3 Fakta Mengejutkan tentang Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Bmw-i8-wallpaper-black-wallpaper-hd reSetiap tahun, majalah bisnis Forbes dan GlobeAsia merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Mudah-mudahan suatu hari nanti nama Anda juga nangkring dalam daftar itu, yes?

Nah kalau ditelisik lebih jeli ada sejumlah fakta yang teramat mengejutkan berkaitan dengan daftar orang terkaya dan ter-tajir di Indonesia itu.

Apa saja fakta yang suprising itu? Dan pelajaran penting apa yang bisa dilacak dari fakta-fakta ini?

Kita akan menguliknya dengan renyah di pagi hari ini.

Sebelum kita melacak 3 fakta mengejutkan tentang daftar orang terkaya Indonesia, maka kita simak dulu daftarnya berikut ini.

Dalam majalah Forbes terbaru, sejatinya dirilis 50 orang. Namun dibawah ini saya hanya akan menampilkan 20 besar saja.

Daftar Orang Terkaya Indonesia 2016
1. R. Budi dan Michael Hartono (Group Djarum dan BCA) – Rp 230 triliun
2. Susilo Wonowidjojo dan Keluarga (Gudang Garam) – Rp 95 triliun
3. Anthoni Salim dan Keluarga (Salim Group) – Rp 76 triliun
4. Eka Tjipta Widjaja dan Keluarga (Sinar Mas) – Rp 75 triliun
5. Sri Prakash Lohia (Indorama) Rp 67 triliun

6. Chairul Tanjung (CT Corp) Rp 66 triliun
7. Boenjamin Setiawan dan Keluarga (Kalbe Farma) Rp 44 triliun
8. Tahir (Mayapada Group) Rp 41 triliun
9. Murdaya Poo (JIExpo Kemayoran & Cipta Murdaya Group) Rp 28 triliun
10. Mochtar Riady dan Keluarga (Lippo Group) Rp 25 triliun

11. Theodore Rachmat (Triputra & Adaro Group) Rp 24 triliun
12. Putera Sampoerna – Rp 24 triliun
13. Eddy Katuari (Wings) – Rp 23 triliun
14. Peter Sondakh (Rajawali Group) – Rp 22 triliun
15. Ciputra – 21 triliun

16. Sukanto Tanoto (Paper One Pulp) – Rp 20 triliun
17. Rusdi Kirana (Lion Air Group) – Rp 19 triliun
18. Martua Sitorus (Wilmar International) – Rp 19 triliun
19. Eddy Kusnadi Sariaatmadja (SCTV & Indosiar) – 18 triliun
20. Ciliandra Fangiono (First Resource) – Rp 18 triliun

Angka-angka kekayaan 20 ini memang menggetarkan. Bagi mereka harga tanah di Sudirman yang tembus Rp 250 juta per meter persegi sungguh bukan persoalan.

Ada 3 fakta mengejutkan yang bisa dipetik dari daftar 20 orang terkaya itu.

Super Rich Surprising Fact #1 : 90% dari 20 orang terkaya Indonesia adalah keturunan Tionghoa.

Benar, dari daftar diatas hanya 1 orang yang pengusaha pribumi yakni CT. Satu lagi adalah keturunan India yakni Prakash Lohia (urutan 5). Bahkan Martua Sitorus (peringkat 18) bukan orang Batak. Dia warga China yang diberi kehormatan marga Batak.

Sisanya atau 90% orang terkaya di Indonesia adalah warga Tionghoa. Angka persentase ini juga berlaku untuk daftar 50 orang terkaya.

Fakta 90% orang terkaya di Indonesia adalah warga etnis Tionghoa adalah fakta yang amat menarik. Apalagi jika mengingat bahwa populasi mereka di Indonesia hanya sekitar 3%. Just incredible.

Melihat fakta fenomenal semacam itu, apa sebaiknya respon kita?

Saya tidak tahu dengan pikiran Anda, namun mungkin lebih bijak jika memilih respon seperti ini : hmm, menarik faktanya. Bismilah saya akan belajar dari keunggulan mereka, dan bekerja keras supaya someday saya bisa sekaya mereka.

Think positive. Pelajari key success factors-nya dengan jernih, dan lalu berjuang untuk mereplikasi pencapaian yang amazing semacam itu.

Itulah mindset yang dulu mungkin juga dipegang oleh CT. Daripada protes dan menyalahkan situasi, dia bekerja keras, dan akhirnya membuktikan bisa masuk dalam daftar.

Prestasi yang amat impresif ini (3% populasi menduduki 90% orang terkaya se Indonesia) selayaknya memacu siapapun warga Indonesia untuk juga bisa seperti mereka. Berjuang agar menjadi “super tajir” dan mampu menyediakan ratusan ribu lapangan kerja buat sesama.

Super Rich Surprising Fact #2 : Mantan Calo Jadi Milioner

Dari daftar diatas, sebagian memang ada yang kaya karena warisan orang tua (contoh Anthony Salim dan Putra Sampoerna). Namun lebih banyak yang memulai dari nol dengan tenaga sendiri.

