Lima Perempuan Perkasa dalam Jagat Bisnis Global

Partisipasi aktif kaum perempuan dalam dinamika kehidupan modern tampaknya kian mekar. Di tanah air sendiri, kita punya prestasi yang bagus dalam hal ini. Kita pernah punya presiden perempuan, dan kini kita memiliki sejumlah perempuan brilian yang menduduki sejumlah posisi strategis di kabinet. Dalam konteks kehidupan bisnis, kita juga mempunyai sejumlah tokoh perempuan legendaris semisal Mooryati Sudibyo, Martha Tilaar, dan Rini Suwandi.

Berikut ini kita akan mencoba mengeksplorasi 5 perempuan brilian dalam jagat bisnis global. Lima perempuan yang dengan perannya masing-masing, telah memberikan kontribusi mengagumkan dalam dinamika peradaban bisnis modern. Lima perempuan yang mungkin dalam banyak aspek telah ikut mewarnai dan mempengaruhi jejak kehidupan kita.

Perempuan pertama yang ingin kita bincangkan disini adalah Marissa Meyer, yang menjabat sebagai VP User Experience Google. Marissa yang masih berusia 33 tahun ini merupakan salah satu figur penting dibalik tampilan desain, navigasi, warna serta corak situs Google.

Kalaulah sekarang Anda jatuh cinta dengan desain Google yang simple dan elegan itu, maka berilah salam terima kasih pada perempuan belia nan brilian ini. Marissa juga merupakan sosok paling menentukan dalam memutuskan produk baru apa saja yang mesti diluncurkan oleh Google. Saat ini, Google telah menjadi tempat berlabuh bagi ratusan juta netters di segenap penjuru dunia. Dan sentuhan tangan dingin dari Marissa tak pelak telah ikut mewarnai jejak kehidupan begitu banyak orang di muka bumi ini.

Update : Sejak tahun 2012, Marissa Mayer resign dari Google. Alasannya? Dibajak untuk menjadi CEO Yahoo.

Perempuan brilian kedua adalah Sheryl Sandberg.

Kalaulah sekarang Anda makin kecanduan dengan FB, maka perempuan melankolis ini punya peran besar disitu. Ia sekarang merupakan Chief Operating Officer, atau orang nomer dua di Facebook setelah sang pendiri Mark Zuckerberg. Sebelumnya, Sheryl sendiri lama berkiprah di Google. Bersama-sama dengan Marissa Meyer, mereka berdua sering disebut-sebut sebagai Duo Ratu Sillicon Valley yang memiliki peran amat fundamental bagi meroketnya dominasi Google dalam jagat online global. Kehebatannya telah membuat sang pendiri Facebook terpesona, dan kemudian mumbujuknya untuk keluar dari Google, serta bergabung untuk membesarkan Facebook agar kian berkibar. Apakah dia akan berhasil? Well, sejarah yang akan membuktikannya.

Siapa perempuan yang paling ditakuti oleh Coca Cola? Mungkin jawabannya adalah perempuan ketiga ini : Indra Nooyi. Perempuan kelahiran India yang berwajah mungil ini memang merupakan orang nomer satu di Pepsi International, rival berat Coke. Dalam skala global, kini kinerja Pepsi jauh meninggalkan Coca Cola lantaran satu faktor fundamental : Pepsi memiliki varian healthy products yang jauh lebih beragam dibanding Coca Cola. Faktor ini amat membantu kinerja bisnis Pepsi ketika kini makin banyak orang yang ogah minum junk drink macam Coca Cola, dan lebih peduli dengan produk minuman dan makanan ringan yang bergizi (semacam Gatorade dan Oatmeal – kedua-duanya dimiliki oleh Pepsi). Sebelum menduduki posisi CEO Pepsi, Indra menduduki posisi dalam area strategic planning – dan dirinya dianggap sebagai salah satu figur penting dalam merumuskan serangkaian pilihan strategi nan jitu bagi kesuksesan Pepsi.

