Blog Strategi + Manajemen di Mata Google

Dalam tulisan perdana yang menandai kehadiran blog ini dalam jagat maya (tulisannya bisa Anda baca disini), saya menyebutkan, membangun blog yang tangguh nan bermutu adalah sebuah marathon, bukan sprint. Disana dibutuhkan sejenis endurance dan stamina yang panjang untuk mampu menghadirkan tulian bermutu secara konsisten.

Tentu saja, Blog Strategi + Manajemen juga mencoba untuk terus melakoni proses marathon itu : terus berikhtiar mendistribusikan pengetahuan kepada sebanyak mungkin pembacanya. Dan beruntung, proses itu acap kali mendapatkan topangan dari sang rakasa mesin pencari bernama Google.

Kita semua tahu, kini Google telah menjadi pintu gerbang utama bagi jutaan umat manusia dalam memasuki bentangan luas sang jagat maya. Setiap hari, jutaan kata kunci diketikkan dalam papan Google, dan dari sanalah setiap insan kemudian berselancar, menjelajah dan memetik sejumput informasi yang menjuntai dalam belantara online.

Itulah mengapa kini ada sebuah ilmu yang disebut search engine optimazion (SEO). Atau sebuah siasat agar bagaimana website atau blog kita bisa selalu nangkring pada halaman pertama hasil pencarian Google; terutama untuk kata kunci yang banyak dicari orang. Sebab begitu blog atau website kita bisa muncul pada halaman pertama Google (atau bahkan peringkat pertama), maka saat itulah sebuah website bisa terus berkibar menjaring ribuan pengunjung (yang masuk ke web kita melalui pintu Google).

Lalu, bagaimana reputasi dan posisi Blog Strategi + Manajemen ini di mata sang raksasa Google? Quite impressive, saya kira (sorry, agak sedikit narsis….hehehehe).

Cobalah Anda ketikkan kata kunci “manajemen”, atau “strategi bisnis” atau “standard gaji” melalui Google.co.id, maka secara konsisten blog ini selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian. Padahal kita tahu tiga kata kunci itu merupakan “high quality keywords” atau kata kunci yang paling sering dicari orang ketika mereka hendak mencari informasi mengenai ilmu manajemen, karir dan strategi bisnis.

Demikian pula, blog ini selalu berada para halaman pertama hasil pencarian Google untuk sejumlah kata kunci lain yang banyak dicari orang lainnya seperti : blue ocean strategy, talent management, customer service, training ESQ dan lain-lainnya.

Itulah mengapa puluhan ribu orang datang ke blog ini setiap bulannya karena bantuan dari mesin pencari Google. Disini Google telah berperan membimbing ribuan orang untuk menemukan situs yang tepat, informatif dan senantiasa menyajikan pengetahuan yang kaya mengenai beragam topik bisnis dan manajemen. Website itu kebetulan bernama Blog Strategi + Manajemen…..:)

Ada satu catatan kecil yang ingin saya garisbawahi dari fenomena ini. Saya selalu membayangkan, untuk beragam kata kunci yang erat kaitannya dengan strategi bisnis dan manajemen itu, mestinya banyak website sekolah bisnis di tanah air yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Sekolah bisnis seperti punya Prasetya Mulya, MM UI, Binus Business School, ataupun IPPM.

Logikanya sederhana : bukankah mereka adalah gudang pengetahuan dan informasi mengenai ilmu manajemen dan strategi bisnis? Bukankah iklan mereka selalu menyuarakan bahwa mereka selalu menyajikan pengetahuan mutakhir mengenai dinamika bisnis modern, dan selalu menyiapkan para pesertanya untuk responsif terhadap era informasi online?

But see, begitu ribuan orang mengetikkan kata kunci “strategi bisnis”, tak satupun website sekolah bisnis (yang katanya keren itu) muncul di halaman pertama Google, dan sorry, kalah peringkatnya dibanding blog yang sedang Anda baca ini.

Ada dua kemungkinan penyebabnya. Yang pertama, para pengelola sekolah bisnis itu gagal memanfaatkan kekuatan Google untuk menebarkan brand dan pengetahuan mereka (dan sungguh dalam era digital seperti sekarang, kenyataan seperti ini sungguh terasa pahit. Apalagi jika mengingat bunyi iklan-iklan mereka yang sungguh heroik itu…..).

