3 Cara untuk Menjalankan Online Business

website-re.jpgPertumbuhan jumlah pengguna internet di tanah air terus meningkat secara signifikan. Data terakhir menunjukkan kisaran angka antara 30 – 40 juta users. Jumlah akun Facebook dari Indonesia terus melesat; mengalahkan jumlah akun dari negara lain. Jumlah pengguna Twitter dari tanah air juga terus menjulang; membuat mereka bisa “menguasai panggung Twitter dunia” (itulah mengapa kata kunci Ariel Peterporn bisa menguasai jagat twitter global, dan membikin para selebritis dunia bertanya-tanya : who the hells is ariel?)

Pendeknya, lansekap dunia online di tanah air akan terus tumbuh dengan sumringah. Dan dibalik pertumbuhan yang terus melaju itu, terselip sejumlah peluang bisnis yang mungkin bisa dipetik. Dalam perbincangan kali ini, kita akan mendiskusikan tiga jenis cara untuk mendulang rezeki yang barokah dari dunia maya.

Cara yang pertama adalah membangun website atau blog dengan gemilang dan konsisten, lalu bisa mendatangkan banyak pengunjung fanatik; dan lantas berharap ada sejumlah sponsor yang mau memasang iklan. Bagi blog independen yang berbahasa Indonesia, pilihan ini memang ternyata tidak begitu mudah lantaran jarang ada sponsor besar yang mau memasang iklan di blog/web personal.

Kalaupun ada yang mau memasang iklan, biasanya lebih banyak dari jasa penyedia layanan iklan agregat semacam adsense atau kliksaya.com. Dan income dari layanan iklan semacam ini ternyata tidak begitu menggembirakan : rata-rata blog bagus mungkin hanya mendapatkan pemasukan antara Rp 2 – 3 juta per bulan; dan blog abal-abal mungkin hanya mendapatkan ratusan ribu saja per bulan.

Karena itu, mungkin cara yang kedua ini lebih menarik : yakni membangun web/blog untuk berjualan sesuatu (selling something). Sesuatunya bisa bersifat intangible (produk digital yang bisa ditransfer melalui internet, semacam produk ebook atau software) atau benar-benar produk fisik seperti berjualan kaos provokatif, obat herbal, abon lele, atau berjualan obat kuat khusus lelaki.

Berjualan produk digital (seperti ebook) via internet memang sangat praktis; Anda tidak perlu gudang fisik untuk menyimpan stok. Semua file tersimpan di komputer; dan jika ada yang beli tinggal perintah mesin untuk mengirimkannya secara otomatis. Semuanya berjalan 24 jam sehari dengan otomatis tanpa Anda perlu sibuk mengirimkan barang via pos/Tiki.

Berjualan produk fisik/nyata melalui internet juga tetap mengasyikkan. Anda tidak perlu menyewa ruko yang mahal, dan tidak perlu nongkrong berjam-jam menunggui toko (ya kalau tokonya ramai, kalau toko sepi kan manyun sepanjang hari). Anda hanya butuh telpon atau email untuk menerima pesanan; toko Anda bisa terus buka 24 jam sehari; dan potensi pembeli bisa datang dari seluruh nusantara.

Memang berjualan produk fisik di online ini membutuhkan modal yang lumayan. Mungkin modal awal yang diperlukan sekitar Rp 10 – 30 juta, tergantung jenis produk yang akan dijual. Namun kalau berhasil, kita mungkin bisa mendapatkan omzet antara Rp 40 – 80 juta per bulan. Kalau margin profit-nya 20 %, kan lumayan juga income kita per bulan.

Cara yang terakhir adalah membangun web/blog untuk personal branding and promotion. Pilihan ini intinya adalah menggunakan web/blog untuk mempromosikan dan menjual jasa keahlian kita. Dan persis pilihan ketiga inilah yang saya lakukan dengan blog keren yang sekarang Anda baca ini.

Sebagai seorang yang bekerja sebagai konsultan/trainer, saya merasa blog ini sungguh sangat berjasa dalam menjaring klien-klien potensial. Tak sedikit klien yang mengundang saya sebagai konsultan/trainer lantaran mereka mengenal jasa saya melalui blog ini.

