Menyediakan Jasa Konsultan KPI dan BSC (Balanced Scorecard) yang telah Teruji Keahliannya

Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan Balanced Scorecard (Konsultan BSC) dan Penyusunan KPI, silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia Antariksa (phone : 0817 482 3235) dan email : antariksa@explorehr.org.

——————

Yodhia Antariksa adalah founder dan CEO PT. Manajemen Kinerja Utama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen kinerja dan pengembangan Key Performance Indicators dan Balanced Scorecard. Yodhia menyelesaikan pendidikan masternya dalam bidang master of human resource development program di Texas A&M University atas beasiswa dari Fulbright Scholarship.

Dalam kiprahnya sebagai konsultan manajemen SDM, Yodhia Antariksa telah memiliki pengalaman yang ekstensif dalam proses pengembangan sistem manajemen kinerja. Secara spesifik, pendekatan yang ia lakukan dalam mengembangkan sistem manajemen kinerja ini adalah dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang disertai dengan Key Performance Indicators yang komprehensif.

Yodhia Antariksa selama ini telah dan sedang terlibat dalam projek pengembangan Balanced Scorecard dan KPI untuk lebih dari 60 organisasi, baik perusahaan MNC, BUMN, large private companies ataupun organisasi pemerintahan.

Dalam projek pengembangan manajemen kinerja yang dikerjakan, Yodhia Antariksa biasanya memulai dengan penyusunan BSC pada level korporat. Pengelolaan kinerja berbasis BSC, seperti yang telah kita tahu, berfokus pada penetapan sasaran strategis pada empat dimensi, yakni dimensi finansial, pelanggan, proses bisnis internal dan dimensi learning (people and system development).

Peta BSC dalam empat dimensi tersebut kemudian dilengkapi dengan identifikasi KPI yang relevan dan terukur untuk setiap sasaran strategis yang telah disusun.

Selanjutnya, peta sasaran strategis BSC dan KPI pada level korporat itu diturunkan ke BSC level Divisi/Departemen. Disini, setiap divisi/departemen juga akan menyusun peta strategis BSC lengkap dengan KPI dan angka target yang telah disepakati.

Melalui proses seperti diatas, diharapkan akan terjadi keselarasan antara sasaran strategis korporat dengan sasaran strategis dari semua divisi/departemen yang ada di dalam organisasi tersebut.

Lebih rinci, Yodhia Antariksa menyebutkan bahwa salah satu kunci keberhasilan penerapan metode balanced scorecard dan KPI adalah penentuan sasaran strategis yang tepat dan mencerminkan kebutuhan perusahaan. Kemudian hal ini juga harus disertai dengan penetapan KPI yang relevan, terukur disertai dengan data pengukurannya yang mudah diperoleh.

Pada sisi lain, Yodhia menyebutkan keberhasilan penerapan KPI juga ditentukan oleh komitmen dan ketekunan dari semua jajaran manajemen (mulai dari direksi hingga level manajer dan supervisor) dalam melakukan review pencapaian KPI secara periodik (misal sebulan sekali).

Dalam proses itulah, pencapaian target KPI secara reguler dibahas, dan kemudian dikembangkan inisiatif untuk mendrive pencapaian yang telah sukses; dan merumuskan langkah solusi untuk merespon pencapaian target KPI yang dibawah ekspektasi.

Yodhia Antariksa menyebutkan, bahwa melalui metode BSC dan KPI, maka setiap organisasi (baik organisasi bisnis ataupun organisasi pemerintahan) akan dapat memiliki parameter keberhasilan yang jelas dan terukur. Akuntabilitas dari setiap divisi/departemen serta manajer di masing-masing divisi itu bisa terukur dengan obyektif dan tajam.

Diharapkan dengan pengelolaan kinerja semacam itu, maka akan terbangun performance based culture yang solid dan positif bagi kemajuan organisasi.

Jika kantor Anda membutuhkan Jasa Konsultan Balanced Scorecard (Konsultan BSC) dan Penyusunan KPI, silakan kontak kami dengan contact person : Yodhia Antariksa (phone : 0817 482 3235) dan email : antariksa@explorehr.org.

——————

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa