5 Tips Simpel dan Ampuh untuk Menjaga Ketajaman Otak Anda

03-18Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Firsa Ariza.

Memelihara dan mempertahankan ketajaman otak mungkin sebuah ritual yang amat penting bagi hidup.

Sebab hanya dengan otak yang kreatif-lah, sebuah perubahan nasib dan rajutan masa depan yang lebih gemilang bisa dilakukan. Kalau sel otak stagnan dan tulalit, kita bisa dengan mudah terpelanting dalam nasib hidup yang kelam.

Muramnya, tanpa kita sadari, sel otak kita ternyata juga cepat mengalami degradasi.

Seperti yang pernah ditulis oleh Mas Yodhia Antariksa, ada banyak hal yang ternyata bisa dengan mudah membuat sel otak kita makin mandul.

Salah satunya : penelitian menunjukkan jika penghasilan Anda pas-pasan, maka ternyata sel otak Anda akan cepat mengalami kemandulan. Wadoh.

Selain itu, tiap hari mengalami kemacetan di jalan juga berperan pada rusaknya ketajaman sel otak dan willpower kita. Kemudian, mager atau malas gerak juga akan membuat sel otak kita menjadi cepat layu.

Lalu, apa tips praktis dan ampuh yang bisa membantu kita menjaga ketajaman sel otak kita? Berikut 5 tips yang layak diaplikasikan.

Tips 1 : Ingatlah Tagline “Ada AQUA?”
Mari kita awali tulisan ini dengan membayangkan salah satu iklan berbau komedik dari produk air minum mineral kemasan yang sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Dalam iklan tersebut digambarkan seseorang yang seperti tidak mampu berpikir jernih dan kehilangan fokus karena kekurangan cairan atau minuman.

“Ada Aqua?” Ting ting ting ting ting ting… (bukan Ayu Ting-ting, tapi suara sejenis alat musik yang ada pada background iklan layar kaca produk air mineral tersebut).

Tagline sederhana dari iklan air minum mineral kemasan tersebut nyatanya memang benar.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal Of Nutrition di Amerika pada tahun 2012 ternyata dehidrasi (kekurangan air) ringan memang dapat menyebabkan berkurangnya fokus.

Karena terlalu sibuk kerja, acapkali kita lupa minum air. Tau-tau hari sudah sore dan kita lupa minum secara memadai. Maka siapkan selalu minimal 1 liter air mineral dekat meja kerja Anda (bukan teh atau kopi apalagi minuman soda yang terlalu banyak racunnya).

Siapkan pasokan air mineral (apapun mereknya, sesuai favorit Anda) dalam jangkauan tangan Anda. Semua demi menjaga ketajaman sel otak Anda.

Tips 2 : Coffe? No, Do Exercise!
Berapa banyak dari kita (orang dewasa) yang belum pernah merasakan nikmatnya kopi dengan berbagai varian rasa? Saya rasa tidak ada.

Ya, kopi seperti menjadi bagian tidak terpisahkan dari mode kehidupan kita sebagai masyarakat modern. Kopi adalah gaya hidup, kopi adalah trend kekinian, kopi adalah budaya. Tidak salah memang jika kita mengkonsumsi kopi, namun dengan catatan : dalam batas yang wajar.

Banyak orang yang menyangka mereka akan menjadi lebih mudah membangun konsentrasi saat dikejar deadline, dengan cara minum kopi. Prasangka yang salah dan tidak bagus dalam jangka panjang.

Sejumlah penelitian menunjukkan jika kopi tidak cukup efektif untuk membuat pikiran kita menjadi fokus. Kopi bahkan hanya membuat kita ketergantungan.

Idealnya : ganti kopi itu dengan aktivitas olahraga. Ciptakan ketergantungan bukan pada sedapnya kopi, namun pada nikmatnya melakukan gerakan tubuh dan mengeluarkan keringat.

Cara terbaik membangun konsentrasi kerja saat dikejar deadline, bukan dengan minum kopi, namun dengan rajin bergerak atau olahraga. Jangan Mager.

Ratusan riset membuktikan : rajin bergerak (atau olah tubuh) adalah cara simpel untuk otak kita tetap tajam dan cetar membahana.

So reduce your coffee. And move your body more.

Tips 3 : Train Your Brain
Ternyata seperti halnya otot, otak pun juga harus dilatih agar mekar dan berkembang.

Bagaimana cara melatih otak agar fokus? Cobalah untuk mencari tempat sepi dimana tidak ada gangguan dari dari orang-orang disekitar anda.

Lalu bayangkan dalam otak Anda seolah Anda sedang melakukan sesuatu (seperti mengerjakan tugas dengan intensif, melakukan presentasi, membangun bisnis, atau aktivitas lain yang produktif).

Bayangkan dan visualisasikan dalam otak Anda, seolah Anda bisa melakukan aktivitas itu dengan maksimal dan sukses. Pusatkan pikiran Anda seolah Anda bisa melakukan setiap detil tahapan dalam aktivitas itu dengan berhasil.

Lakukanlah latihan seperti diatas mulai dari lima menit perhari atau sepuluh menit per hari, dan jauh dari kebisingan.

Latihan otak seperti itu disebut juga sebagai “mental exercise”. Ternyata proses latihan otak semacam itu amat membantu sel otak Anda untuk tetap fokus dan tajam.

Hal itu sesuai dengan prinsip “Brain Plasticity”. Otak kita itu ternyata lentur seperti otot. Sama seperti otot, kalau jarang dilatih ya penuh dengan lemak yang menyebalkan. Sebaliknya kalau sering dilatih maka otot kita menjadi kekar dan berbentuk six packs.

