3 Tren Bisnis Online di Tahun 2016 yang Wajib Anda Cermati

Met Live GoodMinggu lalu saya diundang sebagai narasumber dalam salah satu acara talkshow di Metro TV. Tema diskusi yang ditayangkan dalam program televisi itu adalah tentang Tren Bisnis Online 2016.

Dalam acara yang disiarkan secara live itu, saya menyampaikan 3 dinamika bisnis online yang bakal mewarnai masa depan lansekap jagat internet di tanah air.

Apa saja tiga tren atau dinamika itu? Dan apa yang bisa kita pelajari darinya? Berikut semacam rangkuman extended version dari hasil wawancara saya di Metro TV.

Ranah online di tanah air memang terus bergemuruh sejalan dengan ledakan smartphone dan meluasnya layanan broadband internet. Tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesaia akan menembus 105 juta user. Sementara nilai perdagangan online atau ecommerce diperkirakan akan menembus angka Rp 300 triliun.

105 juta pengguna dan 300 triliun adalah pasar yang masif. Sudah pasti akan makin banyak online shops dan penyedia jasa layanan berbasis online bermekaran.

Namun ini dia : akan makin banyak juga para pelaku bisnis off-line yang melakukan promosi melalui internet (internet marketing). Penyedia produk dan jasa yang selama ini hanya menjual secara offline, pelan-pelan juga harus makin pandai memanfaatkan internet sebagai kanal promosinya.

Dalam prospek pertumbuhan seperti itu, saya mencatat ada tiga fenonema digital yang layak dicermati. Mari kita telisik satu demi satu.

Tren # 1 : The Rise of Very Young Online Millionaire. Keajaiban internet telah membawa impak yang cukup mencengangkan : kini makin banyak anak muda lokal usia 20-an yang menjadi milioner karena sukses menjadi online business players.

Dalam acara di Metro TV itu saya hadir dan bicara bersama Chloe, perempuan muda usia 16 tahun yang omzet bisnis online-nya sudah menembus ratusan juta. Minggu lalu, saya juga menulis kisah dua milioner yang usianya masih 20 tahun, yakni Laksita Paramita dan Yasa Singgih, yang kaya karena jualannya laku gara-gara internet dan social media (facebook, youtube dan instagram).

Dulu sebelum hadirnya internet, mungkin agak susah mencari omzet ratusan juta terutama bagi yang masih muda, atau anak kemarin sore.

Kini anak-anak muda generasi digital yang kreatif itu melakukan akselerasi kekayaan secara dramatis melalui “internet miracle”.

Mereka adalah anak kandung yang dibesarkan oleh peradaban internet : dan lalu sukses memanfaatkan medium itu secara kreatif untuk menjadi milioner sebelum usia 25. Amazing.

Dalam acara live di Metro TV itu, saya bilang : fenomena seperti Chloe, atau Laksita dan Yasa (milioner yang masih sangat belia dan eksis karena keajaban internet) akan menjadi “the new normal”.

Tiga atau lima tahun lagi, saya meramalkan akan makin banyak Chloe baru yang muncul. Dengan kata lain, fenomena ledakan milioner muda yang kaya karena internet akan menjadi “hal yang normal”.

Itulah, saya kira salah satu narasi kunci di era ledakan smartphone saat ini.

Tren # 2 : The Rise of Bukalapakers and Tokopedian. Kini ada dua medium yang benar-benar booming dalam membantu pertumbuhan bisnis online di tanah air.

Di satu sisi adalah Instagram – sebuah social media berbasis visual dan karenanya sangat pas untuk jualan. Kini mungkin ada ribuan pelapak yang jualan di Instragram – mulai dari jualan jilbab, obat peninggi badan, penghilang bau ketek, hingga obat pembesar alat vital.

Telah banyak lahir jutawan lokal karena sukses jualan di Instagram (Laksita adalah salah satu contohnya). Diam-diam, Instagram mungkin punya peran yang amat masif bagi kesuksesan pelaku ekonomi kelas kecil di tanah air, jauh lebih punya peran dibanding Kementerian UKM.

Di sisi lain, hadir dua raksasa marketplace yang juga sama-sama tumbuh cepat : Bukalapak dan Tokopedia. Sama – dua marketplace ini punya jasa yang sangat impresif dalam menumbuhkan jutaan pelaku bisnis kelas kecil.

Bukalapak dan Tokopedia mungkin sejenis pahlawan ekonomi rakyat dalam makna yang sebenar-benarnya.

