3 Kesalahan Katrok dalam Membuat CV dan Job Application Letter

CV dan Job Application Letter yang outstanding adalah gerbang awal agar file CV dan email surat lamaran kerja Anda tak segera masuk trash bin alias tong sampah.

Yang muram, di era digital yang katanya serba makin canggih ini, kecakapan banyak orang dalam membuat CV dan Application Letter ternyata justru makin katrok dan makin primitif.

Mari kita ulik tiga jenis kesalahan katrok yang acap dilakukan banyak anak muda dalam membuat CV dan surat lamaran kerja.

Faktanya, sejumlah manajer rekrutmen acap dibikin kesal dengan kualitas CV dan Application Letter abal-abal yang dikirimkan oleh para pelamar.

Berikut tiga kesalahan katrok yang layak dikenang saat Anda hendak membuat CV dan Application Letter yang WOW.

Kesalahan Katrok #1 : Tidak Sopan, Tidak Punya Etika, Amburadul, dan Katrok

Kesalahan pertama ini meringkas dari semua kesalahan katrok yang kadang masih sering terjadi. Intinya si pelamar mengirim email CV dan lamaran kerja dengan tidak sopan dan dengan menggunakan bahasa yang amburadul.

Misal : subyek email sama sekali kosong. Tidak ada judul nama pekerjaan yang akan dilamar. Kesalahan awal ini dengan segera menunjukkan yang mengirimkan email adalah orang ceroboh.

Contoh kedua, email surat lamaran kerja sama sekali tidak diawali dengan salam hormat. Langsung nyerocos saja tanpa ba-bi-bu. Dan sama sekali tidak ada ucapan terima kasih.

Contoh kalimat lamaran kera yang pernah saya baca : โ€œsy mau ngelamar ya. Cv ada di lmpranโ€.

Kalimatnya memang disingkat-singkat seperti itu. Seperti chatting dengan temannya di WA atau Line. Bahasanya alay dan katrok. Lalu tak ada salam penutup dan siapa nama dia.

Crazy. Generasi Milenial Super Katrok. Menulis Application Letter saja tidak becus.

Kesalahan Katrok # 2 : Isinya Tidak Persuasif dan Tidak Menjual

Kesalahan yang kedua ini lebih elegan. Maksudnya, kesalahan katrok 1 sudah berhasil dihindari dengan baik. Semua kata dalam Application Letter dan CV sudah sopan dan cukup rapi.

Cuma problemnya : isinya Application Letter dan CV datar, garing dan sama sekali tidak outstanding.

Kesalahan kedua ini yang paling banyak terjadi setelah kesalahan 1 diatas.

Isi Job Application Letter hanya sekedar formalitas belaka. Tak ada โ€œbahasa promosiโ€ yang bisa menjual kapabilitas dirinya. Ibarat pamflet, isinya seperti kampanye caleg yang garing dan membosankan.

Selain itu, isi CV hanya sekedar daftar pengalaman kerja (nama posisi dan nama perusahaan sebelumnya). Tidak ada keterangan apapun yang persuasif dan menunjukkan prestasi kerja dirinya. Narasi dalam CV sama sekali tidak bisa memberikan indikasi kualitas orang ini seperti apa.

Padahal tujuan Job Application Letter dan CV bukan hanya formalitas belaka. Ada panduan dan templates isinya harus seperti apa.

Dibagian bawah artikel ini saya akan berikan contoh template Application Letter dan CV Kelas Dunia yang banyak dipakai oleh world class companies. Namun sekarang kita lanjutkan dulu dengan kesalahan yang ketiga.

Kesalahan Katrok #3 : Desain Surat Lamaran dan CV Kelas Kecamatan

Ya, hampir semua desain Surat Lamaran dan CV yang pernah saya baca kelasnya adalah kampungan : garing dan acakadut.

Perhatikan desain tipikal Appplication Letter dan CV yang biasa kita lihat berikut dibawah ini. (Jangan-jangan CV Anda kayak gini juga). ๐Ÿ™ ๐Ÿ™

Lalu bandingkan dengan contoh 4 desain CV dan application letter dibawah ini.

Anda bisa langsung merasakan perbedaan yang amat kontras bukan?

Jika Anda seorang Manajer Rekrutmen, mana yang akan segera menarik perhatian Anda?