Sama dengan otak juga. Kalau sering dilatih dengan model “mental exrecise” seperti diatas, maka sel otak Anda akan jadi “kuat dan kekar”.

Tips 4 : Productive Sleep
Vatsal G. Thakkar, MD, asisten seorang psikiatri di New York University School of Medicine mengatakan, ketidakmampuan berkonsentrasi atau fokus seseorang seringkali disebabkan karena kurangnya waktu untuk tidur.

Sejumlah riset juga menunjukkan, kurangnya waktu tidur yang berkualitas  mengakibatkan menurunnya fungsi kognitif otak. Anda dengan mudah menjadi tulalit jika kurang tidur.

Maka upayakan agar bisa tidur 7 – 8 jam dengan nyenyak tiap harinya. Tidur terlalu larut malam adalah ritual yang buruk bagi kesehatan otak Anda.

Sering begadang akan membuat Anda makin tidak mampu berpikir kreatif dan mudah menyerah pada tantangan hidup.

Selain tidur malam yang ckup, akan lebih baik mungkin juga disertai dengan tidur siang secukupnya.

Di Korea Selatan ada beberapa kantor dan sekolah formal yang mewajibkan para pekerjanya dan siswanya untuk tidur siang satu jam setiap hari.

Aturan non-formal tersebut telah diterapkan selama beberapa tahun dan menunjukkan hal yang positif. Kinerja para pekerja di Korea Selatan dinilai jauh lebih baik dan efektif dibandingkan sebelum kebijakan tidur siang selama satu jam setiap hari kerja diberlakukan.

Begitu pula dengan beberapa sekolah di Korea Selatan yang memberlakukan kebijakan ini, para siswa menjadi lebih cepat dapat menyerap pelajaran sehingga para guru tidak kesulitan dalam memberikan pengetahuan kepada muridnya.

Nyatanya mengisitirahatkan tubuh (dan tentunya otak) selama satu jam saja dapat memberikan pengaruh yang besar untuk kita. Jadi mari berdayakan tidur siang.

Tips 5 : Relax and Enjoy the Life
Kapan terakhir kali anda ke tempat hiburan yang menawarkan ketenangan batin. Ke taman, pantai, atau ke gunung misalnya?

Cobalah untuk sedikit bersantai diwaktu senggang anda. Tidak harus dengan pasangan anda, tapi cobalah pergi seorang diri.

Nikmati dan rasakan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Lihatlah awan-awan yang bergelantungan di angkasa luas, hiruplah segarnya angin pegunungan, rasakan gemulai angin pantai, biarkan gemuruh angin itu mengalir ke tubuh, nikmati, hilangkan beban pikiran anda.

Ini bukan sekedar kata-kata puitis yang sajaknya tiada bermakna. Tapi ini adalah ajakan untuk meluangkan waktu bagi otak Anda untuk beristirahat.

Sebab puluhan riset ilmiah membuktikan, jalan-jalan ke outdoor demi menikmati indahnya pemandangan alam adalah salah satu cara ampuh untuk membuat sel otak Anda tetap segar dan tajam.

DEMIKIANLAH 5 tips simple yang layak diaplikasikan untuk membuat sel otak Anda tetap tajam dan terus menyala. Sebab hanya dengan sel otak yang cetar membahana, Anda akan bisa menciptakan jejak bermakna dalam kehidupan yang fana ini.

Artikel ini merupakan karya Firsa Ariza yang punya blog amazing berjudul Guru Manajemen DISINI.

banner 6 banner 7

21 comments on “5 Tips Simpel dan Ampuh untuk Menjaga Ketajaman Otak Anda
  1. Ngopi masih oke, tp dibatasi sehari secangkir..

    Kalo saya lbh enjoy sering nulis br otak g ngadat. Relaksasi n meditasi br pikiran g overheat, makan yg sehat, olahraga teratur, main catur..

  2. Poko’e terus meng-inspirasi dengan tulisan-tulisannya.

    Kuitipan kalimat ini menarik banget :

    “reduce your coffee. And move your body more”

    Kudu rajin olah raga nih…..
    dan pelan-pelan mengganti kebiasaan ngopi di pagi dan malam hari :)

    Nah, penggantinya ini nih yang perlu dipikirkan dengan serius agar tidak malah mempengaruhi pengeluaran semakin besar.

    … perlu manajemen keuangan kecil-kecilan :)

    so bagi Anda yang ingin belajar gratis, atau sekedar baca-baca saja tentang manajemen keuangan, SOP & akuntansi silahkan ke http://manajemenkeuangan.net/ .

    Maturnuwun

  3. Mudah secara teori tapi sulit untuk dipraktekan. Memang modal berharga adalah otak kita dan harus kita jaga. Kang firsa memberikan kita cara bagaimana menjaga otak kita.

  4. Tips yang praktikal dan powerful. Setuju dengan 5 hal yang disampaikan, disamping cukup air (makan bergizi), olahraga, latihan, istirahat yang cukup, tentunya juga menikmati hidup.

  5. Enjoy the life and keep investing.

    Itu yang saya lakukan, biar tetep menyambung hidup maka berinvestasi juga..haha

    Thanks om

  6. mas Yodhia makasih atas share ilmunya….sangat bermanfaat sekali, gara2 sering baca blog ini alhamdulillah penghasilan saya sekarang 5x lipat menjadi seorang freelance….dengan bayaran dollar,.bisa ngasih sama orang tua, dan keluarga…padahal main work saya hanyalah seorang guru honorer

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!