Internet dan Rezeki dari Arah yang Tak Terduga-duga

Internet, saya kira, merupakan salah satu temuan paling penting di abad modern ini. Sejak hadir sekitar 15 tahun silam, internet telah merubah begitu banyak relung kehidupan kita. Ia telah merubah cara kita membaca pengetahuan, merubah cara kita berinteraksi, dan mungkin juga merubah cara kita memaknai kehidupan.

Tapi lebih dari itu. Seperti yang diujarkan oleh Tom Friedman dalam buku The World Is Flat yang fenomenal itu, internet juga telah memberikan pemberdayaan yang begitu besar kepada individu di segenap penjuru jagat. Individual empowerment for a better world, begitu untaian kalimat indah yang pernah saya baca.

Begitulah, melalui medium internet, dan melalui caranya masing-masing, setiap individu bisa ikut “merubah dunia” dan menentukan masa depannya secara mandiri. Disini kita bisa menyaksikan bagaimana seorang anak muda berwatak progresif – melalui blognya – bisa memprovokasi lahirnya sebuah komunitas entrepreneur yang menggelora. Atau juga bagaimana kisah seorang anak muda yang tengah berjuang mempromosikan budaya batik ke segenap penjuru nusantara.

Dan tentu saja internet juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu medium untuk usaha ekonomi. Tempat dimana setiap individu yang cerdik bisa ikut berikhtiar mencari sesuap nafkah. Sebab siapa tahu dari situ ada segenggam rezeki nomplok yang bisa direngkuh. Dan persis, kisah internet dan rezeki nomplok inilah yang minggu lalu datang menyapa saya dengan tak terduga-duga.

Kisahnya berawal dari kolaborasi saya dengan seorang kerabat untuk memproduksi kaos dengan desain teks yang provokatif dan menghentak. Kaos dengan desain teks yang keren ini kemudian dijual secara online melalui www.bisniskaos.com. Dalam kolaborasi ini, saya kebagian tugas untuk meracik desain teks yang menyentak, inspiratif dan sekaligus berkelas.

Nah, karena mencium peluang bisnis dibalik riuhnya acara pilpres, saya kemudian mendesain satu kaos dengan tema Yudhoyono. Saya pikir kaos ini bakalan laku lantaran banyak simpatisan SBY di tanah air. It’s a good business opportunity, right?

Adapun teks desainnya adalah : Yudhoyono : One Vote for One Nation (desain kaosnya dapat Anda lihat difoto sebelah). Desain kaos ini kemudian segera kami pajang dan promosikan di situs online store kami.

Yang tidak kami sangka adalah para inner circles pak SBY ternyata juga ikut berkunjung ke web kami. Begitulah, di sebuah siang yang mendung, kami dipanggil untuk datang ke kediaman pribadi pak Presiden di Puri Cikeas (wah akhirnya, rakyat jelata seperti kami bisa juga diundang ke Puri Cikeas). Para inner circle itu bilang kalau pak SBY sudah melihat desain kaos kami, dan beliau sangat terkesan dengan kalimatnya (wah seneng juga mendengarnya….).

Selanjutnya, mereka juga menyampaikan maksud untuk membeli hak cipta desain teks dalam kaos itu. Setelah melalui sejumlah negosiasi, kami akhirnya sepakat menjual hak cipta desain itu dengan jumlah uang yang lumayan mak nyus (see, rezeki nomplok kadang memang datang dari tempat yang tak terduga-duga).

Sebagai rakyat kecil, saya merasa senang bahwa tagline yang saya buat bisa dipilih oleh pak SBY sebagai salah satu slogan dalam national campaign beliau (dan mulai kemarin, tag line yang keren abis itu mulai diiklankan secara masif melalui media Detik.com).

Kisah rezeki nomplok diatas tentu saja terjadi lantaran media internet. Melalui bantuan medium internet, setiap individu memang sejatinya bisa kian berdaya (empowered). Dengan internet, kita bisa merajut sebuah pergerakan, menciduk segenggam rezeki, ataupun menciptakan sesuatu yang bermakna demi lahirnya sebuah peradaban yang makin mulia (wuih heroik banget!).

Kita semua mungkin sepakat, dengan caranya masing-masing internet telah memberikan beragam keberkahan dan keajaiban dalam jejak kehidupan kita semua.

Dalam kasus Anda, saya kira salah satu keberkahan itu adalah bahwa Anda akhirnya bisa menemukan dan membaca Blog Strategi + Manajemen yang keren ini. Dan kemudian setiap minggu, Anda bisa mendapatkan sajian yang renyah nan mencerahkan. Gratis lagi.

Bukankah itu juga sebuah keberkahan yang layak Anda syukuri?

Photo Credit by : ThePres6 @Flickr.com

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa

45 thoughts on “Internet dan Rezeki dari Arah yang Tak Terduga-duga”

  1. Jeli juga pak Yodhia melihat peluang.
    Bisnis dgn memanfaatkan media internet sekarang memang lagi marak. Modal relatif kecil jika dibandingkan bisnis offline yg harus bayar pegawai, sewa toko, dlsb. Pengeluaran wajib hanya untuk domain dan hosting. Lain2 bisa dipelajari sendiri. Hasilnya cukup lumayan untuk tambah2 penghasilan.

  2. Hoho, kampanye jalan teruuus…*jadi inget komen njenengan di blog saya*

    Wah, kecerdasan linguistik mas Yodh tak perlu diragukan lagi kalo gitu. _SaLut_

    Selamat juga untuk Pak SBY yang masuk daftar 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia (The 2009 Time 100)di kategori Leaders and Revolutionaries.

    *smile*

  3. pak Yodhia, Selamat Pak, benar benar suatu kebetulan yang sangat berarti, rejeki datang dari tempat yang tidak terduga, semoga tetap bisa menginspirasi kita, selalu ditunggu ya Pak kabar baik dan juga artikel menarik selanjutnya. thanks

  4. Luar biasa Bung Yod,

    Anda memang memberikan pembelajaran yang luar biasa.

    Saya mohon izin bung untuk menceritakan kisah inspirasional ini di kelas-kelas saya (untuk izin yang ini saya harap gratis ya he..he…).

    Satu lagi permintaan saya, tulisan di halaman ini mohon tetap digratiskan (dasar saya yang sukanya yang gratis melulu). Sampai sekarang bayaran yang mampu saya berikan cuma “terima kasih”.

    Terima kasih Bung Yod.

    Salam
    Robin

  5. Alhamdulilah iseng jadi berkah, karena mas selalu ikhlas dalam tiap penyajian di web anda, semoga saya dapat hikmahnya. Dimana keikhlasan akan berbuah baik tampa disangaka- sangka

  6. Mas Yodhia, ikut bergembira dengan kesempatan yang diraih dan terima kasih atas semua tulisannya. Mungkin ini keberkahan Mas Yodhia suka membagi Ilmu di blog ini…….

  7. Tak ada kebaikan tanpa balasan..
    Dan kebaikan mas yodhia mencerdaskan banyak orang
    via blog ini dibalas dengan caraNya sendiri.

    Selamat mas, makin semangat menulis kan…:)

    Salam.

    Musafir.

  8. Erik,hebat banget idemu dgn internet dan ketekunan mendapatkan rezeki yang tak terduga apalagi ini langsung dihargai oleh presiden dan InsyaAlloh calon Presedin kita.
    Salut saya baca kisahmu iki.

    Wassalam wr wb
    lek amanati

  9. Terima kasih, Mas Yodhia… Semoga tagline yang dipakai Pak SBY dari Mas Yodhia bukan hanya dapat meningkatkan suara untuk kemenangan Pak SBY. Tapi, juga memicu partisipasi masyarakat dalam PilPres nanti. One Vote for One Nation. Selamat…

  10. Mas Yod itulah cara Allah untuk semua keiklasan yang telah mas yod berikan ke kita, tanpa pamrih. Selamat berkarya

  11. Luar biasa Mas Yodhia…selamat ya, saya salah satu pembaca blog anda…sekali lagi selamat..inspirasi yang luar biasa…

  12. Saya setuju dengan komentar Pak Arif,…ini imbalan di dunia, insyaAllah
    imbalan di akherat lebih banyak lagi buat Mas Yodhia atas share ilmunya dengan ikhlas.

  13. That” great p. yodh, blessing from god as a result of your kindness to share the knowledge to us

  14. Selamat Mas Yod,
    Inspirasi Sukses yang nyata:

    “kebaikan yang ikhlas (profesional & kredibel) PASTI dibalas oleh NYA dengan pantas”

    Semoga menjadi pelajaran bagi saya dan lain …

  15. Itulah balasan yang paling berharga dari upaya anda menyajikan TIPS or TRICKS secara ikhlas di media ini.
    Apapun kerja kita, tentu saja yang positif, pasti Yang Maha Kuasa memberikan jalan kemudahan bagi umatnya.
    Keep on sharing, guy! Amien…

  16. Selamat Mas Yodhia…
    Rezeki selalu datang pada saatnya dan dari arah yang tidak pernah disangka, ini sudah kehendak Yang Kuasa. Kalau begitu Mas Yodhia berjodoh dengan Pak Yudhoyono, 4 kata pertama dari nama kalian hampir sama.. 🙂

  17. wah…ruarrr biasa… memang Pak Yod ini saya perhatikan selain memiliki kecerdasan intelektual, juga kecerdasan meracik kata (linguistik) yg ruarr biasa… selamat Pak Yod…

  18. Selamat pak Yodhia, terima kasih juga atas sharing ‘dapat rejekinya’ ini, jadi menginspirasi yang lain juga.

  19. rizki emang ga kemana ya mas… sy pikir mas yod juga memberi contoh bagaimana mengamalkan arti ikhlas dan suka memberi. Allah akan ganti dg yg lebih baik. inikan bs sy dan temen2 dpt di “pengajian senin-an” mas yod… jazakallah khoiron..!

  20. Media internet sekarang menjadi ajang bisnis yang mematikan. Bisa saja benar namun tidak sedikit bisnis-bisnis di internet adalah penipuan.

  21. Mas, anda ini selalu saja memberi inspirasi, ijin untuk dijadikan referensi dalam pelatihan saya ya! Selamat dan semoga semakin “edan” tulisannya …

  22. mas, saya mau beli kaosnya yang tagline SBY dimana gimana caranya ya??? mohon infonya…

  23. Kalau dihitung Kekuatan Akal =109 = 84 + 25, Kelembutan Hati =137 = 99 + 38. Jadi pilihlah Presiden SBY (Sebaiknya Bukan Yudoyono). Karena Kelembutan Hati Lebih Tinggi nilainya dari Kekuatan Akal.

  24. Internet sebagai media terpopuler abad ini. Belakangan social media seperti facebook dan twitter berkembang pesat. Akibatnya harus lebih berhati2 dalam berinteraksi dengan internet. Terima kasih… 🙂

Comments are closed.