Dua Penyakit Inventory Bisnis yang Bisa Membuat Kinerja Bisnis Kolaps

Ada dua jenis penyakit bisnis yang jika terlalu lama dibiarkan akan membuat sebua bisnis bisa kolaps. Penyakit ini jarang disadari orang, dan sering diabaikan, padahal dampaknya sangat buruk bagi kinerja bisnis.

Kedua penyakit ini berhubungan dengan pengelolaan inventory ketersediaan barang. Ya benar, masalah inventory ini sejatinya merupakan elemen esensial bagi kelangsungan sebuah bisnis. Tanpa pengelolaan inventori yang solid, sebuah bisnis bisa terjungkal dalam kerugian.

Secara spesifik ada dua penyakit inventory yang acap membuat para pelaku bisnis pening. Yang pertama adalah over-stock, atau terlalu banyak stock barang yang menumpuk di gudang. Kejadian semacam ini tentu saja membuat boros biaya, sebab ibaratnya ada “dead stocks” yang tidak bisa menghasilkan uang.

Pada sisi lain, gudang juga menjadi terlalu penuh dengan stock barang yang menumpuk. Pengelolaan gudang menjadi sangat tidak efisien.

Penyakit inventory yang kedua tidak kalah kelamnya. Yakni kejadian under-stock. Atau banyak stock barang yang kosong. Kejadian ini bisa membawa petaka, sebab permintaan pelanggan menjadi tidak bisa dipenuhi, sebab stock barang kosong. Ini sebuah kejadian yang amat mengecewakan pelanggan, dan sering mereka kemudian lari ke kompetitor yang selalu ready menyiapkan barangnya.

Ada banyak kejadian sebuah bisnis menjadi ditinggal pelanggannya, sebab terlalu sering mengalami kekosongan stock barang di pasaran.

Pada sisi lain, jika yang mengalami under-stock adalah inventory bahan baku, maka ini juga akan membuat proses produksi menjadi macet. Biaya menunggu akibat kososongan bahan baku akan membuat proses produksi menjadi tidak efisien. Selain itu, jika terlalu lama terjadi, maka produk jadi juga menjadi tidak bisa diproduksi, dan menciptakan kekosongan barang di pasar. Alhasil pelanggan kembali dikecewakan.

Itulah kenapa pengelolaan inventory yang andal menjadi sebuah kunci bagi sukses bisnis.

Ada kabar bagus disini.

Sekarang telah hadir aplikasi inventory yang user-friendy dan amat membantu pengelolaan inventory bisnis yang andal. Nama aplikasi ini adalah MOODAH. Saya merekomendasikan Anda untuk segera mencoba dan menggunakan aplikasi ini demi sukses bisnis Anda.

Kenapa? Sebab aplikasi MOODAH ini memberikan lima keuntungan yang cetar membahana bagi efisiensi bisnis Anda.

Mari kita bedah satu demi satu.

1. Pengurangan lead time dan mempercepat proses

Aplikasi inventory seperti MOODAH dapat mempersingkat proses bisnis anda. Dengan terintegrasinya fungsi inventaris bisnis anda dengan fungsi pembelian, penjualan, dan akuntansi, Anda tidak perlu lagi membuang waktu pergi ke toko atau gudang anda untuk membuat laporan. Dengan aplikasi inventory, segala laporan dapat dibuat di satu tempat saja.

Melihat pergerakan keluar masuk barang pun dapat dengan mudah dilakukan. Dengan fitur seperti serial number dan stock opname, anda dapat secara langsung melacak expiry date produk Anda, dan juga ketersediaan produk Anda, sehingga anda dapat selalu memenuhi keinginan costumer Anda tanpa perlu takut kekurangan stok dan mengirim produk Anda lebih cepat.

Aplikasi inventory seperti Moodah, dapat melakukan pelacakan produk Anda dan membuat laporan secara real-timesecara akurat sehingga Anda dapat memuaskan customer Anda secara tepat waktu.

2. Mengurangi human error

Sering terjadinya kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan oleh pegawai Anda, jika Anda biarkan akan merugikan Anda secara signifikan. Misalnya seperti pegawai yang tidak mengetahui apakah stok yang diinginkan customer Anda tersedia atau tidak, atau pun stok yang di curi oleh pegawai Anda.

