Masa Depan Blog Strategi + Manajemen Setelah Seribu Pelanggan

Minggu lalu, tepatnya tanggal 11 Mei 2008, jumlah pelanggan Blog Strategi + Manajemen menembus angka psikologis, 1000. Untuk ukuran blog di tanah air, jumlah pelanggan ini rasanya cukup besar (sebab, setahu saya – correct me if I am wrong – hanya ada satu blog di tanah air yang jumlah pelanggannya lebih banyak dari blog ini, yakni blognya Cak Cosa Aranda). Saya sendiri berharap suatu saat nanti jumlah pelanggan blog ini bisa mencapai angka 10,000-an (sebab rasanya, akan makin baik jika sejumlah pengetahuan yang terhampar di blog ini bisa dibaca makin banyak orang secara reguler).

Dalam postingan perdana blog ini, saya pernah menulis, membangun dan mengelola blog yang bermutu memang bukan sprint, namun sebuah marathon. Dibutuhkan stamina, endurance, dan ketekunan yang kokoh agar sebuah blog bisa tetap terus bertahan dalam hitungan dekade — dan bukan tumbuh sebentar lalu gone with the wind. Demikianlah, dengan spirit itu, blog ini selalu berikhtiar menghadirkan sajian yang inspiratif dan mencerahkan dalam bidang management skills and business strategy.

Setiap hari Senin (yep, karena blog ini hanya di-update tiap hari Senin Pagi), saya selalu berusaha meracik aneka gagasan dan lalu menghidangkannya dalam sebuah sajian yang penuh kerenyahan. Semoga sarapan Senin Pagi ini benar-benar bisa memberikan pemekaran pengetahuan dan gagasan Anda semua. Dan semoga pula, Anda berkenan untuk terus mampir, sejenak meluangkan waktu, menikmati kelezatan hidangan yang disajikan oleh blog ini…..:):)

Lalu, bagaimana masa depan Blog Strategi + Manajemen? Ada tiga agenda yang mungkin perlu dieksplorasi disini.

Agenda yang pertama dan paling penting : tetap dengan tekun menghadirkan tulisan-tulisan yang bermutu dan mencerahkan bagi para pembaca, Anda semua. Setiap kali akan mempublikasikan sebuah tulisan di blog ini saya selalu berpikir : apakah tulisan ini berguna bagi para pembaca, apakah tulisan ini akan benar-benar bisa mencerahkan pengetahuan dan pengalaman hidup para pembacanya? Pertanyaan ini selalu saya olah dengan masak-masak sebab saya ingin agar waktu yang Anda investasikan untuk berkunjung ke blog ini benar-benar produktif. Let me repeat this : saya ingin agar waktu sekitar 5 – 10 menit yang Anda investasikan untuk membaca tulisan di blog ini selalu menjadi the most productive and memorable time dalam perjalanan keseharian Anda semua.

Agenda kedua : saya berencana mempublikasikan kumpulan tulisan terpilih dari blog Strategi + Manajemen ke dalam sebuah ebook. Oke, projek ini memang lebih saya tujukan untuk para new readers – dengan ebook yang kompak dan handy, mereka bisa langsung berkelana menikmati sajian blog ini, tanpa harus repot membuka-buka menu arsip. Namun bagi Anda para loyal readers, ebook kumpulan tulisan ini mungkin juga akan tetap bermanfaat. Sesekali waktu Anda bisa membacannya kembali secara off-line (sebab, believe me, tulisan di blog ini bersifat timeless like diamonds, and diamonds are forever…..hehehe). Atau Anda mungkin bisa juga memberikan ebook ini kepada rekan kerja Anda sebagai sebuah “knowledge gift”. Ebook ini akan terbit dan dibagikan secara gratis melalui blog ini tepat pada ulang tahun pertama Blog Strategi + Manajemen, tanggal 24 Juli nanti.

Agenda ketiga : menulis buku dengan materi yang benar-benar baru (maksudnya bukan kumpulan tulisan). Temanya mungkin tak jauh-jauh dari tema blog ini yakni tentang management skills, business strategy dan human capital. Saat ini saya tengah merajut self-discpline agar projek ini bisa segera saya mulai dan tuntaskan. Saya berencana menerbitkan buku ini juga dalam format digital (ebook). Dan jika jadi terbit, ebook ini akan dibagikan secara gratis melalui blog Strategi + Manajemen.

