5 Jenis Habits Paling Powerful untuk Mengubah Arah Masa Depanmu

Good habit atau kebiasaan itu sejatinya elemen paling kecil dan sekaligus paling fundamental dalam membentuk masa depan hidup kita.

“I can predict the long-term outcome of your success if you show me your daily habits.”  Saya bisa memprediksi masa depan Anda – cukup Anda tunjukkan pada saya kebiasaan harian Anda. Demikian kalau kata pakar manajemen John Maxwell.

Lalu apa saja jenis habits yang layak kita jalani dengan rutin dan konsisten demi masa depan yang epik?

Sekali lagi, habit itu amat masif dampaknya bagi perubahan nasib hidup.

Kenapa begitu? Sebab habit ini kita lakukan berulang tiap hari. Sebuah kebiasaan baik, betapapun kecilnya, kalau dilakukan tiap hari tanpa henti, pasti akan memberikan dampak akumulatif yang powrful.

Misal, seseorang yang punya kebiasaan jalan  kaki tiap pagi selama 3KM, maka secara akumulatif, dia seolah seperti jalan kaki sepanjang 90 KM setiap bulannya. Contoh lain : ada orang yang tiap malam membaca 5 halaman buku, maka secara akumulatif dalam sebulan dia bisa membaca 150 halaman, dan dalam setahun bisa tamat baca total 1800 halaman buku.

Small steps tapi jika dilakukan secara berulang akan amat powerful impaknya.

Prinsip konsistensi action ini ternyata juga berlaku saat kita menjalani bad habits.

Jika kita KONSISTEN menjalani sebuah bad habits, maka pelan-pelan, sering tanpa kita sadari, akan muncul dampak yang sangat signifikan bagi nasib hidup kita.

Misal, sering tanpa sadar kita punya habit scroll-scroll hape demi aneka konten yang tak ada manfaatnya sama sekali bagi peningkatan skills. Tiap hari hari kita menghabiskan waktu di depan layar hape. Oke, sehari dua hari tidak masalah. Tapi bayangkan, kebiasaan buruk ini dilakukan SECARA KONSISTEN SETIAP HARI, berulang terus selama bertahun-tahun. Efek akumulatifnya bagi nasib kita pasti akan amat powerful.

Jika memang habit sedemikian besar dampaknya bagi masa depan kita, maka jenis habits apa saja yang selayaknya dijalani dengan rutin tiap hari?

Berikut sampel lima jenis good habits yang paling fundamental, dan layak dijadikan sebagai awal perjalanan untuk mengubah nasib secara perlahan, hari demi hari, dan kemudian menciptakan “snowball effect” yang masif bagi sukses Anda.

Habit #1 : Habit Menggerakkan Tubuh (Exercise/olahraga).

Ini jenis habits yang murah meriah, namun ratusan riset ilmiah menunjukkan habit ini merupakan pilar kunci bagi sukses masa depan kita.

Memiliki habit olahraga ternyata bukan hanya bikin tubuh bugar. Yang juga penting dan mengejutkan, rajin olahraga atau exercise akan membuat sel saraf otak kita tetap tajam dan ini dia : membuat kita juga lebih resilien atau tangguh dalam menjalani action secara konsisten.

Dan satu lagi manfaat tersembunyi dari habit olahraga : jika kita sudah punya habit ini, maka ternyata kita akan makin mudah membentuk good habits lainnya dalam beragam aspek kehidupan. Peneliti menyebut fenomena ini sebagai “Spillover Habit” – yakni habit olahragamu akan membuat sel saraf Anda menjadi ketagihan untuk melakukan beragam good habits lainnya. Amazing bukan?

So, start your small exercise habit. Apapun jenisnya yang Anda sukai, bisa jalan kaki, running, yoga, gowes, atau renang. Yang penting lakukan dengan rutin, minimal 3 kali dalam seminggu, syukur bisa tiap hari. Lebih baik durasinya pendek, tapi rutin, daripada durasi panjang tapi hanya seminggu sekali.

Dulu sebelum pandemi habit olahraga saya adalah renang 4 kali seminggu. Selama pandemi, agak takut ke kolam renang, jadi sekarang habit olahraga saya adalah jalan kaki 30 menit tiap pagi jam 6. Saya merasa efeknya bagus buat kebugaran tubuh dan rasanya juga membuat saya bisa konsisten menulis buku tiap hari (pekerjaan yang sejatinya amat menguras energi mental dan pikiran).

