Apa Goal Anda di Tahun 2020 dan Bagaimana Caranya agar Goal Tersebut Jadi Kenyataan?

Minggu depan kita sudah akan memasuki tahun baru, tahun 2020.

Lalu apa saja goal Anda di tahun 2020, baik goal dalam aspek bisnis, karir, hingga goal pengembangan diri Anda?

Dan yang tidak kalah penting adalah : bagaimana cara agar goal 2020 Anda yang indah itu bisa benar-benar terwujud menjadi nyata, dan bukan hanya menjelma menjadi fatamorgana.

Mari kita ulas dalam sajian terakhir di tahun 2019 ini.

Studi saintifik dalam topik tentang personal goal achievement sejatinya sudah banyak dilakukan. Berikut tiga cara praktis – based on science — yang layak dilakoni agar goal Anda di tahun 2020 bisa menjelma menjadi realitas.

Goal Achievement Tips #1 : Uraikan Goal Anda dalam Format Perilaku yang Spesifik — Bukan Goal yang Abstrak dan Heroik

Kesalahan sejumlah orang dalam merumuskan personal goal tahunan adalah mereka menyebutkannya dalam format yang terlalu abstrak dan tidak konkrit.

Demikianlah misal ada orang yang punya goal, dirinya ingin lebih sukses di tahun 2020, atau ingin lebih langsing di tahun depan, atau ingin membaca buku lebih banyak serta makin giat berolahraga.

Penulisan goal seperti di atas merupakan angan-angan yang terlalu abstrak dan useless alias tidak ada gunanya.

Lalu kemudian ada yang menyarankan agar tujuan itu dibuat secara lebih spesifik. Misal sebaiknya ditulis seperti ini : goal saya, tahun depan income minimal bisa naik 30%. Atau tahun depan ingin membaca buku minimal 30 judul.

Namun ternyata penyebutan goal secara terukur dan spesifik seperti saran di atas tetaplah tidak cukup, dan tidak efektif. Kenapa? Sebab penyebutan goal dengan target yang cukup terukur tersebut (misal income naik 30%, atau baca 30 judul buku), ternyata tidak efektif mendorong perubahan perilaku.

Dan kita tahu, saat dorongan perubahan perilaku tidak terjadi, maka goal yang indah itu (income naik minimal 30%!!) tetap akan menjadi fatamorgana dan lamunan belaka. Inilah fenomena yang kerap menjebak sejumlah orang. Punya goal yang heroik, namun gagal melakukan perubahan perilaku demi perwujudan goal tersebut.

Lalu apa solusinya? Studi menuliskan alih-alih menuliskan target goal yang heroik namun tidak mendorong perubahan perilaku; maka Anda lebih baik menuliskan goal personal Anda dalam format “small behavior goals” yang spesifik.

Contoh “small behavior goals” yang spesifik misalnya : mulai tahun depan, saya akan membaca minimal 1 halaman buku saja tiap malam selepas shalat Isya.

Atau : mulai tahun depan, saya akan belajar dan praktek ilmu FB Ads selama 10 menit saja tiap malam mulai jam 8.

Atau : mulai tahun depan, saya akan berjalan kaki selama 3 menit saja, tiap pagi sebelum mandi dan sarapan.

Kalau Anda perhatikan, sampel small behavior goals di atas bersifat konkrit, fokus pada small action yang mudah dilakukan, dan meng-inspirasi perubahan perilaku secara nyata.

Yang amazing, studi menunjukkan jika Anda fokus pada “small behavior changes” semacam itu, maka pelan-pelan goal heroik Anda akan terwujud dengan sendirinya.

Penelitinya menulis : Forget your dream, Forget your heroic goals. Just focus on your small behavior actions.

Goal Achievement Tips #2 : Jadikan Small Behavior Goals sebagai DAILY HABIT

Dari puluhan hasil riset yang saya baca tentang human behavior change, maka ada satu fenomena yang layak Anda stabilo tebal-tebal. Yakni : ternyata cara paling powerful untuk wujudkan impian hidup Anda itu adalah saat Anda bisa menjalani “small behavior goals” yang sudah diuraikan dia atas itu menjadi daily habit.

