2 Habits Kunci yang akan Membuat Otak Anda Makin Cerdas dan Produktif

Minggu lalu kita sudah mengulas tiga jenis habit kunci bagi masa depan yang sukses dunia dan akherat. Tiga jenis habits ini adalah : exercise habit, reading habits dan spirituality habits.

Dalam sajian kali ini kita akan mengulik dua jenis habits kunci yang akan membuat Anda makin produktif, panjang umur dan kesehatan mentalmu terjaga dengan optimal.

Saat ini makin banyak anak muda yang mudah merasa stress, stuck dan acapkali terjebak dalam negative over-thinking. Pikiran yang stress dan stuck tentu saja bisa membuat nasib hidup menjadi stagnan. Sementara negative over-thinking hanya akan membuat kita makin pesimis menatap masa depan.

Bukan itu saja. Pikiran yang stress dan terjebak negative over-thinking dalam jangka panjang akan membuat kita mudah menyerah melakukan sebuah action dengan tekun.

Stress dan negative over-thinking akan membuat willpwer dan daya resiliensi kita makin rapuh. Kita tak akan lagi bisa menjalani sebuah action dengan konsisten.

Dan semua ini bahaya. Kenapa? Sebab jalan panjang meraih sukses amat membutuhkan daya resiliensi yang kuat, ketekunan yang tangguh, dan kecakapan melakukan sebuah action dengan konsisten. Saat semua bekal ini rapuh, maka masa depan kita bisa tenggelam dalam duka nestapa yang berkepanjangan.

Kabar baiknya adalah ini. Kita bisa menghindari kondisi yang muram itu dengan menjalani dua habit kunci berikut ini. Mari kita bedah satu demi satu.

Key Habit #1 : Eating Habit

Studi-studi ternyata menunjukkan kebiasaan makan kita ini juga berdampak besar terhadap kesehatan mental dan kekuatan otak kita. Saat kita terjebak dalam kebiasaan makan aneka junk food dan minum junk drink, maka ternyata otak kita mudah stuck dan kurang tangguh menghadapi aneka problem. Secara harfiah (literally) kekuatan sel saraf kita akan makin rapuh saat kita tiap hari melahap aneka junk food dan junk drink.

Dalam jangka panjang, terlalu sering makan junk food dan minum junk drink akan membuat brain capacity kita makin melemah, dan membuat pikiran kita mudah stuck plus tulalit. Karena itu jika Anda suka merasa otak Anda stuck, mungkin karena selama ini pola maka Anda agak sembarangan.

Karena itu, eating habit kita mesti ditransformasikan ke arah healthy life style, atau healthy eating habit. Berikut dua kiat praktis, berbasis science, yang bisa membantu kita membangun healthy eating habit.

Kiat pertama sangat simpel : dekatkan makanan dan minuman sehat dalam jangkauan mata dan tangan Anda. Sebaliknya, jauhkan atau sembunyikan aneka makanan, camilan dan minuman yang tidak sehat dari jangkauan mata dan tangan Anda.

Dalam bukunya yang fenomenal, berjudul Mindless Eating – Why We Eat More than We Think, eating expert bernama Profesor Brian Wansink menulis temuan menarik. Kita itu ternyata selalu makan tanpa mikir, jadi apa saja yang ada dekat jangkauan mata dan tangan, itulah yang akan kita caplok. Ada gorengan di dekat meja kerja, caplok. Ada donat manis di meja meeting, ya kita embat. Ada martabak manis di meja makan, ya kita sikat. Mindless Eating. Makan tanpa mikir.

Ajaibnya, penelitian Brian Wansik menunjukkan, saat aneka buah dan air mineral didekatkan ke meja kerja para respondennya (sehingga mudah dijangkau mata dan tangan), maka konsumsi aneka makanan dan minuman sehat itu meningkat secara drastis.

Jadi implikasinya simpel tapi powerful. Kalau kita ingin mulai bangun habit makan sehat, maka besok selalu dekatkan air mineral satu liter di dekat meja kerja Anda. Dekatkan juga aneka buah seperti apel, jeruk, belimbing atau salak di dekat meja meeting karyawan kantor; atau di meja makan rumah kita. Lalu jauhkan aneka kue, donat, dan camilan serta minuman manis yang kurang sehat dari jangkauan mata dan tangan orang-orang di kantor dan juga di rumah.

Brian Wansik mengatakan MENGUBAH  perilaku makan kita bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti diatas, sebab efeknya memang sangat powerful. Pola makan kita itu dibentuk oleh SITUASI di SEKITAR kita, BUKAN oleh motivasi dalam diri kita sendiri. Selama ini kita jadi gemuk, karena situasi di sekitar kita selalu mendorong kita untuk makan aneka junk food.

Kiat kedua untuk membangun healthy eating habit : kalau kita rutin kerja di kantor, maka mulailah jalani Weekly Meal Plan. Maksudnya setiap minggu, kita sudah menyusun menu makan siang selama seminggu, dan kalau bisa membawa bekalnya dari rumah. Atau kalau tidak bisa, maka pesan weekly meal plan melalui penyedia jasa katering makan siang sehat.

