4 Sumber Penghasilan Sampingan Paling Maknyus yang Layak Anda Buru di Dunia Maya

Laptop-Coffee-Diary rePunya penghasilan sampingan selain dari gaji bulanan sebagai pekerja kantoran, mungkin bagus untuk menopang biaya hidup. Sebab hey, sekarang harga beragam kebutuhan hidup kian mahal, apalagi harga rumah dan tanah.

Syukur-syukur kelak penghasilan sampingan Anda itu malah lebih besar dari penghasilan utama.

Dalam sajian pagi ini kita akan mengulik 4 sumber penghasilan sampingan yang menjanjikan, yang bisa kita buru dari dunia maya.

Mencari penghasilan sampingan dari dunia maya atau dunia online mungkin merupakan pilihan yang reasonable.

Sebab selain tidak membutuhkan modal besar, acapkali prosesnya juga bisa dilakukan secara sampingan – selepas Anda pulang sebagai pekerja kantoran.

Kalaupun Anda memilih berjualan secara online, Anda juga tidak membutuhkan kios fisik yang butuh energi tinggi untuk pengelolaannya.

Berikut 4 potensi penghasilan sampingan yang layak Anda tekuni dari semaraknya dunia maya.

Online Side Income # 1 : Menjual Jasa Keahlian Anda secara Online.

Sebagai pekerja kantoran Anda mungkin punya keahlian tertentu sesuai bidang pekerjaan Anda. Nah kenapa Anda tidak mencoba menjual keahlian itu secara online untuk mendapatkan side income.

Contoh : Anda punya kemampuan bikin presentasi powerpoint (bisa dong).

Nah tahu nggak, begitu banyak orang yang mencari bantuan jasa untuk membuat presentasi power point, karena mereka memang benar-benar gaptek. (Saya tahu ini, karena banyak orang email saya menanyakan jasa pembuatan presentasi ini).

Atau contoh lain : Anda paham cara membuat modul pelatihan. Atau Anda trampil dalam membuat laporan keuangan. Atau Anda pernah punya pengalaman membuat SOP (Standard Operating Procedures).

Nah, keahlian seperti itu bisa Anda jual secara online, dan potensi pasarnya cukup besar.

Anda tinggal buat blog sesuai dengan bidang keahlian Anda (jika Anda ingin belajar bagaimana membuat blog yang cetar membahana, silakan KLIK DISINI).

Lalu Anda woro-woro untuk menjual jasa keahlian itu. Anda bisa mengerjakan selepas pulang kerja atau pas weekend. Kalau Anda serius, saya jamin Anda akan bisa punya penghasilan sampingan yang maknyus dari proses ini.

Online Side Income # 2 : Berjualan produk fisik secara online.

Disini Anda mencoba dapat income sampingan dengan berjualan produk fisik secara online. Bisa jualan kaos, baju koko, jilbab, rendang, tas laptop, powerbank, hingga jualan obat herbal, obat peninggi badan, hingga aneka obat kuat dan pembesar alat vital.

Terserah Anda mau jualan apa. Namun Anda menjualnya secara online : bisa via web sendiri, atau via instagram, atau via Bukalapak dan Tokopedia.

Lebih maknyus, jika usaha sampingan ini Anda lakukan dengan istri di rumah (bagi yang pasangannya tidak bekerja kantoran). Jadi ikut memberdayakan potensi ekonomi istri tercinta kita.

Saya dulu melakukannya dengan istri saya : jualan kaos secara online. Saya urusin design, dan istri saya mengelola aspek produksi, pemesanan pelanggan dan pengiriman barang.

Dulu sempat jaya : bisa jual 4 ribu kaos per bulan, dengan net profit Rp 10 ribu per kaos. Tentu ini merupakan income sampingan yang signifikan.

Itu dulu. Sekarang penjualannya nyungsep karena jarang update desain (saya-nya terlalu capek ngurusin Edubisnis dan pekerjaan utama sebagai konsultan manajemen).

Namun jika ditekuni dengan serius, Anda bisa dapat income sampingan maknyus seperti yang dulu pernah saya alami. Jualan produk fisik secara online memang cukup menjanjikan potensinya.