Pilihan ketiga ini saya kira juga bisa dilakukan oleh mereka yang memang memiliki jasa keahlian khusus, mulai dari jasa fotografi, perias pengantin, web desaigner, jasa renovasi rumah, hingga jasa sedot WC, jasa perpanjangan STNK, atau jasa reparasi AC.

Demikianlah, tiga pilihan atau peluang bisnis online yang barangkali bisa dijalankan. Masing-masing menawarkan karakteristik yang berbeda-beda; namun jika digarap dengan serius semuanya menjanjikan potensi income yang memadai.

Saya kira sudah saatnya kita meluangkan waktu online untuk mulai menjajaki ketiga pilihan bisnis diatas. Ini mungkin lebih baik darapada sekedar menghabiskan waktu berjam-jam untuk browsing video Luna Maya dan Cut Tari.

Note : Salah satu pilihan bisnis online yang mungkin bisa Anda pilih, bisa di-eksplorasi DISINI.

Photo credit by : exena design @ flickr.com

NOTE :
Mau update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 572F4CDE. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian. Slide BiruPakar Hijau

50 comments on “3 Cara untuk Menjalankan Online Business
  1. Pilihan ketiga memang yg menurut saya menarik. Tp sy sedang mengumpulkan berbagai informasi tentang hal ini, juga di bidang HR. Misalnya mulai dari pilihan web, metode transfer, dll. Hitung2 untuk persiapan pensiun (5 tahun lagi). Saya tunggu lagi tulisan dari Mas Yodhia tentang hal ini yang lebih teknis. Terima kasih.

  2. Terimakasih atas sharingnya Pak.., alhamdulillah dapat sarapan pagi yang renyah dan bergizi… sebagai informasi saat ini saya coba lakukan pilihan ke tiga sharing pengetahuan mengenai dunia hobi… menjelang usia 1 tahun setelah pengunjungnya banyak saya coba merambah kejualan barang secara OnLine. Walaupun dengan system gratisan alhamdulillah pendapatan perminggunya lumayan buat menutupi biaya pemakaian internet, insya Allah suatu saat menjadi bloger mandiri bisa tercapai…amin

    wassalam
    sofyan
    http://burungkenari.wordpress.com
    the colour full and beautiful song

  3. Setuju pak.

    Saya sendiri sudah mendapatkan 100% penghasilan dari dunia internet, meski produknya masih barang dan jasa offline.

    Penjaringan pelanggan/nasabah melalui internet memberikan filterisasi awal calon pelanggan/nasabah. Kita dapat mengarahkan target market kita.

    Sukses untuk anda dan pembaca blog anda.

    Muchyi

  4. mantab..mantab..mantab… internetpreurship memang menjadi pilihan untuk mendatangkan income tambahan… semoga bisa nyusul…. matur nuwun atas inspirasinya !

  5. saya sangat sepakat dengan nomor 2 dan nomor 3 sebagai yang paling efektif. karena kedua nomor tersebut pengaruh dampaknya lebih besar dan dapat meraup begitu banyak orang, yang tentunya membuat potensi keuntungan lebih besar ketimbang nomor 1. dan, nomor 2 dan 3 dapat membuat ciri khas tertentu sehingga kita lebih dikenal..

  6. Yang No. 1 & 2 udah sya jalanin, emang yg no. 1 ini cuman promonya aja bombastis, hasilnya sih blum terlalu signifikan. Klo yg No. 2 cukup bagus menurut saya dan itu sdh saya buktikan sendiri.
    Klo yg No. 3 terus terang saya agak rancu klo dibilang bisnis online karena blog / website jadi merukpan media promosi, sedangkan bisnisnya biasanya tetep offline (CMIIW)
    Btw thanks inspirasinya

  7. Wiwit (2); Sofyan (4; Dony (7); Planet Shoes (12)…
    Saya sudah lihat semua web Anda.

    Hahahaha….semuanya bagus-bagus…jualan asuransi, burung kenari, buku musik dan sepatu…..mudah-mudahan semua SUKSES.

  8. thanks banget tulisannya pak,sya memang tengah mencari cari inf.ttg bissssnis on line.Kata orang pucuk dicinta ulampun tiba.Semoga bapak tambah sukses bisnis onlinenya dan jgn lupa bagi bagi ilmunya ya!

