Melacak Jejak Para Peak Performers

Penelitian mendalam mengenai para pekerja unggul (peak performers) menunjukkan bahwa mereka ternyata memiliki mindset tertentu yang membuat mereka berhasil merengkuh keunggulan kinerja. Lalu, apa jenis mindset yang disandang oleh para peak performers tersebut? Berikut lima pola pikir yang ternyata telah menjadi batu pijakan bagi para perajut kesempurnaan prestasi.

Peak performers have positive thinking
Orang-orang yang berkinerja unggul ternyata selalu memandang dirinya dengan kacamata yang amat positif. Mereka memiliki self-esteem yang tinggi, dan selalu mengharapkan yang terbaik dari dalam dirinya. Itulah sebabnya para pekerja tangguh adalah pribadi yang selalu memiliki pandangan-pandangan positif dan juga sikap-sikap positif. Mereka adalah orang-orang penuh optimisme yang melihat kekeliruan sebagai sebuah peluang dan masalah sebagai pelajaran berharga. Mereka mempunyai keyakinan bahwa mereka pasti akan berhasil; dan secara proaktif membuat beragam sasaran yang menantang.

Peak performers have high standards
Para peak performers ternyata lebih cenderung suka bergaul dengan sesama peak performers. Mengapa? Jawabannya karena mereka juga mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap orang-orang disekitar mereka — orang-orang yg bekerja dengannya.

Ketika kita mempunyai standard yang tinggi, kita akan menetapkan sasaran yang tinggi dan bekerja keras untuk mencapainya. Kita mengharapkan yang terbaik dari diri kita, dan juga dari rekan kerja kita. Oleh karena mereka mempunyai standard yang tinggi, para pekerja tangguh terus menerus mengejar yang terbaik — terhadap apa yang mereka kerjakan, terhadap system yang bekerja dengannya — terhadap semua yang ada di sekitar mereka. Mereka secara terus menerus bertanya pada diri mereka sendiri tentang satu pertanyaan kunci: Bagaimana caranya agar saya lebih baik?

Peak performers take responsibility
Para pekerja tangguh menetapkan tujuan dan bekerja keras untuk mencapainya. Seorang pekerja tangguh tidak akan pernah mau bergantung pada nasib dan keberuntungan untuk mencapai sebuah tujuan. Mereka tahu bahwa mereka harus bertindak, dan paham jenis tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah dibentangkan. Daripada duduk tenang menunggu bintang jatuh dari langit, berharap kejaiban akan datang, seorang pekerja tangguh selalu bekerja keras untuk meracik dan menentukan masa depannya sendiri.

Peak performers stay focused on their goals
Para peak performers selalu fokus pada sasaran yang telah ditetapkan, Keteguhan hati, persistensi dan ketekunan lalu terus menerus dapat digelarkan demi terengkuhnya sebuah sasaran final. Mereka tidak pernah memberikan ruang bagi munculnya keraguan yang membuat mereka mesti mandek ditengah jalan. Mereka tidak pernah mau menyerah. Mereka terus fokus, terus melecutkan segenap energi dan potensi, dan terus berjibaku hingga titik final dapat dijejak dengan penuh keberhasilan.

Peak performers read this blog……..
Yep, peak performers selalu terus mau belajar mengembangkan dirinya. Mereka terus belajar mengasah ketrampilan dan mencerahkan pengetahuannya. Mereka belajar dari pengalaman hidup, belajar dari pengalaman orang lain, belajar dari membaca buku, belajar dari berselancar di internet, dan juga belajar dari membaca blog (termasuk membaca blog ini……).

Note : Jika Anda ingin mendapatkan file powerpoint presentation mengenai management skills, strategy, marketing dan HR management, silakan datang KESINI.

9 comments on “Melacak Jejak Para Peak Performers
  1. Saya setuju dengan the peak performers, namun kadang mereka harus juga menghargai kemampuan orang lain terutama berada dibawahnya

  2. Benar, reputasi para peak performers rasanya akan kian mencorong jika mereka juga mampu men-drive dan empower anak buahnya untuk juga menjadi peak performers.

  3. Pingback: strategi + manajemen » Blog Archive » Blog Strategi + Manajemen : Best Posts in 2007

  4. waah sy peak performers dunk, soalnya kan baca blog ini he he

    eniwei tulisan mas Yodha bagus2, beruntunglah sy tau ttng blog ini, keep gud work ya mas

    salam kenal ^_^

  5. setuju ama mas adit!!! tulisan mas yodhia bagus-bagus terutama untuk saya yang masih kerupuk bawang…hehe belum tahu apa-apa….
    terus nulis ya mas.. biar banyak orang semakin tahu dan semakin pinter…hehe

  6. bagus tulisannya, cukup menyadarkan saya kalau mau minta kinerja tinggi dari staf harus mulai dari diri sendiri dulu agar tidak mau enaknya sendiri saja.
    Terima kasih tulisannya

  7. Keren !!! Setuju banget….

    Haturnuhun atas ilmunya yang luar biasa. Saya banyak belajar dari Bapak ( kan qt PEAK PERFORMERS juga hehe…)

    Terus menulis yaaahh…
    Biar kita yang dari Bandung juga bisa terus belajar…..

  8. brarti Peak Performers itu adalah orang yg selalu optimis dan tanggung jawab dalam mencapai target yg tinggi (ditetapkan), dengan cara terus belajar dan tetap fokus .

    Setujuuuu…

  9. Mas Yodhia,

    Setuju banget bahwa peak performers mesti bersinergi dengan peak performers lainnya, sebab kalo nggak dia bisa terseret jatuh mnjadi low performers oleh orang-orang kerdil, yang hanya pamrih menilai kinerja dengan imbalan yang pantas,

    Peak performers harus ikhlas tanpa pamrih mendedikasikan tenaganya dimana dia bertugas walau belum setimpal dengan rewards yang dia terima, dia menjadi peak performers karena panggilan hati n sarana aktualisasi diri, Dia nggak mau hidup sekali ini tanpa Prestasi…

    Good job Mas buat semua artikelnya, renyah, enrichment, enlightment, exploring, n etcetera…he..he..he..

Comments are closed.