Cara Terbaik untuk Memadukan Passion, Uang dan Keahlian

Apakah Anda pernah merasa jenuh atau kehilangan motivasi ketika melakoni pekerjaan Anda?

Atau mungkin berada hingga di titik yang mengerikan seperti tidak memiliki alasan bangun di pagi hari untuk mengerjakan seluruh rutinitas?

Peristiwa itu bisa terjadi ketika Anda belum berhasil memadukan elemen passion, uang dan keahlian dalam sekujur hidup Anda.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk memadukan passion, uang dan keahlian agar hidup menjadi lebih sumringah?

Salah satu caranya adalah dengan menemukan IKIGAI di dalam hidup Anda.

IKIGAI?

Apa itu IKIGAI? Apakah IKIGAI sama seperti passion? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu IKIGAI?

IKIGAI berasal dari dua gabungan suku kata yakni ‘iki’ yang artinya kehidupan dan ‘gai’ yang artinya nilai.

Jadi, jika diartikan IKIGAI merupakan sebuah nilai yang membuat kehidupan menjadi lebih bermakna.

Sederhananya begini, IKIGAI merupakan suatu alasan yang Anda miliki untuk selalu semangat bangun setiap pagi dan menjalani rutinitas di sepanjang hari.

Apabila dilukiskan dalam sebuah gambar, konsep IKIGAI akan tergambar dalam bentuk diagram Venn yang terdiri atas empat komponen seperti gambar di bawah ini.

Komponen pertama yaitu apa yang Anda sukai (what you love), komponen yang kedua adalah keahlian apa yang Anda miliki (what you are good at).

Komponen ketiga yaitu bayaran apa yang akan diperoleh (what you can be paid for) dan komponen yang terakhir yaitu apa yang dunia butuhkan (what the world needs).

IKIGAI adalah hal yang merangkum keempat komponen tersebut. Ketika hanya dua atau tiga saja yang berisisan dari keempat komponen tersebut, maka sudah jelas tidak akan memberikan kepuasan dan kebahagiaan yang lengkap pada saat Anda melakoni suatu pekerjaan.

Melakukan apa yang Anda sukai disebut dengan passion.

Menjalankan keahlian Anda adalah profession.

Melakukan apa yang dibutuhkan oleh dunia adalah mission.

Melakukan sesuatu demi dapat bayaran disebut vocation (melakukan pekerjaan).

Apabila keempat hal itu terpenuhi, barulah bisa disebut dengan IKIGAI.

Cara Meraih IKIGAI

Meraih IKIGAI bisa membantu Anda setidaknya memiliki alasan untuk mau bangun pagi dan tetap semangat melakoni pekerjaan dan berbagai rutinitas.

Agar Anda bisa memaksimalkan kepuasan dan kebahagian saat bekerja, maka Anda harus bisa menemukan IKIGAI Anda sendiri.

Berikut ini adalah empat pertanyaan yang akan membantu untuk menemukan IKIGAI Anda sendiri. Apa saja pertanyaannya?

Apa yang Anda Sukai

Ada pepatah yang berkata, ‘Do what you love, love what you do.’

Sederhana memang kalimat tersebut, namun untuk mempraktikkannya di lapangan bukanlah sebuah perkara mudah.

Tetapi melakukan sesuatu yang Anda sukai setidaknya akan menjadi modal awal untuk membantu menemukan IKIGAI.

Maka dari itu, untuk mempraktikkan kalimat dari pepatah tersebut, Anda harus memilih pekerjaan yang benar-benar Anda suka.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi yang bekerja saja, tetapi juga berlaku bagi yang ingin beralih menjadi pebisnis.

Memilih bidang bisnis yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda akan membuat Anda jauh merasa lebih mudah dan menyenangkan ketika melakoni bisnis tersebut.

Itulah mengapa ini saatnya Anda bertanaya pada diri tentang hal apa yang disukai. Setidaknya, setelah menemukan apa yang Anda suka, Anda sedang berada di tahap awal perjalanan dalam menemukan IKIGAI.

Apa Keahlian yang Anda Miliki?

Jika Anda mencintai suatu bidang pekerjaan memang harus diimbangi dengan usaha untuk mengasah keahlian Anda di bidang tersebut.

