Kenapa Masa Depanmu Akan Berantakan Jika Terjebak 10 Bad Habits Ini?

Masa depan Anda itu amat ditentukan oleh perilaku Anda hari ini. Dan perilaku Anda (atau your behavior) Anda sehari-hari itu dibentuk oleh kumpulan habits yang Anda miliki.

Dengan demikian siklusnya adalah seperti ini : your habits >> your behavior >> your destiny.

Habit dengan kata lain merupakan pilar fundamental yang akan amat menentukan jalan masa depanmu.

Itulah kenapa para pakar human behavaior menyebut habits itu sebagai “leading indicators” yang d bisa memprediksi arah masa depanmu dengan akurat.

Misal, masa depan keuanganmu itu akan mudah ditebak dengan melacak spending habit Anda hari ini.

Masa depan kesehatan tubuhmu akan dengan mudah diprediksi dengan melihat eating habit Anda saat ini, dan juga exercise atau sport habit yang Anda jalani.

Masa depan karirmu juga bisa diprediksi dengan melihat working habit Anda saat ini.

Demikian juga, probabilitas Anda untuk meraih kebahagiaan di akherat nanti, akan dengan mudah ditebak dengan melihat habit Anda untuk berbuat kebaikan dan beribadah.

Ringkasnya, arah masa depan Anda itu sejatinya mudah ditebak. Yakni dengan hanya melihat serangkaian habits yang Anda jalani saat ini.

Saat hidup sehari-hari Anda lebih banyak dipenuhi dengan serangkaian “good habits”, maka kemungkinan besar hidup Anda akan lebih sejahtera dan membahagiakan.

Sebaliknya, saat keseharian Anda lebih banyak ditaburi oleh kumpulan bad habits, maka masa depanmu akan suram dan bisa terkapar dalan kenestapaan.

Habit sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan secara rutin dan berulang kali, sehingga bersifat otomatis. Secara instingtif, perilaku kita bersifat automatic lantaran habit ini.

Contoh habit yang paling simpel adalah mandi pagi hari dan lalu gosok gigi. Atau juga ritual sarapan pagi. Ini habit yang sudah puluhan tahun bersifat automatic dan kita jalani setiap hari tanpa mikir lagi.

Berikut contoh GOOD HABITS dan BAD HABITS dalam beragam aspek kehidupan yang kita jalani. Coba perhatikan, mana saja yang lebih banyak Anda jalani.

Contoh GOOD HABITS :

1. Habit membaca buku bermutu tiap malam
2. Habit menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
3. Habit menginvestasikan uang setiap bulan secara rutin
4. Habit melakukan action secara tekun sesuai rencana harian
5. Habit olahraga jalan kaki tiap pagi
6. Habit olahraga renang tiap sore
7. Habit baca Al Qur’an selepas shalat Maghrib
8. Habit shalat Tahajud
9. Habit merapikan meja kerja secara berkala
10. Habit menuliskan tiga hal kecil yang layak disyukuri tiap malam
11. Habit menulis artikel di blog setiap minggu
12. Habit makan sayur dan buah tiap hari
13. Habit minum air putih 8 gelas tiap hari
14. Dan lain-lain, dan seterusnya

Contoh BAD HABITS :

1. Habit scroll-scroll hape berjam-jam tanpa faedah, alias menikmati konten yang tidak berdampak sama sekali pada peningkatan skills dan income

2. Habit nonton televisi atau youtube berjam-jam sekadar untuk menikmati aneka acara yang tidak begitu penting bagi proses pengembangan diri

3. Habit menunda-nunda penyelesaian pekerjaan
4. Habit melamun sambil rebahan namun nol action
5. Habit begadang dan tidur terlalu larut malam
6. Habit merokok
7. Habit belanja online
8. Habit beli barang atau gadget hanya demi kesenangan sesaat
9. Habit makan camilan (junk snacks) dan junk foods
10. Habit minum teh/kopi dengan air yang terlalu manis
11. Dan lain-lain dan seterusnya

Kalau saja hidup Anda lebih banyak diisi dengan kumpulan GOOD HABITS seperti di atas, maka dijamin masa depan Anda akan lebih sukses, lebih sehat dan lebih membahagiakan dunia dan akherat.

Sebaliknya, jika keseharian Anda lebih banyak diisi dengan 10 BAD HABITS seperti daftar di atas, maka niscaya masa depan finansial dan kesehatan Anda akan suram. Nasib hidup Anda juga akan stagnan. Masa depan Anda akan berantakan karenanya.

Sayangnya, kebanyakan orang terjebak dalam serangkaian bad habits yang memang terasa lebih nikmat dijalani dan melenakan.

Begitu bayak yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjalani habit scroll-scroll hape demi konten yang un-faedah (alias tidak ada manfaatnya). Setelah itu disusul habit melamun namun nol action, atau juga habit menunda action.

Lalu dengan bad habits seperti itu, orang tersebut tetap berharap menjadi kaya dan sukses.

Menjadi kaya gundulmu alus Le.

Faktanya, terjebak bad habits memang benar-benar akan bisa menghadirkan masa depan yang amat kelam. Kenapa? Sebab serangkaian BAD HABITS itu dilakukan secara BERULANG, SETIAP HARINYA.

JUTAAN ORANG TIDAK MENYADARI : memiliki kumpulan BAD HABITS yang dilakukan secara terus menerus, setiap hari, setiap minggu, hingga bertahun-tahun tahun lamanya; akan benar-benar membawa petaka hidup masa depan.

