Cerita dibalik Logo – Logo Legendaris Dunia

nike-0007Tahukah Anda logo Nike yang legendaris itu diciptakan oleh mahasiswi putri tingkat akhir sekolah desain pada tahun 1971, dan honornya hanya Rp 2 juta? Sekarang nilai logo Nike mungkin sudah berharga puluhan triliun.

Dan kenapa logo Apple yang ikonik itu harus ada bekas gigitannya? Kata desainernya supaya kelihatan lebih greget. Dia mungkin tak akan menyangka desainnya yang bergambar Apple krowak itu kini menjadi pilar dari sebuah perusahaan termahal sejagat (valuasi Apple sekarang sekitar 9000 triliun, hampir 4 kali lipat APBN Indonesia).

Sajian pagi ini yang renyah adalah narasi dibalik logo-logo paling legendaris di dunia. Narasi tentang pelajaran desain yang mungkin layak direnungkan.

Sebelum kita menelisik sajian infografis dibawah ini, mungkin ada beberapa catatan mengenai logo-logo perusahaan ternama di tanah air.

Logo Garuda Indonesia, saya kira adalah salah satu logo perusaahaan airline terbaik di dunia (lebih bagus dibanding logo Emirates Air, Etihad atau Singapore Airline).

Sebaliknya, logo Lion Air dan Sriwijaya Air adalah contoh logo yang relatif buruk : kuno, terkesan feodal dan lebih cocok untuk era tahun 80-an.

Dalam industri telco, logo XL sudah mengalami perubahan sebanyak tiga kali, dan yang terkahir ini tetap keren. Telkomsel sudah lama tidak ganti logo dan gaya logonya datar-datar saja.

Dalam industri bank, logo Bank Mandiri dan Bank Danamon adalah contoh desain logo yang elegan dan keren. Logo Bank Mandiri memang sangat bagus, meski dulu biaya pembuatanya menembus angka Rp 15 milyar.

Logo Pertamina juga sudah berubah dan menjadi lebih keren. Logo PLN tetap sama sejak tahun 60-an. Gambarnya petir. Logo PLN ini sangat mendesak untuk diganti, diremajakan supaya lebih fresh dan tidak terkesan sangat jadul. (Atau mungkin sekalian diganti dengan ikon Gundala Putra Petir).

Terakhir. Logo Google baru saja dimodifikasi beberapa hari lalu. Dan logo Google tetap kelihatan elegan serta inspiring.

Oke demikian saja catatannya. Sekarang silakan nikmati sajian infografis tentang prinsip desain untuk membangun logo legendaris.

Enjoy the infographic !!

Logo Principle

10 comments on “Cerita dibalik Logo – Logo Legendaris Dunia
  1. anything incredibly imrissepve more like youve painted a pretty picture about an issue that you know nothing about! I dont want to sound mean, right here. But do you really think that you can get away with adding some fairly pictures and not actually say something?

  2. wah, memang bener nih ka, logo memang menjadi inspiratif sebuah komunitas, dengan logo apapun bisa menjadi panduan yang perlu di ingat, nice topic ka

Comments are closed.