Di tahun 2016 ini saya memprediksi, akan makin banyak orang yang buka lapak online, baik di Bukalapak atau Tokopedia. Jumlahnya mungkin akan berlipat dibanding tahun lalu. Ini sejalan dengan program iklan yang masif dari Tokopedia dan Bukalapak (setelah keduanya mendapatkan pendanaan ratusan milyar dari investor).

Para pekerja kantoran yang ingin mendapatkan income sampingan akan makin banyak yang memulai berjualan online via Bukalapak dan Tokopedia. Sebab membuka toko online di dua marketplace ini memang mudah, dan tidak ribet – jika dibanding misalnya harus membuat website sendiri. Mungkin juga tidak perlu SEO, karena jumlah visitor Tokopedia sudah menembus jutaan orang per hari.

Tren #3 : The Rise of Affiliate Marketers. Affiliate marketer adalah sejenis online reseller : ikut mempromosikan produk orang lain, dan mendapatkan komisi jika bisa melakukan penjualan.

Afffiliate marketer adalah profesi yang tidak butuh modal banyak (bahkan bisa dibilang zero), dan juga tidak perlu pusing membuat produk (hal yang kadang tidak mudah) serta mengirimkan ke pelanggan.

Mereka hanya perlu punya blog yang bagus, dan lalu ikut mempromosikan produk yang dianggap keren. Ia lalu bisa mendapatkan komisi jika ada penjualan. Bagi produk-produk digital (produk yang bisa dikirim via internet seperti ebook, aplikasi, templates, dll) komisinya bisa 50% dari harga jual. Potensi income yang lumayan.

Nah di tahun 2016 ini saya melihat makin banyak muncul produk digital buatan anak muda lokal yang bagus. Kalau Anda rajin googling, Anda akan banyak menemukan produk digital kreatif yang keren dan menawarkan program affiliate marketing juga. Salah satu program affiliate yang bagus ada DISINI.

Dengan makin banyaknya produk-produk digital yang keren, maka profesi affiliate marketer lokal saya perkirakan juga akan booming di tahun-tahun mendatang.

And again : ledakan affiliate marketing ini juga akan menyumbang lahirnya orang-orang kaya baru yang masih berusia 20-an tahun namun kreatif memanfaatkan keajaiban internet.

DEMIKIANLAH, tiga tren dan dinamika bisnis online yang layak dicermati di tahun 2016 ini.

The miracle of internet will be getting bigger.
Be digital creative generations. Be an online millionaire.

Related Post

4 Medium Paling Ampuh untuk Membangun Online Personal Branding Dalam bentangan medium digital dan social media yang kian mekar, setiap orang kini bisa menjadi self-publisher. Setiap individu – siapapun orangnya --...
8 Hal yang Sebaiknya Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online Tulisan ini merupakan kontribusi dari guest blogger bernama Darmawan Hampir semua orang pernah membayangkan jadi pengusaha. Tetapi hanya sebagi...
4 Tren Bisnis Penting yang Layak Disimak di Tahun 2013 Minggu pertama bulan Januari sudah kita jemput, mungkin dengan segumpal harapan. Mungkin juga dengan setangkup optimisme : bahwa tahun ini mestinya k...
42 comments on “3 Tren Bisnis Online di Tahun 2016 yang Wajib Anda Cermati
  1. Setiap kali awal Tahun baru, prediksi Bisnis online di tahun mendatang.. Jawabannya selalu sama : SANGAT PROSPEKTIF..

    Amerika saja negara yang sudah sangat maju dan berteknologi tinggi, Bisnis online disana tetap maju dan terus berkembang,

    Semoga bisnis online dapat membantu meningkatkan perekonomian dan mengurangi pengangguran di negeri ini..

    Blog Belajar Saham dan Forex TERBAIK —>> http://www.sonytrade.com

  2. melanjutkan efek digital booming dari tahun2 sblmnya. dan di Tahun ini bkl lebih heboh.

    MEA kyk2 ny blm kelihatan memiliki impact pd ranah digital tanah air.

    Berarti lebih baik langsung jualan di marketplace dr pada bikin online shop sendiri y??, coz saya sdng dlam tahap bikin online shop. Smpat pula bersama teman bikin marketplace tp urung dikmbangkan krn pesimis dpt bejaban dg para marketplace yg sdh terkenal.