Eka Tjipta Wijaya memulai bisnisnya dengan cara yang sangat bersahaja : keliling sepeda di kota Makassar untuk jualan permen dan biskuit. Keliling naik sepeda ontel !! Kegigihan dan daya juang kelas dewa yang membuat dia jadi seperti sekarang.

CT memulai bisnisnya sejak mahasiswa dengan jualan buku dan fotocopy catatan kuliah. Lalu keliling menawarkan kepada teman-temannya. Dia merangkak dari bawah.

Namun yang paling mengejutkan adalah pendiri Lion Air. Mungkin tak banyak yang tahu, Rusdi Kirana memulai karir usahanya sebagai calo tiket di Bandara Halim pada tahun 80-an. Jalan keliling di sekitar bandar, menjajakan tiket kepada calon penumpang dengan baju dekil.

Pelan-pelan usahanya maju : dari calo keliling menjadi agen penjualan tiket. Lalu di tahun 2000 ia beli satu pesawat bekas. Dan kini ia punya 200 pesawat Boeing terbaru, dengan kekayaan 19 triliun.

Impossible is nothing.

Kegigihan dan daya juang adalah koentji. Meski memulai dari nol, Anda bisa sukses asal punya daya resiliensi dan percaya akan “keajaiban rezeki”.

Anda bisa menjadi milioner meski harus merangkak dari bawah : entah dari jualan biskuit sambil naik sepeda onthel, atau menjajakan tiket pesawat di jalanan berdebu kepada calon pelanggan.

Super Rich Surprising Fact #3 : 10% Menguasai 90%

50 orang yang mengisi daftar orang terkaya Indonesia itu mungkin menguasai hingga 90% aset ekonomi bisnis yang ada di tanah air.

Itu sejalan dengan prinsip Pareto : di dunia ini selalu terjadi kecenderungan 10 – 20% populasi akan mengkontrol 70 hingga 90% output.

Seperti biasa, orang dengan mentalitas miskin dan mindset negatif akan langsung bicara blah-blah tentang ketimpangan sosial, kesenjangan-lah dan aneka bullshit lainnya.

Mereka seperti biasa juga akan mengumpat : yang kaya makin kaya dan blah-blah lainnya.

Tak ada yang salah dengan aneka respon semacam itu.

Namun apakah dengan memaki-maki kedaan, Anda akan menjadi milioner? Rasanya tidak. Ngomel-ngomel dan sok kritis (namun zero actions) hanya akan membuat nasib kita terus berkubang dalam kenestapaan yang kelam.

Sebaliknya, orang dengan mentalitas kaya dan mindset positif akan komen seperti ini : hmm, amat menarik 10% orang terkaya menguasai 90% aset ekonomi.

Bismilah, saya akan berjuang supaya menjadi yang 10%.

Agar saya bisa lebih banyak berbagi harta kepada yang lebih membutuhkan. Agar saya bisa memberikan dana 100 milyar untuk membiaya pendidikan anak-anak kurang mampu.

Syukur Anda bisa seperti orang terkaya sedunia Bill Gates : yang berjanji akan mensedekahkan 99% kekayaannya untuk amal kemanusiaan.

Yang muram adalah saat melihat fakta 10% orang terkaya menguasai 90% aset ekonomi bisnis, acap yang muncul adalah komen nyinyir dan serba menyalahkan keadaan.

No. Orang dengan mentalitas kaya selalu akan think positive and take actions (bukan sekedar komplen).

Dia mungkin akan terus berjuang untuk mulai membangun imperium bisnis yang kokoh, membuat produk yang wow secara kreatif, demi menciptakan aliran rezeki yang masif dan mencetak ribuan lapangan kerja.

DEMIKIANLAH, 3 fakta mengejutkan yang layak dipetik dari daftar orang terkaya Indonesia 2016.

Be rich. Be wealth creators. Be awesome.

Selalu tebarkan kemakmuran dan rezeki yang barokah demi kemuliaan sesama dan alam semesta.

42 thoughts on “3 Fakta Mengejutkan tentang Daftar Orang Terkaya di Indonesia”

  1. Bismilah, saya akan berjuang supaya menjadi yang 10% di bidang teknologi. karena seperti yg jack ma bilang, saat era Information Data tiba, semua orang akan mulai dari nol dan punya kesempatan yg sama untuk berhasil.

  2. Waktunya untuk mengokohkan pondasi, riset dan action sehingga menjadi salah satu bagian dari 10% tersebut. Disamping kerja keras, tentu perlu keikhlasan dalam menjalaninya. Tidak lupa untuk selalu sedekah serta berbagi kebaikan dimanapun, kepada siapapun dan apapun bentuknya.

  3. Kopi ini tambah pahit pas baca artikel pagi ini, Semoga kami di Papua Barat bisa bangkit dalam 5 tahun ke depan, Hormat Pak Boss! Sarapan pagi ini andalan sekali…

  4. Pernah membaca perjuangan Chairul Tandjung dan Mochtar Riady membangun kekayaan mereka mulai dari nol di buku biografi masing-masing, sangat inspiratif. Ternyata kisah Eka Tjipta dan Rusdi Kirana juga awesome!