Habits # 2 : Self-Learning Habit

Kebiasaan baik kedua yang juga amat penting dilakukan adalah terus konsisten melakukan proses pembelajaran secara mandiri, demi peningkatan skills. Bentuk habitnya bisa bermacam-macam, misal dengan rutin membaca buku, rajin menyimak video pembelajaran yang powerful di Youtube, atau rajin mendengarkan podcast yang inspiring.

Idealnya, proses pembalajaran ini selalu disertai dengan habit melakukan action; jadi materi yang sudah dipelajari benar-benar dipraktekkan secara nyata. Ini proses self learning yang amat efektif, sebab metode learning by doing memang terbukti merupakan metode terbaik untuk meningkatkan skills.

Lakukan habit ini dalam jam yang sama tiap harinya. Misal saya tiap hari selalu rutin membaca buku selama 1 jam setiap habis shalat Maghrib. My reading habits ini sangat membantu saya saat saya menulis buku ataupun saat menyusun materi presentasi; jadi habit membaca buku ini langsung dipraktekkan juga dalam action lainnya.

Mulailah habit self-learning ini. Alokasikan waktu minimal 30 menit tiap hari untuk belajar meningkatkan skills Anda. Sebab jika Anda bisa menjalankan habit self-learning ini dengan konsisten, dijamin masa depanmu akan lebih sumringah.

Ingat : ada banyak orang yang menghabiskan waktu 3 jam di depan layar hape tanpa terasa. Namun saat diminta meluangkan waktu 30 menit saja tiap hari buat self-learning, selalu memberikan alasan buat ngeles. Orang-orang seperti ini dijamin hidupnya akan stagnan, dan pelan-pelan tenggelam dalam nestapa yang pedih.

Habit #3 : Spirituality Habit

Habit ketiga yang juga amat fundamental adalah kebiasaan untuk melakukan berbagai ritual spiritual yang seharusnya kita lakukan dengan konsisten. Sebagai orang Muslim, beberapa habit atau ritual yang layak ditekuni antara lain adalah shalat Tahajud tiap malam, dzikir dan meditasi tiap Subuh, atau membaca Al Qur’an dan terjemahannya tiap hari.

Amalan-amalan spiritual itu selayaknya dijadikan habit dalam kehidupan kita. Sebab jika kita sukses menjadikannya sebagai habit, maka hidup kita akan terasa lebih paripurna.

DEMIKIANLAH, tiga jenis habits yang paling fundamental dan amat menentukan masa depan sukses hidup kita. Kita akan membahas dua jenis habits lainnya dalam edisi minggu depan.

Dalam sajian kali ini, cukup kita fokus pada 3 habits berikut ini :

  1. Exercise Habit
  2. Self-Learning Habit
  3. Spirituality Habit

Sekali lagi, jika kita bisa menjalankan tiga jenis habits diatas, wow, masa depan kita pasti akan lebih cetar membahana.

Pertanyaannya adalah : bagaimana strategi yang ampuh dan praktikal agar kita bisa sukses menjalani 3 HABITS POWERFUL tersebut? Anda bisa mendapatkan panduannya yang super lengkap DISINI.

Related Post

5 Powerful Forces yang Akan Membuatmu Sukses Dunia dan Akherat Dalam sajian podcast dan infografis yang memukau kali ini, kita akan menjelajah lima kekuatan powerful yang bisa membawa kita merajut sukses sejati : ...
5 Indikator Sukses dalam Perjalanan Karir Seseorang Bagi para pekerja kantoran yang bekerja dengan penuh semangat tiap hari dari jam 8 s/d jam 5 sore (kadang hingga jam 9 malam), maka karir yang su...
Growth Hacking – 5 Perusahaan yang Sukses Besar dengan Growth Hacking Strategy Artikel ini merupakan kontribusi dari Start Up AGATE LEVEL UP (https://agatelevelup.id/) Maksimalkan potensi bisnismu dengan growth hacking dan rai...
4 comments on “5 Jenis Habits Paling Powerful untuk Mengubah Arah Masa Depanmu

Comments are closed.