Lakukan Lima Langkah Ini – Maka Jiwamu Bagaikan Terbang Ke Nirvana

nirvanaApa sih yang paling kamu cari di dunia ini? Jawabannya mungkin amat bersahaja : kebahagiaan lahir dan batin. Inner and outer happiness.

Buat apa hartamu melimpah jika jiwamu terkoyak? Buat apa sukses materi jika batinmu terluka? Dan buat apa rumahmu megah, jika rohanimu selalu terkubur dalam kemiskinan?

Maka, wahai jiwa-jiwa yang merindukan ketentraman dan kebahagiaan yang paling hakiki, resapi dengan sungguh-sungguh apa yang mau saya hadirkan sebentar lagi. Di pagi yang teduh ini.

Sebab melalui tulisan ini, saya ingin membawa kalian semua terbang ke nirvana.

Diminum dulu mas/mbak, teh atau kopi hangatnya.

Artikel ini merupakan bagian dari serial the science of happiness. Dua minggu lalu kita sudah ulas 10 dimensi kunci pembentuk kebahagiaan. Lalu minggu lalu kita sudah mengulik 3 elemen negatif yang bisa menggagalkan petualanganmu melacak hidup yang indah nan menggetarkan.

Dalam tulisan kali ini, kita akan menjelajah lima elemen positif yang harus kamu lakoni kala jiwamu benar-benar merindukan oase kebahagiaan yang hakiki.

Profesor Barbara Frederickson menyebut, pertaruangan elemen negatif dan elemen positif akan selalu terus menerus hadir dalam perjalanan kita menggapai puncak kebahagiaan hidup.

Acapkali hidup kita lebih banyak berisikan elemen negatif (pikiran pesimis, keluhan negatif hingga informasi negatif). Kadangkala hidup kita berisikan parade keindahan yang merefleksikan elemen positif.

Profesor Barbara menulis, rasio momen positif harus 3 kali lipat lebih banyak dibanding momen negatif jika jiwa kita ingin melenting ke alam nirvana (nirvana ini bahasa kiasan, tentang kondisi dimana Anda benar-benar merasakan kebahagiaan yang amat sangat, baik secara lahir dan batin).

Lalu, langkah kunci apa yang harus dilakukan agar momen-momen positif itu selalu bersemayam dalam perjalanan tubuh kita di dunia ini?

Disini adalah lima langkah praktis yang layak dicatat (Frederickson, Positivity, 2009). Lima langkah yang bisa membawa kita selalu berada dalam momen kebahagiaan yang berdampak positif bagi kesuksesan hidup.

Positive Step # 1 : Find Positive Meaning in Every Facet of Yor Life. Tiap hari kita selalu menemui beragam peristiwa dan momen yang mewarnai hidup kita. Selalu berupayalah untuk fokus pada makna postif dari setiap momen yang ada (dan bukan sebaliknya, melulu berfokus pada sisi negatif).

Selalu berupaya melacak positive meaning dari setiap kejadian dan interaksi, bisa membuat kita lebih optimis menatap masa depan. Membuat kita masih bisa menyimpan sekeping harapan. Dan kita tahu, optimisme dan harapan (hope) adalah elemen kunci pembentuk kebahagiaan hakiki.

Selalu berupaya merengkuh positive meaning dalam setiap momen hidup juga akan membuat kita mudah bersyukur. Dan beragam studi sudah menunjukkan, ritual bersyukur (sebuah ritual sederhana yang acap kita lupakan) merupakan salah satu cara paling powerful untuk membuat masa depanmu lebih cerah, bahagia dan gemilang.

Positive Step # 2 : Savor Goodness. Langkah ini mungkin berimpitan dengan langkah pertama tadi.

Savor goodness artinya kita mencoba untuk selalu menghargai setiap momen keindahan, betapapun kecilnya, yang melintas dalam hidup kita.