Itulah tiga agenda yang hendak dilakukan untuk membuat blog ini bisa terus tumbuh bersama para pembacanya. Dan dengan itu, semoga blog Strategi + Manajemen ini bisa meninggalkan jejak yang bermakna bagi sebuah proses penumbuhan masyarakat pembelajar (learning society).

Photo Credit by : James Jordan under common creative license.
45 comments on “Masa Depan Blog Strategi + Manajemen Setelah Seribu Pelanggan
  1. mas, kalau 1000 aja sih mestinya udah tembus dari kapan taun….dapet angkat 1000 dari mana ya?
    anyway, sukses selalu buat blog-nya!

  2. salam kenal dari saya, mas yodhia…
    selamat ya… smoga tulisan-tulisan di blog-nya semakin bermutu.
    saya setiap senin pagi pasti check n artikelnya saya sharing ke teman2 hrd.
    maju trus strategimanajemen.net!

  3. Pak Yodhia, selamat pak atas tembus 1000 nya, dan saya pikir the POWER of GIVING akan tetep jalan dengan baik kok pak…
    sekalian mau minta kalau bisa sekalian aja bikin format file .jar aja sehingga file2 e-book nya bisa dibaca di HP yang ada Java MIDP 2.0 nya, atau juga dibawahnya, karena dengan ini bisa dimanapun bacanya, gimana Pak??

  4. congratz pak, semoga blognya makin berjaya dan selalu inspiratif

    ngomong2 sya suka dengan ide bagi2 ebook gratisnya he he …..

    *ndak sabar menunggu sampe 24 Juli*

  5. Selamat bang Yod, Moga lebih sukses dan yakinlah bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaaat bagi banyak orang… termasuk blog ini..Saya kira2 termasuk pembaca yang keberapa yaa… Ha2x. Congratulation…!atas ide bagi2 e booknya.

  6. Wah selamat pak… semoga terus berjaya…
    saya tunggu ebooknya…
    saya juga sering berkunjung ke blognya mas Cosa

    Ok makasih mas…

  7. dari tulisan yang pernah saya baca, tak jauh-jauh amat dari niatan pak yodh. selalu ingin barbagi. rencana akan membikin ebook (setidaknya untuk saat ini). mungkin di masa yang akan datang dikembangkan lagi virus pengetahuan, sehingga sifat sebarannya lebih melebar, dan tentu saja lebih bermakna.

  8. Sukses selalu untuk Bang Yodh. Percaya tidak percaya, setiap saya membuka blog bang Yodh selalu menjadi jawaban dari permasalahan yang bergelayut di otak ini. Saya support 3 cita-cita bang yodh. Doa saya semoga selalu diberikan kesehatan dan juga memiliki semangat untuk menjadikan hidup bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan. Orang yang membutuhkan itu bukan hanya bersifat uang atau cek yang kita sebagai penjaganya, tapi ilmu sangatlah berperan dalam sejarah kehidupan kita, karena ilmulah yang menjaga kita agar tidak mudah menjadi “Pecundang”, tetapi dapat menjadi “Pemenang”

  9. selamat y pak..
    salam kenal saya Laela Rahmi, mahasiswa Manajemen UPI Bandung semester 4.
    saya sering mengunjungi situs ini, bwt referensi tugas kuliah..=)
    oia terima kasih pak..kemaren2 sy download presentasi Training Need Analysis – nya..kbetuln ad tugas kelompok MSDM tentang desain training.
    terima kasih…

  10. Selamat buat bang yod,

    Tidak setiap orang memiliki kemampuan menuangkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan (apalagi yang dapat men-sugesti atau memotivasi orang lain).
    Salam sukses untuk Anda…..

  11. saya bukan pelanggan pak antariksa, tapi saya rajin berkunjung dan kunjungan saya ke blog ini gak pernah “sia-sia” 😀 banyak ilmu2 baru yg bisa saya jadikan sebagai pondasi pemikiran.

    selamat & keep it up.

