1 Habit Ajaib yang akan Mengubah Hidup Kita Selamanya

Dalam sajian dua minggu lalu kita sudah mengulas 3 jenis habits kunci yang amat perlu kita jalani, yakni habit olahraga, habit membaca buku, dan habit menjalani laku spiritual.

Lalu minggu lalu, kita mengulik satu jenis habit yang juga amat penting bagi kebugaran otak dan tubuh kita yakni healthy eating habit.

Dalam sajian pamungkas tentang Serial Habit ini kita akan membahas satu habit ajaib yang juga secara fundamental bisa membawa perubahan yang masif dalam perjalanan hidup kita.

Apa satu habit ajaib ini? Dan kenapa dampaknya sangat fundamental? Mari kita ulas sambil ditemani segelas jus belimbing tanpa gula.

Habit yang satu ini sejatinya sangat simpel dan mudah dilakukan. Namun amazingly, sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan keampuhannya bagi pengembangan jiwa dan batin kita.

Sejumlah riset saintifik menemukan fakta, jika kita rajin menjalani habit ajaib ini, maka dijamin batin kita akan lebih happy, jiwa kita akan lebih resilien dalam menghadapi aneka problem, dan pelan-pelan bisa menumbuhkan optimisme dalam menatap tantangan masa depan.

Sejumlah responden yang tekun menjalani habit ini, ketika dipantau selama 24 bulan, ternyata juga menjadi makin jarang terkena penyakit dan lebih sehat tubuhnya. Para responden yang menjalani habit ajaib ini ketika diteliti juga terbukti menjadi lebih puas dengan perjalanan hidupnya (better life satisfaction).

Satu lagi riset ilmiah yang telah dilakukan tentang habit ajaib ini. Para responden yang tekun menjalani habit ini juga di-scan otaknya melalui alat fMRI (semacam alat untuk melihat susunan struktur sel saraf). Dari pemindaian sel saraf ini terlihat, para responden yang tekun menjalani habit ini mampu menumbuhkan sel saraf secara positif, dan membantu mereka menjadi “sehat secara mental”. Dengan kata lain, kesehatan mentalnya jauh lebih tangguh dibanding yang tidak pernah melakukan habit ini.

Ringkasnya, puluhan studi saintifik telah dilakukan untuk melacak efek habit ajaib ini, dan semuanya menghasilkan kesimpulan ilmiah yang sama : jika Anda ingin hidup Anda menjadi lebih produktif, lebih memuaskan, dan lebih membahagiakan batin Anda, maka tekuni habit ajaib ini.

Dan yang menarik, habit ini amat simpel dan sama sekali tidak butuh biaya untuk dijalankan. Kita tak perlu energi yang berat untuk mulai menjalankannya. Kita juga tak perlu uang sama sekali untuk menekuninya (amat beda dengan hobi mahal yang banyak menghabiskan uang). Kita juga hanya butuh waktu minimal cukup 1 menit untuk menjalaninya.

Namun seperti yang sudah dibuktikan oleh studi-studi imilah (jadi based on emprical science), habit ajaib ini memiliki dampak yang powerful bagi perjalanan hidup kita.

Kalau dilihat dari perspektif ROI (Return on Investment), habit ajaib ini sungguh amat dahsyat return-nya. Maksudnya : habit ini cukup dilakukan 1 menit tiap hari, sangat mudah dilakukan, tidak butuh biaya; namun mampu membawa efek positif yang luar biasa bagi kehidupan kita.

Lalu apa habit ajaib ini? Ada yang tahu?

Para peneliti dalam human performance menyebut habit ajaib ini sebagai Daily Gratitude Habit”.

Protokol pelaksanaanya sangat simpel : tiap malam (misal sehabis shalat Isya atau sebelum tidur), cukup luangkan waktu  minimal 1 menit, untuk merenungkan dan mensyukuri 3 hal kecil yang sudah kita lalui di hari itu (sejak bangun pagi hingga malam hari).

3 hal kecil yang disyukuri benar-benar merupakan beragam kejadian simpel yang positif yang telah terjadi di sepanjang hari itu, dan layak kita apresiasi dan syukuri. Misal kita bersyukur karena hari itu kita sudah bisa menyelesaikan tugas, atau kita bersyukur karena bisa makan siang dengan gado-gado yang enak, atau bersyukur masih bisa membeli buku bagus di online shop; dan lain-lain sejenisnya.

Saya biasa melakukan habit ini selepas sholat Isya. Setelah selesai shalat dan berdoa, saya biasanya meluangkan waktu antara 1 – 2 menit, untuk merenungkan kejadian positif apa yang sudah saya lakukan di sepanjang hari itu.

