Konsultan Manajemen dan Personal Branding

Profesi sebagai konsultan manajemen barangkali merupakan salah satu pilihan karir yang layak ditekuni. Selain men-stimulasi pelakunya untuk terus mengembangkan kompetensi dan capability, dunia konsultan manajemen juga menawarkan jagat yang variatif : setiap klien selalu berasal dari beragam industri, dan itu memberikan wawasan baru yang dinamis.

Dan tentu saja profesi konsultan manajemen menjanjikan imbalan yang sangat memadai. Seorang konsultan manajemen yang sudah beken (contohnya seperti yang tengah menulis artikel ini) lazim memberikan public speaking dengan bayaran 15 juta per hari. Sebuah angka yang lumayan renyah dan mak nyus.

Namun menjadi konsultan manajemen yang dikenal orang tentu saja bukan hal yang mudah. Dan persis di titik itulah, kita lalu disapa dengan sebuah konsep bernama personal branding.

Dulu ketika pertama kali membangun usaha konsutan manajemen, saya melakukan proses marketing dengan cara jadul nan tradisional : mengirimkan brosur mewah dan email kepada database prospek. Saya tahu brosur dan email itu kebanyakan segera masuk tong sampah. Akibatnya jelas : merindukan datangnya klien bagaikan pungguk merindukan bulan.

Lalu begitulah, sekitar tahun 2007 lalu, saya mengenal sebuah media ajaib bernama BLOG. Dan saya harus mengatakan ini : blog benar-benar telah mentransformasi kehidupan bisnis saya.

Sejak awal saya memang membangun Blog Strategi + Manajemen ini sebagai projek personal branding : sebagai sebuah media untuk membangun reputasi saya sebagai konsultan manajemen dan sekaligus sebagai a great professional blogger.

Pelan-pelan sejalan dengan waktu, blog ini telah menjadi media marketing dan branding yang sangat powerful. Banyak calon klien yang mengenal saya melalui blog ini. Dan banyak dari mereka yang kemudian mengundang saya untuk menjadi konsultan manajemen.

Melalui blog ini, saya tidak lagi mencari klien, namun justru klien yang mencari, menemukan, dan memberi saya projek. Acapkali terlalu banyak klien yang mengundang, sehingga kadang ada klien yang terpaksa saya tolak dengan sopan (because my time is already sold out).

Keberhasilan personal branding melalui blog ini saya kira sebagian besar juga disebabkan oleh Google. Banyak calon klien yang kesasar masuk blog ini, karena blog ini menempati urutan nomer satu hasil pencarian Google untuk beragam kata kunci yang berkaitan dengan dunia konsultan : seperti kata konsultan KPI, konsultan manajemen kinerja ataupun konsultan balanced scorecard.

Nah, tulisan yang sekarang Anda baca ini ini sebenarnya saya tujukan untuk Google, bukan untuk Anda semua. Tulisan eksperimental ini saya lakukan untuk menjalankan salah satu jurus maut dalam online personal branding : namanya search engine optimization (disingkat menjadi SEO).

Melalui tulisan ini saya mengincar posisi urutan nomer satu dalam hasil pencarian di Google untuk kata kunci “konsultan manajemen”. Saya tahu kata ini banyak dicari orang ketika tengah mencari jasa konsultasi manajamen untuk perusahaan/kantor mereka. Bayangkan dampaknya, kalau kemudian artikel ini nangkring di urutan paling atas untuk kata kunci tersebut.

Itulah tujuan saya dengan tulisan ini, dan untuk itu saya harus mengaplikasikan beberapa prinsip penting SEO.

Pertama, judul tulisan ini harus sama dengan kata kunci yang saya incar, yakni Konsultan Manajemen (ada dalam judul tulisan ini bukan?). Kemudian isi artikel harus banyak diselipi dengan kata kunci yang saya bidik : kalau Anda mau menghitung, ada lebih dari 10 kata konsultan manajemen bertebaran dalam tulisan ini. Ketiga, besok saya akan segera menulis 5 artikel di blog saya yang lain (saya punya 5 blog), dengan tema yang sama yakni tentang dunia konsultan manajemen, dan kemudian lima-limanya akan memberikan link ke tulisan ini.

