3 Langkah Kunci Agar Anda Bisa Menabung Rp 10 Juta/Bulan

Apakah Anda sudah puas dan happy dengan level penghasilanmu saat ini? Well, saya tidak tahu berapa total pendapatan Anda saat ini. Berapapun jumlahnya, itu tetap sesuatu yang layak disyukuri.

Always be grateful. Sebab inilah kunci untuk membuka pintu rezeki Anda dari arah yang tak terduga.

Seraya terus bersyukur, otak tetap perlu digedor agar level penghasilan Anda bisa terus tumbuh.

Sebab seperti pernah saya tulis, jika usiamu saat ini adalah 30 tahun, maka saat pensiun kelak Anda butuh minimal dana 5M hanya sekedar untuk bertahan hidup.

Dengan asumsi saat ini Anda masih berusia 30, dan pensiun saat usia 55 tahun, maka Anda masih punya waktu selama 25 tahun untuk bisa mengumpulkan dana 5M. Apakah bisa? Apakah sanggup?

Waktu selama 25 tahun rasanya bukan waktu yang pendek. 25 tahun sama dengan dua setengah dekade. Seperempat abad.

Namun jika hidup Anda linear, maka durasi 25 tahun itu bisa berlalu dengan sia-sia; dan bahkan dalam waktu sepanjang 25 tahun ini dana 5M tak akan pernah sanggup Anda tabung.

25 tahun itu sama dengan 300 bulan. Jika setiap bulan Anda bisa menabung 10 juta pun, jumlahnya selama 25 tahun hanya 3M. (Asumsi dana tabungan tidak menghasilkan bunga atau return).

Dugaan saya, tak banyak yang akan sanggup menabung 10 juta per bulan. Boro-boro nabung 10 juta per bulan, uang buat cicilan Toyota AYLA saja belum lunas-lunas πŸ™

Agar saat usia 55 tahun Anda punya dana 5M, maka minimal Anda harus bisa menabung setiap bulan sebanyak Rp 17 juta. (Sekali lagi asumsinya saat ini usiamu 30 tahun; dan uang tabungan tidak menghasilkan return atau bunga).

Sebuah hitungan yang agak scary dan tidak mudah dicapai.

Iya tidak mudah dicapai, jika hidup Anda berjalan linear. Tidak eksponensial.

Sekali lagi saya ulangi kalimatnya : meraih dana 5M bukan hal yang mudah dicapai jika hidup Anda berjalan LINEAR, dan tidak EKSPONENSIAL.

Bagaimana caranya agar level penghasilanmu bisa naik secara eksponensial? Sehingga kelak Anda bisa menabung bukan hanya 10 juta per bulan, namun 20 juta per bulan?

Berikut 3 langkah kunci untuk menapaki jalan eksponensial agar Anda punya dana 5M tanpa harus menunggu 25 tahun lamanya.

Exponential Step # 1 : Build Abundance Mindset
Professor Martin Seligman, guru besar Psikologi dari University of Pennsylvania pernah menulis : orang-orang dengan mindset positif dan optimis, cenderung jauh lebih sukses dibanding mereka yang pesimis dan ragu akan masa depannya.

Think positive. Be optimistic. Ini adalah salah satu pilar untuk memulai jalan eksponensial.

Namun yang menarik, sejumlah riset juga menemukan hal ini : Anda akan sukses jika bisa membayangkan tantangan apa yang kira-kira akan menghadang perjalanan Anda. Bayangkan jalan terjal yang akan Anda lalui : hambatan apa saja yang kira-kira akan Anda temui.

Setelah mampu merenungkan aneka tantangan yang akan menghadang, maka segera bayangkan SOLUSI apa yang bisa Anda ambil, dan bayangkan Anda akan SUKSES menjalankan solusi itu.