  5. Betul sekali, harus mempelajari bagaimana 10% tersebut bisa menguasai 90%
    Namanya raja ya cuma satu, yang terbaik selalu lebih sedikit.

    Tapi perlu diingat pula setelah menjadi 10%, harus bisa mengangkat potensi orang lain. Saya yakin banyak orang di 90% yang kurang beruntung.

    Semoga kita semua sukses. Salam, artikel yang bagus

  6. faktanya demikian om Yodhia. selama saya berwirausaha, klien saya malah 99% orang Tionghoa. saya baru punya klien 1 orang pribumi, yang tadinya saya pikir juga orang Tionghoa karena dia punya pabrik kompor gas (yg iklannya sering di TV).

    bukankah menarik kalo kita punya bisnis yg target marketnya adalah orang2 yg 10% menguasai aset nasional 90%…?

    bisnis dengan 1000 klien tapi omset triliunan? strategi marketing diam2, masyarakat umum tidak begitu tahu, tdk ada iklan above the line, tp tiap tahun omset bisa triliunan? iklan cukup di komunitas indonesia tatler…..

    mohon pencerahan om Yodhia….

    fyi: saya kirim email ke om Yod, mohon diluangkan waktu…:)
    sukses ya om Yod.

  7. WAOW, saya baru menyadari fakta ini. Emz, pak CT adalah salah satu idola saya. Saya memiliki mimpi untuk hidup seperti beliau. Jika diberi umur panjang, semoga sepuluh tahun lagi saya bisa seperti beliau. Tidak harus masuk daftar orang terkaya, setidaknya mampu membuka lapangan kerja. Amin

  8. Bismillah.. semoga saya bisa menjadi orang yang sukses dan memiliki jiwa dermawan dan selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Menjadi orang terkaya.. yes I can…

  9. Luar biasa…sangat inspiratif, jadi merinding dan bergetar, ayo Kita berlomba-lomba menjadi 10% seperti mereka, tinggalkan segala mindset dan omongan negatif, niscaya Kualitas Hidup Kita juga berbanding lurus dengan Akhirat Kita kelak,
    Amiiiin

  10. Terus semangat dan bersabar kelas dewa 🙂

    … dan bagi yang baru mulai dan sedang berbisnis, jangan lupakan untuk melakukan pencatatan keuangan.

    Karena catatan keuangan yang sering kita kenal sebagai laporan keuangan adalah laksana DASHBOARD kendaraan kita.

    Melalui dashboard tersebut kita akan tahu kondisi bisnis kita serta keputusan penting apalagi yang perlu dilakukan agar bisa mengejar yang 10% itu.

    Masih mengabaikan catatan keuangan?

    Terima kasih
    https://manajemenkeuangan.net/
    Tempat belajar terlengkap & GRATIS Akuntansi Keuangan.

  11. Semoga kita semua bisa kaya raya seperti mereka dengan cara yang halal dan indah, agar bisa bagi-bagi zakat bagi orang yang kurang beruntung.

    Dan berbuat kebaikan kepada sesama dengan menciptakan banyak lapangan kerja agar ekonomi negeri tercinta ini tumbuh subur. Amin

  12. Saya bahagia bisa menjadi bagian dari 10% orang tersebut pada umur 50 tahun nanti. salam sukses…!!!!

  13. Amazing banget… buku2 tentang para superkaya di Indonesia pun sdh bertebaran. saatnya belajar dari kesuksesan mereka..

    ga ada yg ga mungkin.. semoga dan berharap, 20 orang terkaya di negeri ini kelak lebih banyak diisi oleh para mayoritas (bumiputera)…

    selamat berjuang semuanya..

  14. Satu hal lagi beberapa (tidak semua) yang masuk dalam daftar itu dekat dengan lingkar kekuasaan dan mendapatkan kemudahan dalam bergerak dari penguasa. You know who-lah….

    Apakah saya sedang menyalahkan keadaan? Tidak saya hanya menyampaikan fakta.

    Saya doakan teman – teman di sini bisa masuk daftar. Aamiin YRA

    Tim Pabrik

  15. Fakta yang menarik. Khususnya tionghoa, kalo kita coba tanya teman teman terdekat kantor mereka bekerja induk perusahaannya pemiliknya ada warga tionghoa

  16. Saya akan bilang “Saya akan bekerja keras seperti mereka, saya malu melihat mereka berangkat kerja, saya malah duduk duduk dan santai santai,”

    Saya tidak berambisi masuk daftar 50 orang terkaya, tapi saya berambisi bisa jadi pengusaha yang berhasil,

  17. Bismillah…..
    Saya tahu. yg lain lebih besar dari 20 Top rate juga masih ada. sayang beliu belum tahu kantor pajak. semoga cepat ketemu tempatnya sehingga dia dapat menggantikan di one rangking dan kita segera menyusul. Jangan tunda segers beribadah bekerja berjuang berpacu berpancasila. Amien

  18. Ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada Pak Yodhia Antariksa.

    Mengapa kebanyakan orang sukses yang ada di dunia ini merupakan keturunan warga Tionghoa?

    Terima kasih.

Comments are closed.