Dengan tiga teknik diatas, saya optimis dalam waktu lima hari ke depan laba-laba Google akan menjaring tulisan ini, mengaduk-aduk dengan algoritma mereka, dan kemudian melentingkan tulisan ini pada urutan pertama hasil pencarian untuk kata Konsultan Manajemen.

Jika target saya itu berhasil, dan tulisan ini berhasil mendudukup urutan teratas, maka segera saya akan merombak paragraf pertama tulisan ini dengan uraian mengenai Jasa Konsultasi Manajemen yang saya berikan, lengkap dengan link menuju ke official web company saya di PT. Manajemen Kinerja Utama.

Itulah teknik SEO yang memberikan dampak signifikan dalam proses pengembangan online marketing and branding. Anda tentu saja bisa menerapkan teknik online branding ini untuk memasarkan bidang usaha yang berbeda-beda. Believe me, asal dikerjakan dengan tekun, hasilnya akan terasa mak nyus.

So, start building your Professional Blog NOW.

Related Post

Konsultan Manajemen Kinerja dan Pengembangan Sistem Manajemen Kinerja Ditengah arus kompetisi bisnis yang kian ketat, serangkaian proses pengembangan SDM yang komprehensif dan berkelanjutan menjadi satu kebutuhan yang ta...
Menyediakan Jasa Konsultan Manajemen SDM Jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai jasa konsultan manajemen SDM, silakan klik DISINI. Pekerjaan sebagai konsultan manajemen saya kira...
Profil Yodhia Antariksa sebagai Konsultan Manajemen Terbaik di Indonesia Yodhia Antariksa adalah founder dan CEO PT. Manajemen Kinerja Utama sebuah firma konsultan manajemen dalam bidang manajemen kinerja, KPI dan Balanced ...
41 comments on “Konsultan Manajemen dan Personal Branding
  1. Kali ini saya berdoa semoga target pak Yodh tercapai. Dan saya pun akan mengikutinya. Terimakasih.

  2. suatu bukti nyata mengenai “The Power of SEO”.

    btw kalo boleh saya tau, apa pak Yodh belajar SEO secara otodidak atau berinvestasi dengan belajar khusus ke seorang konsultan SEO?

    mengingat konsultan SEO belum banyak, kalau ada Harganya juga “mak nyus” dan masing2 konsultan SEO punya metode yang berbeda2 satu sama lain.

    Thanks b4 buat jawabannya

  3. Belajar dari para pendahulu yang kaya akan pengalaman dan inovasi tentu tidak salah. Sangat membantu memberi jalan keluar yang nyos….

    Semoga reward di dunia juga di akherat dengan niat yang tulus dengan terus menyebarkan ilmu walaupun setitik akan terasa manfaatnya…

    Tks. Pak Yodhia

  4. 🙂
    Walaupun ditulis untuk mesin, tetapi masih layak dibaca oleh manusia. Pelajaran utama yang saya petik dari blog ini justru tentang konsistensi dan ketekunan. Kalau hanya masalah manajemen telah banyak yang membahasnya.
    Cukup lama saya mengikuti blog ini sejak masih “sepi” hingga memperoleh penghargaan. Ingin bisa mengikuti jejaknya.

  5. Terimakasih atas tulisannya…. SEO telah membawa saya ke suatu penjualan online yang me transformasi kehidupan saya juga. Cuma hati hati dengan keyword stuffing pak.. Karena Goog dengan proyek Pandanya ga suka yang berlebihan..

    good luck semuanya…

  6. pencerahan bapak pagi ini di kelas A, Diklatpim2, XXXIII, penuh semangat, powerfull, diksionary-nya cukup provokatif, kita fokus, tidak ngantuk, thanks Mr. Yodhia!

  7. Blog bagus kalau artikelnya jelek percuma saja pak. Saya terus mengikuti karena memang artikel pak Yod selalu bikin mata melek….

    Keep on moving!