  12. Selamat Mas Yodhi….. Blog tidak akan berkembang kalau tidak ada pengunjungnya… angka 1000 sebelum mencapai 1 tahun merupakan capaian yang layak buat blog yang dikelola mas Yodhi….
    Nggak heran mengapa begitu banyak yang ingin berkunjung dan menjadi pelanggan Blog mas Yodhi…. karena alur tulisan mas memang menarik dan mudah dicerna (catatan: meski kadang ada beberapa yang perlu pemikiran mendalam.. karena bahasa yang ketinggian :))…. tapi secara menyeluruh blog ini istimewa…
    Saya nggak heran dan saya sudah memperkirakan Blog ini akan sukses… karena sosok mas Yodhi yang saya kenal memang seorang pekerja keras…. Sejak jaman Kuliah saya kenal mas yodhi sering sekali nulis…. dan nulis buat mas yodhi lebih dari sekedar candu… 🙂 Satu yang saya suka…. momentum up date hari senin yang dipakai mas yodhi buat saya sangat tepat, dimana banyak orang benci hari senin… tapi dengan baca blog ini hari senin menjadi hari yang ditunggu-tunggu… 🙂 meskipun saya termasuk baru jadi pelanggan blog ini, tapi saya mulai sedikit kena candunya 🙂 sukses terus mas Yodhi……. Salam

  13. selamat buat mas yodhia, Blog ini memang bagus, disamping karena pemiliknya senang berbagi, juga saya baru ini baca blog ngerasa nyaman and gak bingung. Thanks untuk semua ilmunya. Sukses terus….

  14. ..Congratulation yod..
    Be great blog….1000 customers 1000 dreams…
    10.000 customers 10.000 dreams ..hebat
    Mencerahkan , inspiratif & up to date

  15. Kang Yodhia, selamat ya….dan sukses selalu. Mudah2an angka bakal terus merayap naik…1000, 2000, dan seterusnya. Suwun juga atas piwulangnya, yang sangat berguna. Salam, Lisa

  16. Luar bias mas, saya termasuk pembaca tulisan-tulisan diblog ini, saya mendapatkan banyak inspirasi, tulisannya apik simpel tapi mendalam, harapan semoga saya bisa belajar banyak, terima kasih

  17. Selamat mas Yodhia,
    Blog ini adalah salah satu contoh blog yg banyak memberi manfaat bagi umat, makanya banyak yg mengunduh.

    f(give)=get

    Insya Alloh blognya bakal makin rame mas 🙂

    saya ikutan nunggu e-booknya hehe…

  18. Pingback: Share Awesomeness with your blog readers | Catur PW.Com

  19. Selamat atas tembusnya jumlah pelanggan diangka 1000. Memang benar seperti yang Anda katakan, dalam membangun blog kudu rada sabar karena kerjanya memang mesti marathon klo mau bagus.

  20. Manajemen dapat berperan penting dalam perusahaan, oleh karena itu manajemen harus memiliki kriteria yang baik, yaitu :
    1.Memiliki pengetahuan
    2.Memiliki sikap yang baik dan tegas
    3.Bertanggung jawab atas bawahannya dan tugasnya
    4.Jujur dan dapat dipercaya
    Atas pernyataan tersebut saya join purba mengucapkan terima kasih karena memberi kesempatan membuat komentar.

    Hormat Saya,

    (JOIN PURBA)

  21. walaupun gak terlalu intens buka2 website nya
    tapi amat bermanfaat bagi saya
    so,,tetap semangat untuk tetap memberikan ilmu-ilmunya kepada masyarakat indonesia yang sedang terpuruk ini
    thanx

    ditunggu “letupan2″nya

  22. strategimanajemen.net,duh bagusnya…..
    banyak inspirasi yang bisa dipelajari…
    banyak manfaat bagi semua pembacanya
    semoga mas yodhia slalu dalam lindungan allah
    dan senantiasa sehat..

  23. ebook ini akan dibagikan secara gratis melalui blog Strategi + Manajemen…..?
    Amin ..amin..
    Hanya allah yg bisa membalas kebaik2an mas yodhia
    pemberian yang ikhlas dan tulus. ilmu pengetahuan yang
    sangat berguna bagi pembaca setia dlm web ini.

  24. Pingback: Transformasi setelah hibernasi « Sanggita

Comments are closed.