Bicara tentang Netpreneurship di MetroTV

Seperti yang telah saya sampaikan disini, pada hari Kamis lalu saya hadir di acara talkshow live MetroTV. Tema yang dibincangkan saat itu adalah tentang netpreneurship – sebuah topik yang saya kira cukup menarik disimak. Acara itu sendiri dipandu oleh Choky Sitohang, presenter muda yang kini tengah naik daun.

Dalam tulisan kali ini, saya akan mencoba mengeksplorasi secara ringkas apa yang telah kami bincangkan berdua dalam acara talkshow itu. Eksplorasi ini hendak menjawab dua pertanyaan kunci : apa itu netpreneurship, dan kiat apa yang layak dilakoni untuk menjadi seorang netpreneur yang sukses? Baiklah sebelum melanjutkan membaca sajian pagi ini, silakan terlebih dahulu menyeduh kopi atau teh hangat yang mungkin sekarang ada didepan meja Anda.

Jadi apa itu yang dimaksud dengan netpreneur? Istilah ini bagi saya merujuk pada individu yang mencoba secara mandiri menjalankan sebuah bisnis melalui medium internet sebagai piranti utama. Tak syak lagi, pengguna media internet telah tumbuh dengan sangat mengesankan. Di tanah air, sekarang terdapat 30 juta pengguna internet aktif, dan angka ini akan terus membesar menjadi 50 juta pada tiga tahun mendatang.

Dalam lanskap semacam itu, internet pada akhirnya mungkin akan menjelma menjadi sebuah arena bisnis yang amat potensial. Demikianlah, kita kemudian bisa menjadikan internet sebagai sebuah giant marketplace, dimana kita bisa menawarkan dan menjual beragam produk kepada para netters dan online shoppers.

Salah satu keunggulan media internet adalah bahwa kita tidak perlu menyewa sebuah toko atau lokasi fisik untuk berjualan (atau juga menyewa orang untuk menjaga toko). Hanya dengan modal laptop plus koneksi internet, kita bisa dengan segera menggelar lapak online – layaknya para pedagang kaki lima menggelar jualan di jalanan (cuman disini kita menggelarnya di jagat maya).

Begitulah, sepanjang kita punya ide untuk menjual sesuatu, kita bisa dengan segera menggelar online store di jagat maya. Disanalah kita bisa berjualan produk fisik seperti kaos atau batik, berjualan produk digital seperti slide presentasi, atau berjualan produk jasa seperti jasa layanan training. Pendeknya, apa saja bisa dijual melalui medium internet, mulai dari berjualan sepatu hingga abon, mulai dari jualan madu sumbawa hingga jualan ebook.

Namun menurut saya, mengidentifikasi produk apa yang akan dijual via internet hanyalah permulaan. Yang justru lebih penting dan sayang acap dilupakan orang adalah bagaimana membuat online store kita dikunjungi banyak orang. Banyak pemula yang menyangka, setelah membuat online store, sim salabim para netters lalu akan datang dengan sendirinya. Tentu ini hanya sebuah ilusi. Tanpa usaha promosi yang kencang, online store kita ibarat bangunan sunyi di tengah gurun sahara. Sepi pengunjung. Sepi pembeli.

Ada banyak cara ampuh yang akan membuat online store kita banyak dikunjungi netters (dan makin banyak pengunjung, pasti akan membuat makin banyak pembeli). Salah satu cara yang paling ampuh adalah melalui cara organik, atau mendatangkan pengunjung melalui Google atau search engine lainnya seperti Bing dan Yahoo.

Online store kita akan hebat jika dalam sejumlah kata kunci yang dicari orang melalui Google, nama situs kita nangkring di urutan pertama. Misal, jika Anda mengetik kata “kaos” melalui Google, maka situs yang berada di urutan pertama kemungkinan besar adalah toko online kaos yang hebat. Demikian juga jika Anda mengetik kata “presentasi”, maka situs yang muncul di urutan pertama Google hampir pasti merupakan sebuah situs penyedia materi presentasi yang banyak dikunjungi netters.

Lalu bagaimana caranya agar online store kita bisa nangkring di urutan pertama hasil pencarian di Google? Salah satu kiat yang paling mujarab dan simple adalah dengan rajin mengupdate isi web kita dengan artikel atau tulisan yang relevan dengan produk yang kita jual. Dan sebaiknya update tulisan ini dilakukan secara teratur serta konsisten.