Yang kedua, benar apa yang dibilang dalam buku the World is Flat itu. Dalam era web 2.0 seperti sekarang ini, seorang individu secara solo – hanya dengan senjata sebuah blog – bisa lebih dominan dibanding institusi besar dan mapan seperti sekolah bisnis yang megah itu (dan o ya, mereka juga dikelola oleh ratusan pakar manajemen yang pintar). Dengan kata lain, dalam era flat world, seorang individu bisa menjadi independent publisher (melalui blog), dan memberikan jejak yang amat ekspansif dalam proses distribusi informasi dan pengetahuan.

Melalui bantuan Google, blog ini telah mencoba menebarkan serpihan pengetahuan dan informasi kepada sebanyak mungkin audiens. Dengan cara ini, Google sejatinya telah memberikan peran amat penting dalam membangun peradaban pengetahuan.

Jadi benarlah sebuah slogan yang berbunyi seperti ini : Google – A Journey to Expand Your Knowledge Starts Here.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang business strategy dan management skills, silakan KLIK DISINI.

Photo credit by : ThePres6 @flickr.com

36 comments on “Blog Strategi + Manajemen di Mata Google
  1. Betul sekali pak Yodhia, buktinya saya setiap minggu bolak balik kesini untuk menimba ilmu. terima kasih, dan semoga lari marathonnya tidak menemui titik finish, dan bisa menginspirasi lari estafet, untuk para cendikiawan lainnya untuk bergabung ataupun memperkaya, amien.
    *free e-book di web saya, klik nama diatas, pak yod ijin numpang ya..thanks hehe*

  2. dan SEO bakal lebih berguna, karena sering muncul di URL yang bersangkutan. kalo misal kaya’ sekolah2 bisnis itu, mungkin mereka jarang menampilkan kata kunci yang berkaitan makanya bisa kalah..

    great job pak yod! 😉

  3. indonesia memang kekurangan orang pintar yg pandai menulis atau mau menuliskan ilmu-nya….:)
    jadinya institusi2 besar itu hanya bs menampilkan tulisan iklan/pengumuman doank…
    salut buat mas yod…

  4. congrats pak yod…emang blog ini ngebantu banget menggugah wawasan untuk lebih aware dengan perkembngan elmu… ^ – ^

  5. Terima kasih pak Yodhia, seminggu sekali saya bisa mendapatkan santapan pengetahuan manajemen dan bisnis strategi melalui blog ini. Pada topik kali ini mengingatkan saya akan pentingnya sebuah referensi untuk mendapatkan dimensi pengetahuan yang lebih luas. Barangkali dalam dunia pendidikan sekolah bisnis pengetahuan masih dipandang melekat pada sosok GURU yang menimba ilmu melalui GRAMEDIA dan melakukan GOOGLING hanya untuk mengangsu sekedarnya. Padahal kita tahu melalui Google kita juga bisa membagikan pengetahuan menurut GUE dari hasil permenungan yang dalam dan pencerahan dari Sang GOD.
    Sekali lagi terima kasih, selamat menjalankan ibadah puasa.

  6. selamat bwt mas yod. sy yakin bnyk yang setuju klo sy bilang mas yod cerdas, kreatif dan, ini yang penting, baik hati…:) mo bagi2 elmu bwt banyak orang… semoga jadi amal jariah mas… aamin. tp jngn lupa ini jg menjadi tantangan tersndiri utk ke depan.. trus berkarya dn brjaya mas Yod…

  7. Ada hal yang indah dari kehadiran blog Bung Yod ini yaitu proses pembelajaran. Saya pribadi dan banyak rekan lain sepertinya sepakat bahwa di tempat ini kita bisa belajar banyak hal (akhirnya tidak hanya strategi dan manajemen). Bung Yod, saya pikir-dan untuk hal ini saya paksa harus mengakui, juga belajar banyak dari proses awal terbentuknya blog ini sampai sekarang.

    Nah, lembaga pendidikan besar diatas, menurut saya telah melupakan hakekat bahwa sukses adalah buah dari proses pembelajaran. Saya kuatir mereka akan menjadi illiterate seperti kata Alvin Toffler karena tidak belajar, belajar kembali dan melepas pembelajarannya. Buktinya mereka belum belajar juga dari kisah sukses Bung Yod ini.

