3 Elemen Jitu untuk Melakukan Presentasi yang Memukau

Sebagai seorang pekerja profesional, pasti ada suatu ketika dimana Anda diminta untuk melakukan presentasi. Temanya bisa beraneka : bisa tentang rencana program kerja departemen Anda, bisa tentang rencana ekspansi bisnis dan strategi korporat, atau juga tentang sosialisasi kebijakan perusahaan.

Tentu saja kita semua ingin men-deliver sesi presentasi itu dengan indah – sebuah sesi yang semoga bisa terus dikenang oleh para audiens. Dan bukan sebuah sesi presentasi yang garing nan membosankan, yang membuat para pendengar ngantuk, dan sebagian yang lain malah sibuk asyik ber-BBM.

Jadi kiat jitu apa yang mesti diusung kala kita mau men-deliver sebuah sesi presentasi yang memukau? Elemen apa saja yang mesti dirajut menjadi sinergi yang solid dan kokoh? Di pagi yang cerah ini, kita mau menelisik cara untuk meningkatkan ketrampilan presentasi kita secara optimal.

Beruntung kini telah hadir sebuah buku yang persis berbicara tentang tema itu. Judul bukunya pas dengan tema kita kali ini : PRESENTASI MEMUKAU – Bagaimana Menciptakan Presentasi Luar Biasa.

Penulis buku itu adalah Muhammad Noer, pembaca setia dari blog Strategi + Manajemen yang keren ini. Noer sendiri adalah sosok yang cukup unik. Dia kini bekerja sebagai salah satu Manajer Talent Development – Unilever Global dan berkantor di Singapore. Tugasnya men-develop SDM untuk wilayah lintas negara. Di sela-sela kesibukannya keliling Asia, toh ia masih sempat menulis sebuah buku – yang isinya amat mendalam, dan kemudian membagikannya secara gratis kepada publik (now, that’s the power of sharing).

Secara komprehensif, buku yang ditulis oleh Muhamad Noer ini memetakan elemen-elemen kunci yang perlu diracik untuk melakukan presentasi yang memukau.

Secara garis besar, saya menyebutnya dengan formula seperti ini : Great Content + Great Design + Great Delivery = AMAZING PRESENTATION. Mari kita telisik satu persatu.

Great CONTENT. Sebuah presentasi cemerlang selalu dimulai dengan konten yang bergizi. Jika Anda mau mempresentasikan program kerja departemen Anda, pastikan bahwa isi program itu komprehensif dan sistematis. Jika mau mendeliver tentang strategi bisnis, pastikan bahwa isinya telah mencakup semua aspek tentang strategi. Dan jika Anda mau presentasi tugas kuliah tentang talent management misalnya, maka pastikan isinya sudah mencakup isu-isu mutakhir tentang tema tersebut.

Kunci membuat konten yang bagus sebenarnya simpel saja : wawasan Anda tentang tema presentasi memang luas dan mendalam. Dan Anda paham benar dengan bahan yang mau di-deliver. Tanpa dua aspek ini, forget it.

Great DESIGN. Tak cukup sekali saya melihat presentasi oleh banyak pembicara (bahkan yang sekelas doktor/profesor) yang didesain dengan amat memilukan.

Konten mungkin bagus. Namun sayang sekali, semuanya dibungkus dalam slide powerpoint yang tak menarik. Kalimat-kalimat dalam slides yang terlalu panjang (dan terlalu kecil). Tidak ada ilustrasi gambar dan grafik yang menawan. Tidak ada style font (huruf ) dan size yang baku dan keren. Tak ada cuplikan video dan musik yang memikat sebagai selingan. Pendeknya, tayangan dalam powerpoint slide menjadi amat garing dan membosankan.

Solusi membuat slides dengan desain yang menarik diulas panjang dalam buku itu, termasuk contoh-contohnya. Inti yang harus diingat : slides haruslah didesain dengan kepekaan visual yang baik. Setiap kalimat dan gambar dalam slides harus di-desain secara elegan dan mempertimbangkan elemen estetika yang kuat.

Great DELIVERY. Setelah konten bagus, desainnya oke, maka sekarang giliran Anda : bagaimana Anda menyampaikan semuanya dengan memikat.

Ingat selalu aspek-aspek ini ketika kelak Anda mau melakukan presentasi : intonasi suara yang pas dan mencerminkan kepercayaan diri (dan bukan suara lirih dan sering berdehem); tatapan mata yang proporsional ke semua audiens (please deh, matanya jangan hanya lihat slide presentasi); serta gerak tubuh yang interaktif (sebab dengan begitu audiens akan merasa akrab dengan Anda).

