5 Kesalahan Finansial Personal yang Wajib Dihindari agar Tak Makin Miskin

Keputusan dan perilaku finansial yang Anda lakukan tak pelak merupakan elemen kunci dalam keseluruhan sejarah hidupmu. Bahkan financial decision boleh jadi merupakan variabel paling krusial dalam menata masa depan hidup.

Sayangnya, begitu banyak orang yang melakukan sejumlah kesalahan finansial yang fatal akibatnya. Apa saja kesalahan finansial itu? Dan bagaimana solusi mengatasinya agar Anda tak menjadi qismin alias makin miskin?

Mari coba kita ulas dalam sajian yang renyah ini.

Sejatinya ada banyak kesalahan finansial yang bisa dibentangkan dalam narasi kehidupan seseorang. Namun disini kita mau mengulas 5 jenis kesalahan yang paling krusial.

Apa saja lima kesalahan finansial ini? Mari kita bedah satu demi satu dengan tuntas.

Kesalahan Finansial #1 : Menunggak Tagihan Kartu Kredit atau Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini kesalahan yang kelam akibatnya. Anda bisa terjebak dalam beban bunga hutang yang selangit. Hutangnya 5 juta, namun lantaran nunggak dan terkena beban bunga berbunga, utangnya bisa melonjak menjadi 15 juta.

Bunga kartu kredit dan KTA mungkin adalah sejenis rentenir modern di era digital.

Didalamnya termasuk juga sejumlah layanan pinjaman Fintech yang kadang bunganya bisa 1% per hari atau 365% dalam setahun. Crazy. Kalau utang 10 juta jadi bayarnya 36,5 juta jika masa pengembalian selama 12 bulan.

Hutang kartu kredit atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) dengan bunga yang segunung mungkin telah banyak memakan korban. Sebab iklan SMS dan telemarketing mereka sangatlah gencar. Anda sering menerimanya bukan?

Kenapa banyak orang sampai terjebak di sistem rentenir modern ini?

Mungkin karena sejumlah orang terlalu mudah ngutang.

Dan ini dia : memang sistem Kartu Kredit dan KTA sengaja dibuat untuk membuat hutang jadi so simple. Mau hutang anti ribet? Kami ahlinya.

Banyak orang kemudian tidak mikir bagaimana nanti kekuatan keuangan untuk membayarnya kembali. Akhirnya mereka terjebak hutang yang menggunung. Lalu dikejar-kejar debt collectors. Lalu semua teman dan saudaranya juga ditelpon debt collectors.

Modyar kon.

Kesalahan Finansial #2 : Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat artinya cadangan dana jika sewaktu-waktu ada something bad happen. Misal mendadak Anda kena PHK. Kalau pesangon kecil, dan tak ada dana darurat, maka Anda bisa terkaing-kaing dan nangis bombay.

Besaran dana darurat yang disarankan biasanya senilai 6 kali pengeluaran bulanan Anda. Kalau bisa 12 kali pengeluaran bulanan akan lebih baik. Minimal bisalah 3 kali pengeluaran bulanan.

Dana darurat ini Anda simpan dalam rekening khusus, yang memang disiapkan untuk mengantisipasi kejadian buruk yang mungkin datang mendadak.

Jadi berapa saat ini dana darurat yang sudah Anda miliki? Coba renungkan dan hitung kembali.

Kesalahan Finansial #3 : Tidak Melakukan Investasi untuk Masa Depan

Ini jenis kesalahan yang cukup lazim terjadi di kalangan generasi milenial. Padahal ada sebuah pepatah yang menyebut : makin muda Anda memulai investasi, maka makin baik masa depan Anda.

If you fail to plan, you plan to fail. Paham ya maknanya.

Merencanakan masa depan yang baik salah satunya ya dengan cara investasi. Pilihan investasi yang paling terjangkau misal dengan membeli saham di bursa efek, atau bisa juga dengan melakukan pembelian reksadana.

Investasi saham saat ini hanya membutuhkan modal awal Rp 1 juta. Saham punya potensi bagus dalam pengembalian imbalan atau capital gain. Misal saham Unilever naik hingga 150 kali dalam 20 tahun terakhir.

Sementara investasi reksadana malah lebih terjangkau. Cukup dengan modal awal Rp 200 ribu Anda sudah bisa membelinya. Cukup Anda datang ke CS Bank BCA atau Bank Mandiri, dan kemudian bilang mbak saya mau membeli reksadana. Nanti mereka menerangkan dengan cukup detil.

