3 Ide Bisnis Bernilai Milyaran dalam Jagat Online Business

Kini mungkin telah menjadi klise untuk mengatakan bahwa masa depan bisnis online di tanah air menjanjikan pendaran rupiah yang melimpah ruah. Toh kenyataan-nya memang demikian. Baru saja Google memutuskan untuk secara resmi membuka kantor perwakilan di Indonesia, setelah riset internal mereka yang sangat mendalam menyimpulkan : dalam bisnis online, pasar Indonesia adalah “sesuatu banget”.

Tentu saja akan lebih mak nyus kalau saja kita juga punya kesempatan untuk berselancar dalam gelombang bisnis online itu. Kali ini, saya akan berbagi kepada Anda tiga ide bisnis online yang amat menjanjikan. Tiga ide bisnis ini sebenarnya “terlalu berharga” untuk dibagikan begitu saja, dan mestinya hanya layak dibincangkan dengan para investor serius. Tiga ide bisnis ini bernilai milyaran sebab menjanjikan potensi profit yang begitu nancep.

Tanpa basa-basi, mari kita bedah tiga ide bisnis online itu satu persatu.

Dibalik ingar bingar jagat bisnis online tanah air lima tahun belakangan, sebenarnya tak banyak muncul website bisnis baru yang benar-benar nendang. Detik.com dan semua pesaingnya ya isinya gitu-gitu saja (ndak banyak berubah sejak 15 tahun lalu!!). Tokobagus.com dan Berniaga.com, yang kini suka iklan di TV itu, yah ternyata cuma forum jual beli.

Ditengah lansekap bisnis online semacam itu, maka tiga ide bisnis online berikut ini amat layak untuk dipertimbangkan.

Ide Bisnis Online # 1 : PanduanKonsumenLengkap.Com. Ide ini sejatinya bersifat simpel (oh ya, dan ide simpel biasanya jauh lebih fenomenal. Kalau ndak percaya, lihatlah Google). Bayangkan, suatu saat Anda mau beli handphone baru, dan bingung mau milih merek dan tipe apa. Atau bayangkan Anda ingin tahu mana tarif operator telpon yang paling murah dan paling bagus. Atau bayangkan, Anda bingung menentukan sekolah dasar paling oke untuk anak Anda.

Oke, biasanya Anda akan googling, dan seperti biasanya, hasilnya terlalu beragam dan tersebar dimana-mana (dan sering isinya ndak memuaskan). Sampai hari ini, memang tidak ada satupun website yang dengan amat lengkap dan detil menyodorkan jawaban atas semua pilihan diatas dengan rapi, dan hanya dengan sekali – dua kali klik. Juga yang didesain dengan amat cantik.

Ide bisnis yang pertama ini memang membayangkan sesuatu yang indah : sebuah web yang dengan detil dan lengkap (serta dengan navigasi yang amat friendly) menampilkan komparasi, fitur, kekuatan dan kelemahan hampir semua kategori produk konsumen yang acap dicari : mulai dari produk gadget hingga asuransi, mulai dari produk kartu kredit hingga sepeda motor. Semua disertai dengan gambar, demo video (jadi Anda bisa tahu secara real bagaimana perbandingan fitur iPhone dan BB), serta link ke produk yang dituju.

Sekedar info : di Inggris, gagasan diatas sudah diwujudkan oleh dua anak muda. And you know what? Tiap bulan mereka mendapatkan profit 5 milyar rupiah per bulan dari pendapatan iklan.

Ide Bisnis Online # 2 : KursusManajemenOnline.com. Gagasan bisnis online ini jelas : bagaimana menyediakan kursus atau pelatihan-pelatihan manajemen (seperti leadership skills, problem solving skills, presentation skills, dll) secara online. Modul-modulnya di-komunikasi-kan via learning portal, dilengkapi dengan real time tutorial yang interaktif, serta video online proses pengajaran yang atraktif.

Sampai hari ini belum ada web online learning seperti itu. Pasarnya sangat prospektif, apalagi jika bisa membangun aliansi dengan perusahan-perusahaan yang kantornya jauh dari kota besar.

Biaya kursus online cukup Rp 250 ribu per bulan (jauh lebih murah dibanding ikut seminar yang kini biayanya Rp 1 juta per hari). Melihat potensinya, target jumlah peserta sebulan bisa mencapai 2000 orang. Dengan itu, Anda bisa mendapatkan pemasukan 500 juta per bulan dengan mulus. Berminat?

Ide Bisnis # 2 : InfoMobilLengkap.Com. Oke, oke saya tahu, di tanah air, web tentang mobil jumlahnya sudah ratusan. Problemnya : semua website yang ada itu isinya abal-abal, tidak lengkap, menyebalkan dan amatiran.