Dengan kata lain, kita akan lebih sukses wujudkan impian, saat small behavior actions yang bersifat konkrit dan spesifik seperti sampel dalam tips 1 di atas, berhasil kita jalankan secara berulang, repetitif, sebagai daily habit.

Inilah kuncinya : jadikan small behavior actions itu sebagai habit.

Ada sebuah ungkapan tentang habit yang layak dikenang, yakni : masa depan Anda itu amat mudah ditebak. Caranya adalah hanya dengan melihat kebiasaan sehari-hari yang Anda jalankan selama ini.

Dari daily habit yang Anda jalani, maka akan mudah diprediksi jalan masa depanmu.

Your habits will define your destiny.

Maka langkahnya adalah rumuskan goal Anda di tahun 2020 dalam format perilaku yang spefisik. Jabarkan goal Anda yang heroik dalam format small behavior actions yang konkrit dan mudah dilakukan. Sekali lagi, sampelnya sudah diuraikan dalam tips 1 di atas.

Lalu jadikan small behavior actions tersebut sebagai habit.

Sebab saat Anda sukses menjalankan small behavior action sebagai your new habit, maka impan hidup Anda akan lebih mudah diwujudkan.

Saya punya pengalaman personal dengan tips kedua ini. Dari dulu saya punya impian heroik ingin bisa menulis 5 buku bisnis setiap tahun. Tiap awal tahun, goal itu selalu saya pasang. Dan bertahun-tahun tetap jadi angan-angan.

Sampai akhirnya, mulai awal tahun 2019, saya mengubah goal terukur yang heorik itu menjadi small behavior goals yang spesifik, dan kemudian menjadikannya sebagai daily habit.

Isi small behavior goal yang saya rumuskan isinya simpel saja yakni : saya harus bisa menulis cukup 3 halaman saja, tiap pagi mulai jam 7 sampai jam 9.

Demikianlah, small behavior goal itu kemudian saya jadikan DAILY HABIT.

Pelan-pelan small actions yang saya lakukan secara berulang ini menjelma menjadi snowball effects. Maksudnya saya menemukan “law of momentum” dan makin lama saya bisa menulis makin panjang, hingga 8 halaman tiap paginya.

Alhamdulillah, di tahun 2019, akhirnya saya berhasil menulis 6 buku bisnis sekaligus, sebuah pencapaian yang jujur membuat saya sendiri agak terkejut. Inilah mungkin efek dari “small behavior goals” yang dijadikan daily habit.

Insya Allah, saya akan me-launch 6 judul buku bisnis tersebut di sepanjang tahun 2020. Nantikan isinya yang amazing, renyah dan super inspiratif.

Goal Achievement Tips #3 : Temukan Sense of Progress

Salah satu temuan penting dalam ilmu human motivation adalah ini : ternyata motivator terbaik diri kita itu adalah saat kita bisa merasakan sense of progress dari apa yang kita jalankan. Kita akan makin semangat melakukan sesuatu, jika kita bisa menemukan sense of progress dan sense of accomplishment dalam proses menjalaninya.

Nah salah satu trik untuk bisa merasakan sense of progress ini adalah dengan merumuskan small behavior actions yang spesifik dan mudah dijalankan (persis seperti yang telah diuraikan dalam tips 1).

Start small. Take tiny actions. Misal mulai membaca buku minimal 1 halaman saja. Atau mulai jalan kaki tiap pagi cukup 3 menit saja. Atau mulai menulis cukup 3 halaman saja tiap pagi.

Dengan small behavior goals seperti diatas, maka kemungkinan besar kita akan bisa melakukannya, karena memang targetnya mudah dan kecil skalanya. Dan persis saat kita bisa menjangkaunya, kita akan bisa merasakan sense of progress.

