Membangun Kursus Manajemen Online Pertama dan Terbaik di Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya menuliskan sebuah ide bisnis untuk membuka usaha penyediaan kursus manajemen secara online (management skills online course). Pasar untuk usaha ini agaknya cukup besar (baik untuk konsumen individual ataupun corporate market). Dan usaha berbasis pengetahuan ini semoga bisa juga mendatangkan Double P : bukan hanya profitnya dapet, namun pahala juga dapet (karena berikhtiar menyebarkan ilmu kepada banyak orang).

Namun ide hanya akan segera menjadi fatamorgana kalau tidak pernah di-eksekusi menjadi kenyataan. Beruntung saya menemukan seorang partner tangguh yang bersama akan berjibaku mewujudkan ide bisnis itu.

Tulisan ini mau menceritakan the story behind ideas : sebuah studi kasus nyata tentang bagaimana sebuah ide bisnis di-godok, di-matangkan, dan pelan-pelan hendak di-implementasikan. Are u ready? Read on.

Gagasan untuk mendirikan sekolah manajemen secara online sejatinya sudah lama menggantung (dan selama ini hanya menjadi “impian nun jauh disana”). Ide ini muncul lantaran hingga hari ini memang belum ada online management course hadir di negeri ini (padahal prospeknya cukup bagus).

Beruntung ada seorang pembaca blog ini yang gigih dan mau mewujudkan ide bisnis itu. Namanya Muhammad NOER. Saya sudah lama kenal dia (kenalnya ya juga melalui dunia maya). Usianya masih muda, 32 tahun, namun sudah menduduki posisi strategis di Unilever Asia Pacific. Kantornya di Singapore dan gajinya ribuan dollar per bulan.

Namun karir cemerlang dan gaji besar itu ternyata tidak membuat ia menepis impiannya : membangun sekolah manajemen online pertama, terlengkap dan terbaik di Indonesia.

Begitulah, minggu lalu, ia jauh-jauh datang dari Singapore untuk menemui saya. Di sebuah pagi yang teduh, kami bertemu di warung makan kaki lima (membicarakan ide bisnis besar sebaiknya memang di warung murahan, bukan di Setarbak. Supaya lebih heroik).

Sambil ditemani indomie rebus dan secangkir kopi susu yang hangat, kami berbincang-bincang selama lebih dari 3 jam (kalau bicara tentang “passion untuk mengejar impian”, waktu 3 jam rasanya cepat sekali).

Yang segera muncul dalam pembicaraan itu adalah : topik management skills apa yang akan segera di-launch menjadi online course? Tema-tema laris seperti Service Excellence, NLP, Presentation Skills, Talent Management atapun Developing Leadership Skills, segera muncul menjadi pilihan.

Yang kemudian menjadi tantangan paling rumit adalah ini : bagaimana menciptakan learning content yang wow. Disini kami membayangkan setiap topik yang di-deliver harus mencakup : 1) materi presentasi multi media yang keren, 2) learning video dan role play video yang powerful, 3) online tutorial yang interaktif dan disertai dengan 4) working paper, case study, dan guidebook yang renyah dan sistematis. Tentu saja semua konten ini di-deliver secara online (namanya saja kursus manajemen online).

Sungguh kebayang betapa kerasnya kami harus menyiapkan semua elemen diatas. Namun kami bertekad untuk menyajikan learning content yang berkelas (yang mestinya bahkan lebih bagus dibanding materi yang diberikan sekolah manajemen PPM atau Prasetya Mulya dengan cara konvensional itu).

Beruntung kami memiliki sinergi yang ampuh : Noer telah berpengalaman menyediakan online learning content via video dan tutorial (karena dia sudah punya usaha kursus “membaca cepat” secara online). Sementara saya memiliki pengalaman dalam penyediaan konten materi presentasi (melalui web www.rajapresentasi.com yang legendaris itu, saya telah memiliki katalog 30 judul/topik manajamen yang bagus-bagus).

Lalu bagaimana kelak cara memasarkannya? Again, disini kami cukup pede : saya punya blog strategi + manajamen dan rajapresentasi.com yang secara total dikunjungi 6,000 visitors setiap harinya. Sementara Noer punya database email pelanggan hingga 12-an ribu member. Melalui online channel semacam itu, mungkin kami bisa mendapatkan pelanggan dengan cukup efektif.

Tak ada jalan mudah menuju Roma. Menyiapkan learning content yang wow adalah tantangan paling rumit. Apalagi Noer dan saya masing-masing memiliki pekerjaan lain (itulah kenapa mungkin kami harus bekerja hingga jam 12 malam setiap harinya selama 6 bulan ke depan. Push beyond our limit). Kami mungkin juga harus bergiliran bolak balik Jakarta – Singapore untuk melakukan diskusi tatap muka (selain melalui media Skype atau email).

