Perempuan Muda, Cantik dan Kaya itu Bernama Merry Riana

Malam terasa begitu megah. Ribuan pendaran cahaya tampak begitu gemerlap menerangi langit. Di salah satu sudut bangunan tertinggi di Orchard Road, Singapore, tampak berdiri perempuan muda nan cantik asal Jakarta bernama Merry Riana.

Sambil menyaksikan pemandangan malam hari yang begitu indah, pandangannya menerawang jauh. Air matanya terlihat mulai menetes. Malam itu, di usianya yang baru menginjak 26 tahun, ia telah berhasil merengkuh impiannya menembus financial freedom : di-usia yang sangat muda itu, ia telah berhasil memperoleh penghasilan 1 juta dollar. Media terkemuka di Singapore menobatkannya sebagai the young female millionaire.

Padahal, beberapa tahun sebelumnya, perempuan yang besar di Pulomas, Jakarta itu harus setiap hari sarapan indomie rebus lantaran kekurangan biaya kuliah. Padahal beberapa tahun sebelumnya, ia terpaksa bekerja sebagai pelayan di hotel dan penjaga toko bunga untuk membiayai hidupnya.

Kisah tentang Merry Riana adalah kisah tentang impian besar, tentang keteguhan hati, dan tentang doa sepanjang hari yang terus dilantunkan.

Kisahnya berawal dari tragedi kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Karena pertimbangan keamanan, Riana yang lulus dari SMA Santa Ursula, Jakarta diminta orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Nanyang Singapore Technology. Karena kurangnya biaya, ia terpaksa meminjam dana pendidikan dari bank di Singapore (pinjaman ini harus dikembalikan setelah lulus, bekerja dan memperoleh penghasilan).

Dari kisah biografisnya yang begitu menyentuh (judulnya Mimpi Sejuta Dollar, sebuah buku yang wajib dibaca terutama oleh para anak muda usia 20-an tahun), kita bisa memetik tiga pelajaran penting tentang keteguhan hati seorang Merry Riana.

Pelajaran pertama yang mungkin bisa kita petik adalah ini : Keberanian untuk memiliki BIG DREAM. Ia melakoni kuliah di Singapore dengan biaya yang amat terbatas. Acapkali ia hanya makan dua kali sehari (itupun hanya semangkuk mi rebus di pagi hari dan dua lembar roti di siang hari) lantaran minimnya dana. Ia sungguh ingin melewati masa kelam ini dengan sebuah impian besar : mencapai kebebasan finasial sebelum usia 30 tahun.

Dan dari pengamatannya, ia tahu impiannya itu rasanya akan sulit diraih jika ia memilih menjadi karyawan. Itulah kenapa sejak tingkat akhir, ia sudah bertekad untuk membangun usaha sendiri.

Ia kuliah di jurusan Teknik dan lulus dengan predikat terbaik kedua. Dengan bekal ini ia relatif mudah melamar pekerjaan. Namun begitulah, ketika lulus dan semua teman-temannya sibuk membincangkan akan melamar ke perusahaan apa, ia malah berpikir keras untuk segera memulai usaha sendiri.

Lantaran kurangnya modal, ia akhirnya merintis usaha di bidang penjualan produk-produk keuangan (berjualan produk asuransi, deposito, reksadana, dll). Mayoritas teman-teman kuliahnya heran dengan pilihan yang aneh ini. But the show must go on.

Pelajaran kedua : mimpi yang indah hanya akan berhasil jika ia segera disertai dengan TINDAKAN NYATA yang begitu keras, gigih dan tanpa mengenal batas. Dan perjuangan jeng Riana ini rasanya begitu menguras energi, emosi dan teramat melelahkan.

Agar mampu menjual produk keuangan yang ia pasarkan, ia bekerja 14 jam sehari, 7 hari seminggu, terus bergerak menelusuri setiap sudut kota Singapore. Ribuan kali ditolak, ribuan kali bangkit. Ratusan kali gagal, lalu terus mencari strategi baru yang lebih smart agar berhasil.

Dan perjuangan itu kadang begitu getir. Di sebuah dinihari yang senyap, ia tergolek tak berdaya di salah satu sudut peron stasiun KA. Letih, dan keputus-asaan membayangi wajahnya. Ia hanya bisa menangis lirih. Toh esok lusa, ia segera bergegas lagi. Terus bergerak lagi. Terus berjuang lagi. Kesulitan, ia bilang, akan terasa mudah jika kita terus tegar menghadapinya hingga tuntas.

