5 Sekolah Bisnis Terbaik di Tanah Air

Melanjutkan sekolah S2 Bisnis atau MM merupakan salah satu pilihan bagus untuk mendukung perjalanan karir Anda.

Ada semacam peraturan tak tertulis, jika Anda bekerja di perusahaan BUMN atau big companies, maka untuk naik jabatan menjadi GM atau VP, maka sebaiknya Anda juga punya gelar S2 manajemen bisnis. Setidaknya dengan gelar S2, maka peluang Anda untuk naik karir menjadi lebih terbuka dibanding hanya mengandalkan gelar S1 saja.

Pada sisi lain, ada studi menarik yang menyebutkan bahwa ternyata mayoritas founder unicorn dan start up di luar neger, paling banyak ternyata adalah lulusan S2 Bisnis atau MBA. Artinya meraih pendidikan S2 bisnis merupakan bekal yang berharga untuk menjadi founder sebuah start up yang sukses.

Nah, jika Anda memang ingin melanjutkan S2 bisnis di tanah air, lembaga manakah yang terbaik dan layak dipilih. Dan berapa pula biaya kuliahnya? Mari kita ulas secara ringkas dalam tulisan kali ini.

Berdasar observasi terhadap mutu dan reputasinya, ada 5 kampus Sekolah Bisnis atau program MM terbaik di tanah air. Lima lembaga ini adalah sbb :

  1. Prasetya Mulya (Prasmul)
  2. Sekolah Manajemen Bisnis ITB
  3. IPPM
  4. MM – UI
  5. MM – UGM

Sekolah bisnis Prasmul atau Prasetya Mulya merupakan salah satu sekolah bisnis tertua di tanah air. Mereka sudah puluhan tahun punya reputasi bagus dalam menghasilkan para lulusan yg qualified.

Kampus MM Prasmul ada di daerah TB Simaputang. Biaya kuliah MM di Prasmul relatif mahal yakni Rp 122 juta (hingga program selesai selama kurang lebih 18 bulan). Biaya ini termahal dibanding sekolah MM lainnya.

Banyak pengajar sekolah bisnis MM Prasmul yg menjadi pakar manajemen dan aktif menyuarakan pendapatnya dalam beragam media bisnis.

Prasmul jg banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan besar untuk menyediakan pendidikan lanjutan bagi para manajernya. Saat ini misalnya, Astra International melakukan kerjasama dengan Prasmul untuk mendidik para future leaders-nya.

SBM ITB relatif baru, namun dalam beberapa tahun terakhir mampu melesat menjadi salah satu pilihan sekolah bisnis terbaik di tanah air. Kemungkinan besar karena pengelolaannya otonom, sehingga lebih lincah dan kreatif dalam memasarkan program2nya. Tanpa ikatan birokrasi yg ribet, SBM ITB mampu bergerak cepat dan agresif dalam menjual layanannya.

SBM ITB punya kampus di Bandung dan Jakarta. Sama seperti MM UGM yg juga kampus MM di Jogja dan Jakarta. Kampus SBM ITB Jakarta ada di dearah Rasuna Said. Sementara kampus MM UGM Jakarta ada di Jalan Saharjo, Tebet.

Biaya kuliah MM di SBM ITB adalah Rp 77 juta untuk kampus Bandung dan Rp 82 juta untuk kampus Jakarta.

Sementara biaya kuliah MM UGM adalah Rp 60 juta jika kuliah di Jogja, dan Rp 75 juta jika kuliah di kampus Jakarta.

Untuk MM UI, biaya kuliahnya Rp 90 juta hingga program selesai.

Sekolah bisnis lain yg juga kondang adalah IPPM yg ada di dekat Tugu Tani Jakarta. Mereka adalah pioner sekolah MBA di Indonesia. Reputasinya sudah terbangun lama, dan hingga sekarang masih berjaya. Biaya kuliah MM di IPPM adalah Rp 85 juta untuk fresh graduate; sementara bagi yg sudah pengalaman kerja 2 tahun, biayanya adalah Rp 100 juta.

Demikianlah pilihan lima sekolah bisnis terbaik di tanah air. Jika Anda ingin melanjutkan sekolah S2 bisnis, maka lima lembaga ini bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Prasetya Mulya (Prasmul)
  2. Sekolah Manajemen Bisnis ITB
  3. IPPM
  4. MM – UI
  5. MM – UGM