Mind Map : Tool Ampuh untuk Melejitkan Produktivitas Anda

Pekerjaan rasanya kok tidak pernah berhenti, dan mau diajak untuk rehat sejenak. Tumpukan pekerjaan rasanya terus mengalir, menyapa kita dalam setiap sudut kesempatan. Pekerjaan yang satu belum kelar, yang lain sudah menyusul. Meeting yang satu masih separoh jalan, sudah ditunggu jadwal meeting lainnya. Belum lagi, laporan ini itu yang sudah harus rampung minggu depan.

Panorama semacam diatas sejatinya banyak kita alami. Ditengah belantara pekerjaan yang terus menggelontor itu, kita kemudian tak jarang kehilangan arah. Kehilangan navigasi untuk menuntut kita ke jalan yang penuh dengan aroma produktivitas dan kreativitas yang berlimpah.

Dijalan itulah kemudian kita disapa dengan sebuat metode yang disebut MIND MAP. Apa itu mind map dan contoh praktis aplikasi-nya akan kita jelujuri di Senin pagi yang sangat indah ini (for me, every day is a beautiful day. Ndak tahu dengan Anda).

Mind map pada dasarnya merupakan sebuah cara untuk membantu kita membuat peta jalan secara visual. Visualisasi peta jalan ini diharapkan akan mendorong kita menghasilkan solusi pemecahan masalah dengan lebih optimal ataupun lebih kreatif.

Langkah praktis untuk membuatnya adalah seperti ini : bayangkan Anda akan melakukan sebuah proses personal development yang mampu membuat Anda makin produktif. Maka dengan mind map, langkah pertama yang Anda lakukan adalam membuat lingkaran dimana didalamnya terdapat tulisan “Personal Development”.

Lalu dari lingkaran sebagai titik sentral itu, Anda bisa membuat cabang-cabang garis baru, masing-masing dengan tema yang mendorong proses Personal Development. Misal masing-masing garis (line) itu berisikan : “Ikut Kursus Manajemen Bisnis di IPPM”, “Mencari Mentor yang Berpengalaman”, “Membaca buku”, “Rajin visit ke blog Strategi Manajemen” atau “Aktif mengaplikasikan teknik manajemen”.

Kemudian masing-masing garis tema itu, juga bisa dikembangkan lagi dalam cabang garis yang lebih detil. Misal dalam tema “Visit Blog Strategi”, Anda bisa membuat cabang-cabang garis (line) baru, masing-masing berisikan tulisan : “Read”, “Print the article”, “Share and Discuss”. Begitu seterusnya, dan ini juga dilakukan untuk semua tema seperti yang dicontohkan diatas.

Contoh gambar visual sederhana untuk teknik mind map bisa dilihat dalam diagram berikut.

Contoh diatas menggambarkan sebuah proses mind map yang simpel : didalamnya dipetakan tentang apa saja yang perlu dikerjakan sehubungan dengan rencana kepergian ke US (US trip).

Seperti yang terlihat dalam contoh diatas, proses visualisasi gagasan melalui mind map ini bisa dengan mudah dilakukan di atas sehelai kertas dan cukup dengan sebuah pensil.

Contoh lain berikutnya ini adalah mind map untuk persiapan melakukan job interview.

Manfaat dari teknik mind map ini adalah membantu kita untuk memvisualkan gagasan pemecahan masalah atau rencana kerja secara komprehensif. Dengan cara visualisasi semacam ini, otak kita didorong untuk mampu berpikir secara lebih integratif.

Jika dipetakan secara detil, maka visualisasi gagasan dalam mind map itu akan mampu menuntun kita untuk memetakan penyelesaian sebuah tugas/projek/pekerjaan dengan optimal dan cepat. Seringkali visualisasi mind map dalam satu halaman ini yang powerful ini bisa disusun hanya dalam hitungan menit.

Mind map artinya adalah “peta pikiran”. Jika dipraktekkan, mind map ini memang benar-benar akan membantu otak dan pikiran kita dalam menyusun “peta” yang komprehensif dan powerful dalam menuntaskan pekerjaan.

