Makin Bikin Untung! Ini 7 Manfaat Website Bagi Bisnis Anda

Semakin pahamnya masyarakat terhadap manfaat website bagi bisnis sebetulnya dipengaruhi oleh gaya hidup yang serba online. Apalagi semenjak ada pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat dunia seolah membatasi kegiatan sosial mereka, sehingga mengusahakan melakukan berbagai hal lewat internet.

Pilihan mengurangi kegiatan sosial inilah yang akhirnya memicu daya beli menurun. Tak heran kalau dunia saat ini bersama-sama menghadapi wabah corona sekaligus resesi ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sudah dipastikan memasuki fase resesi yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Resesi ekonomi ini jelas menghantam seluruh pelaku bisnis tak peduli industri skala besar hingga level UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Agar bisa bertahan di tengah perekonomian yang memburuk, setiap pelaku bisnis haruslah melakukan inovasi. Salah satunya dengan mulai mengubah strategi penjualan.

Menyadari bahwa gaya hidup kini makin tergantung internet, mencoba mempelajari manfaat website bagi bisnis tentu adalah keharusan. Karena ternyata, website mempunyai segudang keunggulan yang bisa berdampak positif ke kelangsungan bisnis.

7 Manfaat Website Bagi Bisnis yang Luar Biasa

Jika Anda perhatikan, saat ini mayoritas brand-brand populer pasti mempunyai website yang memang sangat berpengaruh ke branding mereka. Fakta ini sudah seharusnya dipahami oleh para pelaku bisnis pemula atau pemilik bisnis lokal, yang masih enggan hijrah ke era digital. Supaya Anda makin yakin, berikut penjelasan manfaat website bagi bisnis:

1.     Menjangkau Pasar Lebih Luas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini gaya hidup serba online sudah tak bisa dipisahkan lagi dari masyarakat. Hampir semua orang mengakses smartphone mereka yang terhubung ke internet untuk melakukan berbagai hal, entah mencari informasi, media sosial hingga memesan dan membeli produk.

Nah, jika Anda sudah mempunyai website, pengguna internet tentu akan lebih mudah menemukan produk jasa atau barang yang Anda tawarkan. Bahkan tidak hanya berasal dari area domisili, website Anda bisa dijangkau oleh target market lebih luas entah luar provinsi, luar pulau hingga luar negeri.

2.     Menghemat Modal

Kalau dulu untuk memulai usaha haruslah bermodal besar agar bisa menyewa lahan untuk membangun toko, maka saat ini tidak lagi. Anda tinggal membuat website dengan cara membeli domain serta sewa hosting saja. Dibandingkan modal yang dikeluarkan untuk membangun outlet, membuat website jelas jauh lebih hemat dan anti rugi.

Sekadar informasi, untuk membeli domain dan menyewa hosting, biasanya biaya dikeluarkan mulai dari Rp500 ribu per tahun. Jauh lebih murah daripada harus bangun toko dan sewa lahan jualan yang bisa saja menembus jutaan Rupiah per tahun, bukan?

3.     Meningkatkan Kepercayaan

Jangan dianggap remeh, manfaat website bagi bisnis yang cukup luar biasa adalah mampu meningkatkan kepercayaan calon konsumen, serta bikin tenang para pelanggan. Karena dengan adanya website, pasar bisa melihat seluruh informasi dari produk yang Anda tawarkan. Anda pun bisa memperlihatkan lokasi dan pihak yang bertanggung jawab.

Keberadaan informasi itu jelas membuat calon konsumen bakal makin yakin, dan tidak lari ke produk pesaing yang tak punya website. Kondisi ini sangatlah menguntungkan bagi para pebisnis UMKM.

4.     Pelayanan Lebih Berkualitas

Dengan adanya website yang selalu aktif dan update informasi, hal ini akan membuat komunikasi antara penjual dan pembeli jauh lebih mudah. Anda sebagai pemilik bisnis dapat memperbarui informasi produk dan layanan dengan lebih efektif. Calon konsumen pun dapat melihat produk yang ditawarkan selama 24 jam dalam seminggu.

Tak perlu cemas lagi saat toko sedang tutup karena Anda ada keperluan, website akan selalu berjalan dan mengenalkan bisnis Anda kepada seluruh pengguna internet di dunia.