  8. SEO adalah salah satu cara beriklan secara gratis di google.
    Hanya satu kunci SEO: “TEKUN”

    Tekun untuk selalu meng-update konten Anda
    Tekun untuk selalu berinovasi dan belajar
    Tekun untuk selalu memberikan yang terbaik buat pengunjung blog kita
    Tekun untuk selalu menulis konten yang powerfull dan unik

    Ketekunan-tekunan tersebut dipadu dengan teknik SEO yang telah diberikan bung Yod diatas, Insya Alloh akan memberikan hasil yang makyos (pinjem kata2 bung Yod). hehe..

    Salah satu Blog saya memberikan hal yang mungkin diluar sana masih harus membayar mahal. Jasa konsultasi Aristek, sudah banyak klien yang terbantukan. Saya ingin bahwa semua kalangan masyarakat dapat menikmati rumah yang nyaman dan sehat dengan sentuhan arsitektur yang cantik.

    Ingin ikut berkonsultasi tentang perancangan rumah?
    silahkan kunjungi wibesite kami: http://www.desaingriya.com

  9. Mantab Pak, Sy termasuk org yg setuju kalau Blog jadi alat marketing yang efektif. Kebetulan sy buka Toko Online dan client juga kebanyakan menemukan dari blog yang sy tulis. Sukses selalu pak

  10. Sungguh menarik dan membawa hikmah Pak Yodhia. Artikel ini juga membangun semangat untuk mengembangkan kemampuan setiap orang.

    Btw, bagaimana caranya menjaring email untuk dapat mengikuti setiap artikel yang anda buat setiap senin pagi?

    Salam,
    Natsir Kongah.

  11. Natsir (24) : saya sudah memasukkan alamat email Anda ke dalam data pelanggan. Kalau konfirmasi ndak masuk, cek juga di folder spam/junk email Anda. Kemudian klik konfirmasi. Done.

    Senin depan Anda akan terima sajian renyah dari blog mak nyus ini.

  12. biasanya dalam SEO banyak yang terjebak cepet dapat nomer 1 di google, dapat PR tinggi dsb.sehingga beberapa trik digunakan seperti link sales, link exchange dsb. namun yg tetap naturan dan awet adalah dg tekun update content yg berguna buat pembaca

    salam,
    wahyudi
    http://www.gmuproperty.info

  13. saya terkesan oleh kegigihan & ketekunan anda dalam menulis blog, sudah lebih dari 2 tahun ini selalu membaca blog anda, dan semuanya sangat berbobot, terima kasih pa Yodhia Antariksa

  14. Wah, menarik sekali. 🙂

    Memang untuk seo bisa melalui hal yang bapak tuliskan diatas. dan itu adalah jalan teraman yang saya tahu..

    Memancing dulu untuk kemudian menjadi teratas, jika berhasil baru mengganti paragrap pertama untuk mengarah ke “money site”. Sangat renyah karena punya kontrol sendiri terhadap akses tulisan, sehingga bisa dengan mudah mengganti. Beda dengan SEO yang lain lewat article marketing, yang tidak punya akses, jadi artikel yang ditulis harus bisa sudah finish at all untuk mengarah ke landing page.

    Saya sendiri pun, sebetulnya nyasar masuk ke blog ini, lagi nyari tugas, masuk kesini. Gak tahunya, seminggu setelah itu, Blog ini memenangkan penghargaan apa itu saya lupa dulu, jadinya asik mengunjungi blog ini terus deh tiap minggu. Saya suka tag linenya, di “Update tiap Senin Pagi”

    Mantap.

  15. Saya kira mau bahas SEO nih pak 🙂 ternyata nanti artikelnya dirubah. hihi

    SEO emang maknyus, jadi terinspirasi untuk mulai membangun personal branding dengan ‘brand’ yang menjual. Selama ini masih bingung menggunakan nama apa, ada ide pak Yodhia?

  16. Bagus mas perjuangannya. Terus berjuang utk meningkatkan rank-nya. Alhamdulillah kalo mas Yodhia mencari ” paket seminar kit ” saya di atas mas. Tp gk tau kenapa ya kok bisa??? hehehe 😀

  17. terimakasih jawabannya pak.

    Tadinya saya bingung, apakah sebaiknya ada nama saya di situ (eg. MuhaCorp :D) atau seperti yang pak Yodhia jawab. Sekarang saya yakin sepertinya memang baiknya seperti jawaban bpk, KonsultanXXXX.com

Comments are closed.