Pelajaran terakhir yang bisa kita petik adalah : the POWER of PRAY. Merry Riana dibesarkan dalam keluarga yang sangat religius. Sejak kecil ia juga dilimpahi dengan doa-doa yang terus mengalir dari bunda tersayangnya. Dalam relung batinnya yang terdalam, ia selalu yakin Sang Pencipta akan selalu bersama dengan langkah-langkahnya.

Dalam setiap lekuk kesulitan yang acap ia temui, ia selalu ingat dengan cacatan kecil yang diberikan sang bunda saat melepas kepergiannya ke Singapore : raihlah tujuanmu selangkah demi selangkah. Dan libatkan selalu Yang Maha Kuasa dalam setiap jejak hidupmu.

Selamat Bekerja, teman. Semoga langkah kehidupan kita juga selalu berada dalam bimbingan-NYA.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan kaos keren dengan desain Android, Manchester United, Apple, Blackberry dan Firefox, silakan KLIK DISINI.

56 comments on “Perempuan Muda, Cantik dan Kaya itu Bernama Merry Riana
  1. Cerita yg inspiratif.smg bisa menambah energi kita pagi ini.mimpi yg besar biasanya dipukuk kala usia golden age 3-6 tahun, setelah itu tinggal lingkungan yg akan menjadi triger/pemicunya.

    yang tidak kalah penting dan sering menjadi pengganjal mimpi adalah fokus thd mimpi tsb.

    Salam
    Wahyudi
    http://www.whjobs.info

  2. Jatuh bangun memang terdengar biasa dan klise kala diucapkan. tapi pasti lain rasanya dan kedengarannya kalau diucapkan oleh mereka yang mengalami sendiri kejatuhan dan membangun ini, dan menyatakan (baca: membuat jadi nyata) keberhasilannya.

    @ Bukik (2): Bu Merry sudah ada yang punya lho … kalo ga salah sudah punya baby 1

  3. Hmm.. berarti harus ikut MLM biar cepat sukses πŸ™‚ sekarang sangat banyak sekali MLM yang menjanjikan bonus dan penghasilan besar.. tadi saya pikir bu Merry ini pengusaha sektor riil.. atau saya salah menerjemahkan cerita? πŸ™‚

    salam..

  4. Pesan ibu dari Merry Riana:”Raihlah tujuanmu selangkah demi selangkah. Dan libatkan selalu Yang Maha Kuasa dalam setiap jejak hidupmu”.

    Dan do’a seorang ibu yang selalu memayungi kehidupan anaknya.

  5. anak muda yang energik, pantang menyerah, bertekat kuat. Kerja kerasnya menghasilkan hasil seperti sekarang.

    Ini yang harus dipunyai setiap entreprenuer Indonesia baik tua maupun muda.

    Tak ada kata terlambat bagi yang tua dan tak ada kata terlalu muda untuk yang muda. Kalau berusaha pasti tujuan bisa dicapai.

  6. “Lantaran kurangnya modal, ia akhirnya merintis usaha di bidang penjualan produk-produk keuangan (berjualan produk asuransi, deposito, reksadana, dll). Mayoritas teman-teman kuliahnya heran dengan pilihan yang aneh ini. But the show must go on.”

    saya agak kurang jelas dengan usahanya ini, sebuah perusahaan asuransi ? apa dia pegang sebagai chanelling (menjualkan produk perusahaan yang sudah ada?). kalau dilihat dari teks nya, dia merintis usaha (usaha asuransi ? seperti apa ?). mungkin bisa lebih detail ?

  7. Ulasan yang menginspirasi banget , setelah baca ulasanya ingin sekali untuk membaca kisah lengkapnya, makasih ulasanya, dan banyak yang share di fb teman teman.