Dus, Anda tidak hanya membayangkan yang indah-indah saja. Studi menunjukkan Anda akan lebih efektif dalam bertindak, jika mampu membayangkan aneka tantangan yang akan menghadang, dan lalu segera juga membayangkan langkah-langkah kunci untuk menaklukkan tantangan tersebut.

Tahapan yang lebih detil tentang cara membangun Abundance Mindset secara OPTIMAL bisa Anda cek DISINI. Pelajari isinya, dan praktekkan. Learn and then take action.

Exponential Step # 2 : Make Tiny Skills Improvement
Uang 5M pada akhirnya juga akan dimulai dari rupiah pertama. Berjalan sepanjang 100KM akan dimulai juga dari semeter langkah pertama.

Untuk meraih jalan eksponensial, maka tak ada pilihan lain : skills Anda saat ini harus di-upgrade; atau mungkin Anda harus mengakuisisi skills baru yang lebih berdampak pada kondisi keuangan Anda.

Sebab ingat ini : penghasilan Anda saat ini merupakan refleksi dari level skills Anda saat ini. Maka jika penghasilanmu masih belum memuaskan, ini hanya menunjukkan skills Anda memang masih mengecewakan.

Your skills will always determine your income level.

Nah untuk menaikkan level skills Anda, maka prinsipnya adalah : start small. Make tiny actions. Tiny actions artinya mengambil langkah-langkah kecil yang simpel, namun dilakukan secara konsisten.

Seperti yang saya tulis minggu lalu, jalan eksponsenial ternyata TIDAK dimulai dengan ambisi yang heroik, namun JUSTRU dari small actions.

Dan itulah sekeping paradoks yang gemilang : bisa punya dana 5M tidak diawali dengan impian muluk-muluk, namun dengan langkah kecil, satu rupiah demi satu rupiah, yang dilakukan secara konstan dan istikomah.

1% improvement, everyday. Tiny improvement ini pelan-pelan akan menjadi akumulatif dan membesar menjadi bola salju. Small steps itu pelan-pelan akan meledak menjadi eksponsensial.

Contoh yang sederhana : saya ngeblog hanya seminggu sekali setiap Senin pagi. Dulu saya memulai hanya dengan artikel-artikel yang pendek dan simpel. Namun saya melakukannya setiap minggu, selama 11 tahun, tanpa henti, dengan penuh kesabaran.

Langkah sederhana yang saya lakukan tiap minggu itu pelan-pelan meledak menjadi eksponsensial. Blog ini pelan-pelan menjadi legenda. Lalu, blog ini juga membantu menghasilkan miliaran bagi penulisnya.

Take small actions. And do it consistently.

Cara sederhana untuk juga bisa menghasilkan miliaran bisa Anda pelajari dengan lebih detil DISINI.

Exponential Step #3 : Create a Success System
Rekan saya, kang Jaya Setiabudi pernah mengatakan kalimat yang indah dan layak dikenang : sukses itu punya pola. Gagal juga punya pola.

Karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa menemukan pola sukses, atau sistem sukses yang sudah proven.

Sejumlah orang gagal melakukan percepatan eksponsenial bagi penghasilannya, sebab mereka terjebak dalam pola hidup yang linear. Mereka terjebak dalam comfort zone yang penuh rutinitas. Tau-tau usianya telanjur tua, sementara dana investasi belum ada sama sekali. Pusing pala berbie dong.

Karena itu, untuk mendobrak rutinitas semu, dan meraih jalan eksponensial, Anda harus menemukan SUCCESS SYSTEM yang sudah proven. Disini saya menulis sebuah buku panduan detil dan gratis tentang Financial Freedoom Roadmap (klik disini untuk mempelajarinya dengan tuntas).

Dalam metode Financial Freedom Roadmap ini, kita diajak untuk menemukan sistem sukses yang akan sangat membantu melakukan percepatan finansial secara eksponensial.