    Bung Yod, terima kasih atas pembelajaran yang diberikan.

    Robin

  8. Bang Yod,

    Blog ini memang sangat berguna bagi kami kami yang membutuhkan pembelajaran tentang mengelola bisnis dan management. Selamat karena blog ini bisa “nangkring” di halaman terdepan versi google yang merupakan pintu masuk bagi mereka mereka yang menjalankan bisnisnya secara online…Sekali lagi Selamat Bang Yod…

  9. Bener Bang Yod, meskipun bukan orang HRD, saya secara pribadi senang mapir di blog ini… apalagi kisah tentang Human Capital dengan ilustrasi CR7 yang masuk klubnya PSSI wah?luar biasa dan sangat inspiratif.Selamat Bang Yod…..Sukses selalu..

  10. setuju buanget, selamat buat mas yod. ilmu yang dibagikan benar2 membuka wawasan saya tentang ilmu manajemen, dinamis dan membuka pemikiran2 yang kreatif. jadi tau banyak tentang manajemen di perusahaan2 raksasa, mendorong kita untuk tidak takut bermimpi, krn keberuntungan itu milik semua orang asal berani mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki.kelak saya juga bisa mendirikan sebuah perusahaan yang mampu memberikan lapangan pekerjaan dan juga sarana orang2 untuk mengembangkan dirinya.

  11. Selamat Bang Yod, sy salah satu yang berlangganan blog ini.
    Sekolah bisnis yg Bang Yod sebutkan di atas yang pasti (kebanyakan di institusi pendidikan), pakar pakarnya dah sibuk ngurus mahasiswa. Sehingga mereka tiap hari disibukan untuk bicara di depan mahasiswa, gak pernah sempat untuk nulis apalagi ngurus blog. Jadi ya wajar….banyak web site milik institusi, berbulan bulan tidak pernah di update.

  12. Kompetensi, itulah yg menjadi grade seseorang. Contohnya orang2 dibelakang Google, YouTube, dll. Nantinya orang tidak lagi dikenal sebagai alumnus MM UI, IPPM atau lainnya. Tetapi akan dilihat karya dan pemikirannya yang dapat diketahui oleh banyak orang, tentunya melalui blognya. Selama ini perguruan2 tinggi masih terlena pada posisinya karena peran aktif alumninya. Suatu saat alumninya akan meninggalkannya karena merasa bahwa yg diperolehnya lebih banyak berasal dari “blog campus”.
    Mestinya perguruan2 tinggi menyadari hal tsb bisa terjadi di masa mendatang (‘tidak lama lagi’).

  13. setuju banget dengan pendapat bang yodie …bahkan virus presentasi bang yodie sudah mulai menjalar sampe-sampe saya dua kali mengikuti seminar kok rasanya seperti yang saya down load dari bang yodie nih isinya.. he he selamt berkarya terus saya setuju pula klo bang yodie buka “blog university” apa “blog campus” ..seperti yang di usul temen2

  14. Masukan informasi yang mencerahkan bagi orang yang awam maupun yang sudah mengerti internet, semoga blog strategi + manajemen dapat memberikan info yang lainnya dimasa mendatang untuk mencerdaskan bangsa ini untuk “melek” dengan teknologi. 🙂

  15. Inilah yg ku suka dari blog ini. Konsisten dalam membagi ilmu yg renyah utk dibaca. Terus terang dulu aku hanya pembaca setia blog ini, sekarang aku fans beratttt.. dan terinspirasi utk buat blog juga, walau isinya hanya tulisan2 omong kosong yg kurang ada ilmunya. Mohon bimbingannya, blog ini sangat bermanfaat bagiku yg masih banyak belajar tentang management

  16. Sebuah kenyataan keringnya minat berbagi para pakar untuk berbagi dalam ruang maya secara gratis sebagai referensi untuk menambah wawasan lebih luas dari ilmu manajemen yang banyak dikuasai oleh intsitusi.

  17. keep goin pak Antariksa…
    memang sekolah2 sekarang tidak peka terhadap layanan IT..
    padahal sekarang IT memberikan banyak sekali prubahan dlm sosial masyarakat kita sekarang ini.

  18. salam semuanya………!
    Terima kasih. saya baru beberapa kali buka blog manajemen + strategi ini dan syukur, karena banyak ilmu yang saya dapatkan.
    Kepada bang Yod, terima kasih banyak dan mohon izin untuk saya, terus mengklik blog ini.