Idealnya, Anda gunakan fasilitas autodebet untuk melakukan investasi reksadana. Jadi secara otomatis uang Anda diinvestasikan secara bulanan. Misal sebesar Rp 200 ribu saja per bulan.

Autodebet ini fitur yang amat efektif untuk membunuh kemalasan kita dalam melakukan investasi secara disiplin dan konsisten tiap bulan.

Investasi lain yang juga penting mungkin ini : investasi untuk memintarkan otak Anda.

Janganlah sungkan alokasikan dana untuk membeli buku berkualitas, atau ikut kursus online, atau workshop offline. Jangan pelit keluarkan uang untuk membuat otakmu makin cerdas.

Sebaliknya : jangan semua penghasilan atau gaji habis hanya untuk beli barang atau gadget mahal yang cuma buat gengsi. Padahal semua benda ini mungkin tak ada impaknya bagi peningkatan skills dan income.

Gaya hidup mahal padahal gaji pas-pasan bisa membuat masa depanmu berada dalam kenestapaan yang perih dan penuh duka.

Kesalahan #4 : Utang ke teman atrau sodara namun enggan mengembalikannya

Ini kesalahan katrok yang kadang terjadi. Utang ke teman atau sodara, lalu pura-pura lupa untuk membayarnya.

Lupa gundulmu alus Le.

Menjalani hidup yang barokah itu barangkali adalah prinsip kunci yang kudu dipegang.

Ngemplang utang kepada sahabat atau kerabat niscaya akan bikin hidup kita kurang barokah.

Orang yang ngemplang utang biasanya justru makin dijauhkan dari jalan rezeki yang mulia. Pintu rezekinya akan makin mampet kayak lubang got yang tak pernah dibersihkan.

Kesalahan Finansial #5 : Terjebak dalam Pekerjaan dengan Gaji Alakadarnya

Yah nasib deh.

Tapi kesalahan finansial no 5 ini pada akhirnya yang membuat kesalahan 1 sd 4 terjadi.

Kenapa? Ya karena memang gajinya sudah keburu habis. Tak ada lagi yang tersisa untuk bayar hutang ke teman, siapkan dana darurat dan apalagi buat investasi.

Solusi untuk mengatasi tantangan no 5 ini adalah : start making side income. Mulailah mencari income sampingan. Perbanyak sumber pemasukan. Tak hanya bergantung hanya dari satu sumber gaji.

Ada banyak sekali pilihan untuk mencari side-income.

Misal : menjadi dropshipper secara online. Cari grosir besar di Tokopedia yang menyediakan layanan dropship. Dropship intinya Anda menjadi reseller tanpa perlu modal kulakan. Zero cost.

Atau mulai bangun blog, dan lalu bisa dipasang iklan Adsense Google.

Atau mulai menjual jasa keahlian Anda secara online.

Mahir menjalankan Excel? Kenapa tidak bikin kursus online cara mengoperasikan Excel.

Lumayan bisa bahasa Inggris? Kenapa tidak buka jasa terjemahan.

Bisa bikin SOP? Kenapa tidak jual jasa pembuatan SOP?

Bisa ngisi training? Kenapa tidak mulai bikin web jualan jasa training di akhir pekan?

Poinnya adalah : begitu banyak peluang untuk mencari income sampingan yang bisa menambah penghasilan Anda selain dari gaji.

Kuncinya adalah : just do it, dan lakukan dengan konsisten. Kalau cuma dibayang-bayangkan, yah keburu makin tua dong.

DEMIKIANLAH lima kesalahan finansial yang layak dikenang dan dihindari.

Avoid destructive “rentenir” debt
Invest more
Invest on good financial products
Invest more on your brain
Start making side-income
Earn more
Consume less
Be richer slowly