Web-web itu isinya produk-produk baru mobil mewah dengan gambar yang entah diambil dari mana. Namun bukan itu yang dicari oleh konsumen web di tanah air. Yang mereka cari misalnya : info dan panduan lengkap tentang beragam merk mobil baik baru ataupun bekas. Juga komparasi (kelebihan dan kekurangan) dari berbagai merk mobil yang ada; sehingga jika Anda mau beli mobil bekas yang masih keren, Anda bisa tau kenapa Honda Jazz keluaran 2008 masih lebih bagus dibanding Yaris keluaran tahun 2009.

Again, disini gagasannya simple (namun ajaib, sampai hari ini tidak ada satupun web yang menyediakannya) yakni : bagaimana semua informasi yang lengkap dan detil, semua info dari A dan Z (tentang harga mobil bekas yang setiap minggu di-update, tentang video test drive mobil baru dan juga mobil bekas; juga video tentang cara memasang ban cadangan – banyak pemilik mobil yang ndak tau cara masang ban cadangan) disajikan secara rapi dan mudah di-cari.

Kalau semua isi diatas disajikan dengan lengkap dan konsisten, dalam waktu tiga tahun web itu akan menjadi terdepan dalam informasi mobil di Indonesia. Dan saat itu, Anda bisa menjual website itu seharga Rp 60 milyar (jangan kaget, situs rumah123.com yang isinya begitu-begitu saja dijual dengan harga segitu).

Dengan uang 60 milyar, Anda bisa segera pensiun dan mengajak tetangga sekampung umroh gratis. Dan pulangnya mampir ke Hongkong. Ah, lagi-lagi Hong Kong…..:)

Itulah 3 ide bisnis online yang layak di-eksekusi. Dengan dukungan tim yang kompeten dan kapabel, saya yakin tiga ide bisnis itu bisa benar-benar mendatangkan profit yang mak nyus.

Jika Anda tertarik dan punya teman investor yang serius, silakan kontak saya via email pribadi. Dengan senang hati saya mau menjadi advisor untuk mewujudkan salah satu dari tiga ide bisnis online diatas. Dan oh ya, tentu saya minta alokasi saham. Jumlah ndak gede-gede amat, cukup 10% saja. I am not kidding, guys !!

Photo credit by : Jellis @flickr.com

Note : Blog bagus tentang sepakbola dan analisa bola dapat dilihat disini.

9 Ilmu Online yg Membuatmu Makin Tajir dan Kaya. Pelajari Sekarang.

Laydown

40 comments on “3 Ide Bisnis Bernilai Milyaran dalam Jagat Online Business
  1. ketika dunia maya, lebih spesifik dunia pergooglingan produk, makin crowded dengan situs ‘abal2′ yang hanya mampu menyeruak, namun isinya jauh dari harapan, maka situs yang otentik dan kredibel untuk memperbandingkan produk secara objektif dan komprehensif rasanya makin diperlukan. harus lebih dari situs review biasa.

    http://outletdinar.com/investasi-emas-bagi-pemula

  2. great idea pak Yodh,
    yg nomer 2 dan 3 bisa dimulai dengan tenaga kita sendiri.
    tapi kalo yg pertama sepertinya susah untuk dimulai sendiri ya pak, karena melibatkan database yang amat besar kandungannya.

    nice share

  3. Terima kasih Berbagi Idenya mas Yod, sudah saatnya salah satu ketiga ide dijalankan, karena pertumbuhan pengguna Internet di tanah air cukup signifikan, terbukti google saja memberanikan diri untuk mendekatkan layanannya di Indonesia, salam

  4. Luar biasa, mas yodhia, setuju banget,..
    melihat sukses google, facebook, qq, baidu (ym dan google buatan china, unwall.net ( facebook china) segera go internasional. Dapatkan saham pre IPOnya sebelum harga selangit seperti Facebook/google.

    unwallinvestment.com/?m=&id=invest

  5. Yang bikin salut, katanya sekarang lebih penting yg bisa eksekusi drpd ide itu sendiri. Tapi disini pak Yod (I.Allh) akan bisa membangun sebuah bisnis hanya dengan ide, yang eksekusi orang lain. Clap clap clap. Nice. Kalo gitu nambah ide ke-4, bikin blog strategi manajemen. Hahaha

  6. Subhanallah, ide2 yg sangat menarik..

    Kita berlomba2 dalam kebaikan sajalah kalo begitu.. Dalam menyediakan kemudahan & informasi yg berguna bagi pengunjung web.

    Oya, kalo tidak salah soal situs rumah123.com itu ada hubungannya dgn Mas Sandiaga Uno yg merupakan salah seorang konglomerat bersahaja Indonesia.