  19. itu benar, dijaman digital sekarang blog adalah GURU.Sebagai media pembelajaran yang ampuh. Namun sayang, banyak yang tidak memanfaatkannya dengan maksimal

  20. siip..sepakat..! salam kenal pak yod,, saya laela, mahasiswa manajemen upi bandung,, sya sudah lama menjadi pelanggan situs ini.
    great..saya suka sekali..=)
    kelebihannya menurut sya ada pada keahlian pak yod mengambil wacana-wacana aktual dari pendekatan keilmuan manajemen diramu dengan gaya bahasa jurnalis yang khas & artistik..=)
    congrats y pak..

  21. Membandingkan Pak Yodhia dengan lembaga / sekolah bisnis kayaknya bukan aple to aple, lha wong yang pinter kan Pak Yodhia sementara yang namanya sekolah bisnis yang pinter kan dosennya, bukan sekolahannya, he.. he.. he..

    Yang jelas banyak akademisi dan para dosen yang belum termotivasi untuk menulis secara rutin di blog. Belum berani lari marathon di jagad internet.

  22. Wah..membahas SEO ya pak..
    Saya juga sedang bergelut dgn SEO untuk website dan blog saya. Suatu sajian yg menarik, karena pengguna internet sekarang lebih mempercayai sumber informasi dari Googling daripada iklan konvensional. Saya pernah membaca bahwa 89% orang mengakses suatu situs karena informasi dr search engine.. See? Peluangnya besar sekali kan?
    Saya juga pertama kali mengenal blog ini dari searching di Google untuk kata kunci ‘manajemen”, dan lansung jatuh cinta dgn blog ini, krn isi2nya yg menarik dan saya salut dgn bang Yod yg mau bersusah payah n selalu menyediakan waktu rutin utk menulis..
    Untuk sekolah2 bisnis, memang mereka masih bergelut dgn strategi marketing kuno, yaitu lewat media iklan konvensional. Pendapat Bang Yod boleh juga, karena secara teori, merekalah gurunya. Namun secara praktek di dunia informasi, mereka tertinggal selangkah dari para netpreneur2 sperti Bang Yod ini…
    Lanjutkan Bang Yod, bagi2 ilmunya.. Semoga blog ini selalu setia di halaman pertama Google.. 😉

  23. Mas Yod, terima kasih dengan adanya blog ini, semoga mas Yod terus berproduksi dan selalu menyajikan tulisan2 yang upto date.Maaf mas Yod, ini sekedar usulan saja bagaimana kalau materi presentasinya bisa dinikmati secara gratis untuk satu tahun sekali he..he..mungkin akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang daya belinya kurang,semakin banyak kita memberi maka akan semakin banyak lagi kita akan terima, percaya?
    Karena 1 kebaikan akan dibalas menjadi 700 kebaikan.

  24. wah…. sangat menyenangkan membaca tiap potingan dari sini, terima kasih atas artikel yang berguna,,,,, semoga mendapat balasan yang setimpal…
    makasih mas!!!

  25. Nice! Artikel ini menjadi semangat buat saya untuk meneruskan perjuangan blog lagi, yang mana sekarang sudah 1 bulan belum terupdate 🙁

    thanks, what u wrote, inspired me and others i think !

  26. jika sudah merasa cukup terkenal, promosi via mesin telusur Internet mungkin sudah tidak perlu lagi. kata kunci “search engine” pun tidak dikuasai oleh google. karena sudah saking terkenalnya, beberapa situs web besar pun tidak perlu konsen ke aksesibilitas web sebagai salah satu hak asasi memperoleh informasi. 🙂

  27. Salam Mas Yodhia, senang sekali membaca posting Anda yang menyebutkan bahwa membangun blog yang tangguh dan bermutu ibarat marathon, bukan sprint. Saya setuju sekali dengan pernyataan tersebut. Banyak blog yang dibuat namun tidak diperlihara baik oleh pemiliknya sehingga tidak berkembang. Sebaliknya, blog ini merupakan salah satu blog Indonesia terbaik (dalam pandangan saya) karena konsistensi isi dan tentu saja kualitas konten-nya.

    Selamat Mas Yodhia, saya juga sedang belajar dari Anda untuk membangun blog yang berkualitas.

Comments are closed.