    Keajaiban Internet memang luar biasa, diam2 ikut membantu kemajuan ekonomi bangsa. Smga Tahun ini lebih baik dr Tahun sebelumnya. Aminn..

    https://kasamago.com/

  3. Benar mas Yodhia, sekarang ini semua orang sudah punya smartphone, dan harga internetpun semakin terjangkau, membuat pengguna internet setiap hari semakin meningkat..

    hal inilah yang membuat saya tertarik menggunakan internet sebagai media berbagi artikel inspiratif di https://www.lilininspirasi.com/

  4. Haha makjleb……baca bukalapak dan tokopedia adalah pahlawan ekonomi yang sebenarnya. Kalau dipikir, bener juga ya

    Btw tahun ini, saya belajar trend ketiga. Baca tulisan ini jadi tambah semangat

  5. Menarik banget nih sarapan pagi ini.
    Sangat prospektif, apalagi era 4G dimana internet makin kenceng..
    Sy ambil bagian point 3 deh.. karena kalo point 1 udh ga mungkin, secara udh kepala 3 hhee 😉
    Sampai ketemu di puncak sukses 😉

  6. Makin banyak yang ingin jualan di Tokopedia dan Bukalapak, cuma masih bingung produk apa yang bisa dijual Online,

    Supplier mana yang bisa support dropship?
    Produk mana yang Laris dan laku ugal ugalan di pasaran?

    Ke Larisni.com aja!
    Semua Produk Laris! Semua Supplier support Dropship!
    #MulaiBisnismu

  7. Hal ini akan semakin Booming lagi, seiring dengan meluasnya jaringan internet di indonesia. Siapa yang cerdas memanfaatkan peluang akan selalu menang.

  8. Benar sekali ulasannya Pak, saya pekerja kantoran dan masih usia 20 an, bisa dapat income puluhan juta jualan sampingan dari bukalapak.com di thn 2015, moga2 thn 2016 bisa lebih baik…

  9. semoga benar makin banyak yang menawarkan affiliate marketing produk produk digital indonesia ya min. sudah keliatan banyak orang yang kreatif menghasilkan produk digital yg mampu bersaing sama asing. moga jadi lebih banyak lagi

  10. Kalau bisnis keamanan data gimana om yod? Bisa jadi peluang bagus gak ? Menurut saya pesaingnya gak banyak dan bukan trend karena fitur yang seperti itu bisa tumbuh asal professional

  11. Pak yodhi Anda adalah inspirasi bagi saya, saya lagi membangun sebuah blog gratisan.sambil Belajar blogging.

    Saya sudah mantap mau mendalami bisnis online, kira-kira untuk pemula seperti saya jenis bisnis online apa yang cocok?…………….

    Makasih

  12. artikel yang menarik & prediksi yg tepat mas yodha. internet yg makin cepat & makin murah, ditambah masyarakat sekarang yang gak mau capek & tidak mau susah untuk cari barang semoga akan menyuburkan bisnis online di negeri ini ke depan. asalkan jangan dibarengi juga munculnya penipuan online & bisnis online palsu juga nantinya.

    http://www.catalogku.com

  13. Bung Yodhia, sudah lama saya tidak mampir ke halaman ini, karena keasyikan baca langsung dari feed di smarphone.

    Saya dulu sempat membeli salah satu item yang ditawarkan disini yaitu slide presentasi manajemen.

    Hari ini, saat saya sedang membuat salah satu artikel di website saya, saya teringat salah satu blog yang cukup mengisnpirasi yaitu milik bung Yodhia ini.

    Kalau lihat artikel ini kaya cocok sekali dengan artikel yang saya tulis, terutama dipoint Tren #3 : The Rise of Affiliate Marketers.

    Jadi mohon ijin untuk sedikit copas untuk referensi di artikel saya ‘Kenapa Anda Harus Menguasai WordPress’.

    Salam
    https://www.logicfourty.com
    ~

  14. kemajuan teknologi Informasi membawa perubahan yang sangat berarti pada cara berbisnis, bagi pelaku bisnis baik perusahaan atau perorangan sudah wajib meng-online-kan bisnisnya menghadapi persaingan usaha yang semakin sengit

  15. perkembangan bisnis online memang cepat apalagi karakter orang2 indonesia yg dengan cepat meniru.
    contohnya yg lagi ngetrends web yang melayani pencarian hotel lewat internet.
    1 web naik daun yang lain juga ikut2an buat dan akhirya sekrang bermunculan banyak web yg melayani jasa pencarian hotel murah via internet

Comments are closed.