Online Side Income # 3 : Menjadi Adsense Publisher

Menjadi adsense publisher artinya Anda membuat blog dan lalu memasang program iklan Adsense dari Google. Jika pengunjung meng-klik iklan di web atau blog Anda, maka Anda akan dapat komisi dari Google.

Namun pengalaman saya, kalo blognya bahasa Indonesia maka komisinya amat kecil, paling hanya Rp 500 per klik. Kalau pengunjung blog 300 per hari, yang nge-klik mungkin hanya 10 orang. Cuma dapat lima ribu perak per hari dong.

Kalau blognya bahasa Inggris, memang komisi per klik bisa sampai Rp 10 ribu.

Dulu saya punya blog bahasa Inggris tentang manajemen SDM dan pemasaran. Saat jaya, sempat dapat income sampingan dari Mbah Google sebesar USD 1000 per bulan. Lumayan buat tambahan biaya hidup. Namun sejak 2013, blog bahasa Inggris saya itu kena penalti dari Google 🙁 🙁

Pertanyaannya : kalau tidak bisa bahasa Inggris bagaimana? Jangan kuatir. Sekarang sudah banyak penyedia jasa penulisan artikel original dalam bahasa Inggris, dengan biaya hanya Rp 40 ribuan per artikel dengan panjang 500 kata.

Sudah banyak Adsense Publisher lokal yang sukses, bahkan ada yang tembus income USD 10.000 per bulan. Kalau sudah segini, ya tentu boleh resign dari kerjaan kantor demi menjadi full time blogger.

Daya juang dan resourcefulness adalah kunci sukses untuk jadi adsense publisher yang berhasil. Bukan cuma baca blog, lalu kembali melamun 🙂

Online Side Income # 4 : Menjadi Affiliate Marketer

Saya rasa ini adalah salah satu peluang untuk mendapatkan side income yang menjanjikan. Intinya adalah Anda memasarkan produk orang lain, dan Anda dapat komisi jika terjadi penjualan. Komisinya bisa sampe 50% dari harga jual.

Kunci sukses menjadi affiliate marketer adalah Anda punya blog bagus dengan tema yang relevan dengan produk yang akan Anda promosikan.

Blog bagus artinya konten diisi dengan teratur (seperti blog legendaris ini), isinya memang renyah dan inspiring, serta mampu menjaring pelanggan email dengan banyak (pelanggan email adalah KUNCI SUKSES menjadi online marketer).

Berapa bulan agar bisa punya blog dengan trafik tinggi dan pelanggan email banyak?

Mungkin sekitar 6 – 9 bulan – itupun harus diisi dengan konsisten, dan juga rajin promosi blog via Facebook; dan juga rajin menanam backlinks di blog orang lain (misal dengan menjadi guest blogger di 10 blog lain yang relevan isinya).

Kalau blog sudah tinggi trafiknya (misal pengunjung per hari sudah tembus 700 – 800), dan pelanggan email mulai banyak (misal bisa dapat 10 pelanggan email per hari); maka blog itu akan bisa jadi sumber income yang otomatis. Autopilot. Anda tinggal kerja di kantor, rekening Anda terus bertambah dengan income sampingan yang mengalir.

Salah satu contoh layanan affiliate marketing terbaik di tanah air, bisa dilihat DISINI.

Kalau mau gigih membangun blog demi dapat income sampingan, maka sumber affiliate ini prospektif juga. Asal gigih ya.

Cuma menemukan kegigihan itu yang kadang sulit. Kegigihanmu mudah menguap dan tergolek kaku di kolong lemari yang berdebu.

DEMIKIANLAH, 4 sumber penghasilan sampingan yang bisa kita buru lewat dunia maya. Dan berdasar pengalaman saya, semua kegiatan diatas bisa dilakukan secara sambilan (asal dengan manajemen waktu yang optimal).

Memiliki double income (income utama dan income sampingan) mungkin hal yang oke. Sebab dengan itu, kita bisa menyisakan dana lebih untuk investasi : baik untuk invetasi dunia ataupun investasi akherat.

