Merajut Sukses Masa Depan Anda dengan Growth Mindset

Apa sebenarnya makna tentang growth mindset, dan kenapa elemen ini begitu krusial perannya bagi masa depan sukses Anda?

Dan yang tak kalah penting bagaimana cara menumbuhkan growth mindset? Sebab jika kita gagal merawat dan menumbuhkannya, maka masa depan kita bisa termehek-mehek, dan jatuh dalam lorong kenestapaan.

Mari kita ulas jawabannya dalam sajian renyah pagi ini.

Konsep tentang growth mindset pertama kali dibedah dalam buku best seller berjudul Mindset : The New Psychology of Success, karya Profesor Carol Dweck, guru besar behavior science dari Stanford University.

Growth mindset intinya merujuk pada mindset seseorang yang selalu fokus pada upaya untuk menumbuhkan kecakapan dirinya. Lawannya adalah fixed mindset – atau mereka yang cenderung menganggap kemampuan dirinya fixed, dan sulit untuk mengembangkan dirinya lagi.

Orang dengan growth mindset, saat menemui kendala dan problem, langsung fokus pada solusi. Sebaliknya orang dengan fixed mindset langsung fokus pada kesulitan itu sendiri, dan mudah stuck saat problem makin rumit.

Orang dengan fixed mindset cenderung mudah menyerah saat menemui kendala yang dianggapnya terlalu sulit; dan akhirnya nasibnya tetap stagnan. 

Orang dengan fixed mindset saat menghadapi tantangan dan yang sulit ketika mau action, langsung bilang : saya kayaknya tidak bisa; sulit bagi saya melakukannya. Dirinya dipenuhi dengan keraguan dan ketidakyakinan.

Misal orang ini mau mulai bisnis online, namun saat melihat kerumitan harus belajar banyak hal tentang ilmu instagram marketing dan online selling skills, langsung surut langkahnya, dan akhirnya tidak kunjung mulai action.

Orang dengan fixed mindset langsung menganggap semua ilmu teknis itu rumit dan sulit dilakukan. Akhirnya, menyerah dan tidak pernah action.

Sebaliknya orang dengan growth mindset, saat menghadapi kendala dan kesulitan, selalu fokus pada solusi. Apa yang harus saya pelajari agar saya bisa melakukannya?

Misal saat mau mulai bisnis, orang ini menemui banyak kendala, misal kendala modal yang terbatas, kendala belum punya pengalaman, kendala belum paham tentang selling skills, dll.

Namun orang dengan growth mindset tidak akan menyerah. Meski menghadapi banyak kendala, dia tetap akan terus berjuang menemukan solusi. Dia akan terus belajar dan terus gigih melakukan praktek dan action. Dia tak pernah menyerah berjuang menemukan solusi.

Sementara orang dengan fixed mindset, saat menemui beragam kendala seperti diatas, akan langsung surut semangatnya, dan langsung menyerah.

Dalam hati dia akan bilang : saya gak punya modal, gak punya pengalaman, gak punya kehalian. Saya pasti akan sulit menjalaninya. Akhirnya kelam : orang ini nasibnya akan terus stagnan.

Pertanyaan selanjutnya adalah : lalu bagaimana cara menumbuhkan growth mindset, agar nasib masa depan bisa lebih sumringah?

Cara simpel namun sangat powerful adalah dengan memulai sebuah langkah baru dalam skala yang kecil dan paling mudah dilakukan. Start small. Take first easy steps.

Sebutannya the power of small steps. The magic of small wins. Orang Jepang bilangnya the power of Kaizen.

Inti dari filosofi the power of small steps adalah : ternyata perubahan besar dan masif dalam hidup itu acap terjadi karena dimulai oleh sebuah perubahan amat kecil yang sederhana (dan bukan dengan massive action yang heroik dan kelihatannya penuh semangat itu).

Studi memang menunjukkan kita akan lebih mudah menumbuhkan growth mindset (dan akhirnya memicu sukses besar di masa depan) saat kita memulai sebuah perubahan dengan small, simple and easy steps.

Kenapa begitu?