Sebagai sebuah latihan, mungkin segera setelah membaca artikel ini, silakan Anda ambil sehelai kertas dan sebuah pensil. Lalu coba gambarkan mind map untuk memetakan jalan hidup Anda 10 tahun ke depan. Mudah-mudahan gambar mind map-nya menghasil bentuk visual yang mak nyos.

~~

Photo credit by : Tomasito @flickr.com

Related Post

3 Hal untuk Tahu Bahwa Pekerjaanmu adalah Bullshit Job Apakah pekerjaan yang Anda jalani saat sekarang termasuk dalam bullshit job? Jawaban atas pertanyaan tersebut merupakan hal yang sangat krusial. Se...
Menyediakan Jasa Konsultan Manajemen SDM Jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai jasa konsultan manajemen SDM, silakan klik DISINI. Pekerjaan sebagai konsultan manajemen saya kira...
2 Keputusan Paling Penting dalam Hidupmu Ada dua keputusan paling krusial yang akan amat menentukan sejarah hidupmu, yakni : 1) profesi atau pekerjaan apa yang Anda tekuni dan 2) dengan siapa...
37 comments on “Mind Map : Tool Ampuh untuk Melejitkan Produktivitas Anda
  1. Saya pas bgt lagi baca bukunya pak.

    karangannya opa Tony Buzan :p

    Metode & apa yang diajarkan di bukunya bener2 masuk akal bisa melejitkan produktifitas kalo dipraktekkan.
    Ga cuma itu sih, katanya manfaat lain mindmap juga bisa buat memperkuat daya ingat, mengasah kreatifitas, menghafal pelajaran & meng’akses’nya kembali.

  2. Menarik sekali postingnya Pak Yodhia.

    Mind map ini mainan saya sejak zaman kuliah dulu sampai sekarang. Dengan mind map kita bisa merangkum materi 1 bab ke dalam selembar catatan. Juga membuat perencanaan, melakukan eksplorasi ide, sambil mencari pemecahan atas sebuah persoalan.

    Buat yang ingin belajar lebih khusus, berikut video bagaimana merangkum sebuah buku ke dalam selembar catatan saja. Contoh ini meringkas buku Tony Buzan “How To Mind Map” setebal 230 halaman ke dalam selembar catatan. Semoga bermanfaat.

    https://www.muhammadnoer.com/2011/10/video-bagaimana-membuat-mind-map/

  3. menarik sekali..tidak semua orang suka dengan model mindmap ini. Biasanya kecenderungan otak kiri yg dominan lbh prefer cara ini dalam merencanakan sesuatu.Sisi kurangnya, kebanyakan rencana malah nggak berani bertindak. keunggulannya, kita paham akan rencana dan alternatifnya jika rencana utama tidak terlaksana,

    Salam,
    Wahyudi
    http://www.forthesakeofzion.org

  4. Mind map.
    Pas banget dengan tugas saya yang ngerangkep: finance; hrd & marketing.
    Terimakasih ilmunya, Pak!

  5. Terima kasih Pak Yodhia.

    Mind mapping ini sangat bermanfaat, saya gunakan sebagai panduan dan reminder untuk menyusun sebuah buku, mudah2an lancar. 🙂

  6. Mengenang kembali sewaktu masih smp, sma dan kuliah, bikin catatan-catatan kecil sewaktu bapak – ibu guru/dosen menjelaskan, nga ada komputer yang pada dasarnya dapat bikin malas bikin catatan kecil, tapi dg catatan kecil ini sebenarnya akan menambah motivasi untuk sukses.

    Tank’s atas sarapan paginya dan ternyata dimakan pada malam hari blog strategi manajemennya. sukses untuk mas Yodia

  7. Thank you for the insight. What we do now in life is our future.

    Senang sekali membaca untuk bagaimana mengembangkan Peta pemikiran. Peta peta peta. Semua berunsur peta peta peta. Dalam kehidupan ataupun pemikiran.

    Waktu kecil kita ketergantungan dengan orang tua kita yang melihat bakat apa yang ada dalam diri kita dan mereka mengarahkannya ke daerah itu.

