Mengapa Desain Blog Berubah? Demi Revolusi Smartphone

responsive-design reBlog Strategi + Manajemen ini resmi diluncurkan pada Juli 2007. Selama 7 tahun lebih itu, isi blog ini selalu di-update tiap Senin pagi dengan penuh dedikasi. Menghadirkan sajian renyah nan bergizi. Dengan gaya bahasa membumi dan sarat inspirasi. #halah

Selama 7 tahun itu pula, desain tampilan blog ini baru berubah selama tiga kali, termasuk edisi terbaru kali ini. Ya, desain blog strategi + manajemen telah mengalami face lift secara cukup radikal.

Tujuan perubahan desain kali murni karena fenomena “smartphone explosion”.

Maka di pagi yang cerah ini, kita tidak hanya akan mengulik tentang desain, namun juga tentang Revolusi Smartphone : dan bagaimana gadget smartphone telah mengubah cara kita mengkonsumsi informasi, dan menjalani hidup.

Dari segi estetika, saya memang cenderung menyukai desain web yang elegan minimalis. Lean and simple design, menurut hemat saya, membuat pembaca lebih mudah melakukan navigasi isi web – sebuah elemen penting dalam pelajaran tentang “user experience” – sering disingkat UX.

Font artikel dalam desain yang baru ini sedikit lebih besar dan modern – sehingga lebih nyaman untuk dibaca.

Dari sisi estetika, mudah-mudahan Anda juga menyukainya. Meski estetika memang soal selera. Btw, isi blog akan tetap sama dengan saat blog ini dimulai 7 tahun silam.

Membangun blog yang tangguh memang seperti marathon, bukan sprint. Dibutuhkan energi dan ketahanan nafas yang amat panjang.

Demi ikut mencerahkan wawasan pembaca. Demi ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Jiaah.

Oke, sekarang saya mau menjelaskan tujuan utama kenapa desain blog ini diubah. Simple : demi memenuhi tuntutan revolusi smartphone.

Terus terang, desain blog yang lama (yang serba merah maroon itu) sama sekali tidak kompatibel dengan screen smartphone. Istilah teknisnya : desain web tidak responsive terhadap ukuran layar smartphone yang rata-rata 4 inch sd 5.5 inch.

Jadi desain yang lama hanya enak dibaca via PC/Laptop. Namun kurang nyaman dibaca via tablet atau smartphone. Dan itu problem besar ditengah smartphone user explosion.

Kenapa problem? Karena dari data statistik blog ini, makin banyak pembaca yang mengakses dan membaca blog ini via smartphone (mobile gadget).

Ke depan tren pembaca dari layar smartphone juga akan makin besar. Prediksi sejumlah lembaga riset, dalam lima tahun ke depan, pembaca internet via smartphone akan melampaui pembaca via laptop/PC.

Maka jika web kantor atau perusahaan Anda tidak kompatibel, dan tidak responsive dengan layar smartphone, web Anda akan makin ditinggal audiens.

Coba cek saja web kantor Anda dari smartphone Anda sekarang. Masih jadul kan? Ndak enak dibaca kan? Segera kontak Departemen IT untuk ubah total desainnya supaya responsive.

Itulah kenapa desain blog Strategi + Manajemen saya ubah ke bentuk yang sekarang. Desain yang baru ini amat responsive dengan layar smartphone (apalagi kalau smartphone kamu merk iPhone 6, Xperia Z3 atau Samsung Galaxi S5). Atau setidaknya smartphone dengan layar 4 inch ke atas.

Dari layar smartphone, desain blog ini sungguh nyaman dibaca dan tampilannya sangat elegan (sorry, agak narsis). Jika ada waktu, coba Anda akses web ini dari layar smartphone Anda (asal dengan layar diatas 4 inch ya; bukan henpon jadul).

Anda bisa membaca blog ini dengan nyaman via smartphone. Dengan begitu, Anda bisa membaca blog ini sambil duduk leyeh-leyeh di kantor atau saat menunggu antrian di stasiun, jalanan atau mall.

Revolusi smartphone akan terus datang; mengubah cara orang membaca informasi online. Perubahan desain blog ini adalah demi menyongsong revolusi smartphone yang kian kencang itu.