  9. Artikel yg sangat menarik pak, saya sedang berencana membuat blog (sperti yg no.2 itu pak :D ) untuk produk konveksi. Tapi masih bingung cara bikin blog yg baik untuk itu (waduh, saya gaptek banget deh, hehe) dan gimana strategi berjualan online yg bagus. Mohon saran-sarannya Pak Yodhia :)
    Thanks :)

  10. Sangat inspiratif dan up to date Pak, setuju dengan PakWandi dikomen pertama…bahkan dengan blog gratisan saya bisa menjual secara part time di sela-sela tugas saya lainnya. dan menghasilkan tambahan kocek 2 Juta rupiah-an per bulan…mungkin bukan hal yg besar banget..tetapi diawal, dan baru 2 bulan ini..itu sudah membuat saya bersemangat dengan selling goods online…dan mendalami online business..

  11. Ya geliat online memang sangat menggairahkan. Begitu banyak informasi bagus dan juga begitu banyak sampah informasi. Online dan offline ga jauh beda, yang penting kepedulian pada pelanggan, peduli pada tribenya. Banyak yang cuma mencari uangnya, setelah beberapa saat ga dapet2 jadi mutung, menyumpah-nyumpah ga jelas. Fokuslah memberi kontribusi dan melatih keahlian, itu cara terbaik.

    Kebahagiaan sebenarnya adalah dari memberi.

    Bisa dibilang teknik utama SEO ya social networking, sedangkan yang lain (semacam bookmarking digg) hanya sekedar tambahan pengungkit. Tanpa kepedulian untuk berkontribusi hanya dua hal yg mungkin, kemandekan dan kebosanan.

  12. kalo tempatku menggunakan facebook untuk marketing busnis afiliasi , lumayan juga dengan weblog yang baru jalan dengan bantuan website strategimanagement ini cukup untuk meningkatkan trafik ya sekitar 30 sampai 50 perhari refere dari sini selamat mas yogia main ke tempatku ya walau masih abal abal tapi lumayan membawa hoki yang barokah lhoooo !!!!!!!!!!, catatan ternyata bisnis on line lebih lama kerjanya lho .

  13. Pingback: 3 Cara untuk Menjalankan Online Business

  14. Waah, bener pak Yodhia…postingnya jadi booster agar saya menyelesaikan weblog lebih cepat. Tantangannya harus menyiapkan gudang knowledge di PC dan menjaga blog agar aktif dan update terus. Thanks Pak.

  15. Rudi (32) : ya coba bikin web-nya dulu saja…..
    Jangan sungkan ke google….cari informasi….setahu saya sudah banyak yang menjalankan online jual beli mobil bekas….Sudah banyaaaakkk banget.

  16. saya baru menjalankan bisnis online cara yang ke 3, yaitu menawarkan jasa desain logo online dg brand PesanLogo. hasilnya cukup memuaskan. kini saya membuka kpd siapa saja untuk menjadi marketing freelance dengan komisi 20% dari paket biaya desain logo. thx ilmunya pak

  17. Mas Yodh…! point no.2 baru saja saya jalani tapi memang perlu kesabaran yg tinggi karena nggak mudah mendatangkan orang utk mengunjungi blog kita (jujur aja belum ada orang yg datang ke blog saya sejak dibuat hu..hu..hu..)- sebenarnya saya juga belum punya barang sendiri utk dijual (Mas Yodh ada saran?, terutama untuk niche market?)

  18. Jadi pingin nyoba…tp mesti banyak belajar teknis buat Blog or Web..

    Saya ada bisnis sampingan sbg jasa pembimbing skripsi mahasiswa disekitar kosan saya, tapi belum punya blog ato Web, baru ditawarkan dari client ke client saja…saya buat jadwal konsultasi tiap client…lumayan jg buat menyalurkan bakat ngajar juga hobi knowledge sharing…hehe, bisa enggak ya nyambung dgn no 2 ato 3..?

  19. Konsumen Sekarang Pengennya Yang Praktis.
    Tinggal Cari Di Internet.. Transfer.. Barang Sampai Dirumah..
    Tanpa Harus Kepanasan.. Kehujanan…

    Bisnis Online Memang Istimewa…
    Alhamdulillah Saya Sudah Merasakannya… :)

    Karomah Herbal dot Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!