5 Taktik Powerful untuk Menciptakan Massive Viral

blogging-for-business-heres-everything-you-need-to-knowDalam dunia online, trafik acapkali merupakan elemen kunci untuk meraih massive income.

Sebab jika blog, page Facebook, atau akun Instagram Anda sepi seperti kuburan, sunyi dari trafik, bagaimana jualanmu akan laku?

Nah, salah satu trik yang bisa diracik untuk membuat keramaian massal adalah melalui strategi viral.

Berikut 5 teknik powerful yang layak diterapkan untuk membuat viral explosion.

Taktik berikut sebenarnya tidak hanya berlaku untuk dunia blogging, namun juga berlaku untuk semua akun digital yang kita kelola – (entah akun FB, IG atau blog).

Satu hal yang juga layak dicatat : VIRAL TIDAK AKAN ADA ARTINYA, jika ledakan pengunjung yang acap hanya sesaat itu tidak bisa kita konversikan menjadi pelanggan tetap.

Maka penting agar ledakan visitor itu sebisa mungkin kita konversikan menjadi pelanggan email, atau likers dan followers di akun social media yang kita kelola.

Mungkin sudah bagus jika 20 s/d 30% visitor dadakan itu bisa kita konversikan menjadi followers tetap.

Berdasar pengalaman nyata yang saya lalui dalam dunia blogging, berikut 5 taktik jitu yang layak dilakoni jika Anda ingin menciptakan viral explosion.

Viral Explosion Factor #1 : Strong Headline

Perhatikan 4 judul artikel saya berikut ini, yang pernah menjadi viral :

The Death of Samurai : Robohnya Sony, Panasonic, Sharp dan Toshiba
Jika Sampai Usia 35 Tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri
Crazy Valuation dan Misteri Cash Flow dari Tokopedia, Bukalapak dan Gojek
Kisah Hacker Melawan Telkomsel : Kisah Keserakahan Bisnis Bernilai Rp 28 Triliun

Judul-judul diatas mungkin terasa agak sensasional – namun persis disitulah poinnya.

Anda tidak akan mungkin bisa membuat viral dengan judul artikel yang datar dan garing. Misal : Perusahaan Jepang Mengalami Penurunan Kinerja. Garing. Atau : Situs Telkomsel Berhasil Diretas Hacker. Terlalu datar juga.

Riset menunjukkan judul artikel punya pengaruh hingga 80% – 90% agar orang mau mengklik dan membacanya.

Maka buatlah judul yang menggetarkan, sebab awal sebuah tulisan menjadi viral amat ditentukan kekuatan judul ini. Disini diperlukan keahlian copywriting dalam meracik judul yang membius.

Viral Explosion Factor #2 : Remarkable Contents

Judul yang membahana adalah awal yag bagus. Namun tanpa disertai dengan konten yang strong, maka Anda akan terjebak dalam “clickbait murahan”.

Clickbait adalah trik membuat judul bombastis, namun isi artikelnya kampungan. Ini banyak dilakukan banyak media online abal-abal untuk menarik visitor.

Blog ini menjadi legendaris bukan hanya karena judulnya yang mengguncang, namun judul itu selalu disertai dengan konten yang kuat.

Artikel Telkomsel minggu lalu tidak akan mungkin di-share hingga 86 ribu kali jika isinya tidak mind-blowing.

Demikian juga, artikel saya the Death of Samurai tidak akan mungkin di-share oleh dua menteri di Group WA-nya (Menaker dan Menteri Jonan) jika isinya hanya abal-abal.

Bagaimana cara membuat strong contents? Tidak malas melakukan riset. Jangan malas Googling, sebab banyak data bagus bisa kita dapatkan hanya melalui Google.

Lalu juga harus banyak baca buku yang relevan. Sebab penulis yang hebat pasti juga pembaca yang tekun.

Viral Explosion Factor #3 : Momentum Driven

Memanfaatkan isu yang lagi hot juga merupakan resep ampuh untuk membuat viral. Dulu artikel saya tentang batu akik dan kegoblokan kolektif menjadi viral karena dipublish pas demam akik.

Tiga bulan lalu tulisan saya yang