Savor goodness adalah merayakan “keindahan – keindahan” dalam setiap jejak langkah hidup kita : tentang daun-daun yang terus tumbuh, tentang rintik air hujan yang menetes, tentang rembulan yang bersinar. Atau juga momen saat Anda lulus ujian, dipromosikan, atau saat anak pertama Anda lahir, atau saat lamaran Anda diterima oleh calon pasangan.

Savor goodness adalah mencoba meresapi setiap momen itu, dan merasakan “kebesaran dan keindahan” yang ada dibaliknya.

Savor goodness akan membuat kita bisa lebih mengapresiasi hidup. Dan itu adalah salah satu resep kunci untuk melentingkan jiwa-jiwa yang bahagia.

Positive Step #3 : Bring Good Things to Life. Salah satu resep untuk meraih kebahagiaan hakiki ternyata sederhana : rajin-rajinlah berbuat kebaikan.

Sudah lama, ajaran-ajaran spiritualitas memberikan wisdom itu : tebarlah selalu benih kebaikan dan kemuliaan dalam hidup, maka kamu akan mendapatkan balasan kebaikan yang terus mengalir.

Studi-studi ilmiah membuktikan : ajaran itu memang scientifically proven. Melalui riset yang ekstensif, terbukti orang yang rajin berbuat kebaikan akan lebih bahagia hidupnya dan lebih sukses.

Mungkin secara personal saya mengalaminya. Rasanya kebahagiaan hidup saya meningkat semenjak saya rutin berbagi pengetahuan di blog ini pada tahun 2007 lalu, atau juga melalui kultuit yang rajin saya rilis di twiter.

Semenjak itu, saya merasa hidup saya menjadi lebih membahagiakan dan lebih bermakna 🙂

Positive Step #4 : Connect With Nature. Ini dia langkah yang amat sederhana. Studi membuktikan orang yang rajin berada dalam alam terbuka/hutan/kebun cenderung lebih happy hidupnya.

Maka jangan selalu ke mall. Sesekali pergilah ke gunung, ke hutan atau diving di Wakatobi. Jujur saja, saya punya angan-angan untuk memulai hobi mendaki gunung atau tiap tahun menyelam dan snorkeling di Raja Ampat atau Bunaken.

Studi juga menunjukkan orang yang hobi berkebun (gardening) cenderung lebih bahagia hidupnya, dibanding yang hanya hobi ke mal dan kafe. Atau hanya melihat gedung kantor yang beku dan membosankan.

Positive Step #5 : Do Exercise Regularly. Another simple step to reach happiness. Studi membuktikan orang-orang yang rajin berolahraga (apalagi olahraga di alam terbuka) akan lebih bahagia hidupnya. Juga lebih tahan menghadapi stress dan lebih kreatif dalam problem solving.

Studi neurologi juga memperlihatkan : orang yang rajin olahraga, sel otaknya akan lebih mekar dibanding yang hanya duduk melulu di belakang meja.

Rajin olahraga artinya, melakukan gerakan tubuh minimal 15 menit, setidaknya 4 kali seminggu. So, move, move. Move your body. Run. Walk. Bike. Swim. Jog. Sebab dalam tubuh yang bugar pasti akan selalu hadir jiwa yang sehat dan bugar pula.

DEMIKIANLAH, lima langkah yang praktis namun powerful dalam menumbuhkan aura kebahagiaan sejati dalam raga kita.

Always find positive meaning in your life
Savor goodness
Bring good things to life
Connect with nature
Do exercise regularly

Catat dan Lakukan lima langkah diatas secara rutin dalam setiap momen hidupmu. Percayalah, jiwamu akan bisa terbang ke alam nirvana : saat jiwamu tumbuh dan terus bahagia, secara lahir dan batin.

Selamat bekerja, jiwa-jiwa yang bahagia!!

23 comments on “Lakukan Lima Langkah Ini – Maka Jiwamu Bagaikan Terbang Ke Nirvana
  1. Mungkin beberapa dari 5 hal diatas sudah saya praktekkan di usia senja ini dan hasilnya memang terbukti.

