5 Kiat Sukses Jualan di Shopee untuk Semua Jenis Produk

Artikel ini merupakan tulisan guest blogger dari web SUKSES BISNIS ONLINE.

Shopee merupakan platform e-commerce dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Daya cakupannya pun sudah meliputi berbagai regional. Banyak penjual yang melaporkan kesuksesan dalam memanfaatkan Shopee sebagai platform berdagang.

Sayangnya, banyak juga penjual yang tidak berhasil meraup keuntungan dari berjualan menggunakan platform ini. Apakah ada kiat-kiat khusus yang dapat membuat Anda menjadi pedagang Shopee yang sukses?

Tips-tips di bawah ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pendapatan dari Shopee dengan menarik lebih banyak pembeli ke akun Anda.

Membuat halaman toko yang menarik perhatian konsumen

Di platform e-commerce ini, setiap akun penjual akan memperoleh halamannya masing-masing. Penjual beruntung karena website Shopee memungkinkan penjual untuk melakukan pengaturan khusus pada akun mereka. Fitur ini disebut sebagai “Dekorasi Toko”.

Terdapat beberapa komponen yang dapat Anda atur secara khusus jika menginginkan halaman toko terlihat spesial, yaitu: banner, video dari platform YouTube, dan kategorisasi produk yang ditawarkan.

Banner merupakan hal dasar yang perlu Anda tambahkan mengingat hal inilah yang membuat toko dikenal oleh pengunjung. Saat ini terdapat banyak website gratis yang memudahkan Anda untuk merancang banner berdasarkan template yang telah tersedia.

Jika ingin sesuatu yang lebih spesial, Anda dapat memesan desain banner dari profesional meskipun harus membayar dengan harga tertentu. Pada komponen ini, penjual dapat mengunggah hingga enam file banner yang nantinya akan berganti secara otomatis.

Apabila Anda ingin mengenalkan produk dengan cara yang lebih menarik, komponen video YouTube juga dapat digunakan. Reseller mungkin tertarik untuk menambahkan video resmi yang dirilis oleh produsen guna memasarkan produk.

Akan tetapi, disarankan untuk mengunggah video promosi produk kreasi sendiri apalagi jika produk yang dipasarkan merupakan hasil produksi sendiri. Penambahan video sesungguhnya bukan suatu keharusan. Namun, banyak calon pelanggan yang akan lebih tertarik dengan produk yang dapat mereka lihat cara kerjanya.

Komponen lain dalam fitur Dekorasi Toko adalah kategorisasi produk. Penjual dapat membuat empat hingga sepuluh kelompok produk. Fitur ini disajikan untuk membuat user interface yang lebih mudah dinavigasi. Pelanggan yang mampir ke toko virtual Anda tidak perlu menelusuri seluruh produk Anda dalam satu waktu apabila hanya mencari tipe barang tertentu. Kategorisasi produk juga bisa disajikan dengan foto agar lebih menarik.

Mengunggah foto-foto produk yang berkualitas

Mengingat pentingnya stimulasi visual dalam proses belanja di situs e-commerce seperti Shopee, sudah seharusnya jika penjual menampilkan foto yang berkualitas.

Yang dimaksud berkualitas di sini adalah foto memiliki resolusi yang tinggi, pencahayaan baik, dan bersifat artistik. Disarankan untuk mengunggah beberapa foto untuk setiap produk.

Foto-foto yang ditampilkan juga harus diambil dari segala arah atau misalkan produk merupakan sebuah perlengkapan, maka akan lebih baik jika foto saat barang digunakan diperlihatkan.

Meskipun konsep ini cukup sederhana, masih banyak pedagang di situs e-commerce yang hanya menampilkan foto barang dengan kualitas rendah. Pembeli akan cenderung melihat sebelah mata apabila foto produk yang ditampilkan tidak jelas.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika penjual melakukan investasi dengan menyewa fotografer produk profesional. Saat ini banyak tersedia jasa fotografi produk dengan harga yang sangat terjangkau (misal hanya Rp 100 ribu per foto).

Membuat deskripsi produk yang menarik dan lengkap

Deskripsi produk merupakan aspek lain yang harus diperhitungkan dengan hati-hati. Penjual harus memahami bahwa bagian ini merupakan bentuk komunikasi paling penting dari penjual ke pelanggan. Melalui deskripsi produk, penjual berusaha meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, deskripsi produk yang diberikan seharusnya bersifat persuasif. Yang perlu diingat juga adalah penjual tidak boleh menyampaikan informasi yang tidak benar mengenai produk dengan tujuan agar membuatnya terlihat lebih menarik.

Aspek deskripsi produk harus dibuat sesingkat mungkin namun mencakup semua informasi yang dibutuhkan oleh pembeli terkait produk Anda. Akan lebih baik jika informasi ditampilkan dengan bullet point untuk memudahkan pembaca dalam menyerap informasi.

Ketentuan pembelian juga harus ditampilkan secara jelas pada deskripsi produk supaya tidak ada keluhan di kemudian hari. Satu taktik yang dilakukan penjual agar deskripsi produk terbaca adalah menampilkan foto dalam format poster sehingga pengunjung halaman pasti membaca informasi yang ditawarkan.

