website-re.jpgPertumbuhan jumlah pengguna internet di tanah air terus meningkat secara signifikan. Data terakhir menunjukkan kisaran angka antara 30 – 40 juta users. Jumlah akun Facebook dari Indonesia terus melesat; mengalahkan jumlah akun dari negara lain. Jumlah pengguna Twitter dari tanah air juga terus menjulang; membuat mereka bisa “menguasai panggung Twitter dunia” (itulah mengapa kata kunci Ariel Peterporn bisa menguasai jagat twitter global, dan membikin para selebritis dunia bertanya-tanya : who the hells is ariel?)

Pendeknya, lansekap dunia online di tanah air akan terus tumbuh dengan sumringah. Dan dibalik pertumbuhan yang terus melaju itu, terselip sejumlah peluang bisnis yang mungkin bisa dipetik. Dalam perbincangan kali ini, kita akan mendiskusikan tiga jenis cara untuk mendulang rezeki yang barokah dari dunia maya.

Cara yang pertama adalah membangun website atau blog dengan gemilang dan konsisten, lalu bisa mendatangkan banyak pengunjung fanatik; dan lantas berharap ada sejumlah sponsor yang mau memasang iklan. Bagi blog independen yang berbahasa Indonesia, pilihan ini memang ternyata tidak begitu mudah lantaran jarang ada sponsor besar yang mau memasang iklan di blog/web personal.

Kalaupun ada yang mau memasang iklan, biasanya lebih banyak dari jasa penyedia layanan iklan agregat semacam adsense atau kliksaya.com. Dan income dari layanan iklan semacam ini ternyata tidak begitu menggembirakan : rata-rata blog bagus mungkin hanya mendapatkan pemasukan antara Rp 2 – 3 juta per bulan; dan blog abal-abal mungkin hanya mendapatkan ratusan ribu saja per bulan.

Karena itu, mungkin cara yang kedua ini lebih menarik : yakni membangun web/blog untuk berjualan sesuatu (selling something). Sesuatunya bisa bersifat intangible (produk digital yang bisa ditransfer melalui internet, semacam produk ebook atau software) atau benar-benar produk fisik seperti berjualan kaos provokatif, obat herbal, abon lele, atau berjualan obat kuat khusus lelaki.

Berjualan produk digital (seperti ebook) via internet memang sangat praktis; Anda tidak perlu gudang fisik untuk menyimpan stok. Semua file tersimpan di komputer; dan jika ada yang beli tinggal perintah mesin untuk mengirimkannya secara otomatis. Semuanya berjalan 24 jam sehari dengan otomatis tanpa Anda perlu sibuk mengirimkan barang via pos/Tiki.

Berjualan produk fisik/nyata melalui internet juga tetap mengasyikkan. Anda tidak perlu menyewa ruko yang mahal, dan tidak perlu nongkrong berjam-jam menunggui toko (ya kalau tokonya ramai, kalau toko sepi kan manyun sepanjang hari). Anda hanya butuh telpon atau email untuk menerima pesanan; toko Anda bisa terus buka 24 jam sehari; dan potensi pembeli bisa datang dari seluruh nusantara.

Memang berjualan produk fisik di online ini membutuhkan modal yang lumayan. Mungkin modal awal yang diperlukan sekitar Rp 10 – 30 juta, tergantung jenis produk yang akan dijual. Namun kalau berhasil, kita mungkin bisa mendapatkan omzet antara Rp 40 – 80 juta per bulan. Kalau margin profit-nya 20 %, kan lumayan juga income kita per bulan.

Cara yang terakhir adalah membangun web/blog untuk personal branding and promotion. Pilihan ini intinya adalah menggunakan web/blog untuk mempromosikan dan menjual jasa keahlian kita. Dan persis pilihan ketiga inilah yang saya lakukan dengan blog keren yang sekarang Anda baca ini.

Sebagai seorang yang bekerja sebagai konsultan/trainer, saya merasa blog ini sungguh sangat berjasa dalam menjaring klien-klien potensial. Tak sedikit klien yang mengundang saya sebagai konsultan/trainer lantaran mereka mengenal jasa saya melalui blog ini.

Pilihan ketiga ini saya kira juga bisa dilakukan oleh mereka yang memang memiliki jasa keahlian khusus, mulai dari jasa fotografi, perias pengantin, web desaigner, jasa renovasi rumah, hingga jasa sedot WC, jasa perpanjangan STNK, atau jasa reparasi AC.

Demikianlah, tiga pilihan atau peluang bisnis online yang barangkali bisa dijalankan. Masing-masing menawarkan karakteristik yang berbeda-beda; namun jika digarap dengan serius semuanya menjanjikan potensi income yang memadai.

Saya kira sudah saatnya kita meluangkan waktu online untuk mulai menjajaki ketiga pilihan bisnis diatas. Ini mungkin lebih baik darapada sekedar menghabiskan waktu berjam-jam untuk browsing video Luna Maya dan Cut Tari.

Note : Salah satu pilihan bisnis online yang mungkin bisa Anda pilih, bisa di-eksplorasi DISINI.

Photo credit by : exena design @ flickr.com