Sebaliknya, bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi, maka desain CV seperti apa yang ingin Anda gunakan? CV yang pertama dan amat garing? Atau contoh 4 desain yang super keren diatas?

Ingat : dengan desain CV dan Apllication Letter yang memukau, maka peluang Anda untuk mendapatkan dream job akan segera melesat tinggi.

Yang juga cukup mengejutkan : desain sampel Application Letter dan CV yang bagus diatas, juga saya buat hanya dengan WORD.

Nah baru sadar kan, aplikasi WORD juga bisa digunakan untuk membuat desain CV yang WOW.

Artinya apa? Template desain CV yang wow itu bisa dengan mudah Anda edit karena hanya menggunakan WORD.

Dalam desain diatas, saya juga menuliskan sampel isi CV dan Application Letter dengan standar kelas dunia yang bisa Anda adopsi prinsip penulisannya.

Artinya melalui contoh-contoh desaion CV dan Application Letter yang saya tampikan diatas, Anda bisa dengan mudah melihat bagaimana sebaiknya isi CV yang persuasif dan mampu โ€œmenjualโ€ kapabilitas diri Anda.

Jika Anda ingin belajar cara membuat CV dan Application Letter Kelas Dunia, maka file ini wajib Anda download dan pelajari dengan seksama.

Saat mendownload file Word ini, maka Anda akan mendepatkan sampel 10 template Desain CV yang WOW dan 10 Template Desain Job Application Letter yang Outstanding. Anda juga bisa langsung meng-edit dan mengubahnya sesuai kondisi penglaman kerja Anda.

Setiap sampel dilengkapi dengan contoh isi CV dan isi Job Application Letter yang biasanya digunakan oleh world class companies.

Melalui sampel template CV dan Application Letter yang keren ini, Anda bisa langsung meningkatkan “market value” Anda dimata para job recruiters. Mantap.

Silakan DOWNLOAD 10 Templates CV yang WOW DISINI.

Ingat, perjuangan untuk mendapatkan DREAM JOB and DREAM CAREER dimulai dari kualitas CV dan Job Application Letter yang WOW.

Jika CV dan surat lamaran kerja Anda bermutu katrok, maka ya selamanya Anda akan tetap stagnan nasib dan karirnya.

Bekali diri Anda dengan kecakapan menulis CV dan Application yang Cetar Membahana.

See you in your next career journey.

Silakan DOWNLOAD 10 Templates CV yang WOW DISINI.

12 comments on “3 Kesalahan Katrok dalam Membuat CV dan Job Application Letter
  1. Perbedaan nya begitu kontras..

    Di Internet sudah banyak template Cv yg jempolan.. Yg pasti menginspirasi dan menggugah inovasi..

    Mantab.. Selamat berkarya

  2. Terima kasih artikelnya…

    Tak rugi setiap Senin pagi mampir ke sini..

    Inginnya sih dapat pekerjaan impian dengan segudang fasilitas WOW yang menjanjikan, lah untuk buat CV aja masih acak kadut, asal-asalan, pokoknya buat, bagaimana nanti mau buat surat bisnis yang MEMUKAU ๐Ÿ™‚

    Sedikit luangkan waktu deh untuk membaca artikel ini, biar lamaran kerja dan CV tidak terbuang percuma ke tempat sampah.

    ….masih untung kalau dijual kiloan ke penampung barang bekas, masih ada harganya.

    Mudah-mudahan makin baik dan proses pencarian pekerjaan impian dapat terwujud dan menjadi berkah dalam perjalanan hidup.

    Maturnuwun

    | https://manajemenkeuangan.net | Accounting Tools+SOP |

  3. Wah, ulasan yang menarik. CV tidak hanya dibutuhkan oleh para professional melainkan juga akademisi

    Jadi ingat dulu ketika tahun ke-4 SMK, guru saya sering mewanti-wanti berbagai kesalahan umum dalam pembuatan CV

  4. Sangat mengena mas bahasannya. Dan bermanfaat bagi yang sedang cari dream job.

    Anyway kadang tidak selalu seragam, ada case dimana kalau experience orang sudah mumpuni, CV hanya sekedar formalitas utk administrasi saja ๐Ÿ˜‰

    Dan tergantung typical job nya juga. Kalau dalam ranah technical, bisa jadi head hunter jadi tambah bingung kalau CV candidate dibuat banyak variasi desainnya hehe

    Salam
    https://jogjaumroh.com

Comments are closed.