Perempuan tangguh berikutnya yang ingin kita sebut disini adalah Anne M. Mulcahy. Banyak orang skeptis ketika pada tahun 2001 silam, Anne ditunjuk sebagai orang nomer satu perusahaan raksasa Xerox. Saat itu Xerox di ambang kehancuran lantaran kian kalah bersaing dengan para rivalnya (seperti Canon dan HP), dan tak banyak orang yang percaya Anne mempu menyelematkannya dari tirai kematian. Toh, ternyata dia mampu menepis keraguan itu. Kini Xerox kembali melaju pada jalur yang benar, dan kian bagus kinerja bisnisnya. Tahun depan Anne akan pensiun dan ia sudah menyiapkan penggantinya untuk menjadi CEO Xerox. Calon penerusnya ini ternyata juga seorang perempuan. Bravo Xerox Girls.

Perempuan brilian terakhir yang ingin kita bincangkan disini adalah sosok wanita dingin bernama Ho Ching. Kalaulah Anda sekarang menggunakan kartu Simpati Telkomsel atau Mentari Indosat, maka itu berarti Anda ikut menumbuhkan pundi-pundi kekayaan Ho Ching. Sebab perempuan low profile ini merupakan orang nomer satu yang mengomandani kerajaan Temasek, sebuah imperium bisnis dengan jelujur bisnis yang merentang dari Jakarta hingga Mumbai, dari Singapore hingga New York. Dengan dana kelolaan hingga mencapai Rp 1500 trilyun rupiah, Ho Ching memang memikili kekuatan penuh untuk menggenggam pusat-pusat bisnis dunia (terakhir, Temasek mencaplok perusahaan finansial raksasa dari Amerika, Merrill Lynch yang tengah terhuyung-huyung).

Itulah sosok lima perempuan yang mungkin telah ikut mewarnai dinamika peradaban bisnis. Tanpa terasa, rangkaian produk yang dihasilkan perusahaan tempat mereka berlima berkiprah telah banyak mengisi jejak kehidupan kita. Tiap pagi kita mungkin menggunakan ponsel dengan kartu Simpati, lalu berselancar dengan Google, sambil mereguk segelas Pepsi. Sejenak kemudian kita singgah di Facebook, dan kemudian meminta office boy mengcopy kertas dokumen di mesin Xerox.

Marissa, Sheryl, Indra, Anne, dan Ho, memang bukan perempuan biasa. Mereka adalah lima perempuan perkasa dalam jagat bisnis global.

Note : Jika Anda ingin mendapatkan file powerpoint presentation mengenai management skills, strategy, marketing dan HR management, silakan datang KESINI.

Photo credit by AlicePopKorn under commons creative license.
24 comments on “Lima Perempuan Perkasa dalam Jagat Bisnis Global
  1. Saya pendeta di GKI di bandar Lampung. Saya suka dengan materi bapak. Memberi saya pengetahuan baru. Saya mulai menggemari materi manajemen yang ternyata memberi banyak pertolongan kala mengatur organisasi gereja dan ratusan orang dengan segala kebutuhan dan perencaan yang memberdayakan. Terima kasih pak yoda. Tuhan berkati bapak dengan segala hikmat-Nya. Tentang materi ini, saya suka karena sangat yang inspiratif. Kita perlu mempromosikan keunggulan para perempuan yang sukses ini untuk memotivasi tidak hanya kaum perempuan,tetapi juga kaum laki-laki. Karena selama ini pemberdayaan perempuan serba minim, karena paradigma yang tidak produktif bahwa perempuan itu hanya hidup untuk urusan rumah tangga saja. mereka juga dapat mengubah dunia.

