Panduan Praktis Bagaimana Bisa Jago Presentasi dengan GRATIS

public reArtikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Mustofa Thovids – Pakar Presentasi Indonesia.

Disadari atau tidak kini presentasi bukan lagi sekedar gugur kewajiban, Anda bisa mendapatkan proyek bernilai ratusan juta karena presentasi yang baik.

Kisah nyata dari alumni training saya, presentasi 45 menit untuk launching CITY Residence di Gorontalo bisa menghasilkan omzet Rp 5M.

Ketika yang bersangkutan menyampaikan seperti itu saya saja sempat tidak percaya, bukan karena apa-apa tapi yang ngajarin saja belum sampai omzet segitu.

Saya sendiri paham bahwa memang hal tersebut sepenuhnya bukan karena presentasi, banyak aspek lain yang mendukung (bahkan lebih dominan) sehingga bisa omzet Rp 5M dalam 45 menit.

Tapi saya sadar bahwa dia ‘merasa terbantu’ karena kualitas presentasinya membaik sehingga mampu menyampaikan ide bisnisnya dengan lebih baik, alhasil orang-orang menerimanya dan menyambut baik apa yang dijual.

Pertanyaanya, bagaimana supaya jago presentasi? Apa harus ikut training dulu, ikut pelatihan sana-sini dan mendadak jadi jago presentasi?

Teryata tidak juga, Anda bisa jago presentasi dengan biaya Rp 0,-

Banyak Ilmu Gratis, Tidak Usah Bayar.
Menjadi orang yang trampil menyampaikan presentasi tentu butuh proses. Didalamnya ada ratusan jam untuk belajar dan berlatih.

Kabar baiknya : banyak ilmu cetar membahana tentang presentasi yang bisa didapat dengan mudah dan gratis.

Ya di era dunia digital seperti ini, banyak sekali ilmu gratis yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mencari via Google.

Berikut sumber ilmu yang sangat bagus namun gratis tentang belajar presentation skills :

1. Belajar dari video TED
Disini anda akan menemukan ribuan video presentasi dari para presenter hebat dunia. Kalau tidak bisa bahasa inggris tenang saja karena banyak video-video yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Terjemahan disusun secara professional, bukan diterjemahkan mesin. Jadi hasilnya tetap enak untuk dipahami.

Namun kalau Anda suka yang lokal-lokal bisa juga belajar dari TEDx Jakarta

2. Belajar dari SlideShare
Banyak slide presentasi kelas dunia disini, silahkan download gratis dan jadikan sebagai referensi untuk mendesain slide presentasi.

Rata-rata format PDF tapi ada juga yang formatnya PPT jadi bisa Anda edit sebagai bahan latihan.

Sebagai refersensi anda bisa belajar dari slide Garr Reynolds, Empowered Presentations (EP), Yodhia Antariksa, Mustofa Thovids dan masih banyak lagi.

(Catatan dari Yodhia Antariksa : slide presentasi saya yang berbahasa Inggris dan saya bagikan di Slideshare pernah terpilih menjadi Top 100 Most Favorite diantara ratusan juta presentasi di seluruh dunia).

3. Belajar dari Blog Presentasi
Blog adalah tempat yang bagus untuk belajar presentasi, apalagi kalau Anda jago bahasa Inggris tambah asik lagi karena banyak blog luar negeri yang menyajikan update ilmu yang tak terbatas.

Silahkan Anda cari sendiri mana blog presentasi yang paling sesuai dengan Anda, tapi ini beberapa referensi blog dari saya yang bisa anda jadikan pertimbangan:

PresentationZen.com
Duarte.com
TrainingPresentasi.net ( yang ini blog punya saya)

Tambah Jam Terbang
Kalau kata teman-teman yang suka bercandaan itu katanya tingkatkan flying watch (jam terbang), perbanyak praktek.

Presentasi itu skill yang harus diasah secara berkesinambungan, bukan belajar sehari dua hari terus mendadak jadi ahli.

Semakin sering praktek semakin sering anda menemukan kesalahan, semakin ketemu kesalahan semakin ahli Anda karena terus melakukan perbaikan.

Saya jadi ingat awal-awal belajar presentasi pernah di tinggal pulang beberapa audiens, usut punya usut katanya yang presentasi seperti gasing. Muter-muter bikin pusing tambah ndak jelas.

Jangan tolak jika ada kesempatan berbicara didepan umum, kalau bisa sedikit ngeyel supaya dapat jatah presentasi. Ketika dulu masih bekerja di lembaga keuangan saya ngeyel minta presentasi sehingga punya nilai tambah dimata atasan.

Bagikan Slide Anda
Kalau sudah belajar desain slide coba simpan dalam bentuk PDF lalu bagikan di Slide Share. Contohnya coba lihat slide-slide yang saya bagikan di Slideshare, lumayan juga yang lihat sampai saya nulis artikel ini, slide yang terakhir saya upload sudah dilihat sampai 11.670.

(Btw, Anda juga bisa mendownload template desain slides yang inspiratif yang pernah saya susun, secara gratis di sini).

Atau cara lain ubah slide jadi format JPG lalu bagikan di sosmed.

Tujuanya apa? Supaya bisa dapat feedback dari yang lain, ini penting kalau tidak begini tidak belajar.

Kalau slidenya masih jelek? Waah tambah bagus biar semakin banyak yang bilang jelek jadi kita akhirnya belajar memperbaiki. Kadang kita harus dikondisikan seperti itu supaya mau belajar mendesain slide presentasi.

Lakukan Percepatan
Tidak ada jalan pintas untuk jadi jago presentasi tapi anda bisa memakai jalan tol sehingga perjalanan kesana jauh lebih cepat dan mudah untuk dilalui.

Caranya belajar dari yang terbaik atau yang sudah ahli.

Untuk belajar secara khusus dari yang ahli ini kadang memang bersifat premium dan membutuhkan dana investasi. Namun seperti yang pernah ditulis disini, investasi untuk pendidikan atau kursus (buat mempertajam otak dan skills) itu sering merupakan salah satu investasi terbaik – dan return-nya kadang jauh lebih bagus dibanding investasi emas, reksadana atau properti 🙂

Karena itu, adakalanya melakukan investasi khusus untuk belajar meningkatkan ketrampilan diri (termasuk dalam hal presentation skills) adalah salah satu lelakon yang kudu ditapaki. Demi masa depan hidup yang lebih maknyus.

DEMIKIANLAH sejumlah tips praktis untuk belajar meningkatkan ilmu presentasi yang ekselen.

Hanya dengan terus mau belajar meningkatkan diri, maka Anda bisa menampilkan sajian presentasi yang layak dikenang, dan mengundang tepuk tangan.

NOTE :
Mustofa Thovids adalah professional trainer yang memiliki blog bagus tentang panduan presentasi

9 comments on “Panduan Praktis Bagaimana Bisa Jago Presentasi dengan GRATIS

Comments are closed.