Akhirnya, saya membayangkan Anda tengah membaca artikel ini dari screen smartphone Anda. Sambil duduk leyeh-leyeh di ruangan meeting atau teras kantor. Sambil menyeruput hangatnya secangkir cappucino atau teh hijau rasa lemon.

Selamat menikmati Blog Strategi + Manajemen.

Related Post

Kenapa Blog Strategi Manajemen Terpilih sebagai Blog Bisnis Terbaik No. 1 se-Indonesia Anda ingin perjalanan karir atau bisnismu terus tumbuh dengan cemerlang? Salah satu cara yang mungkin harus Anda lakukan : segera mulailah membangun s...
Consumer 3000 : Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia Perjalanan pertumbuhan ekonomi negeri ini tampaknya kian melaju sumringah (sekedar catatan, pertumbuhan ekonomi kita triwulan II tahun 2012 ini adalah...
Strategi Investasi yang Paling Ampuh untuk Meraih Financial Freedom Salah satu instrumen penting dalam perjalanan panjang nan terjal untuk meraih financial freedom adalah strategi investasi yang jitu. Beberapa waktu...
31 comments on “Mengapa Desain Blog Berubah? Demi Revolusi Smartphone
  1. sekilas terlihat simple dan enteng namun manfaatnya terasa bila memang kompatibel smartphone saat ini. dan yang lebih penting juga bagaimana bisa diakses dengan cepat karena dengan antusias akan ditinggal juga oleh masyarakat bila blog tersebut berat diakses.

  2. setuju pak, saya lihat web lifehack, bener2 nyaman bacanya. lebih segar. renyah sih kurang, karena in english hehehe. tapi pak, selain blog yang maknyus ini, adakah blog rekomendasi lain yang patut kita kunjungi rutin pak?

  3. Simple is beautiful. Begitu pula tampilan baru blog anda ini pak Yodya.

    Saya adalah salah satu pembaca setia blog anda, di desain blog terdahulu saya seringkali mengalami kesulitan membaca tulisan anda via smartphone karena mesti di-zoom dulu agar mata nyaman.

    Tapi hari ini semua berubah, sangat menyenangkan bisa membaca tulisan anda di smartphone saya, meski sempat bertanya-tanya sebab saat membuka blog anda pagi ini, saya mendapati belum ada update tulisan anda, rupanya ada surprise.

    Saya mendoakan pak Yodya selalu dianugerahi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa agar selalu bisa berbagi lewat tulisan-tulisan yang menarik di blog yang simpel, elegan dan menarik ini.

  4. Pak Yodhia, sejak Tahun 2008 Saya selalu mengikuti update blog ini, tetap renyah dinikmati, saya belum bs konsisten nge-blog.

    Jika berkenan saya ingin memberikan buku judulnya “The Charge” karya Brendon Burchard, Jika Anda belum punya and bersedia menerimanya.

    Silahkan email alamat Anda…

    Makasih.

  5. Iklan ini penting bro….sebab itu yang “menghidupi” blog ini…..buat cari sesuap nasi…. – dan sebongkah berlian bang yodh.
    Tapi usul saya jangan kebanyakan iklan. Apalagi yang kerlap-kerlip. Sangat mengganggu kenyamanan membaca

  6. Benar banget mas yodhia…syukurlah sekarang blognya udah di jalan yang benar…hehehhe.

    Gak terasa ya….sejak 2010 selalu pantau blognya mas…selalu up to date…keep sharing mas…tq for all..

  7. Selamat Pak Yodhya..sy langganan dari sekitar 2/3 tahun yg lalu…selalu update…

    Semoga nafas panjang marathonnya semakin panjang pak 🙂

    Salam/
    Sambil minum teh hangat
    Publish & Web Dept
    Puri Setiabudhi Hotel Bandung
    wwww.purisetiabudhi.com

  8. Masih banyak bug nih mas themes nya.. coba beli yang premium di theme forest 😀 lebih elegant, gurih2 nyoy.. *preet ya gini juga bagus sih.. yang terpenting artikelnya tetap berkualitas pasti bakal tambah rame blognya.. 🙂

    Kalau butuh Jasa Desain & SEO pm ane ya mas 😀

  9. Sebuah blog yg menginspirasi saya untuk segera mulai menatapaki jalan mas yodhia tp msh bingung untuk mengawalinya darimana mas
    Salutes to your all articles

Comments are closed.