Memberikan customer service yang baik terhadap pelanggan

Untuk menjadi penjual yang sukses di Shopee, Anda harus memberikan pelayanan pelanggan atau customer service yang baik. Pembeli yang merasa puas terhadap produk yang dijual dan disambut dengan ramah akan lebih mungkin untuk berbelanja lagi di toko Anda dan bahkan menjadi pelanggan tetap.

Pembeli yang puas juga akan memberikan review dan rating baik pada toko. Selain itu, bukan tidak mungkin jika pembeli tersebut mempromosikan toko kepada teman-teman terdekatnya atau bahkan media sosial. Testimoni positif seperti itulah yang Anda perlukan untuk menarik lebih banyak pembeli.

Terdapat beberapa karakteristik pelayanan pelanggan yang baik dan dapat Anda praktikkan dalam bisnis, yaitu:

  • Memberikan respons pada pelanggan dengan cepat pada jam kerja (sebaiknya menuliskan jam kerja toko pada banner).
  • Bersikap santun dan ramah pada pelanggan meskipun pelanggan hanya sekadar bertanya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat template pesan.
  • Memberikan konfirmasi pada setiap tahapan transaksi seperti pembayaran dan pengiriman barang (dengan menunjukkan resi pengiriman).
  • Melakukan packing dengan serapi dan seaman mungkin untuk menjaga kondisi barang agar aman sampai di tempat tujuan. Disarankan untuk memotret paket sebelum dikirimkan agar jika terjadi kesalahan di ekspedisi, Anda dan pelanggan dapat mengajukan komplain.
  • Memberikan respons yang solutif atas setiap komplain yang diberikan oleh pelanggan.
  • Memastikan pelanggan memahami ketentuan pembelian dengan baik sebelum kesepakatan dilakukan (misalnya jika barang yang dibeli memiliki no-return policy).

Memanfaatkan metode promosi Shopee dengan baik

Penjual juga disarankan untuk memanfaatkan metode promosi toko dan produk yang ditawarkan oleh Shopee untuk meningkatkan visibilitas. Menjadi Preferred Seller merupakan cara terbaik dalam hal ini, tetapi untuk mencapainya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Preferred Seller akan dipromosikan pada posisi teratas pada setiap listing produknya. Selain itu terdapat keuntungan seperti gratis ongkos kirim jika membeli produk dari Preferred Seller.

Ada parameter tertentu yang harus dipenuhi oleh Preferred Seller yaitu memiliki rating dan review tinggi, tingkat return barang yang rendah, jumlah pesanan per bulan yang tinggi, hingga tingkat kecepatan dalam merespons chat dari pembeli.

Apabila Anda masih meniti langkah sebagai penjual sukses di Shopee, tidak ada salahnya memanfaatkan iklan berbayar yang ditawarkan. Fitur ini bernama Shopee My Ads.

Melalui fitur ini, produk yang Anda jual akan lebih mudah dilihat oleh target pasar Anda. Memilih keyword yang tepat merupakan kunci dari penggunaan My Ads. Saat menggunakan fitur ini, penjual hanya perlu membayar jika ada pembeli yang membeli produk yang dipromosikan.

Dalam menerapkan strategi-strategi tersebut, Anda harus terlebih dahulu memahami dengan baik peraturan yang diterapkan oleh Shopee. Peraturan dibuat untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan melalui platform ini bebas kendala dan semua pihak akan terpuaskan.

Penjual yang tidak mematuhi peraturan tersebut dapat mengalami suspensi akun atau bahkan masuk ke daftar hitam (blacklist).

Aturan dasar yang diterapkan oleh Shopee di antaranya adalah menghindari posting konten yang bersifat vulgar atau SARA, mematuhi jadwal pengiriman barang yang ditetapkan, dan menghindari menggunakan third-party link untuk kegiatan link-building.

Selamat menjalankan beragam tips di atas. Semoga bisnis online Anda makin sukses.

Happy shopping. Happy making money.

Artikel ini merupakan tulisan guest blogger dari web SUKSES BISNIS ONLINE.

Related Post

Advertising War : Medan Pertempuran Baru antara Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan Blibli Advertising war atau perang iklan merupakan salah satu medan pertempuran baru nan seru di antara big online marketplaces di tanah air. Jika melihat...
Marketplace Domination : Cara Sukses Jualan di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee Ledakan ecommerce dan online marketplace di tanah air tampaknya masih terus berlangsung dengan gemuruh. Data penjualan di Bukalapak misalnya, menun...
6 comments on “5 Kiat Sukses Jualan di Shopee untuk Semua Jenis Produk
  1. lumayan lah udah, Senin pagi udah telanjur ke sini….

    kenapa kok sekarang banyak artikel ‘titipan’ pak?
    apakah udah pensiun nge-blog?

    ini keyword dengan pencarian lumayan gede.
    makanya untuk nguatin ranking, ‘titip’ di blog gede dan kerin ini juga.

Comments are closed.