Sebuah aktivitas yang buruk (bad activity) mungkin tak akan membawa dampak negatif jika hanya dilakukan setahun sekali. Atau hanya sesekali.

Tidak demikian dengan bad habits. Memiliki bad habits artinya Anda mengulang bad activity terus menerus, berulang kali, every single day.

Akibatnya sangat muram : saat bad activity itu dilakukan berulang kali setiap hari, maka dampak kerusakan akumulatifnya akan sangat masif.

Potensi dan kekuatan positif dalam diri Anda bisa lenyap dikikis secara perlahan oleh serangkaian bad habits yang Anda jalani secara konsisten setiap harinya.

Melihat dampak masif kerusakan bad habits bagi masa depan, para pakar human behavior kemudian memberikan saran yang powerful : yakni untuk mengubah arah masa depanmu, Anda harus mengubah habits yang Anda jalani setiap harinya.

Change your habits, change your life – demikian tagline yang diusulkan oleh para pakar human behavior (sebuah tagline yang kemudian saya adopsi menjadi salah satu judul buku yang akan saya rilis tanggal 3 Februari nanti).

Maknanya adalah ubah kumpulan bad habits yang masih Anda tekuni, menjadi serangkaian good habits. Tumbuhkan lebih banyak good habits dalam keseharian Anda. Lalu pelan-pelan eliminasi kumpulan bad habits yang selama ini telah menjebak dan melenakan diri Anda.

Pertanyaannya adalah :
– Bagaimana cara mengubah bad habits menjadi good habits?
– Apa strategi efektif untuk membangun kumpulan good habits?
– Dan bagaimana pula cara termudah untuk menghentikan bad habits?

Saya mengulas jawabannya secara tuntas dalam salah satu dari trilogi buku yang saya tulis dengan judul Change Your Habits, Change Your Life – Kiat Memanfaatkan Kekuatan Habit untuk Meraih Kesuksesan

Anda bisa mendapatkan buku yang saya tulis itu DISINI.

Keep investing in yourself
Keep building your good habits
Keep upgrading your life skills

Salam sukses mulia,
Yodhia Antariksa

Related Post

Kenapa Harga Tanah dan Rumah Terus Naik Gila-gilaan? Ya, kenapa harga rumah sekarang makin melangit? Pergerakan kenaikan harga tanah dan rumah memang suka bikin orang yang tidak punya banyak uang, jadi p...
Kenapa Motivasi dan Tekad untuk Mengubah Nasib itu Mudah Menguap? Setiap awal tahun mungkin kita punya sejenis angan dan rencana agar tahun ini, kehidupan menjadi lebih konclong dan lebih menggairahkan. Kita menyi...
Berapa Kenaikan Gaji yang Ideal untuk Anda? Bagi para pekerja kantoran, kenaikan gaji tahunan adalah sebuah ritual yang selalu ditunggu dengan setangkup harapan. Sebab kita tahu, biaya hidup ...
14 comments on “Kenapa Masa Depanmu Akan Berantakan Jika Terjebak 10 Bad Habits Ini?
  1. Terima kasih pak.
    Sungguh menginspirasi dan menyadarkan saya terkait good dan bad habits.
    Statemen penutup dari John C Maxwell memperkuat tulisan yang disajikan.
    Sukses selalu dengan penerbitan bukunya.

  2. Tiap awal pekan mampir ke sini selalu saja ada yang WOW Bangetsss.

    Sebuah nutrisi bergizi tinggi yang membuat ambyar pendar-pendar di otak dan pikiran.

    Menggugah kesadaran,
    Menggugah inspirasi,
    Menggugah gairah untuk bertindak lebih josss dari sebelumnya.
    “weslah poko’e mantul abis rek!’ 🙂

    Termasuk yang ini, gue bangetss deh,

    Hidup cuman sekali, kalau cuman dihabisin tuk nyekrol layar hape, kecuali nambah sesuatu yang bermanfaat.

    Salam sukses penuh kedamaian dan keberkahan.

    Terima kasih

  3. Yupsss,,, setiap langkah yang kita jalani, akan menentukan apa yang akan kita dapatkan nanti.

    Bad habits, tentu akan menciptakan bad results juga.

    Untuk mengubah arah masa depan kita, maka kita juga harus mengubah habits yang kita jalani setiap harinya.

    Thanks…

  4. Dari sekian good habit diatas ada satu yg masih ingin aku wujudkan yakni sholat tahajud 😀 semua yg good habit yg tertulis diatas sudah saya laksanakan.

    Untuk bad habit yang masih ada dalam diriku cuma satu yakni masih sering scroll media sosial. HAHA

    Setelah membaca artikel ini, semangatku untuk tahajud menghilangkan kebiasaan scroll medsos akan ku mulai saat ini juga.

    Thanks a lot

  5. Pernah baca buku terjemahan yang berkumpul kuning.. tentang mengubah habits buruk menjadi baik. Sebagian berhasil namun lebih banyak yg belum.. terutama menunda pekerjaan dan lebih asyik mengkhayal..

    Alhamdulillah di beri lecutan lagi di senin malam yang sumuk ini..

  6. Setelah baca good habits dan bad habits, telak banget rasanya. Namun dari situ kita masih ada kesempatan untuk bisa improve.
    Memang 2 quotes dari John C. Maxwell itu mengena sekali… Thanks sharingnya.

  7. Artikel yang mampu membangkitkan motivasi diri yang tanpa disadari sudah meredup karena terlena dengan “bad habits” yang sudah dianggap “biasa”. Terima kasih pak, sukses dan sehat selalu.

Comments are closed.