  2. salut……
    meskipun saya pria tapi sangat menghargai kiprah para srikandi-srikandi tersebut
    semoga srikandi indonesia juga dapat go international baik membawa perusahaan dari indonesia untuk maju maupun menduduki jabatan-jabatan strategis pada perusahaan yang telah menglobal

  3. luar biasa, sepertinya mereka memilii kemampuan yang luar biasa, kalo bisa saran bagusnya juga para wanita ini di berikan ke kami cara2 atau tips2 mereka dalam emgelola perusaaahn yang merupakan elemen kunci dalam memimpin perusahaan yang mereka jalankan.

  4. @ Riri, kan Carly Fiorina sudah dipecat sebagai CEO HP sekitar 18 bulan silam, lantaran dianggap gagal memadukan kinerja bisnis HP pasca merger. Sekarang dia aktif menjadi anggota tim kampanye John McCain.

  5. wah..mantab ulasannya..kalo mau cari majalah bisnis online alamatnya apa ya mas?
    oya buat rekan yang mau ikut undian green card bisa cari alamatnya di blog saya

  6. acapkali wanita dipandang sebelahmata dalam keberadaannya didunia bisnis.

    mungkin salahsatu alasannya, selain dari sisi leadership, decision maker, ketegasan,
    juga karena wanita kerap memanfaatkan otak kanannya (emosi, dsb) dibandingkan pria yang memainkan otak kiri (logic stuff).

    Namun, disitulah mungkin kelemahan pria. Tak semua masalah bisa diselesaikan dengan kemampuan instuisi logical. Kadang, bahkan sering, justru wanita pandai dalam menentukan keputusan karena sense-of-women inilah.

    bravo buat skrikandi-skrikandi dunia.

  7. bagi yang belum baca bukunya ibu menteri kesehatan “saatnya dunia berubah”, disarankan untuk wajib membaca. bila mas yodhia tak mengkatagori perempuan dalam kelompok manajemen, saya yakin akan menempatkan ibu menteri kita di urutan pertama. beliau yang membongkar WHO (organisasi kesehatan dunia) dengan manajemen yang busuk selama 50 tahun. kalau malas baca, coba buka di sudutpandang.com.

  8. Indonesia punya Sri Mulyani, ibu pengurai masalah yang selalu tampil cool dan tetap senyum di situasi krisis seketat apapun. Multi talented, layak disejajarkan dengan 5 wanita global tadi.

  9. hebat pak yoda,

    tulisan bapak membawa inspirasi dan motivasi yang tinggi bagi pembaca baik itu wanita maupun para pria, dan sukses selalu.
    selalu menunggu tulisan dan tema terbaru

  10. saya mahasiswa di jogja. awalnya saya hanya iseng mencari materi manajemen strategi dan menemukan website ini. tulisannya selalu hangat dan aktual, tetapi disajikan secara ringan dan mudah dipahami. apalagi tidak begitu “njlimet” dibaca. terus terang saya sangat suka dengan keaktualan beritanya. suatu saat semoga saya bisa berdiskusi langsung dengan bapak….terimakasih…oiya buat para wanita perkasa indonesia seperti “lima wanita perkasa” di atas, ditunggu lho……………karya nyata untuk Indonesia, he he he

    wass…

    -nurrahmanarif.wordpress.com-

  11. Terimakasih…materi ini menginspirasi saya…untuk menjadi wanita luar biasa…tapi yang saya bingung…saya harus mulai dari mana??? saya hanya mahasiswi semester 5 diploma 3 manajemen informatika. bisakah…bapak memberi petunjuk??? he…

  12. selamat malam admin. . .
    saya bayu dari denpasar
    sekarang sedang kuliah di pariwisata semester V
    saya mendapat tugas mengenai “bisnis global”
    apakah admin bisa mengirimkan saya sebuah materi untuk bahan saya membuat tugas paper ini?
    klo boleh juga bisa minta power point tentang bisnis global yang menyangkut dengan materi tugas paper yang saya buat, supaya ada bahan yang dapat membantu saya membuat tugas ini.

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

Comments are closed.