Nanti mau makan siang apa ya.…..

Ini proses berpikir kecil yang annoying, dan ternyata berdampak besar bagi pola makan kita. Brian Wansik menulis, saat rehat siang, dan Anda berpikir mau makan siang apa ya, maka kemungkinan besar otak Anda sudah lelah karena sudah dihabiskan untuk mikir aneka kerjaan di kantor yang tak pernah usai.

Nah, persis saat otak Anda mulai lelah itu, maka keputusan mau makan siang apa, sering kali tidak bisa dilakukan secara optimal. Sebab otak Anda sudah capek. Akhirnya keputusan makan siangnya, asal pilih aja. Dan seringnya pilihan jatuh ke aneka makan siang junk food dan aneka menu yang tidak begitu sehat. Ulangi ritual ini tiap hari, dan tak heran jika makin banyak orang yang overweight tubuhnya.

Maka untuk menghindar dari jebakan di atas, Brian Wansik menyarankan : buatlah Weekly Meal Plan, atau Rencana Makan Siang Mingguan dari Senin s/d Jumat. Minta penyedia katering sehat atau orang di rumah untuk menyusun dan menyiapkannya. Perencanaan ini kunci membangun habit makan sehat. Kenapa? Sebab kita tak perlu lagi mikir nanti mau makan siang apa saat otak kita sudah capek – dan akhirnya menjebak kita makan aneka junk food.

Weekly Meal Plan akan membuat kita punya rencana makan siang yang sudah pasti, dan membuat kita menghemat beban pkiran. Yang lebih penting lagi : rencana makan siang ini pasti lebih sehat sebab disusun dengan cermat menunya. Dan kalau orang rumah bisa menyediakannya, maka biaya pasti akan lebih hemat.

Maka mulai minggu depan, silakan jalani ritual Weekly Meal Plan ini, Jika Anda sudah kerja dari kantor secara rutin, jangan lagi makan siang di kantin dekat kantor. Siapkan bekal makan siang Anda selama seminggu, dan selalu pilih menu makan siang yang sehat dan hemat.

DEMIKIANLAH, dua cara praktis untuk mulai membangun Healthy Eating Habit (kita akan membahas habit kedua minggu depan, yang isinya juga akan mengejutkan).

Dua cara praktis untuk membangun habit makan sehat ini adalah :

  1. Dekatkan aneka makanan + minuman sehat pada jangkauan mata dan tangan Anda (dan sebaliknya, jauhkan atau sembunyikan aneka junk food + junk drink dari jangkauan mata dan tangan Anda).
  2. Siapkan Rencana Makan Siang Mingguan (Weekly Meal Plan), dan susun menu makan mingguan yang sehat dan hemat. Pikiran Anda tak perlu lagi direcoki dengan pertanyaan annoying : nanti siang mau makan apa ya.

Ingat : pola makan yang tidak sehat (terlalu banyak junk foods) benar-benar akan membuat brain capacity kita makin rapuh. Dan saat daya kognisi dan kekuatan sel saraf Anda makin tulalit, maka masa hidup yang kelam akan terus menghantui.

Related Post

Kenapa Masa Depanmu Akan Berantakan Jika Terjebak 10 Bad Habits Ini? Masa depan Anda itu amat ditentukan oleh perilaku Anda hari ini. Dan perilaku Anda (atau your behavior) Anda sehari-hari itu dibentuk oleh kumpulan ha...
The Power of Habit to Change Your Life Pada akhirnya, nasibmu itu amat ditentukan oleh serangkaian perilaku (behavior) yang Anda praktekkan dalam keseharianmu. Dan perilaku atau behavior ya...
1 Habit Ajaib yang akan Mengubah Hidup Kita Selamanya Dalam sajian dua minggu lalu kita sudah mengulas 3 jenis habits kunci yang amat perlu kita jalani, yakni habit olahraga, habit membaca buku, dan ...
7 comments on “2 Habits Kunci yang akan Membuat Otak Anda Makin Cerdas dan Produktif
  1. Mantap, makan pagi, siang, dan malam tak perlu disiapkan, nikmati apa adanya aja agar otak makin mancleng bening, bersinar, dan menyinari.

    Maturnuwun Pak.
    Salam sukses penuh keberkahan saklawase.

  2. Pas benar saya lagi nyari cara memperbaiki pola makan saya yang berantakan.

    Tips di atas jadi pencerahan bagi saya. Saya akan praktikan mulai minggu ini.

    Matur nuwun Mas Yodhia.

  3. Tak disangka ternyata dari kebiasaan makan aja berpengaruh sebegitu besar ke produktivitas. Sekarang yang menjadi tugas adalah menyusun daftar menunya.
    Terimakasih buat infonya Mas Yodhia

Comments are closed.