Tiga elemen kunci diatas – conten, design and delivery – diulas tuntas dalam buku ini. Jika Anda mampu mempraktekkan semua elemen itu dengan efektif, percayalah : Anda akan terus dikenang sebagai seorang presenter yang memukau, asyik dan keren.

~~~
Silakan download slide presentasi yang memukau DISINI.

Photo credit by : Vinz @flickr.com

Related Post

Slide Presentasi yang Sangat Memukau tentang Creativity and Productivity Creativity and productivity. Ini dua kata kunci yang mungkin kudu kita dekap dengan erat kala kita mau merajut kinerja kehidupan profesional yang gemi...
3 Kesalahan Fatal dalam Membuat Slide Presentasi "...menggunakan PowerPoint itu seperti menaruh senapan mesin AK-47 yang terkokang di atas meja: kita bisa melakukan hal-hal yang sangat buruk dengan ...
3 Hal Ini Harus Anda Lakukan untuk Membuat Presentasi yang Cetar Membahana Entah Anda seorang manajer, karyawan atau praktisi bisnis, melakukan presentasi di depan sebuah meeting atau forum sering merupakan hal yang kudu dila...
27 comments on “3 Elemen Jitu untuk Melakukan Presentasi yang Memukau
  1. Ada baiknya para manager perusahaan dibekali training for trainer dimana salah satu materinya adalah presentasi.fungsi setiap manager selain sbg HOUR Manager,mereka jg sebagai Training Manager terkait fungsi nya dlm men-deliver informasi kpd tim dibawahnya.

    Salam,
    Wahyudi
    http://www.gmunews.com

  2. Pak Yodhia, membaca artikel ini saya mengucap Syukur kpd Allah SWT yg telah mengabulkan doa saya karena memang saya sedang mencari referensi bagaimana membuat presentasi yg mampu menginspirasi audience

    Merinding saya baca artikel ini dan langsung mendownload isinya ternyata sesuai dengan keinginan saya, just info buat bpk perasaan sy ketika menulis komen ini adalah sedih bercampur gembira karena ternyata doa saya terkabul.

    Sekali lagi saya ucapkan Terimakasih kpd Bp. M.Noer dan Bp. Yodhia yg sudah menshare artikel ini, akhir kata saya berdoa semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Bp. M.Noer dan Bp. Yodhia, Amiiiiiin…..

    Wassalam.

  3. Ilmu yang bermanfaat tak akan lekang meski tubuh hancur berkalang tanah.

    Great article, Pak Yodh!

  4. Bang Yodh. Saya selalu menemukan “best of writing” di website anda ini. Sajian Anda di pagi yang cerah ini, sungguh sangat nikmat, banyak bonus hari 😀

  5. sebuah artikel yang luar biasa, pak! menjadi tambahan gizi buat tugas presentasi saya mengenai “how to be a good presenter and presentation designer”

  6. Presentation is a delicious thing, even I’m only a student 😀

    I have great passions every do it. What will I be in the future with the provisions of this presentation skills?

  7. mantap !, no 1 dan no 3 adalah kunci sukses presentasi … 🙂 tanpa penguasaan bahan dan penyampaian yg bagus ..sudah pasti materi presentasi anda akan menjadi bomerang jika audience anda adalah orang2 yang kritis..sedikit joke2 kadang perlu untuk mencairkan suasana..kalaupun ada yg mis anda bisa mengelak dengan humor2 yg fresh ..

  8. Pak Yod,

    Ruaarrr biasa, ada juga putra bangsa yang pinter dan mau sharing sperti ini.

    Ada pertanyaan menggelitik yang selalu dilontarkan oleh rekan sejawat: bagaimana membentuk insan profesional dan perusahaan lokal Indonesia yang bisa berkompetisi pada skala regional bersaing dengan Singapore, Taiwan dan Hong Kong atau Malaysia?

    Salam,

  9. Iya saya sangat setuju. Mungkin ada baiknya juga pada saat persentasi harus dihidangkan cemilan ringan atau jus buah agar suasana presentasi lebih nyaman lagi. Terlebih jika waktu presentasi nya siang hari. Perlu dicoba! 🙂

  10. Great Content + Great Design + Great Delivery = AMAZING PRESENTATION merupakan hal yang enak di lihat, di dengar, dirasakan dan diaktualisasikan. sukses selalu untuk mas Yodhia

  11. Terima Kasih mas Yodhia. Sekali lagi tulisan renyah dan berbobot. Masukan yang sangat berarti. Kami tunggu tulisan selanjutnya. Salam WUSSSSS

  12. Pak Yodh, kira2 jumlah slide yg paling efektif berapa halaman ya untuk sekali presentasi? karena jangan terlalu banyak (bisa jadi bosan), dan jangan pula terlalu sedikit… Trims…

  13. that s correct pak……..pernah sya mengalami kelas yg garing….n sekarang sy tdk mau lagi masuk kelas

  14. Pastikan AMAZING PRESENTATION adalah PRESENTASI KITA…..GREAT CONTENT + GREAT DESIGN + GREAT DELIVERY = MY AMAZING PRESENTATION….Terima kasih share yang sangat valuable….:)

  15. Woww… tampaknya saya perlu belajar desain visual juga nih, selain aplikasi pembuat slide presentasi. Tentu akan sangat berguna saat ingin membuat slide presentasi yg memukau.

  16. Benar sekali pak Yodia tiga elemen ini adalah 3 keterampilan utama untuk menampilkan presentasi yang memukau. Dan akan lebih lengkap lagi apabila sebelum membuat content, design, dan memikirkan pendekatan bagaimana mendeliver pesan, tiga pondasi ini juga tidak bisa ditinggalkan yaitu penguasaan topik presentasi, penetapan tujuan presentasi dan mengenali audiens.Di tambah lagi penguasaan alat-alat presentasi, seperti seetting komputer, proyektor dan remote pointer.

    Semoga sukses selalu pak dalam menginpirasi masyarakat dengan tulisan-tulisan yang inspiratif. Saya salah satu subsciber dari website ini dan selalu setia menanti sajian-sajian renyah yang bapak suguhkan.

    Salam,

Comments are closed.