Aplikasi inventory menyediakan fitur dashboard Inventory untuk mengetahui dimanakah produk Anda di lokasikan ataupun jumlah stok yang tersedia sesuai dengan masing-masing toko atau gudang yang Anda miliki. Pegawai bisa langung mengakses dashboard tersebut melalui smartphone ataupun komputer di toko Anda.

Dengan fitur surat jalan dan surat terima yang tersedia, Anda tidak lagi perlu takut kehilangan stok karena barang keluar ataupun masuk harus di validasi dahulu oleh penanggung jawab yang sudah di tugaskan. Sehingga, jika Anda mengalami kekurangan stok Anda akan tahu siapa yang bertanggung jawab atas kehilangan tersebut.

3. Me-maksimalkan stok ketersediaan anda

Manfaat aplikasi inventory lainnya adalah laporan yang secara real-time. Anda dapat memanfaatkan laporan ini untuk mengetahui jumlah ketersediaan stok Anda saat itu juga ketika proses penjualan atau pembelian bisnis Anda sedang berjalan.

Dalam bisnis, memiliki laporan secara real-time sangatlah penting, kenapa? laporan real-time membantu Anda terhindar dari kesalahan dalam mem-prediksi performa penjualan bisnis Anda. Hal ini, tentunya juga dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan jumlah stok Anda, agar pelanggan Anda tidak terus komplain barang habis.

Selanjutnya, setiap barang tentunya memiliki masa hidupnya sendiri yang dapat mengurangi kualitas dari barang tersebut. Anda harus tahu, kapan barang Anda harus dikeluarkan sebelum masa hidupnya habis ataupun barang mana yang masih bisa bertahan lama di gudang Anda.

Hal penting seperti ini dapat Anda dapatkan dengan memanfaatkan fitur serial number pada aplikasi inventory. Apabila Anda berhasil mengeluarkan barang sesuai dengan masa hidupnya, perputaran barang Anda pun akan maksimal, dan akan dapat memberi value lebih kepada pelanggan Anda tanpa kekurangan stok ataupun pengurangan kualitas barang.

4. Mempermudah estimasi biaya yang di keluarkan

Terkadang pelaku bisnis dagang bisa rugi dikarenakan salah perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk stok barangnya. Dalam pembelian barang, pelaku usaha tidak boleh lupa untuk menghitung kembali biaya transport, pajak, ataupun tariff nya. Hal ini bisa saja di atasi dengan ketelitian bagian akuntansi bisnis tersebut, namun hal ini juga cukup merepotkan dan memakan waktu.

Aplikasi seperti Moodah dapat mempermudah pencatatan ini dengan fitur landed cost. Fitur ini dapat membantu bagian akuntansi Anda agar perhitungan lebih cepat dan akurat, karena segala biaya seperti transport dan pajak dapat terhitung otomatis per produk yang anda miliki. Perhitungan otomatis ini dapat membantu Anda untuk me-minimalisir pengeluaran biaya Anda untuk stok dengan perhitungan yang akurat.

5. Business insights yang berguna untuk pembuatan keputusan

Dengan laporan inventory management system Moodah yang terbuat secara real-time, Anda dapat membuat keputusan strategis bisnis yang lebih tepat seperti:

• Berapa banyak stok yang harus anda stok perbulannya
• Mengetahui produk mana yang paling banyak terjual dan tidak
• Pengelolaan pegawai yang lebih baik
• Membuat estimasi biaya yang lebih tepat
• Memperbaiki alur bisnis Anda
• Membuat strategi pendekatan kepada customer dan supplier Anda

DEMIKIANLAH, lima manfaat powerful dari penggunaan aplikasi inventory MOODAH. Dengan lima manfaat powerful ini, Anda juga bisa sekaligus menghindar dari dua penyakit inventory yang acap membuat bisnis limbung dan merugi.

Di era digital dan industry 4.0 ini, maka aplikasi user-friendly seperti MOODAH merupakan elemen krusial untuk membuat proses bisnis menjadi lebih efisien dan berkinerja tinggi.

Anda bisa segera mencoba secara GRATIS aplikasi MOODAH DISINI demi sukses masa depan bisnis Anda.

One thought on “Dua Penyakit Inventory Bisnis yang Bisa Membuat Kinerja Bisnis Kolaps”

Comments are closed.