thanks for helping me to develop a better life.

Photo credit by : Meomi @flickr.com

30 comments on “Google dan Siasat Search Engine Optimization
  1. untuk kali pertama saya berhasil mengomentari web ini untuk yang pertama , dan sangat menyenangkan bisa mereviews blog mas yodia . Artikel yang di tampilkan sebenarnya gak terlalu baru dan fress tapi karena sentuhan yang diberikan sangat renyah membuat tulisan ini terasa segar untuk di baca dan menyenangkan, semoga tetap menjadi panutan bloger pemula dalam memulai bisnis website/blog.

  2. Terimakasih, infonya sangat membantu, saya juga sedang baru belajar membangun website.. sukses y mas, sy pembaca favorit blog ini, walaupun bukan dari latar belakang manajemen, tetapi tulisan di blog ini mudah untuk di ikuti oleh orang awam 😉

  3. yang paling sulit adalah SEOnya terutama kalau itu bukan bidang kita… google juga sering mengubah-ubah aturan dalam hal SEO

  4. hari senin merupakan waktu yang di tunggu-tunggu… yach apalagi kalau bukan baca blog https://strategimanajemen.net hehe…, selama ini dalam mengelola blog saya tidak pernah belajar SEO saya hanya baca blog https://strategimanajemen.net selanjutnya saya lakukan apa yang di sarankan Pak Yodhia, nama blog saya sudah mewakili dunia yang saya geluti, menggunakan wordpress dan update blog mengikuti polanya Pak Yodhia hanya harinya bukan hari senin… hari senin khusus untuk mencari inspirasi dan menghayati artikel yang di dapat dari blog ini… untuk poin lainnya insya Allah akan saya laksanakan di lain waktu …terimakasih dan sukses selalu untuk Bapak .

    salam
    sofyan
    https://burungkenari.wordpress.com

  5. Saya sangat senang dengan tulisan-tulisan mas Yodhia yang mengalir dan renyah. Mas, saya ingin tanya bagaimana saat kita menggunakan nama kita sebagai brand….Sehingga tidak langsung menjelaskan kompetensi yang kita tulis… Maturnuwun mas Yodhia…

  6. Heru (7) : kalau nama Anda sudah sebesar Rhenald Kasali atau Hermawan Kartajaya, tentu bisa bikin blog dengan nama Anda sebagai domain. Namun kalau belum, ya kurang afdol ya.

    Baiknya bikin nama yang sesuai dengan konten web yang akan anda kembangkan; persis seperti blog strategi + manajemen ini.

  7. Yach begitulah Search Engine …semakin hari selalu berubah ubah algoritmanya.
    Hari ini bisa jadi begini …besok belum tentu…yang pasti untuk dapat optimalkan pencarian dari Blog/Web kita …ikuti terus perubahan itu.

  8. Pingback: Google dan Siasat Search Engine Optimization

  9. Yup! KONSISTEN adalah kunci bermain2 dengan SEO, baik itu update artikel ataupun blogwalking. Ada tambahan pak Yodia, jangan pernah mengedit artikel yang sudah dipublish kalau memang kita punya kepedulian tinggi dengan indeks halaman paman google, kebetulan ini pengalaman pribadi :).

  10. setuju, bikin web atau blog juga harus perhatikan SEO, bila serius. tapi bila tidak, ya … asal-asalan. hasilnya …. jauh banget ya … yang berhasil dan yang gagal! gitu pak ya …

  11. SEO seperti memiliki rumah bagus di tepi jalan ramai yang strategis..sebagus apapun rumah kita..tetapi tidak di tepi jalan yang banyak di lalui orang..maka tidak ada yang tahu
    sebagus dan canngih apapun website kita..tapi hanya di page 3 keatas..atau tidak ada sama sekali..sama aja boong

Comments are closed.