    Setiap bangun pagi jam 3 pagi kita nyatakan syukur atas minimal 5 nikmat yang kita rasakan: bangun tepat waktu, tidur nyenyak, badan sehat, udara segar, bunga bermekaran, udara cerah, dst.

    Setiap hari, bersama istri, merawat tanaman & bunga, kalau ada orang yang tertarik, gratis, dengan harapan orang lain juga akan senang dengan tanaman.

    Setiap Minggu, bersama istri, menanam di sepanjang jalan, tidak harus ribuan, tidak harus seremonial, cukup 5 batang saja.

    Hitung2 gantinya olahraga. Setelah itu sarapan nasi kuning di pinggir jalan.

    Dengan kegiatan2 itu, kami merasakan hidup ini lebih bermakna bagi kehidupan, bermanfaat bagi orang lain (walau mungkin orang lain tidak mengakui manfaat tsb). Kami rasakan kebahagiaan dalam hidup ini.

    Terima kasih pak Yodh.

    Mohon ijin copas untuk internal sharing.

  2. Alhamdulillah, saya menemukan itu dlm tauladan Rasulullah Muhammad SAW, tinggal kita mengejawantahkannya saja. Thank Mas Yodhia utk mengingatkan dlm bentuk yg berbeda.

  3. Alhamdulillahirabbil ‘alamin..

    thanks mas Yodhia atas semua yg tlah diberikan dlm blog ini dan mhn maaf sy sering berbagi tulisan yg inspiratif spt tulisan pg ini kpd teman2 di lingkungan sy krn sy memandang mrk pun butuh (tdk hanya saya) hal2 positip dr mas Yodhia.

    Stlh berbagi pun sy merasakan kebahagiaan krn kebetulan bahasa non verbal sy lewat tulisan tdk bs sebagus mas Yodhia.

    Jd sy mhn izin untuk terus share tulisan2 spt ini buat teman2 sy…

  4. Tulisan yang menginsipirasi pak, memang ketika kita menebar kebaikan alam pun berbalik pada orang yang senantiasa menebar kebaikan. Law of attraction

    Thanks pak yod

  5. Saya percaya bahwa dengan melakukan 5 hal diatas akan membuat hidup kita menjadi lebih baik. Untuk itulah saya sekarang mulai rutin pula berbagi melalui blog “Catatan Inspirasi” (https://danzierg.blogspot.com), walaupun tulisan saya masih belum sehebat tulisan Pak Yodia, namun saya percaya bahwa dengan akan membuat hidup menjadi lebih tenang.

    Bagi Saya ke lima hal diatas sudah hampir tiap hari dilakukan, namun terkadang belum spenuhnya dilakukan dengan cara yang iklas. Saya yakin banyak orang akan merasa terbantu dengan sharing Pak Yod hari ini, sekali lagi terima kasih atas sharingnya Pak, Tuhan Memberkati, Aamiin.

    Salam!

  6. Terima kasih Mas, atas inspirasinya, setiap hari saya membiasa diri untuk berjalan kaki kurang lebih 2 km ketika berangkat ke kantor hasilnya diusia menjelang 50 dan sudah dicek general tidak ada penyakit . Terima kasih semoga semua orang mau membiasakan diri berjalan kaki selain murmer tidak ada keluar sepeserpun money…..

  7. Terima kasih Kakak Yodha…. Nukilan nasehat yang inspiratif dalam menjalani kehidupan ini. Semoga dan senantiasa berlanjut menyajikan sajian renyah setiap Senin pagi yang saya terima untuk memberi nutrisi kedalam jiwa ku ini.

  8. Josh pak Yodhia, alhamdulillah saya suka naik gunung, walau akhir2 ini sdh lama nggak mendaki, karena waktu dan kesibukan kerja, smoga next bisa rutin mendaki….
    Terima kasih pak inspirasinya, sukses buat bapak

  9. Mantab, point ttg rajin bersentuhan dg alam inspiratif n mencerahkan banget.. hati, pikiran, raga terasa fresh tatkala alam selalu berada disetiap aktivitas.

Comments are closed.