Tips Sukses Menulis Resume untuk Manajer Pemasaran agar Dilirik Pihak HRD

Setelah selesai menempuh studi strata satu, banyak fresh graduate dari perguruan tinggi memilih untuk melamar kerja. Target utama pelamar kerja pastinya mempertimbangkan jenjang karir saat memilih perusahaan.

Sebagai contoh jika Anda ingin melamar sebagai karyawan baru atau menjadi manajer pemasaran, buatlah CV (curriculum vitae) yang menarik. Tidak hanya untuk menarik perhatian perekrut, namun sebagai penjelasan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki.

Bukan untuk fresh graduate saja, jika Anda memiliki keinginan menjadi manajer pemasaran, buatlah resume pada CV dari sekarang. Resume bisa meliputi seputar pengalaman dan kemampuan.

Pada dasarnya, CV adalah alat untuk memberikan informasi tentang seseorang serta kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Oleh sebab itu, CV harus berisi informasi yang jelas agar pembaca paham dan bisa menilai Anda.

Nah, sebagai penjelas untuk sebuah CV, diperlukan resume sebagai penjelasan. Resume bertujuan agar perekrut bisa memperkirakan bahwa Anda memang layak untuk menduduki posisi sebagai karyawan pada perusahaan tersebut.

Nah, di bawah ini adalah lima tips untuk membuat resume manajer pemasaran. Selain untuk menambah pengetahuan membuat resume, Anda juga bisa mulai mencicil kemampuan dan pengalaman yang belum teraih.

5 Tips Membuat Resume Manajer Pemasaran

Sebelumnya, Anda harus mengetahui dan paham tentang posisi manajer pemasaran. Biasanya, Anda juga harus mendapatkan pengalaman yang cukup untuk melamar menjadi manajer.

Perlu Anda perhatikan bahwa tujuan membuat resume, khususnya sebagai pelamar manajer pemasaran agar perekrut memahami motivasi bekerja. Maksudnya, resume berguna untuk mempersingkat dalam memilih karyawan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat resume pada CV yang menarik sekaligus jelas. Tujuannya agar perekrut tertarik dan melanjutkan sesi penerimaan pelamar kerja.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resume manajer pemasaran agar dilirik oleh perusahaan yang Anda minati.

1. Tentukan Model Resume

Saat ini banyak sekali pelamar kerja membuat Resume modern. Maksudnya, resume yang tertulis tidak berupa surat namun seperti poster. Isi resume juga meliputi informasi penjelasan khusus sesuai dengan kriteria untuk lamaran kerja.

Beberapa perusahaan memiliki kriteria untuk mendapatkan pegawai yang sesuai. Nah, Anda harus pandai-pandai melihat peluang untuk melamar posisi yang sedang kosong.

Biasanya, resume modern berupa poster profil diri bisa menjadi poin tambahan penanda bahwa Anda adalah seseorang yang kreatif. Namun, ada juga perusahan yang menolak usulan resume modern.

Pastikan resume yang Anda kirimkan sesuai dengan kriteria yang perusahaan inginkan. Tujuannya agar resume manajer pemasaran Anda terpilih oleh perekrut.

2. Sebutkan Pengalaman

Sebagai pelamar manajer pemasaran, tentunya Anda sudah melewati beberapa pengalaman kerja. Perlu Anda ketahui untuk pengalaman kerja sebelumnya harus dijelaskan secara rinci.

Tulislah pengalaman kerja pada saat awal masuk hingga pada jabatan terakhir yang Anda lalui. Selain itu, hindari kata ganti orang pertama (saya) untuk menjelaskan pengalaman kerja. Buatlah pengalaman kerja yang menarik tanpa perlu mendeskripsikan secara berlebihan.

Jika Anda berhasil lolos dalam tahap penyeleksian dengan resume yang sesuai, tentunya sesi wawancara menjadi hal yang penting. Oleh sebab itu, tulislah pengalaman kerja sesuai dengan apa yang telah Anda lalui untuk mempermudah pada tahap wawancara.

3. Tambahkan Kemampuan

Pengalaman yang Anda miliki tentunya berasal dari kemampuan yang telah ada. Pada saat menjelaskan pengalaman kerja, tambahkan kemampuan diri sendiri sehingga mencapai target kerja.

Perusahaan akan memilih Anda jika kemampuan berdasarkan pengalaman memang layak dan sesuai. Jangan ragu untuk menonjolkan sisi positif dari kemampuan yang dimiliki agar perekrut yakin untuk memilih Anda.

Selain itu, jelaskan persentase keberhasilan target kerja disertai dengan kemampuan yang Anda miliki. Sebagai contoh, tunjukan bahwa keberhasilan peningkatan jumlah produk/pemakaian jasa sangat signifikan.

Maksudnya, jelaskan bahwa Anda memiliki motivasi kerja yang tinggi dan bisa membantu perusahaan berkembang.

4. Tambahkan Penghargaan Atau Sertifikat

Nah, jika Anda memiliki penghargaan atau sertifikat terkait dengan manajerial pemasaran, cantumkanlah pada resume. Tujuannya agar perusahaan yakin bahwa Anda memiliki kemampuan sejalan dengan penjelasan pada resume di dalam CV.

Dengan kata lain, sertifikat bisa menunjang dan memberi nilai lebih untuk menunjukan perbedaan antara Anda dengan pelamar lainnya.

5. Rangkum Resume

Nah, resume manajer pemasaran yang bagus berdampingan dengan penjelasan yang menarik. Perekrut akan memperhatikan bagaimana cara Anda menunjukan kemampuan dan pengalaman kerja yang jelas dan ringkas.

Jika resume Anda terlalu rumit dan tidak jelas, sudah pasti Anda akan kehilangan peluang. Anda bisa memulai dengan merancang resume secara spesifik dan jelas, kemudian ringkaslah kemampuan dan keahlian secara rinci.

Selain itu, tunjukan motivasi kerja Anda dengan menjelaskan keberhasilan dan pencapaian yang pernah diraih.

Masukan sertifikat atau penghargaan yang relevan untuk menunjang pembuktian keahlian dan pencapaian diri. Jangan lupa untuk menulis resume secara kronologis agar jelas dan mudah untuk membacanya.

Pertimbangkan secara matang poin utama yang Anda miliki agar perusahaan yakin bahwa resume manajer pemasaran yang dibuat sesuai dengan kriteria perusahaan. Sehingga Anda bisa lolos pada tahap berikutnya hingga resmi menjadi karyawan.

Artikel ini merupakan kontribusi dari Team CV Menarik – sebuah layanan bagus bagi Anda untuk mendesain CV dengan WOW dan mudah.

Laydown

Related Post

8 Kiat Jitu agar Sukses Mendapat Kerja di Masa Pandemi COVID-19 Memang nggak bisa dipungkiri lagi bahwa pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang keras kepada pekerja dari berbagai sektor, apalagi fresh graduat...
Bagaimana Rasanya Bekerja di Perusahaan Seperti Google ? Very fun and very productive.....begitu jawaban yang kira-kira akan diberikan jika judul tulisan ini ditujukan kepada para pekerja Google. Mungkin ...
3 Hal untuk Tahu Bahwa Pekerjaanmu adalah Bullshit Job Apakah pekerjaan yang Anda jalani saat sekarang termasuk dalam bullshit job? Jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan hal yang sangat krusial. Se...