    Waktu beranjak dewasa, kesadaran adalah salah satu yang kita punyai sebagai manusia yang mempunyai atau yang di beri untuk memilih kemana direksi kehidupan kita sebagaimana harusnya. Pilihan pilihan pilihan.

    Untuk memutuskan, ini memerlukan latihan tidak hanya seketika untuk problem solving di muka (problem solving not only for when needed) tapi untuk sampai ahkir napas.

    The key, I think is disciplin disciplin disciplin. Life doesn’t have a day off, moreover work on chosen direction you have chosen.

    Disiplin is key to suksesfull life. Day off? What’s that? Certain level of ppl doesn’t have the liberty or comfort zone for a day off, but always to remember take life at ease don’t let life get the best of you. what comes natural is the form. Mind map adalah salah satu yang selalu pemakaiannya hit the logic (always right in every forms).

  8. @Mas Noer,,, apa kabar? di sharing juga di sini mengenai aplikasi Doceri untuk membuat mind mapping..
    @Pak Yodhia,, artikel yang menarik. Apalagi kalau didukung dengan kemampuan speed reading (silakan tanya pada Mas Noer)

  9. saya baru ngeh mind mapping waktyu liat ilustrasi pertama dari pada yg ke dua. Good article…

    Om Yodhia, kok ga bahas UMK Bekasi ? 🙂

  10. WUa mind mapping….itu sudah bikin temen2 kuliah saya nggak pinjem catatan kuliah, lantaran mereka nggak bisa baca catatan saya yang mind mapping bgt…he,,,he,,, 😀

  11. IYE BENER BANGET PAK yOD..kebiasaan ini dulu saya praktekkan waktu saya sekolah dulu. dalam membuat ringkasan pelajaran.. dan efektif sekali. bahkan ketika guru saya menerangkan. saya hanya membawa buku tulis polos. bukan yang bergaris. dan cukup efektif..

    dan selanjutnya setelah bekerja saya lupa metode ini..thanks ya pak sudah reminder lagi untuk methode ini.

  12. cara lain, tinggal tanya mbah google “mind map free application” akan ada beberapa pilihan. Bagi anda pengguna android tablet ada juga aplikasinya di android market. Jadi jangan biarkan ide dan pikiran anda melayang-layang ga jelas, segera visualkan dengan aplikasi mind map ini.

  13. buat saya mind map adalah tools, dan yang namanya tools tetep bakalan gak berguna kalo yang empunya gak bisa jaga konsistensinya terhadap semangat yang harus dimiliki untuk capaian tujuan tertentu…nice share anyway 🙂

  14. Good article… Mind mapping membantu kita melakukan efisiensi waktu utk pengerjaan job list sehari2 maupun melakukan suatu perencanaan, baik bisnis maupun kehidupan pribadi.

  15. Mindmap memang sangat bagus untuk memetakan sebuah rencana besar. Kalau dulu sejak sekolah, saya biasanya pake point2 untuk biikin catatan atau rencana. Eh ternyata ada yang lebih imaginatif yaitu mindmapping

  16. Menarik, untuk membantu dalam proses mind map ada beberapa tool yang bisa digunakan, antara lain Mindmap Manager dan yang versi gratisnya Dokeos Mind (Xmind)

  17. mantap… Sudah beberapa tulisan yang sy baca mengenai mind map dan postingan bpk ini yang byk respon dan ngeshare pengalamannya atau applikasi mind map tsb. sy sendiri pernah mencobanya dan terbukti dengan menerapkan mind map atau me-list point2 penting dlm pekerjaan akan sngat membantu pekrjaan lebih terorganir dgn baik, maka hasilnya pun menjadi lebih optimal.

    Terimakasih,
    Salam

  18. Alhamdulillah sejak baca artikel ini saya langsung terapka di yayasan kami, saya bersama teman2 sekarang mulai sharing dengan aplikasi xmind (gratisan) dan dropbox (biar bisa selalu update perkembangan temen2 se organisasi), bagi temen2 yg ingin sharing konsep2 mak nyus silahkan bergabung di http://www.xmind.com/sharing, terima kasih

Comments are closed.