  8. Iya, saya juga sudah baca buku itu. Kisah tentang Merry Riana yang tertuang dalam buku tersebut memang sangat menarik dan inspiratif. Kisah tersebut semakin menegaskan bahwa mimpi sangat perlu dimiliki, dan kerja keras serta doa adalah hal yang mutlak dilakukan untuk mencapai mimpi itu….
    Salam πŸ™‚

  9. Tidak ada yang mustahil, jika dengan tekun, keyakinan dan selalu mohon petunjuk dari Hyang Maha Kuasa, keberhasilan pasti akan diraih…

    Dari semua tulisan, testimoni, proses dalam mencapai tujuan itu akan dilalui dengan pencurahan segala usaha, menguras tenaga dan emosi seperti yang dilalui oleh Merry riana.

    Dan hasil dari itu semua, yangpastinya dapat membanggakan orang tua, keluarga dan tentunya kita semua dengan mendapatkan spirit dari tulisannya…

    Luar Biasa! engkau mamang adil Tuhan…

    Terima kasih

  10. Artikelnya sangat menarik, semoga menjadi motivasi buat para PNS yang berekening GENDUT, bahwa untuk mengapai mimpi masih ada cara yang HALAL, terima kasih Mas Yodhia.

  11. @fadhila : ane siap nunggu janda nya… πŸ˜›

    sebuah cerita yang benar2 patut untuk di jadikan motifasi hidup.. bahwa tidak ada di dunia ini yang sulit untuk di kerjakan asalkan ada kemauan, tekat yang kuat, dan di iringi doa semuanya akan terasa jadi mudah..

    Thanks buat sedikit ceritanya yang sangat inspiratif

    Agus H
    wgs.co.id

  12. Salam kenal Pak Yodh…
    Artikel Anda menginspirasi banyak Pembaca…
    Ini membuktikan di balik kelemahan dan kelembutan wanita, tersimpan kekuatan dan ketegaran yang luar biasa..

  13. Membaca artikel ini semakin menguatkan saya. Kebetulan baru tiga kali ditolak. Apatah lagi kalau alasannya karena pesimisme. Tapi seperti yang diutarakan bukan? The Show Must Go On ^_^ Terima kasih sudah share

  14. ternyata ketika setiap langkah melibatkan allah maka keberhasilan akan dapat dicapai disertai kerja keras, cerdas dan ikhlas pasti. trims

  15. “BIG DREAM,TINDAKAN NYATA dan THE POWER of PRAY” merupakan satu kesatuan yg tidak bisa dipisahkan…,sungguh menginspirasi….
    pagi yang cerah…,selamat pagi semua…

  16. Didalam kehidupan ini ada 4 hal yang tidak seorangpun yang dapat meramalkannya.

    Pertama Kehidupan, Kedua Matian, Ketiga Jodoh dan yang terakhir 4 adalah Rezeki. kesemuanya itu sudah tercatat di lohmahfud (ditangan yang maha kuasa, sang pencipta)sebagai manusia kita wajib berusaha, tapi kepastian ditangan yang maha kuasa.

    kita salut dengan mimpi dan doanya jeng ayu, adios, “god always be with you” trims infonya bung yody. selamat bekerja dan berkarya

  17. ini buku wajib dibaca untuk dipersembahkan buat putri2ku yg smart biar punya “big dream”, let’s huntiiiiiiing bukuuuu…. !!

  18. Selamat siang saya Dion dari malang. Saya butuh bantuan komunitas fans Merry Riana di Malang nih. Karena saya berencana untuk mengundang beliau di Malang. yang bisa untuk bekerja sama dengan saya untuk mengundang beliau di malang bisa invite pin bb saya 3298EB7E dan No HP saya 085755828002. Terima kasih banyak πŸ™‚

  19. In low-priced hosting services, the suppliers use the shared hosting atmosphere to the customers and thereby lower the cost of hosting. Hosting plans and packages may possibly differ from every organization with its different offers. You can find also some zero cost hosting packages, which are not encouraged if you need have high quality service. With free hosting, your internet site could be completely enclosed with plethora of advertisements by means of banners, text advertisements and so forth. The servers usually are not on a regular basis monitored in totally free hosting and with lots of population operating around the totally free hosting, your clients may not be reach your web based organization. With all of your worthy and valuable content, you could not be capable of drive excellent targeted traffic for your site. Plus the security with the web-site also isn’t assured with free of charge hosting.

  20. For those people today who are considering twice about listing their company link to free of charge online small business directories, just consider about how your money shall be even more worth spending on them than around the manual process of marketing. Definitely, these on the web directories will bring in a great deal more profit for your small business considering of just how much folks patronize them.

Comments are closed.