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Related Post

Solusi Mujarab untuk Menghilangkan 3 Mentalitas Miskin yang Merusak Minggu lalu, kita sudah mengulik tiga jenis mentalitas miskin yang sangat destruktif, dan bisa membuat hidup kita terus berkubang dalam kenestapaan ya...
Jika Anda Suka Hidup Susah dan Miskin, Tulisan ini Tidak Perlu Anda Baca Tulisan saya minggu lalu yang berjudul : “Kenapa Saat Berusia 55 Tahun, Anda Harus Punya Tabungan Minimal 3 Milyar”, banyak di-share oleh pembaca dan ...
Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !! “Kalau Sampai Usia 35 tahun Kamu Masih Miskin, Salahkan Dirimu Sendiri !! ” Demikianlah sebuah kalimat lugas dan makjleb, yang pernah disampaikan Jack...
17 comments on “5 Kesalahan Finansial Personal yang Wajib Dihindari agar Tak Makin Miskin
  1. Masa depan itu memang perlu direncanakan. Karena gagal merencanakan, berarti merencanakan gagal (“,)

    Salah satunya dengan berinvestasi. Investasi sekecil apa pun nilainya, masih jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

    Toh sekarang sudah banyak instrumen investasi yg tersedia.

    Terima kasih sharingnya…

  2. Selalu menggelitik, mencerahkan, dan MENGUSIK jiwa jadi gelisah…..

    Mengambil petikan kalimat anak jaman now yang tertempel di kaos hitamnya “….. life must go on”.

    Kita mempersiapkan diri atau tidak, hidup akan terus berjalan.

    Jika kita mempersiapkan diri menghadapi kehidupan ini dengan persiapan yang baik, maka hidup pun kemungkinan besar akan berjalan LEMPENG, bak jalan tol yang membelah pulau Jawa.

    Sebaliknya, jika persiapan kita apa adanya “…. ntar kata nanti deh”
    maka perjalanan pun akan ntar kata nanti….
    pas ngadepin JEGLONGAN, ya hadapi saja 🙂

    Mumpung masih dianugerhi kesehatan fisik dan mental, gunakan dengan optimal.
    agar yang miskin tak makin miskin, yang kaya jadi miskin, atau yang kaya raya jadi kaya saja 🙂

    Dan jangan sampai 5 kesalahan finansial ini diulang lagi, lagi dan lagi.

    dan mudah-mudahan hidup penuh keberkahan….

    | https://manajemenkeuangan.net/ | Accounting Tools+SOP |

  3. Benar sekali, kita sering melupakan persiapan akan hari esok.

    Saat kita bekerja di perusahaan dengan gaji yang lebih dari cukup, bahkan berlebih, kita cenderung memiliki gaya hidup yang berlebih juga, tidak pernah menyisihkan dana dengan benar (untuk berinvestasi atau sekedar menyisihkan dalam prosentase yang benar), karena toh bulan depan ada gaji yang lebih dari cukup.

    Kesulitan baru terasa, saat kita harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar, sementara tabungan tidak seberapa, akibatnya mulai terlilit dalam hutang, meski itu keperusahaan.

    Alternatif terbaik bagi yang punya dana lebih adalah berinvestasi, dan mencoba mencari side income, seperti apa yang disampaikan artikel ini.

    Thanks

  4. Terimakasih sudah mengingatkan. Hal yang memang sedang saya rintis terutama untuk mendapatkan side income. Saya setuju ini harus dimulai dari sekarang..

  5. Mencerahkan bangets..

    Jangan menunda – nunda, expand income, jaga kesehatan, asah pikiran, investasi masa depan , bersyukur dan sodakoh.

    Semoga kita sukses semua. Amiin

  6. cemerlang min cetar membahana, makasih banyak min..lebih banyak bersyukur dan lebih memawas diri untuk lebih giat belajar.

    Kurangi gengsi perbanyak syukur dan roda roda( kerja keras)

  7. Tetap semangat Menyambut Asian Game Dan Dukung terus Momentnya…
    Ingin Membeli Souvenir Asian games Resmi…
    Fast Response Hub: 089690029812

  8. Nomer dua penting namun banyak tak dihiraukan. Kebanyakan orang hanya membelanjakan anggarannya sesuai kebutuhan, kemudian menyisihkan sebagiannya untuk ditabung. Padahal, tabungan dan dana darurat adalah sesuatu yang beda.

  9. Nomor satu itu fenomena dimana mana mas. Sekarang parahnya uang hutang sudah serasa yang sendiri.

    Hutang yang tidak berbunga saja perli dihindari, apalagi yang ada bunga nya. bikin hidup gak tenang, pemasukan gak lancar, rejeki gak barokah dll

    Salam
    https://umrahjogja.com

Comments are closed.

Pilih Kaya atau Misqien?

Dapatkan Buku yg Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Financial Freedom yg Barokah. GRATIS!