    Ya pantes aja dihargai semahal itu. Lihat aja prestasi bisnis beliau. Kita justru harus belajar banyak dari beliau yang rutin sholat Dhuha & puasa Daud. Beraat puasa Daud, sehari puasa sehari buka.

    Doakan ya semoga website & usaha kami bisa berguna untuk orang banyak juga seperti blog ini.

  7. mungkin yang perlu diperhatikan pak yodhia, bgm mana kita tetap bs memberi pelayanan yg aman dan terjamin krn bnyk sekali skg ini penipuan lwt bisnis online.

  8. Ide memang tidak harus yang bombastis. Tetapi dengan ide yang sederhana saja eksekusinya tidak sederhana. Sekadar jualan kopi atau donat saja bisa mendunia.
    Saya tidak menyangka potensi di dalam negeri saja ternyata sebesar itu. Mungkin ini sisi positif dari jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar.

  9. Terima kasih Mas Yod, ANda telah berbagai ide bisnis yang luar biasa tetapi realistis. Ide-ide kreatif seperti ini cepat atau lambat telah membangun komunitas bisnis kreatif bangsa kita…..Terima kasih mas

  10. Ide sudah diobral, Peluang di depan mata. tinggal keberanian kita untuk mengeksekusinya.
    Terima kasih pak Yodh

  11. Peluang yang mantap!!

    Memang bisnis online sangat mempunyai peluang yang besar jika kita dapat memanfaatkannnya.

    Hanya perlu diperhatikan bahwa tidak cukup dengan skill didepan internet saja yang harus kita kuasai akan tetapi bagaimana kita dapat menyajikan produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat seperti ide-ide dari bang Yodh!!

    SALUT!!

  12. SANGAT menarik pak ulasannya..

    selain yang nomor 2, itu semua sudah ada dalam kepala saya beberapa bulan terakhir. Lucu juga sebenernya, padahal banyak investor. Mudah-mudahan dalam satu tahun ini tidak ada yang memulai, karena saya baru berencana memulai setelah menyelesaikan projek tahun ini :D

  13. Ada salah satu produk herbal yang menurut saya bagus banget dalam menerapkan pelayanan aftersales kepada konsumennya, dimana setiap orang bisa bertanya secara langsung bahkan bisa telepon dengan para ahli propolisnya untuk mendapatkan solusi dari permasalahan mereka, produk herbal yang saya maksud adalah Propolis Diamond, ga ada di Indonesia produk sejenis seperti ini yang begitu memberikan pelayanan kepada konsumsennya dengan baik, dengan membuka hotline dan sms center untuk tanya jawab, kabarnya produk tsb sdh dijual di apotik KIMIA FARMA dan gratis dapat buku panduan pemakaiannya gratis lagi. I love this product, good product good service..Propolis Diamond. webmobilenya jg ada :www.m.propolisdiamond.com

  14. Model bisnis online seperti yang disebutkan di atas masih belum banyak di Indonesia. Mungkin beberapa tahun mendatang akan bejibun
    Terima kasih atas infonya, bisa menginspirasi bagi mereka2 yang ingin membuka sebuah bisnis baru di internet ini.

  15. Sharing menarik Mas Yodhie. Bisnis Online memang akan selalu menarik dan kompetitif. Harus disegerakan dimulai. Karena sudah terlalu mudah untuk membuat website, sayang kalo dilewatkan. :)

  16. Yup bagus sekali soal infopanduanlengkap konsumen, selama ini di dapat dari majalah untuk komparasi, ya itupun bukan kita yg memilih item apa yg mau di komparasi.

    Nah tinggal bagaimana caranya supaya bisa menguji, mencari kelebihan dan kelemahan dari tiap produk yang akan di tampilkan ya?

    apa vendor produk mau meminjamkan? soalnya kalo saya suka baca majalah misal pc-plus atau sejenisnya mereka benar” beli barangnya untuk di test untuk menjamin netral nya hasil pengujian.

    Regards,

    http://www.BajuBobok.com
    Online Shop Spesialis Baju Tidur

  17. Terimakasih..
    Salam kenal pak Yodia…. sebaga pendatang baru di dunia online business, satu hal yg menjadi pendorong kuat bagi kami yakni eksekusi alias take action. Setelah riset produk & market dilakukan, dan beberapa pendukung lain sudah siap…maka bismillah kami memulai. Mohon doa dan sarannya, agar kami mendapat tempat di hati para penggemar camilan sehat.

    Terimakasih

    Sukses selalu tuk pak Yodia

  18. Inti dari ide bisnis tsb adalah “bisnis riset” bagi orang yg membutuhkan dgn cepat tanpa harus bersusah payah meriset sendiri…

Comments are closed.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!