Alasannya sederhana namun juga powerful : sebab memulai sebuah langkah pertama dengan langkah yang simple dan mudah dilakukan, akan membuat kita menjadi yakin akan bisa melakukannya (sebab langkahnya memang mudah).

Dan itu penting. Sebab seperti yang diuraikan di depan, jebakan fixed mindset muncul karena keraguan di awal. Jangan-jangan saya tidak bisa melakukannya. Jangan-jangan saya akan gagal.

Keraguan dan ketidakyakinan semacam ini (yang acap mensabotase langkah perubahan kita); dengan mudah bisa ditaklukkan manakala langkah awal yang akan kita lakukan memiliki skala yang kecil dan mudah dilakukan.

Saat memulai langkah pertama dengan skala yang simpel, keraguan akan lenyap. Sebab sekali lagi, langkahnya memang simpel dan mudah dilakukan.

Dan kemudian : saat kita benar-benar bisa melakukan langkah awal yang simpel itu, maka pelan-pelan keraguan dalam diri kita patah. Sebaliknya, perlahan akan muncul rasa percaya diri baru. Wah, ternyata saya bisa melakukannya.

Dan persis disitulah the power of small wins menjadi penting. Saat rasa percaya diri mulai tumbuh karena berhasil melakukan langkah awal yang sederhana, maka perlahan growth mindset dalam pikiran kita juga akan ikut tumbuh.

Keberhasilan awal karena melalukan first small steps tadi akan memicu rasa percaya diri; dan akhirnya bisa terus mendorong kita untuk bergerak lebih maju.

Rasa percaya diri yang tumbuh karena sukses menjalankan langkah awal yang simpel ini, akhirnya akan memicu tumbuhnya growth mindset dalam jiwa kita.

Didukung dengan rasa percaya diri yang makin meningkat, dan growth mindset yang mulai tumbuh, maka langkah awal yang kelihatannya kecil dan so simple itu lama-lama akan makin membesar, dan menciptakan snowball effect (dan akhirnya bisa membawa perubahan besar dalam perjuangan kita meraih sukses masa depan).

The power of small steps ini sejatinya tidak hanya bisa diterapkan ketika memulai langkah awal. Metode ini bisa juga diterapkan saat kita menemui kendala atau problem di tengah jalan saat berjuang mengubah nasib.

Saat menemui kendala dan merasa stuck, maka kita tidak perlu berpikir untuk menemukan solusi yang heroik dan rumit-rumit. Terapkan lagi filosofi the magic of small wins. Maksudnya : saat stuck menemui problem, rumuskan solusi yang simpel dan mudah dilakukan. Temukan alternatif tindakan yang paling mudah dilakukan.

Saat stuck menemui kendala, tidak perlu mikir yang terlalu rumit dan merasa harus bisa menemukan solusi yang heroik dan muluk-muluk. No. Cukup rumuskan solusi yang so simple, yang skalanya kecil dan mudah dilakukan.

Sebab saat solusi kecil, simpel dan mudah dilakukan itu benar-benar dilakukan, maka perlahan akan mampu membawa efek berantai yang signifikan di masa depan.

Demikianlah ulasan tentang growth mindset, dan solusi untuk menumbuhkannya.

Think small. Find easy and simple solution.

Temukan kekuatan small wins. Sebab small wins ini kelak akan benar-benar mampu membawa big success dalam perjalanan masa depan Anda.

Related Post

The Power of Positive MINDSET Putaran jarum jam terus berjalan, dan roda kehidupan terus berkelana. Lalu, disela-sela perjalanan waktu itu, kita mungkin punya sekeping angan untuk ...
Mindset : Pilar Utama untuk Melukis Garis Nasib Kehidupan Anda Tulisan minggu lalu di blog ini tentang buruh lulusan SMP yang mengubah nasib melalui keajaiban internet, di-share oleh ribuan pembaca. Mungkin karena...
3 Langkah Kunci Menjadi Top 20%, Bukan Nyungsep dalam Bottom 20% Minggu lalu, kita sudah membahas sajian berjudul Kenapa Hanya 20% Populasi yang Selalu Menguasai 80% Aset Kekayan. Lalu ada pembaca yang nanya : ba...
6 comments on “Merajut Sukses Masa Depan Anda dengan Growth Mindset

Comments are closed.