Membangun Kursus Manajemen Online Pertama dan Terbaik di Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya menuliskan sebuah ide bisnis untuk membuka usaha penyediaan kursus manajemen secara online (management skills online course). Pasar untuk usaha ini agaknya cukup besar (baik untuk konsumen individual ataupun corporate market). Dan usaha berbasis pengetahuan ini semoga bisa juga mendatangkan Double P : bukan hanya profitnya dapet, namun pahala juga dapet (karena berikhtiar menyebarkan ilmu kepada banyak orang).

Namun ide hanya akan segera menjadi fatamorgana kalau tidak pernah di-eksekusi menjadi kenyataan. Beruntung saya menemukan seorang partner tangguh yang bersama akan berjibaku mewujudkan ide bisnis itu.

Tulisan ini mau menceritakan the story behind ideas : sebuah studi kasus nyata tentang bagaimana sebuah ide bisnis di-godok, di-matangkan, dan pelan-pelan hendak di-implementasikan. Are u ready? Read on.

Gagasan untuk mendirikan sekolah manajemen secara online sejatinya sudah lama menggantung (dan selama ini hanya menjadi “impian nun jauh disana”). Ide ini muncul lantaran hingga hari ini memang belum ada online management course hadir di negeri ini (padahal prospeknya cukup bagus).

Beruntung ada seorang pembaca blog ini yang gigih dan mau mewujudkan ide bisnis itu. Namanya Muhammad NOER. Saya sudah lama kenal dia (kenalnya ya juga melalui dunia maya). Usianya masih muda, 32 tahun, namun sudah menduduki posisi strategis di Unilever Asia Pacific. Kantornya di Singapore dan gajinya ribuan dollar per bulan.

Namun karir cemerlang dan gaji besar itu ternyata tidak membuat ia menepis impiannya : membangun sekolah manajemen online pertama, terlengkap dan terbaik di Indonesia.

Begitulah, minggu lalu, ia jauh-jauh datang dari Singapore untuk menemui saya. Di sebuah pagi yang teduh, kami bertemu di warung makan kaki lima (membicarakan ide bisnis besar sebaiknya memang di warung murahan, bukan di Setarbak. Supaya lebih heroik).

Sambil ditemani indomie rebus dan secangkir kopi susu yang hangat, kami berbincang-bincang selama lebih dari 3 jam (kalau bicara tentang “passion untuk mengejar impian”, waktu 3 jam rasanya cepat sekali).

Yang segera muncul dalam pembicaraan itu adalah : topik management skills apa yang akan segera di-launch menjadi online course? Tema-tema laris seperti Service Excellence, NLP, Presentation Skills, Talent Management atapun Developing Leadership Skills, segera muncul menjadi pilihan.

Yang kemudian menjadi tantangan paling rumit adalah ini : bagaimana menciptakan learning content yang wow. Disini kami membayangkan setiap topik yang di-deliver harus mencakup : 1) materi presentasi multi media yang keren, 2) learning video dan