Misalnya begini, Anda suka dunia jurnalistik, maka untuk mengasah keahlian Anda di dunia jurnalistik, hal yang harus dilakukan yaitu berlatih menulis dengan rutin agar kemampuan Anda dalam menghasilkan sebuah tulisan yang bagus meningkat atau berkembang pesat.

Sama halnya ketika Anda menyukai dunia IT. Untuk terus meningkatkan kemampuan Anda di bidang IT, maka teruslah berusaha mengupdate apa aja yang telah berkembang di dunia tersebut.

Setelah mengasah kemampuan, Anda cobalah untuk kembali memeriksa, apakah benar pekerjaan yang ditekuni hingga saat ini sudah sesuai dengan keahlian yang dimiliki? Kemudian tanyakan lagi pada diri Anda, apakah Anda mampu untuk terus mengasah kemampuan di bidang tersebut agar bisa menghasilkan sesuatu? Itulah langkah berikutnya untuk menemukan IKIGAI dalam diri Anda.

Apa IMBALAN yang bisa Anda peroleh jika melakukan hal itu?

Inilah salah satu elemen kunci dalam IKIGAI, yakni berapa banyak income yang Anda hasilkan dari menjalani keahlian Anda?

Idealnya Anda bisa menemukan “high-paid skills” yang kemudian bisa memberikan Anda penghasilan yang maknyuss.

Cara menemukan dan menjalankan high-paid skills bisa Anda pelajari secara lebih detil DISINI.

Apakah lingkungan di sekitar membutuhkannya?

Pertanyaan terakhir yang bisa membantu Anda dalam menemukan IKIGAI yaitu apakah dunia atau lingkungan di sekitar Anda membutuhkan hasil pekerjaan atau jasa yang Anda miliki.

Inilah yang akan membedakan IKIGAI dengan passion. Perasaan untuk turut memberikan kontribusi pada kebutuhan lingkungan sekitar akan mampu menjadi pelengkap Anda untuk memberikan kepuasan dalam bekerja.

Dengan mengetahui bahwa dunia di sekitar Anda membutuhkan hal tersebut, maka Anda pasti akan lebih bersemangat lagi untuk bangun setiap pagi dan melakoni berbagai rutinitas.

Memiliki passion saja memang tidak cukup. Memiliki profesi yang menjanjikan banyak penghasilan juga tidak menjamin segalanya.

Namun pada sisi lain, pekerjaan yang membuat Anda happy dan menghasilkna banyak uang juga kurang bermakna, jika tidak memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Pendeknya untuk meraih kebahagiaan yang paripurna dalam dunia profesi yang Anda jalani, maka Anda harus menemerukan empat pilar IKIGAI yakni :

  • Anda menyukai profesi Anda
  • Anda ahli dalam bidang tersebut
  • Anda menghasilkan income yang maknyuss dari profesi ini
  • Dan hasil karya Anda mampu sumbang sesuatu yang positif bagi kemajuan masyarakat luas

Selamat berjuang menemukan IKIGAI dalam hidup Anda.

Related Post

Download Gratis – Buku Keren tentang Strategi Bisnis, Karir dan Positive Mindset Materi ebook ini berisikan perbincangan yang renyah tentang strategi bisnis serta kiat pengembangan karir dan positive mindset. Secara sangat memik...
5 Profesi Mahal yang Layak Ditekuni sebagai Pilihan Karir Ada dua keputusan yang paling krusial dalam menentukan nasib hidup kita. Yang pertama dengan siapa kita menikah. Yang kedua, profesi apa yang kita pil...
2 Keputusan Paling Penting dalam Hidupmu Ada dua keputusan paling krusial yang akan amat menentukan sejarah hidupmu, yakni : 1) profesi atau pekerjaan apa yang Anda tekuni dan 2) dengan siapa...
15 comments on “Cara Terbaik untuk Memadukan Passion, Uang dan Keahlian
  1. Terimakasih pak yodhia, semoga selalu sehat dan panjang umur sehingga bisa terus mangispirasi banyak orang untuk terus menggapai IKIGAI..

  2. Alhamdulillah, Saya sudah mulai menenukan IKIGAI Saya sendiri, terimakasih Pak Yodhia.. untuk ulasan yang renyah namun sangat bergizi ini.

Comments are closed.