Berikut contoh tiga hal yang saya syukuri di hari Sabtu kemarin :

  1. Bersyukur bisa menulis buku 5 halaman pagi ini
  2. Bersyukur masih bisa membeli 2 buku bagus di Tokopedia
  3. Bersyukur jualan online masih lancar

Contoh lain lagi di hari Rabu minggu lalu :

  1. Bersyukur bisa menyelesaikan tugas dari klien
  2. Bersyukur bisa membaca buku yang sangat bagus tentang ekonomi global
  3. Bersyukur bisa makan siang enak dengan lauk tahu rebus

Proses merenungkan tiga hal positif dan layak disyukuri hanya membutuhkan waktu 1 – 2 menit saja. Tak masalah juga jika tiap hari kita menemukan hal yang sama untuk disyukuri; misal karena habit saya menulis dan membaca buku, maka seringkali dua hal ini yang saya syukuri secara berulang tiap harinya.

Namun untuk memberikan variasi, saya juga selalu mencoba merenungkan hal simpel yang berbeda-beda tiap harinya, dan tetap layak saya syukuri. Ternyata ada banyak hal kecil yang tetap layak kita syukuri tiap harinya.

Sejumlah pakar personal development bilang, gratitude habit ini juga bisa dituliskan, misal ditulis dalam aplikasi Notes di hape kita. Jadi tiap malam, kita duduk sejenak, dan menulis 3 hal kecil yang layak kita syukuri di sepanjang hari itu; melalui layar hape kita.  Boleh saja dilakukan dengan cara semacam ini.

Namun kalau saya lebih suka dengan cara merenungkan saja dalam pikiran, karena mungkin lebih praktis. Setiap selesai shalat Isya, saya merenungkan 3 hal simpel positif yang layak disyukuri. Dan sekali lagi, ini hanya butuh waktu 1 – 2 menit saja.

Tapi terus terang, dampaknya memang seperti yang diuraikan dalam sejumlah riset ilmiah tadi.

Saat kita tekun mensyukuri 3 hal kecil yang positif dan layak kita syukuri, maka jiwa kita pelan-pelan akan menjadi lebih bahagia dan memiliki “prasangka baik” terhadap kehidupan.

Kesalahan banyak orang adalah mereka terlalu sering melihat sisi buruk kehidupan, dan lebih peka dengan aneka kejadian negatif yang terjadi. Tiap hari, hampir selalu aneka hal negatif yang dipikirkan, dan cenderung pikirannya lebih fokus pada aneka kejadian yang layak diratapi.

Jika kebiasaan semacam itu yang terus kita lakukan tiap hari, bukankah hidup justru akan menjadi tampak makin suram?

Kita barangkali acap lupa, sesungguhnya ada begitu banyak hal dan kejadian kecil positif di sekitar kita tiap harinya, dan layak kita syukuri.

Maka, mulai malam ini, Anda juga bisa mulai menjalani “Daily Gratitude Habit” ini. Cukup luangkan waktu 1 menit saja, untuk merenungkan 3 hal kecil yang layak Anda syukuri dari hari ini.

Be more grateful. Be more thankful.

Laydown

Related Post

2 Habits Kunci yang akan Membuat Otak Anda Makin Cerdas dan Produktif Minggu lalu kita sudah mengulas tiga jenis habit kunci bagi masa depan yang sukses dunia dan akherat. Tiga jenis habits ini adalah : exercise hab...
7 Kesalahan Fatal dalam Membangun Habit dan Perilaku yang Produktif Pada akhirnya, perjalanan merajut bentangan kesuksesan itu mungkin amatlah sederhana. Just develop good habits, and you can change your life forever. ...
12 Bad Habits yang Akan Merusak Hidupmu dan Solusi untuk Mengubahnya Menjadi Good Habits Pada akhirnya, wajah masa depan dan hidup kita saat ini sejatinya sangat banyak ditentukan oleh habit atau kebiasaan yang kita  jalani hari ...
9 comments on “1 Habit Ajaib yang akan Mengubah Hidup Kita Selamanya
  1. Selalu bersyukur dan nikmati setiap proses dalam perjalanan hidup hingga ujung waktu.

    Gak usah nunggu nanti. Luar biasa petuahnya Pak.

    Maturnuwun

  2. Luarrr biasa pak Yodhia….
    Hal ini slah satu yg biasa Rosullulloh Muhammad saw. lakukan ktika branjak tidur.
    Trims pencerahnya….

  3. trimakasih mas pencerahannya…

    membaca artikel ini kembali menyadarkan saya tentang rasa syukur atas apa yang telah diberikanNya.

  4. Terima kasih atas artikelnya mas, semoga saya bisa menjalankannya sebagai habit tiap harinya.

    Dan waktu 1-2 menit itu sangatlah singkat, selaras dengan yang ada di buku Atomic Habits bahwa pemicu habit yang berhasil dimulai dengan melakukan tiny habit terlebih dahulu.

    Yang penting konsisten terus menerus tanpa ada rantai yang terputus tiap harinya.

Comments are closed.