5.     Penjualan Jadi Lebih Baik

Jika website mampu membuat pasar jauh lebih percaya karena pelayanan yang diberikan makin berkualitas, maka sudah pasti bakal berdampak pada omzet. Yap, berjualan online bahkan dianggap sebagai pilihan terbaik di masa pandemi Covid-19 seperti ini, karena konsumen dapat memesan produk lewat internet.

Konsumen tak perlu lagi repot-repot keluar rumah, karena jika Anda memberikan opsi pengiriman barang, bakal membuat mereka bersedia repeat order. Dengan begitu, omzet meningkat, penjualan lebih baik dan tentunya keuntungan berlimpah.

6.     Sebagai Branding Produk

Tentu dalam membuat website, tidaklah bisa cuma sekadar meletakkan produk begitu saja. Anda haruslah rajin update informasi karena ini bisa menjadi salah satu branding awareness terbaik. Semakin bagus kualitas tampilan dan informasi website bisnis Anda, maka peluang untuk dicari dan ditemukan pengguna internet makin besar pula.

Branding awareness ini adalah salah satu manfaat jangka panjang jika bisnis mempunyai website, sehingga pastikan untuk memilikinya.

7.     Media Promosi Efisien dan Efektif

Nah, manfaat website bagi bisnis yang terakhir adalah sebagai media promosi yang efisien dan efektif. Lewat promosi website, Anda tinggal mengunggah file foto dan informasi produk saja, bahkan dari rumah. Bandingkan jika harus mengeluarkan uang untuk memesan banner, pasang iklan di media atau menyebarkan brosur?

Semua itu sudah pasti tidak efektif dan hanya pemborosan. Tapi lewat promosi di website yang dihubungkan dengan media sosial, Anda bisa memilih target pasar lebih baik dan tepat.

Domain dan Hosting Jadi Kunci Memulai Website

Bagaimana? Sangat banyak sekali kan manfaat website dalam kelangsungan bisnis di kondisi saat ini? Agar bisa mewujudkan itu semua, sudah saatnya bagi pelaku bisnis untuk membuat sebuah website.

Langkah awal ketika Anda hendak membuat website adalah dengan membeli domain. Domain ialah nama unik yang bertujuan untuk mengidentifikasi server komputer agar gampang diingat, daripada alamat IP. Contohnya Anda berjualan produk sambel olahan, bisa memilih domain sambelbotolwinwin.com, agar konsumen mudah ingat.

Setelah domain, hal berikutnya yang wajib dilakukan adalah menyewa hosting. Secara mudahnya, hosting adalah layanan yang akan membuat website Anda ’hidup’ di internet. Sehingga jika Anda ingin sambelbotolwinwin.com bisa diakses secara online, harus punya hosting. Lewat layanan hosting, Anda bisa menyimpan seluruh data di server.

Cerdas Pilih Domain dan Layanan Hosting Berkualitas

Lantaran minat masyarakat untuk membuat website kini makin tinggi, menemukan layanan penjualan domain dan penyewaan hosting tidaklah sulit.

Anda boleh-boleh saja tergiur domain dan hosting murah, tapi pastikan penyedia layanan itu benar-benar berkualitas. Supaya tak kecewa, pilih penjual domain dan hosting yang sudah terpercaya, berpengalaman, profesional dan mempunyai penawaran harga masuk akal yang tidak terlalu murah atau terlalu mahal.

Dengan memilih penjual domain dan hosting terbaik, website bisnis Anda bakal bisa diakses dengan berkualitas dan tanpa masalah.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, memang bisa dipastikan kalau manfaat website bagi bisnis sangatlah luar biasa. Apalagi jika Anda memilih nama domain yang tepat dan menyewa layanan hosting terbaik, website bisnis bakal jauh lebih berkualitas dan akhirnya berimbas positif ke omzet penjualan. Jadi tunggu apalagi? Yuk bikin website bisnis sekarang juga!

Artikel ini disajikan oleh Niagahoster – penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia.

Related Post

Apa Sebenarnya HTML dan HTML5 Itu? Baca Ini Sampai Selesai Sajian ini merupakan tulisan dari guest blogger di DOMAINESIA - Penyedia Layanan Hosting Murah di Indonesia. Saat kamu menggunakan internet p...