Contoh KPI – Key Performance Indicators untuk Industri Perbankan, Properti, Telekomunikasi, Farmasi, Rumah Sakit, dan Lain-lain

Indikator kinerja utama atau key performance indicators (KPI) merupakan tolok ukur yang mesti digunakan oleh setiap perusahaan untuk menilai tingkat keberhasilnya dalam meraih tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Setiap industri pasti telah memiliki sejumlah KPI yang lazim digunakan untuk mengukur level kinerja perusahaan yang bergerak di dalam industri tersebut.

Berikut akan ditampilkan sejumlah contoh KPI untuk beragam industri seperti KPI untuk perbankan, KPI untuk industri perhotelan, KPI perusahaan telekomunikasi dan lainnya.

Daftar rinci KPI untuk semua jenis industri sedang saya susun, dan jika sudah selesai akan dipublikasikan di www.manajemenkinerja.com.

Contoh KPI untuk Industri Perbankan
Net Interest Margin (NIM)
% pertumbuhan fee based income
% pertumbuhan dana pihak ketiga
Lending Rate (% pinjaman kredit)
Non Performing Loan
BOPO (biaya operasi dibanding pendapatn operasi)

Contoh KPI Industri Telekomunikasi
% pertumbuhan jumlah pelanggan
ARPU (average revenue per user) – rata-rata pendapatan per pelanggan
% pertumbuhan data services (data internet, broadband, dan sejenisnya)
% coverage untuk key areas
Drop call rate (% jumlah panggilan yang gagal)

Contoh KPI untuk Industri Manufakturing
% utilisasi mesin produksi
Jumlah produksi per bulan (dalam unit atau ton)
Frekuensi machine downtime
Defect Rate
Biaya produksi per unit

Contoh KPI untuk Rumah Sakit
Bed Occupancy Ratio
% pertumbuhan pasien bedah jantung
% pertumbuhan pasien kanker
Decubitus Rate
Plebitis Rate
Jumlah keluhan malpraktek oleh pasien

Contoh KPI untuk Industri Properti
% pertumbuhan penjualan unit rumah/apartemen
% projek properti yang diselesaikan tepat waktu sesuai rencana
Jumlah defect per unit
Luas land bank (dalam hektar)
Jumlah komplain penghuni per bulan
Rata-rata biaya pembangunan per unit

Contoh KPI untuk Industri Farmasi
% pertumbuhan penjualan ethical products (obat resep)
% pertumbuhan penjualan OTC (produk obat bebas tanpa resep)
Jumlah dokter yang menjadi “mitra strategis”
% jumlah dokter yang masuk kategori “active users”
Jumlah obat baru yang diluncurkan
Rata-rata waktu untuk mendapatkan ijin obat baru dari BPOM

Contoh KPI untuk industri lain seperti industri airline, pelabuhan, otomotif, agroindustri (kelapa sawit, karet), pertambangan (batubara, minyak), properti, online shop, dan lain-lain sedang disusun.

Jika sudah selesai, Kamus KPI Industri itu diharapkan menjadi rujukan utama bagi setiap pelaku industri dalam menetapkan KPI-nya.

Kamus KPI INDUSTRI yang lengkap dan komprehensif itu kelak akan dipublikasikan di web www.manajemenkinerja.com – lembaga konsultan terkemuka dalam pengembangan sistem manajemen kinerja.

Author: Yodhia Antariksa

Yodhia Antariksa

10 thoughts on “Contoh KPI – Key Performance Indicators untuk Industri Perbankan, Properti, Telekomunikasi, Farmasi, Rumah Sakit, dan Lain-lain”

  1. Selamat pagi PAk Yodhia,

    senang sekali mengetahui Bapak sedang menyusun standard KPI utk beberapa jenis perusahaan. Saya bergerak di bagian Pengembangan SDM di salah satu yayasan pendidikan. Kalau Bapak tidak keberatan, apakah Bapak dapat juga menyusun KPI utk bagian Pengembangan SDM yang dimana pengembangan itu ditujukan bukan hanya bagi tenaga pendidik saja, akan tetapi juga bagi staf lainnya?
    TErimakasih banyak untuk perhatiannya

    salam,
    daisy

  2. Salam,
    Pak Yodhia saya sedang mengembangkan KPI dibidang perhotelan dan restaurant, cuma belum kelar, apakah ada referensi yang bisa saya pakai atau barangkali ada rekomendasi studi kasus yang bisa saya baca, terima kasih

  3. Selamat pagi PAk Yodhia,

    Saya bekerja sebagai seorang registrasi produk pangan baru, bertugas mendaftarkan produk ke instansi terkait sampai mendapatkan surat izin edar apakah Bapak dapat juga menyusun KPI untuk posisi seprti saya

    sebelumnya terimakasih atas penjelasannya

  4. selamat siang pak Yodhia, senang sekali saya membaca tulisan bapak, oh ya pak dimana dan bagaimana caranya saya mendapatkan kamus KPI Rumah Sakit terima kasih

  5. Selamat sore Pak Yodhia,

    Saya sangat senang sekali membaca tulisan/blog yang bapak sajikan. Perusahaan tempat saya bekerja bergerak dalam bidang teknologi instalasi pemasangan panel/modul tower. Saat ini saya selaku HRD Dept. sedang menyusun bagaimana cara untuk melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan (sekedar diketahui bahwa perusahaan dimana tempat saya bekerja ini, belum mempunyai standar untuk itu), tentunya saya selaku HRD akan bekerja keras untuk itu. Mohon pencerahannya ya Pak, terima kasih.

Comments are closed.