Konsultan Manajemen Kinerja dan Pengembangan Sistem Manajemen Kinerja

Ditengah arus kompetisi bisnis yang kian ketat, serangkaian proses pengembangan SDM yang komprehensif dan berkelanjutan menjadi satu kebutuhan yang tak terelakkan. Dilatari oleh kebutuhan semacam inilah, PT. Manajemen Kinerja Utama hadir untuk membantu beragam organisasi di Indonesia mengembangkan sistem manajemen kinerja dan kompetensi para karyawannya menuju level kinerja yang dicita-citakan.

Jika kantor Anda membutuhkan jasa pelatihan/konsultasi penyusunan KPI dan BSC, silakan hubungi kami :
Contact Person : Yodhia Antariksa. WA/Phone : 0817 482 3235. Email : Antariksa@exploreHR.org

Beberapa projek pengembangan sistem manajemen kinerja yang pernah dilakukan oleh PT. Manajemen Kinerja Utama antara lain adalah sbb:

A. Projek Pengembangan sistem manajemen kinerja dan Key Performance Inditors untuk para pegawai pada salah satu perusahaan agro industri terbesar di Indonesia. Penyusunan tabel key performance indicators untuk beragam level karyawan, mulai dari level direksi hingga level supervisor. Proses pengembangan KPI juga disertai dengan penyusunan panduan pengembangan KPI dan sosialisasi cara penerapan sistem KPI dalam performance management karyawan.

B. Projek Penyusunan Performance Appraisal System (sistem manajemene kinerja) pada salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia. Pengembangan form performance appraisal yang mecakup dua elemen kunci, yakni aspek key performance indicators dan aspek kompetensi. Disusun panduan untuk melakukan skoring dengan mengkombinasikan dua aspek kunci tersebut.

C. Projek Workshop Penyusunan Key Performance Indicators dan Balanced Scorecard untuk tiga lembaga pemerintahan (BPPT, BKKBN dan BPKP). Workshop dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai pengertian dan tipe KPI; bagaimana mengidentifikasi KPI yang tepat; serta metode dan tools untuk memonitor pencapaian KPI.

D. Projek Monitoring penerapan sistem manajemen kinerja pada perusahaan energi terbesar di Indonesia. Prosesnya dilakukan dengan cara melakukan pemantauan/monitoring pencapain KPI secara reguler setiap bulan, kepada seluruh kantor cabang di wilayah Jawa Bali. Review KPI dilakukan untuk memberikan feedback mengenai bagaimana cara mengelola manajemen kinerja secara optimal.

Jika kantor Anda membutuhkan jasa pelatihan/konsultasi penyusunan KPI dan BSC, silakan hubungi kami :
Contact Person : Yodhia Antariksa. WA/Phone : 0817 482 3235. Email : Antariksa@exploreHR.org

Kunci Sukses Manajemen Kinerja yang Efektif
Proses pengembangan manajemen kinerja yang baik bertumpu pada penentuan sasaran kinerja yang obyektif dan akurat untuk setiap posisi atau jabatan yang ada dalam perusahaan; dan juga untuk level perusahaan.

Pada level korporat, mesti ditetapkan secara baku indikator kinerja kunci yang mau diraih lengkap dengan angka targetnya. Disini pemetaan indikator kinerja atau KPI perusahaan dapat disusun dengan kerangka balanced scorecard, yang membagi kinerja perusahaan dalam empat aspek utama : yakni aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis dan aspek learning/pengembangan SDM. Dalam setiap aspek itu kemudian disusun, indikator kinerja atau KPI yang relevan.

Setelah sistem manajemen kinerja dan KPI dalam level korporat dibangun, maka tahap berikutnya adalah mengembangkan KPI untuk level karyawan. Jenis KPI yang dikembangkan tentu bergantung pada jenis pekerjaan karyawan. Apapun jenis KPI-nya, yang pasti sebaiknya dilakukan monitoring secara reguler untuk memantau pencapaian target KPI.

Sistem manajemen kinerja yang baik memang mensyaratkan adanya monitoring realisasi KPI dan target secara reguler, setiap bulan sekali. Akan lebih bagus jika proses ini dibantu dengan adanya software manajemen kinerja atau semacam performance dashboard applicatio/software.

Jika kantor Anda membutuhkan jasa pelatihan/konsultasi penyusunan KPI dan BSC, silakan hubungi kami :
Contact Person : Yodhia Antariksa. WA/Phone : 0817 482 3235. Email : Antariksa@exploreHR.org

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa

One thought on “Konsultan Manajemen Kinerja dan Pengembangan Sistem Manajemen Kinerja”

  1. mangstap..very helpul to students…and become one of the source needed to expand our pont of view and knowledge

Comments are closed.