Jika Anda punya gairah untuk melakukan jalan eksponensial demi punya dana invetasi senilai 5M, maka metode Financial Freedom Roadmap ini layak Anda pelajari dan praktekkan dengan TUNTAS. (Anda bisa klik disini untuk memahami dan menerapkan strateginya).

DEMIKIANLAH, tiga langkah kunci untuk membangun jalan eksponensial bagi kehidupan finansial Anda. Agar kelak Anda bisa menyisihkan dana tabungan 10 atau 20 juta per bulan, demi investasi masa depan.

Tiga steps itu adalah :
1. Build Abundance Mindset
2. Make Tiny Skills Improvement
3. Create A Success System

Praktekkan tiga langkah diatas, dan temukan kebebasan finansial dalam hidup Anda.

Related Post

The Power of Habit to Change Your Life Pada akhirnya, nasibmu itu amat ditentukan oleh serangkaian perilaku (behavior) yang Anda praktekkan dalam keseharianmu. Dan perilaku atau behavior ya...
Fakta Ilmiah Mengejutkan tentang Relasi Uang dan Kebahagiaan Money can’t buy happiness. Begitu sebuah kata mutiara pernah terdengar. Apakah memang demikian adanya? Tulisan kali mencoba menjelajah hasil studi ...
Solusi Mujarab untuk Menghilangkan 3 Mentalitas Miskin yang Merusak Minggu lalu, kita sudah mengulik tiga jenis mentalitas miskin yang sangat destruktif, dan bisa membuat hidup kita terus berkubang dalam kenestapaan ya...
17 comments on “3 Langkah Kunci Agar Anda Bisa Menabung Rp 10 Juta/Bulan
  1. Sepakat dengan tiny step.
    Caranya:
    1. List kemampuan diri (semua orang pasti punya)
    2. Pikirkan bagaimana menjualnya

    Semoga semua berhasil yaa

  2. 1#Mindset positif dan optimis
    2#Tiny action dan konsisten (upgrade skill atau new skill)
    3#Ikuti pola orang sukses ( sukses berpola dan gagal berpola)

    Saya jadi ingat kata Kata motivasi
    “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”

    Artikel yang “mencerahkan” bagi yang mau sukses dalam hal apapun khususnya financial

    Trims mas Yod

  3. Setuju sekali.. Langkah besar harus dimulai dari langkah-langkah kecil.

    Sukses itu harus direncanakan. Gagal merencanakan berarti merencanakan gagal.

    Sukses untuk kita semua.

  4. Mulai dari yang kecil, rutin istiqomah terus dilakukan….
    Dan tak terasa, uang pun audah terkumpul banyak.

    Demikian juga, bila anda ingin membenahi sistem keuangan usaha anda, atau sekedar hanya ingin tahu akuntansi dan manajemen keuangan,
    Saat senggang mlipir ke https://manajemenkeuangan.net/

    Dan tak terasa tahu-tahu bisa dengan mudah membuat Laporan Keuangan. πŸ™‚

    Solusi cerdas, yang sudah terbukti dari jaman old hingga jaman now.

    Maturnuwun inspirasi paginya Kang.

  5. Nggak heran jadi blog legendaris. 11 tahun ngeblog isinya daging semua πŸ™‚

    Bacaan wajib tiap Senin pagi πŸ™‚

    Extremely inspiring

  6. Artikel yang maknyuss untuk direnungkan dalam dan selanjutnya tinggal eksekusi dan konsisten.

    Koreksi:
    “25 tahun sama dengan 5 dasawarsa. Dua setengah dekade.”
    ini merupakan pernyataan diatas yang keliru. 1 dasawarsa sama dengan 1 dekade yang artinya adalah 10 tahun.
    Jadi, seharusnya yang benar adalah 25 tahun sama dengan 2,5 dasawarsa/dekade

    Makasih

  7. Tiga langkah yang efektif setelah membaca dan merenunginya…semoga bisa diimplementasikan oleh para pembacanya khusunya saya…

    Terimakasih

Comments are closed.