Profit is Queen, Cash is King – 5 Kiat untuk Membuat Cash Flow Anda Selalu Mengalir

Artikel ini merupakan kontribusi dari Sleekr – penyedia layanan cloud computing aplikasi akuntansi terbaik di Indonesia.

Ada sebuah pepatah yang layak dikenang. Profit is Queen, Cash is KING.

Profit sering hanya diatas kertas laporan keuangan. Namun kas atau cash flow yang bisa terus mengalir benar-benar merupakan darah yang menghidupi setiap laju bisnis setiap harinya.

Jadi bagaimana kiat agar cash flow sebuah bisnis bisa terus mengalir; dan tidak mampet di tengah jalan?

Faktanya, terdapat sebuah survey kalau ternyata mayoritas bisnis gagal karena alasan yang sebenarnya jarang diperhatikan, yakni tentang kegagalan mengelola Arus Kas atau cash flow.

Dengan kata lain sumber utama penyebab kegagalan bisnis seringkali adalah pengelolaan keuangan.

Acapkali para pengelola bisnis hanya berfokus pada penjualan saja namun alpa mengurus arus kas. Semua uang masuk dikelola dengan buruk, dan akhirnya bisa membuat bisnis berantakan dan ujungnya masuk kuburan.

Bagaimana pun juga, Anda pasti ingin agar bisnis Anda yang dijalankan mampu memberi pemasukan tinggi sehingga keuntungannya pun besar. Demi mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang benar.

Apa saja hal yang bisa Anda lakukan?

Berikut lima kiat yang layak dikenang dalam mengelola keuangan bisnis yang masih kecil dan akan terus tumbuh.

1. Pisahkan Uang Pribadi dan Bisnis
Jika hal tersebut tidak dilakukan, Anda akan kesulitan membedakan pengeluaran pribadi dan bisnis. Kontrol terhadap pemasukan dan pengeluaran pun akan membingungkan. Akibatnya, keuangan pribadi akan banyak digunakan untuk kepentingan usaha Anda.

Sebaiknya, buka rekening baru khusus untuk menyimpan segala dana yang terkait dengan UKM Anda. Di sisi lain, Anda juga harus disiplin dalam menerapkan pemisahan keuangan antara keperluan pribadi dan bisnis.

2. Buat Rincian Penggunaan Uang
Setelah keuangan UKM terpisah dari keuangan pribadi, saatnya Anda membuat rician terhadap penggunaan uang tersebut. Sesuaikan rincian penggunaan dana sesuai dengan target penjualan dan penerimaan kas. Jangan menghamburkan dana meski mungkin saldo kas Anda sedang berlebih.

Sebaiknya, lakukan analisis untung dan rugi (cost and benefit) untuk memastikan bahwa penggunaan uang akan menghasilkan keuntungan besar sehingga tidak akan sia-sia.

3. Pencatatan Keuangan
Pencatatan keuangan berpengaruh besar dalam penentuan masa depan bisnis UKM Anda. Selalu catat setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, lalu cocokkan saldo dengan jumlah uang yang tercatat di pembukuan setiap hari untuk memastikan tidak ada yang terselip.

Jangan lupa mencatat segala saldo utang dan berbagai aset tetap yang Anda miliki. Sebaiknya, lakukan pencatatan keuangan menggunakan sistem komputer seperti Sleekr Accounting untuk memudahkan Anda.

4. Putar Arus Kas
Memiliki pembukuan yang baik harus disertai dengan perputaran arus kas yang lancar pula.

Putaran kas akan melambat ketika termin penjualan kredit lebih lama daripada kulakannya atau ketika Anda harus menyimpan persediaan barang dagangan.

Usahakan agar termin penjualan kredit selalu sama dengan pembelian kredit Anda. Tekan tingkat persediaan agar mampu memenuhi pesanan tanpa membebani keuangan.

5. Siapkan Dana Darurat
Bisnis yang kini sedang berjalan baik bisa mengalami hal-hal tidak terduga di kemudian hari. Misalnya omzet menurun atau terjadi musibah lain.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menyiapkan dana darurat, yang hanya boleh digunakan ketika Anda benar-benar membutuhkan. Jadi jika mengalami kerugian, bisnis UKM Anda tidak akan langsung terjerembap.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan yang bisa Anda terapkan pada bisnis UKM Anda. Jadilah pebisnis bisnis dan UKM yang cerdas dalam mengelola keuangan.

Untuk mengelola arus kas dan keuangan bisnis UKM Anda dengan cetar membahana, kini Anda bisa menggunakan software seperti Sleekr Accounting untuk membantu mengelola keuangan usaha Anda.

Sistemnya yang terotomatisasi akan memudahkan Anda dalam melacak kesalahan pencatatan keuangan.

Sleekr Accounting merupakan software akuntansi berbasis cloud yang dilengkapi dengan interactive business dashboard untuk bantu pantau performa bisnis Anda.

Sekarang Anda dapat dengan mudah mengelola arus kas, inventaris, menghasilkan laporan keuangan untuk mematuhi pajak, di mana saja dan kapan saja dalam satu klik.

Untuk pelajari Sleekr Accounting lebih lanjut dapat klik link berikut ini.

Setiap pembacara strategimanajement.net akan mendapatkan promo spesial Sleekr Accounting gratis 6 bulan setiap berlangganan 12 bulan.

Related Post

5 Alasan Tersembunyi Mengapa Bisnis UKM dan Start Up Gagal dan Mati Terdapat sebuah penelitian dari sebuah lembaga keuangan di Amerika, kalau ternyata 82% bisnis kelas UKM dan start up gagal karena alasan yang sebenarn...
6 comments on “Profit is Queen, Cash is King – 5 Kiat untuk Membuat Cash Flow Anda Selalu Mengalir
  1. Selamat pagi sobat,
    Bagaimana kabar Senin pagi ini, siap melakukan aktivitas pagi yang cerah …

    ada juga satu ungkapan menarik seperti ini:

    “Terlalu fokus pada LABA RUGI, maka akan tertipu,

    Terlalu fokus pada CASHFLOW, maka akan tersesat,

    Tidak paham membaca NERACA, maka akan mati rasa 🙂

    So ketiga penting dan saling men-support.

    Salam sukses penuh keberkahan.

  2. Memisahkan uang pribadi dan bisnis memang sangat penting, mengingat selama ini saya mencampurkannya yang berakibat susahnya mengontrol pengeluaran.

    Mantap sharing nya pak ! terimakasih

  3. Terima kasih atas pencerahan nya Mas.
    Sangat bermanfaat buat kami yang baru setahun memulai usaha. Kami akan mencoba untuk menjalankan sesuai sarannya.

Comments are closed.