3 Cara Menjadi Internet Marketer yang Sukses di Era Pandemi

Menjadi seorang internet marketer yang profitabel mungkin merupakan sebuah dream job bagi sebagian orang. Sebab hanya dengan berbekal laptop dan koneksi wifi, seseorang bisa meraih income masif.

Dan kini di era Pandemi yang entah kapan akan berakhir, profesi sebagai seorang internet marketer mungkin merupakan salah satu pilihan profesi yang maknyus. Kenapa? Sebab profesi ini bisa dijalankan sambil WFH sepanjang tahun, atau bahkan selamanya. WFH Forever.

Dengan profesi sebagai internet marketer, kita tidak perlu bertemu dengan banyak orang sambil tatap muka secara fisik. Semua interaksi dengan pelanggan dilakukan secara online, sehingga risiko terkena penularan wabah menjadi amat minimal.

Ke depan, profesi internet marketer ini mungkin akan makin booming, sejalan dengan ledakan e-commerce dan digital explosion.

Selain itu, di tengah jalanan yang kian macet dan harga rumah di kota yang semakin mahal, maka bekerja secara online dari rumah di sebuah kampung nun jauh disana, tentu juga pilihan yang menarik. Kita tidak perlu kena macet tiap hari di jalanan. Kita juga bisa bekerja dari kampung atau desa mana saja, dimana harga rumah masih terjangkau.

Lalu apa itu internet marketer? Intinya kita bekerja mendapatkan uang hanya dengan modal laptop dan koneksi internet.

Pilihan mendapatkan uang dari internet relatif banyak : misal berjualan digital products secara online. Jenis ini yang saya lakukan, dan merupakan salah satu pilihan yang sangat saya sukai, karena tidak ribet kirim barang dengan JNE. Produk cukup saya kirim dalam format link download melalui email.

Cara lain bisa juga dengan jualan aneka barang fisik (mulai dari jualan tas, sepatu, jam tangan, hijab, buku hingga jualan casing hape) secara online – baik melalui marketplace, media sosial atau web store yang kita buat secara khusus.

Tapi menjadi seorang internet marketer yang sukses tak semudah scroll-scroll hape sambil menikmati  Instagram strories para selebgram.

Berikut 3 kunci sukses paling fundamental bagi seorang Internet Marketer di era Pandemi.

Cara Sukses #1 : Webstore Traffic

Trafik webstore yang tinggi dan TERTARGET adalah kunci pertama untuk menjadi profitable internet marketer.

Trafik yang tertarget artinya adalah tipe pengunjung web store Anda merupakan target market yang cocok dengan produk yang  Anda jual.

Kalau jualannya jam tangan pria atau kaos clothing pria, maka visitors idealnya adalah kaum lelaki yang suka fashion. Kalau jualannya adalah buku-buku bisnis, maka visitor blog yang tertarget idealnya adalah orang-orang yang suka membaca buku bisnis dan pengembangan diri.

Menurut pengalaman saya, minimal visitors web-store tertarget adalah 1.000 per hari untuk mulai bisa mendapatkan income yang memadai.

Untuk bisa menembus 1.000 visitors tertarget per day dibutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 12 bulan – tergantung pada kualitas konten, strategi SEO (search engine optimization) dan promosi melalui akun media sosial yang kita miliki.

Konten yang berkualitas dengan beragam keyword yang tertarget, disertai dengan bantuan jasa SEO, serta promosi agresif melalui beragam akun media sosial yang kita miliki, merupakan salah satu cara efektif untuk segera meningkatkan trafik webstore Anda.

Cara Sukses # 2 : Social Media Followers

Saat ini mayoritas warganet menjadikan media sosial sebagai salah satu tujuan utama mereka membuka smartphone. Kalau kita tidak rutin menyapa mereka via sosial media, maka web-store (atau lapak kita di marketplace) akan selalu sepi dan sunyi.

Pada sisi lain, kita juga bisa langsung berjualan jasa atau produk yang kita jual melalui  akun media sosial yang kita miliki, dengan catatan jumlah followers sudah tinggi.

Banyak internet marketers yang sukses karena punya akun Instagram dengan followers ratusan ribu; atau punya akun Tiktok dengan followers ribuan orang juga.

Saya sendiri punya akun Twitter dengan followers sekitar 214 ribu orang; dan sejauh ini amat membantu meningkatkan trafik ke blog saya.

Jika kita jualan di marketplace pun, tetap penting punya akun media sosial dengan followers yang banyak. Kenapa? Sebab dengan mudah kita arahkan followers ini ke link toko kita yang ada di Shopee atau Tokopedia.

Bagaimana cara meningkatkan followers di akun media sosial? Isi dengan konten yang menarik, bermanfaat dan juga relevan dengan jualan kita. Lalu update isinya dengan rutin dan konsisten.

Cara Sukses #3 : Email Subcribers

Cara sukses yang ketiga ini menurut saya yang paling fundamental. Faktanya, beragam studi empirik tentang online consumer behavior memang menunjukkan, pelanggan email memiliki konversi tertinggi untuk menjadi pembeli aktual.

Itulah kenapa semua web-store di seluruh dunia selalu mengajak pengunjung untuk menjadi pelanggan email.

Saya sendiri sudah membuktikan keampuhan email marketing ini. Misal beberapa tahun lalu saya me-launch produk kursus online, dan mampu menghasilkan net profit Rp 240 juta hanya dalam satu bulan. Dari analisa yang saya lakukan, 80% profit ini disumbang oleh para pelanggan email yang saya miliki.

Maka saya selalu berusaha meningkatkan pelanggan email saya, baik melalui blog ini ataupun via promosi di akun media sosial saya di Twitter dan FB.

DEMIKIANLAH, tiga faktor paling fundamental untuk menjadi internet marketer yang sukses.

Di era Pandemi yang kian sulit , menjadi internet marketer dengan profit jutaan atau bahkan puluhan juta/bulan merupakan pilihan yang layak diperjuangkan.

Jalannya memang tidak mudah. Ibaratnya ini adalah sebuah proses marathon, bukan sprint.

Related Post

Sukses Jualan Online Melalui 3 Jurus Ampuh Instagram Marketing Tiga tahun terakhir rasanya begitu banyak muncul milioner baru di tanah air yang dilahirkan dari Instagram Land. Kekayaan yang masif terus muncul kare...
Anda Ingin Berubah Menjadi Pribadi yang Lebih Sukses? Read This Amazing Idea. Apakah Anda ingin melakukan proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik? Melakukan perubahan perilaku (behavior change) agar Anda tumbuh menjadi...
Smartphone Culture dan Robohnya Attention Span Kita Salah satu dampak kelam kultur smartphone itu adalah makin robohnya “attention span” kita. Attention span maknanya adalah rentang atensi (atau...