Itulah the magic of small behavior goals. Kita terdorong melakukannya karena merasa mudah menjangkaunya. Dan saat kita benar-benar bisa melakukannya, kita merasakan sense of progress. Kita kemudian menjadi makin termotivasi untuk terus melakukannya secara rutin, dan dalam skala yang lebih besar.

Perlahan, kita kemudian akan bisa mengalami : snowball effect atau law of momentum. Langkah yang terasa kecil itu, pelan-pelan akan makin membesar, dan membuat perubahan dramatis dalam jalan hidupmu.

DEMIKIANLAH, tiga cara praktis yang berbasis pada “science of human behavior”, yang bisa membantu Anda wujudkan segenap goals Anda di tahun 2020.

Selamat Menjemput tahun 2020.
Start small action. Make it habit. Improve your life.

Photo credit by : Healing

Related Post

Anda Ingin Berubah Menjadi Pribadi yang Lebih Sukses? Read This Amazing Idea. Apakah Anda ingin melakukan proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik? Melakukan perubahan perilaku (behavior change) agar Anda tumbuh menjadi...
Opportunity Cost : Kesalahan Terselubung yang Bisa Menghancurkan Sejarah Hidup Anda Opportunity cost mungkin secara sederhana bisa dipahami seperti ini : kerugian fatal yang terjadi gara-gara kita tidak melakukan sesuatu. Atau juga s...
Bagaimana Cara Meraih Sukses Masa Depan dengan Kekuatan Good Habits dan Life Skills? Minggu ini saya resmi me-launch 3 buku amazing yang akan bisa mengubah arah masa depan Anda secara signifikan. Jika dikombinasikan, maka tema utama...
15 comments on “Apa Goal Anda di Tahun 2020 dan Bagaimana Caranya agar Goal Tersebut Jadi Kenyataan?
  1. Siap Pak Yodhia.

    3 panduan yang super WOW!

    Terus bergerak menjemput kebaikan-kebaikan.

    Mugo-mugo urip tambah ketoto, tambah berkah, ora kemrusung maneh.

    Salam sukses penuh keberkahan dan kedamaian.

  2. Mantapp, benar poin kedua sangat penting. Apapun target yang kan kita capai, lebih baik diawali dengan step by step dahulu dan konsisten.

    Saya juga merasakan dampak yang sangat super positif melalui small behavior goals sebagai daily habit.

    Dulu mengawali olahraga lari hanya 200 meter setiap paginya, waktu demi waktu sekarang tiap olahraga lari bisa 5-6 K. Setiap harinya.

    Kalau weekend bisa longrun hingga 18KM.

    Bravooo.

    Penasaran sekali dengan bukunya, ditunggu pokoknya

  3. Goal yg deskripsi sejak 2018, baru sekian persen yg terwujud..
    Bismillah, semoga 2020 tetap ada kemajuan dan progres yg positif

    Selamat Tahun Baru 2020 untuk semua nya.. Sukses dan Sehat Selalu

  4. Saya ingin sesukses abang dengan blog saya tentang bisnis karena menjadi pegawai saja tidak cukup

    saya akan coba tips dari abang..semoga bermanfaat oh ya bang silahkan dilirik blog abal2 saya.. minta saran dan masukan

  5. Dan jangan lupa dengan kekuatan doa yang kita lantunkan secara konsisten, baik doa dari diri sendiri maupun dari orang-orang terdekat kita. Kita meminta kepada sang pembolak-balik hati agar hati kita tetap fokus pada tujuan kita.

  6. Merumuskan goal yang spesifik cukup sulit memang, apalagi kalau didetail lagi ke rencana langkah konkret untuk mencapainya. Itu yang saya alami sekarang, merumuskan tujuan tapi masih abstrak

  7. sudah saya praktekan 2 hari setelah membaca artikel ini

    benar benar happy dan pesat kemajuan yang saya dapatkan pak.

    saya tidak sabar melihat diri saya dalam beberapa tahun kedepan akibat small behaviour goals yang sukses menjadi daily habits

    terima kasih banyak pak ilmunya. barakallah

Comments are closed.