Business and Beyond : Cara Sederhana nan Ampuh Menggapai Keberlimpahan Hidup

Ada banyak jalan menuju Roma. Dan ada juga jalan penuh kesederhanaan untuk menggapai keberlimpahan hidup. Inilah pesan kuat yang coba dihembuskan buku maut berjudul “Business and Beyond : Cara Sederhana Menggapai Keberlimpahan Hidup”.

Buku itu dengan amat memikat mendedahkan beragam tema bisnis secara to the point, mengalir, dan mudah dicerna. Dan persis disitu mungkin kekuatan buku ini terletak : disampaikan secara bersahaja, simple dan dituliskan seolah-olah penulisnya sedang berbicang dengan kita.

Dengan itu, kita lalu diajak menyelami beragam tema bisnis : strategi, business mindset dan juga tentang jalan keberlimpahan.

Dan di pagi yang bersahaja ini, saya ingin mengajak Anda untuk menyuplik salah satu sajian menawan yang pernah dituliskan oleh penulis buku tersebut.

Buku keren itu sendiri ditulis oleh rekan saya Badroni Yuzirman. Ia adalah anak muda yang sejak lulus kuliah memilih untuk menjalani hidup sebagai wirausaha. Usaha pertama kalinya berjualan busana muslim di pasar Tanah Abang : yang selalu riuh, semarak dan juga kompetitif.

Sayang, usahanya di Pasar Tanah Abang gagal, dan ia diusir dari lapak yang ia kontrak. Uang menipis, cash flow kacau, dan ia galau. Kombinasi maut untuk berbisik lirih dan menyerah. Toh, the power of kepepet suka muncul di saat-saat genting seperti itu.

Ia menemukan eureka : kenapa saya ndak membuat busana muslim dan lalu berjualan via internet saja. Saat itu tahun 2004, saat dunia online shop masih tidak begitu ramai. Ia menemukan sukses disitu, dan pada tahun 2006 dianugerahi SWA Enterprise.

Buku Business and Beyond ini merupakan kumpulan tulisan di blog-nya Roni Yuzirman. Sebuah blog yang sejak tahun 2007 lalu dengan tekun selalu saya baca setiap tulisannya (see, selain blogger yang konsisten, saya juga pembaca blog yang konsisten juga..….).

Buku itu, tentu saja mencerminkan gaya penulisan yang khas dari Roni : yakni gaya yang simple, powerful namun ditulis dengan sederhana (ini yang mungkin membuat sub judulnya dibikin : “Cara Sederhana” Menggapai Keberlimpahan Hidup).

Kenapa saya suka buku itu, dan juga blog-nya? Mungkin petikan tulisan dibawah ini mewakili jawaban saya. Saya suka dengan tulisan berikut ini : ditulis dengan mengalir namun memuat pesan yang amat powerful. Inspiring dan menggugah.

Berikut saya cuplik secara penuh salah satu tulisan di blog Roni Yuzirman, lengkap dengan judulnya. Silakan direnungkan isinya.

——————————————-

Life Is a Train, Not a Train Station
by roniyuzirman

Life is a Train, Not a Train Station. Ini adalah quote favorit saya dari @paulocoelho.
Mirip dengan kata-kata terkenal dari Steve Jobs, “Keep searching, never settle”.

Ibarat perjalanan, hidup itu seperti kereta yang terus berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain. Ia tidak pernah menetap di satu stasiun dalam waktu lama.

Begitu sampai, menunggu penumpang keluar masuk, setelah itu melanjutkan perjalanan lagi. Begitu seterusnya.

Beda dengan stasiun. Ia menetap. Menunggu datangnya kereta silih berganti. Menjadi saksi berbagai macam jenis, model dan warna kereta datang dan pergi silih berganti. Bertahun-tahun. Selamanya.

Hidup bisa menjebak kita dengan rasa nyaman, dengan hidup yang sudah terpola, dengan rutinitas yang sama bertahun-tahun. Kenaikan pendapatan dan jaminan hidup sudah cukup buat kita untuk merasa aman dan berhenti di situ. Mau ngapain lagi?

Padahal hidup itu akan menarik jika ada unsur petualangan di dalamnya. Ada unsur ketidakpastian. Ada risiko. Ada kemungkinan tersesat dan menemui jalan buntu. Ada kepedihan dan isak tangis. Ada warna.

Berpetualang artinya melakukan perjalanan yang tujuan akhirnya kita tidak tahu.
Apakah jalannya mulus dan berliku, kita tidak tahu.
Apakah sesuai dengan peta, juga belum tentu.
Karena itu setiap cerita petualangan menjadi menarik.
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi setelah ini.

Sekali-sekali perlu juga melihat dan menjalani hidup dari sisi petualangan ini.
Selalu berpindah, tidak pernah menetap.
Terus mencari dan menemukan hal baru membuat hidup ini lebih hidup.

———————————————

Tulisan yang menarik bukan?

Selamat hari Senin teman. Selamat Bekerja.
Selamat Menjemput Kereta Api Kehidupan Anda !!

Photo credit by : Leland Francisco @flickr.com

Related Post

Business Moment of the Year 2014 Senyampang dengan akan berakhirnya tahun 2014 ini, maka sajian kali ini akan menghadirkan narasi menggugah tentang Business Moment of the Year 2014. M...
Berapa Rata-rata Penghasilan Orang Indonesia Saat Ini dan Apa Implikasinya Bagi Hidup Anda? Ya, berapa rata-rata penghasilan per bulan orang Indonesia saat ini? Angka rata-rata ini mungkin bisa Anda jadikan benchmark, apakah penghasilan An...
Mengapa Hidup Saya Susah dan Pas-pasan? “Mengapa hidup saya susah dan pas-pasan?” Kalimat ini saya temukan dalam daftar kata kunci yang sering ditanyakan ke Google. Saya menemukannya dari da...
37 comments on “Business and Beyond : Cara Sederhana nan Ampuh Menggapai Keberlimpahan Hidup
  1. Intinya BERJUANG..
    BERJUANG itu bukan sekadar BERas baJU dan uANG…
    Tapi lebih dari itu bagaimana kita BERJUANG
    untuk dapat merubah Hidup menjadi lebih Hidup
    dan kelak mati pun akan memasuki
    hidup yang lebih hidup lagi..