Salah satu yang membuat blog yang sedang Anda baca ini sangat dihargai oleh Google karena ada sebuah kebiasaan yang secara konsisten saya lakukan sejak puluhan bulan silam. Yakni saya selalu mengupdate dan mempublikasikan tulisan baru di blog ini setiap Senin pagi jam 02.00. Pola kebiasaan ini kemudian dikenali oleh robot Google, dan itulah kenapa blog ini mendominasi hasil pencarian di Google untuk bidang manajemen, bisnis dan strategi.

Memang masih banyak jalan lain untuk menjadikan online store kita dikenal dan dikunjungi banyak netters. Namun salah satu kiat murah dan powerful untuk mendatangkan pengunjung adalah melalui Google. Jika saja kita berhasil menjadikan Google sebagai salesman kita, maka rute untuk menjadi netpreneur sukses mungkin akan bisa kita lalui.

33 comments on “Bicara tentang Netpreneurship di MetroTV
  1. tadinya saya mau nonton di internet, tapi karena kebetulan saya ada dinas keluar kota, akhirnya ya…tidak jadi tonton. Sayang memang….

  2. Selamat bang Yodh, sayang tidak bisa nonton karena jam kerja. Ada tayangan ulangannya gak ya? Sukses selalu..!

    salam,
    FT

  3. wah.. iya tuh, kemaren kamis saya lupa kalo ada pak yod ada di metro

    anyway, cara2 yang sederhana ini entah kenapa berat banget buat saya lakukan.. 😀 yah.. bisa jadi karena koneksi internet yang masih susah buat digunakan *cari alesan*

  4. Ini yang aku tunggu… sayang ngga bisa nonton dirimu di tipi
    Apa yang dipaparin oleh Om Yodhia absolutely true, karena saya punya pengalaman yang sama. “Punya toko online bukan berarti otomatis banyak penjualan”, hanya saja biaya investasi lebih murah pastinya.
    Two thumbs buat Om Yodhia

  5. Maaf saya lupa jadwalnya.padahal dah saya inget2 sebelumya,sayang sekali melewatkan kesempatan yg begitu baik,acaranya pasti menarik.Klo ada siaran ulang tlong di infokan..

  6. kebetulan saya juga lagi buka toko online, n sekarang lagi cari2 ilmu SEO baru untuk mendongkrak pengunjung..he2..
    Memang betul pak, google adalah alasan no 1 mengapa orang berkunjung ke website kita.
    Tapi kita juga harus optimalkan media2 lain utk memperkuat posisi website kita seperti memasang backlink, submit di bookmarks, memanfaatkan iklan2 baris, dan tentu saja update konten situs kita secara teratur..
    Maju terus blog-nya pak! Semoga bisa memberikan pencerahan kepada mereka yang tertarik dengan manajemen..

    Main2 ke toko saya ya pak.. 🙂

  7. Salam

    Saya melihat acara anda di Metro, dari suara jadi ingat waktu kepelatihan di UDIKLAT Semarang dengan tema motivasi, anda memang hebat choy !

    Selamat atas usaha online anda.

    Wassalam

  8. Wah Pak sayang sekali saya lupa untuk nonton acara tersebut, kalau ada rekamannya bisa di install ke Blog ini akan lebih baik lagi pak.

    Sukses Pak !!

    Wassalam

  9. Luar biasa pak, lanjutkan berkreasi, beri inspirasi pada kami yang masih pemula untuk terus berkarya.kalau boleh ada tayang ulang dunk..biar jadi pelajaran kita kita yg muda ( Pemula ).minimal ada copy tayang Bravo yah pak…Yodhia Antariksa
    salam,

  10. Pingback: Ada lima orang contoh pebisnis online yang sukses at Joko Santoso.com

  11. wah super sekali pak yodhia ..hebat luar biasa ..aku lagi merintis ingin jadi netpreneur sejati ? tapi rute yang saya lalui salah sehingga nyasar kemana-mana…semoga dengan bimbingan bapak saya dapat kembali ke jalan yang benar amin…

  12. bener mas..saya memulai biro jasa STNK-SIM-PASPOR tadi nya hanya konvensional..tetapi setelah mebuat website dan menerapkan SEO..alhamdulillah penghasilan bisa 15 juta sebulan bersih..

Comments are closed.