Work hard. Pray hard. Be grateful. Be wiser. Be richer.

36 thoughts on “4 Sumber Penghasilan Sampingan Paling Maknyus yang Layak Anda Buru di Dunia Maya”

  1. Mulai tahun 2007 (kalau gak salah) merasa didorong terus oleh Pak Yodhia untuk bisnis online ini. Untuk mengumpulkan modal perrcaya diri yang masih berat, maklum semuanya modal dengkul. Bisa ini itu hanya otodidak.

    Dan, alasan yang paling mantap : belum sempat, masih sibuk.

    Bagi yang lain, yang ingin maju, jangan tiru saya.

    Thanks pak Yodh. Masih ada sisa sedikit tekad yang saya simpan menjelang pensiun ini.

  2. paling mainstream sih publisher adsense…memang susah susah gampang untuk yang pake bahasa Indonesia…tapi kalo konsisten dan istoqomah maka lama kelamaan akan menghasilkan.

    makasih banyak atas share nya mas

  3. Bisnis online memang semakin cerah prospeknya dari tahun ke tahun. Karena kini hampir setiap orang bisa mengakses internwt melalui genggaman tangan mereka.

    Pilihan tinggal di diri kita sendiri. Ingin jadi pemain atau terus menjadi penonton.. 🙂

    https://rumahsyariahberkah.com

  4. Inspirasi yang menggugah di pagi hari selepas makan sahur ini.

    Inspirasi yang menyelamatkan keinginan untuk hidup lebih baik demi mendapatkan income sampingan dari dunia internet.

    Happy Ramadhan pak Yodhia..

  5. udah mulai bisnis kaos dr akhir tahun lalu dg brand Kasamago Clothes, ngikutin nama induk blog saya. lmayan hasilnya, ttp nasib berkata lain, supplier bangkrut. skrg blm nemu penggantiny lg.

    kegigihan ,daya juang, konsisten, kreatif, bener2 wajib dipupuk rutin tiap hari, gampang pudar soalnya.

    bisnis Investasi Bitcoin tumbuh bagus tp terjadi “crash” dg partner.. terpaksa check out.

    membaca rutin blog ini mnjdi vitamin mujarab menjaga semangat usaha..

    kasamago.com | yakena.com

  6. Banyak sudah cerita bertebaran orang yang suskses dari bisnis online/internet, tinggal kita sendiri memilih bisnis online yang seperti apa, dari sekian banyak pilihan mencari pundi-pundi rupiah diinternet

  7. Tiap Senin pagi membaca artikel di blog legendaris ini seperti kucuran motivasi yang sering mau pergi dan akhirnya kembali.
    Apapun pilihan bisnisnya, yang penting terus berusaha tekun dan konsisten.
    Mantap Kang.

    Terima kasih salam penuh keberkahan.
    https://manajemenkeuangan.net/

  8. sempat jualan online bulan puasa tahun kemarin, ternyata lumayan juga ya..

    cuma jualan online untuk produk fisik kudu sabar bgt ngadapin konsumen..

    sekarang mending belajar jadi publiser adsense..simple..

  9. Pak Yodhia, kalau penghasilan sampai puluhan ribu dolar dengan Adsense Publisher, berapa banyak pengunjung unik per bulan kira-kira?

    1. Biasanya….dia punya banyak blog…..minimal 10 bahkan kadang ada yg punya 100 blog.

      Kalau punya 100 blog, penghasilan per blog USD 100 per bulan, maka total kan USD 10 ribu per bulan.

      Bgm mengelola 100 blog bahasa Inggris? Mrka manfaatkan jasa penulis artikel Inggris….

      Butuh modal juga pengelolaanya.

      Setiap bulan bisa pesan 200 artikel. Per artikel biaya Rp 40 ribu, jadi cost Rp 8 juta per bulan.

      Tema blog beragam dan sangat spesifik (micro topic), seperti ttg asuransi mobil, online couses, hosting, asuransi kesehatan, dll.

      Cara membidik tema, adalah dengan melacak apa kata kunci yang paling mahal dihargai oleh Google. (High Paying Keyword).