Live Your Dream. Share Your Passion. Inilah mimpi dan passion kami : membangun sekolah manajemen online yang terbaik dan terlengkap di Indonesia. Pasti kami akan menemui jalan panjang yang terjal, melelahkan serta sungguh menguras energi. Namun entah kenapa, ketika bicara tentang mewujudkan passion/dream, adrenalin kami selalu menyala.

Pagi itu, di sebuah warung murahan yang sederhana, kami menutup pertemuan dengan saling berjabat tangan. Hari itu mungkin kelak akan kami kenang sebagai salah satu hari paling bersejarah dalam kehidupan profesional kami.

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 583 4191B. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

63 comments on “Membangun Kursus Manajemen Online Pertama dan Terbaik di Indonesia
  1. Luar biasa… banyak hal yang bisa dipelajari di sini..
    Menjadi terbaik dan terlengkap di Indonesia, banyak bidang lain yang masih terbuka lebar untuk menadi terbaik dan terlengkap di indonesia…
    Jangan mau kalah semangat dengan pak Yodhia….:)

  2. Alhamdulillah, konsep hidup untuk belajar dan belajar untuk hidup dapat diwujudkan, sehingga perintah Allah SWT dengan surah yang pertama kali turun (Iqro = membaca) dan perlunya mengkaji surah yang ke berikutnya memperhatikan Kalam (tulisan-mata pena,pendapat, dll) dapat dikembangkan dimana saja kita berada, walaupun tanpa sekolah formal.

    Sukses Selalu, Amin Ya rabbal ‘alamin

  3. Mantap…saya salah satu member kursus membaca cepat online-nya Pak Noer, very helpfullll..kolaborasi duo (mas Yodhia + mas Noer) pasti akan menghasilkan kursus online dengan konten yang keren.

  4. Salut ! Indonesia sangat butuh orang-orang spt mas Yodhia dan mas Noer. Smoga Allah swt selalu memberi kekuatan dan kemudahan…

  5. setelah baca tulisan ini saya langsung gelisah.. saya juga harus berkembang namun saya masih belum dapat jalannya. pengen ikut berpartisipasi tapi kemmampuan belum mencukupi, saat ini saya hanya bisa membantu dengan doa.

  6. Terima kasih atas semangat berbaginya yang tetap konsisten sejak awal dan selamanya…dan turut mendoakan semoga cikal bakal salah satu industri online Indonesia yang mendunia ini akan segera terwujud dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Amiiin….

  7. sukses ya mas, saya sudah pake rajapresentasi yang anda punya, lumayan buat bahan contekan kalau-kalau ada tugas mendadak thank you Mas

  8. Saya doakan pak Yodia & Pak Noer sukses dengan “Kursus manajemen on-line” nya, mudah2an saya bisa ikutan dan berkontribusi …. Amin

  9. mantap sekali idenya.
    kalo butuh content management yang lebih mengarah ke perhitungan analisa statistik, saya bisa nyumbang pak Yodh..
    Free dulu tak apa lah..
    dibayar traktiran indomie rebus ama secangkir kopi susu hangat juga mau :)

  10. Pak, saya berharap biayanya terjangkau kami yang biasa makan pagi nasi uduk, siang nasi kucing dan malam nasi bantingan. ya setara raja presentasi lah. tmks

  11. wujudkan impianmu pak Jodi untuk turut mencerdaskan masyarakat indonesia. saya salah satu member pak muhamad noer dan siap mendaftar pada kursus online yg sementara bpk dan pak noer disain.

  12. Think big, start small, move fast.

    Ini filosofi yang saya pakai untuk memulai sesuatu.

    Miliki visi dan cita-cita yang besar, tidak ada orang yang berhak menghalangi cita-cita Anda.
    Mulailah dengan langkah kecil, setahap demi setahap.
    Lakukan dengan perencanaan, dan bergeraklah dengan cepat sebab waktu sedemikian berharga.

    Semoga menjadi kolaborasi yang membawa kebaikan dan keberkahan.