  2. Jangan cepat merasa puas dengan kenyamanan yang sudah diperoleh.

    Bagaimanapun keadaan hidup kita, baik sedang bagus atau tidak, yang penting itu syukur karena dapat menciptakan suasana bahagia.

    Memang kegagalan akan memberikan rasa senang luar biasa setelah bisa bangkit dan meraih sukses.

    Akan tetapi, jika tidak ada rasa syukur di dalamnya maka semua kenikmatan besar yang dimiliki akan terasa sia-sia.

  3. Kutipan dr buku Anything You Want, Derek Sivers :

    Orang-orang berpikir revolusi memerlukan provokasi terang-terangan, baku hantam, dan pertumpahan darah.

    Tapi, jika Anda berpikir cinta sejati terlihat seperti Romeo n Juliet, Anda akan melewatkan hubungan sempurna yg tumbuh dengan perlahan.

    Jika Anda berpikir tujuan hidup Anda harus menyambar Anda seperti halilintar, maka Anda akan melewatkan hal-hal kecil sehari-hari yg menarik minta Anda.

    Jika Anda berpikir revolusi haruslah terasa seperti perang, Anda akan melewatkan pentingnya melayani orang dengan baik.

    Ketika Anda melakukan sesuatu yg hebat, hal itu tidak akan terasa seperti revolusi. Itu akan terasa seperti sesuatu yg luar biasa.

    ———————
    Sy sadar bahwa semangat bukanlah kita meloncat-loncat, nafas memburu, n teriak-teriak.
    Semangat adalah menjalani kehidupan dg teratur satu demi satu.
    ——————–

  4. “Ketika Anda mendaftar untuk lari maraton, Anda tidak ingin naik taksi untuk sampai ke garis finish.” –Derek Sivers

    Jangan pernah meng-outsource apapun sblm kita menjadi ahli di bidang itu.
    Lakukan semuanya sendiri, ketahui semua hal detail.
    Orang lain akan menganggap kita bodoh krn melakukan semuanya sendiri, tp inti dari melakukan sesuatu sendiri adl kebahagiaan.
    Kebahagiaan yang hanya kita sendiri yg bisa merasakannya, kebahagiaan mengetahui detail.
    Kebahagiaan ini bersifat insting, mustahil diberikan pd orang lain, krn diperlukan pengalaman pribadi untuk bisa merasakannya.
    Jika Anda mendaftar lari maraton, Anda ingin belajar MENJADI pelari maraton, bukan menyewa taksi untuk sampai ke garis finish.

  5. Hidup ini penuh perjuangan yang penuh liku dan pada saat anda mendapatkan kepedihan, air mata maka anda sedang diuji untuk menggapai tujuan yang anda inginkan, dan jadikan sebagian hidup anda untuk membahagiakan orang lain.

    Selagi anda bernapas janganlah berhenti: bekerja, berpikir, mencari dan berdoa.

    Wariskanlah kehidupan yang baik dan dikenang kepada anak cucu kelak.

    Mati adalah akhir perjuangan hidup.

  6. Luar biasa kang, bisa jadi inspirasi saya sbg newbie di dunia blogger. Insya Allah saya nanti beli, jadi acuan untuk kita menmpuh sukses hidup.

  7. Blog ini inspirasiku untuk sukses, waktu itu dikenalkan sama Pak Nukman Lutfi (mantan COO Detik) pas training gratis UKM di Yogyakarta tentang blog manajemen yang hebat dan pemiliknya adalah Bang Yodia A. yang sangat sukses…

    Mak nyusss.

  8. setiap orang yang berani mengambil keputusan, itu berarti dia siap untuk menerima resiko apapun didepannya baik ringan maupun berat.

  9. Saya pernah membaca tulisan tentang hidup ibarat naik kereta, dan selalu berganti-ganti stasiun. Inti cerita sih persis sama, cuma saya lupa dimana membacanya. Mungkin diceritakan ulang dengan bahasa yang sedikit beda, tapi pada intinya maksud yang ingin disampaikan sama.

    Jika ingin baca buku inspiratif, silakan baca salah satu buku terbaik adalah “Cacing dan Kotoran Kesayangannya” tulisan Ajahn Brahm, bestseller dan banyak tersedia di toko buku Gramedia.

  10. Sangat inspiratif.

    Hidup memang banyak perjuangan, karna memang ada harapan dan tumpuan, kita tidak akan selamanya menjadi penonton bagi perubahan kehidupan yang terjadi disekitar kita atau bahkan pada diri kita sendiri.

    sama seperti dalam perkembangan tubuh kita, dari masa batita, balita, remaja dan dewasa, adalah sebuah proses yang berubah. dan bila bila perubahan tersebut tidak dapat kita sikapi dengan tumpuan dan harapan yang kita miliki, sesungguhnya kita tidak akan memiliki apapun.

    Thanks untuk sharing infonya mas yodhia. ini sangat membangun, sukses untuk kita semua.

  11. Blog ini inspirasiku untuk sukses, waktu itu dikenalkan sama Pak Nukman Lutfi (mantan COO Detik) pas training gratis UKM di Yogyakarta tentang blog manajemen yang hebat dan pemiliknya adalah Bang Yodia A. yang sangat sukses

Comments are closed.