      Contoh high paying keyword adalah : Cheap Auto Insurance (komisi USD 93 per klik) atau Online College (USD 90 per klik).

      Tentu makin mahal kata kunci, makin berat persaingannya dengan jutaab blog lainnya.

      Maka bidiklah long tail keyword. Misal Online College in New York, atau Cheap Auto Insurance for Honda, dst.

      Kalau punya 10 blog bahasa Inggris, masing-masing blog visitorsnya 1000 per day, estimasi penghasilan adsense bisa USD 500 per blog. Kali 10 blog jadi USD 5 ribu per bulan.

      Bagaimana membangun 10 blog bahasa Inggris dengan target visitors 1000 per day? Ini yang berdarah-darah. Tapi kalau mau berjibaku, bisa dilakukan dalam 2 -3 tahun sambil belajar hingga jam 12 malam tiap hari.

      Belajar berdarah-darah 3 tahun, dengan potensi income USD 5 ribu per bulan. Mungkin lebih baik daripada kuliah 4 tahun di kampus PTN namun kemudian jadi pengangguran 🙂

  10. Adsense skr ga segurih dulu. CPC kecil.. makin bnyk pesaing.

    dulu jamannya aktif di Adsense tembus $1500 USD/bln (pake blog lokal) selama bbrpa bulan.

    skr mending kembangin bisnis sendiri yg ga terikat sama vendor. ky jualan di olshop sendiri, buka jasa (keahlian), built start-up, dsb.

  11. Alhamdulillah… sudah merasakan out side income nomor 2… Insya Allah sedang mencoba menekuni out side income nomor 4….

    1. Sayang Anda tidak menyebutkan tema blog dan apa sumber income-nya.

      Ada beberapa penyebab :
      1. Mungkin tema blog terlalu luas, dan tidak relevan dengan produk yang kamu jual… jadi tidak kompatibel. Maka conversion rate pengunjung jadi pembeli rendah (konversi adalah pengunjung yg berubah jadi pembeli).

      2. KAlau kamu pasang adsense bahasa Indonesia, mungkin juga kata kunci-nya termasuk kata kunci murah.

      3. Kemungkinan lain, kamu tidak grab atau tangkap pengunjung jadi pelanggan email. Ini KUNCI. Studi2 menunjukkan pelanggan email jauh lebih mau menjadi pembeli daripada pembaca dadakan.

      4. Kebanyakan pembaca kamu mungkin berasal dari Google, dan bukan pembaca setia. Jadi read and run. Bukan tipe pembaca loyal. Jadi come and go. Maka mereka bukan tipe pengunjung yang mau membeli produk. Maka untuk membuat mereka loyal, Anda harus menangkap dan membuat mereka mau menjadi pelanggan email. Supaya kunjungan mrka tidak sia2.

      5. Kalau Anda punya email pelanggan, Anda bisa seminggu sekali remind mereka ttg produk yang Anda jual. Jadi sangat efektif untuk jualan. Kesalahan fatal adalah menyia-nyiakan 3000 kunjungan per hari; krna tidak dipasang email marketing. PAsang pop up email spt di blog ini.

  12. dari 4 cara yang ada di atas, jadi publisher adsense dan affiliate marketer adalah cara paling memungkinkan untuk orang yang tidak memiliki produk sendiri

    hanya saja, saat ini cpc adsense untuk blog Indonesia sagat kecil sehingga banyak yang menyarankan untuk menjadi affiliate marketer

  13. saya sudah merasakan hasil, selama ini saya memberi edukasi tentang asuransi lewat blog, meski kadang waktu membuat artikel tentang asuransi membutuhkan semangat yang luar biasa.

  14. Sekarang sudah bisa punya penghasilan tambahan dari Internet walau belajar secara otodidak.

    Alhamdulillah sekarang dapat pencerahan dari mas Yodhia. Semoga jadi amal jariyah mas. Amin~

  15. yang menjadi minat para blogger adalah adense dan reviewer tapi kadang suka nyerah kalo engga tahan liat trafik segitu2 aja…

Comments are closed.