  13. Wah persaingan semakin ketat nih. Mimpinya kok bisa sama pak.
    Saya telah memimpikan hal tersebut dua tahun silam. Berikut ini perjalanannya:
    2010 : mimpi memiliki lembaga kursus online dibidang manajemen+inovasi
    2011 : Membuat blueprint (eh maksudnya membuat coretan dikertas) sampai sekarang saya lupa kertasnya ada dimana
    2012 : Membeli domain manajemeninovasi.com, sambil membuat artikel sederhana
    2013 : (rencananya) Go Online V1 (baru sekedar tulisan(ebook)), yang pasti gratisan dulu sambil target 5000 visitor
    2014 : (rencananya) Go Online V2 (ebook + animasi), ada versi Free dan Premium –> target 10000 visitor dengan target member 100
    2015 : (rencananya) Go Online V3 (ebook+animasi+video), ada versi Free dan Premium –> target 10000 visitor dengan member 500
    2016 – 2019 : diharapkan mampu meningkatkan target sebelumnya
    2020 : mendirikan Innovation CAmp
    dan tentu saja masih banyak mimpi-mimpi indah lainnya.
    Harapan saya sih bisa kolaborasi, biar lebih maknyos…

  14. Membangun kursus manajemen online sepertinya bisa menjadi pilihan…
    Harapan anda dan teman anda adalah harapan yang sangat bagus sekali…

    Semoga cepat selesai pembangunannya, dan cepat go online serta bisa menjadi tempat kursus manajemen online terbaik di Indonesia dan dunia… amin..

  15. saya seorang ibu yang sudah menjelang gocap, sangat bersemangat kalau bisa nimbrung bantuin bapak2 muda yang sangat luar biasaaaa ini, apa yang bisa saya bantu saya siap bantuin deh, itung2 saya juga sambil ngasah otak biar tetep encer, ceileee udah gocap…

    yaaah kalo bisa ga kalah sama yang jigo dong hehehe……..

    so saya siap bantu komandanm waduuuh mudah2an bukan gerocokin deh….

  16. Dulu sepertinya ada website serupa dari Pak Tung Desem Waringin, namanya TDWUniversity. Namun, sambutan dari konsumen kurang meriah (dan akhirnya collapse). Apa yang membuat Pak Yodhia yakin website kali ini akan disambut meriah, survive, dan menghasilkan profit yang melimpah?

  17. Aviecenna (45) : ya tentu kita bisa bekerja sama….lama kita ndak jumpa ini….

    Hangga (47) : setahu saya TDWuniversity cuman provide CD saja….miskin feature…..punya kami, mudah-mudahan lebih kaya fiturnya….dan konten lebih lengkap.

    Kursus online membacacepat.com punya Noer per angkatan bisa mendapatkan 100 peserta (setiap angkatan 3 bulan), padhal biaya Rp 500 ribu/angkatan.

    Tema membaca cepat adalah tema yang sangat spesifik, toh peminat banyak juga, dengan biaya yang relatif premium.

    Bayangkan, dengan tema-tema manajerial yang lebih “populer” seperti Creative Thinking Skills, Leadership Skills, Service Excellence, Strategic Marketing Management, Talent Management, dll.

    Untuk desain dan peta web, acuan kami adalah : http://www.udemy.com

  18. ikut bangga…mantap, anak bangsa yg kreatif dan berjiwa enterpreneur….dan semoga dimudahkan Allah dalam merealisasikannya…amin.

    sebagai tambahan cerita saja, pentingnya jiwa entrepreneur ini. saat ini saya mukim di jerman, saya sering berinteraksi dengan teman-teman mahasiswa di kota saya, sering saya menanyakan apa rencana anda setelah tamat kuliah, sebagian besar bekerja di jerman ??? >>sambil bercanda saya katakan jadi anda jauh kuliah kesini setelah itu jadi “pekerja” nya orang jerman???…

    namun kenyataan nya begitu, sedikit yg mau pulang ke Indonesia, dan jauh lebih sedikit lagi yg berfikiran untuk pulang dan mengembangkan bisnis di Indonesia.

    usul ada mata kuliah: entrepreneurnya…syukur-syukur karena di Indonesia sebagian besar muslim…jadi mata kuliah atau jurusan entrepreneur syariah/Islam.

  19. ehm….bener-bener duo mantapz….

    Terima kasih banget untuk pak Yodhia n pak Noer, sudah sharing kolaborasi mimpinya….

    Its amazing, sir…. (and inspiring…)

  20. Ketika kita sedang menghadapi tantangan global, masih ada orang orang Indonesia yang memiliki mimpi mimpi indah. doa kami, lanjutkan dengan ucapan Bismillah insya allah barokah dan terwujud thank’s

  21. Setelah membaca mengenai impian pak Yodhia n pak Noer, jadi ingin bergabung untuk mewujudkan walaupun hanya lewat doa. Sukses selalu buat kita semua.

  22. Selamat pak Yodhia semoga sukses, saya selalu mengikuti tulisan pak Yodhia walau sering terlambat karena masih sibuk menangani beberapa PLTM tersebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!