5 Jenis Hobi yang Layak Anda Miliki demi Hidup yang Fun dan Meaningful

Apa saja hobi atau kegemaran Anda selama ini?

Hobi tak pelak merupakan salah satu aktivitas yang paling menyenangkan untuk kita lakukan. Sebab hobi memang maknanya sesuatu yang kita gemari dan kita sukai.

Saat seseorang tenggelam dalam hobi yang dia lakukan, maka orang ini bisa lupa waktu atau bahkan menjadi lupa dengan segalanya.

Lalu apa saja hobi yang selayaknya kita tumbuhkan agar hidup kita menjadi lebih sukses dan produktif?

Dalam gambar di bawah ini disajikan lima jenis hobi yang selayaknya kita pelihara agar kita menjadi lebih berhasil dalam menggapai segenap impian kita.

Dari gambar di atas, ada lima jenis hobi yang perlu dijalankan yakni :

  1. One hobby to make money
  2. One hobby to keep you in shape
  3. One hobby to keep you creative
  4. One hobby to build knowledge
  5. One hobby to transform your mindset

Mari kita bedah satu demi satu sambil ditemani secangkir cappucino caramel yang hangat.

One Hobby to Make Money

Waini. Betapa indahnya kalau seseorang bisa menjalani pekerjaan yang memang menjadi hobi atau kegemarannya. Surga adalah saat seseorang bisa menekuni hobinya dan kemudian malah dibayar karena melakukan hobi tersebut.

One hobby to make money artinya kita memang memiliki hobi yang bisa menghasilkan uang. Sekali lagi, sedap rasanya kalau bisa menemui kondisi semacam ini.

Dalam kasus personal saya, saya kebetulan memiliki hobi yang bisa memberikan income tambahan (meski bukan penghasilan satu-satunya). Hobi saya ini adalah menulis. Saya memang sejak kuliah dulu punya hobi menulis. Makanya saya rajin ngeblog juga.

Dari hobi menulis ini, saya kemudian bisa menulis buku dan menulis bahan-bahan presentasi pelatihan yang kemudian saya jual secara online. Dan so far, dari hobi menulis ini saya bisa menghasilkan uang yang rasanya cukup buat beli rumah.

Semoga Anda juga bisa menghasilkan uang dari salah satu hobi yang Anda sukai. Coba renungkan, apa hobi Anda yang bisa Anda “monetisasikan” atau bisa Anda manfaatkan untuk bisa menghasilkan income tambahan. Kalau Anda berhasil menemukannya, saya jamin hidup Anda akan lebih membahagiakan.

One Hobby to Keep You in Shape

Hobi ini adalah hobi yang bikin tubuh kita sehat dan bugar.

Yang sekarang terjadi justru sebaliknya. Banyak orang menjalani hobi yang justru membuat badan jadi tidak sehat. Misal hobi begadang, hobi makan junk foods, hobi merokok, hobi main hape sambil rebahan (sehingga tidak pernah menggerakkan badan dan otot jadi nggelambir).

Kalau kasus saya, hobi yang saya jalani untuk membuat tubuh bugar adalah jalan kaki setiap pagi jam 6 selama 3 KM (artinya dalam sebulan rata-rata saja jalan kaki 90 KM). Saya suka sekali dengan ritual jalan pagi ini. Selain bisa menghirup udara segar, entah kenapa hati saya selalu merasa hepi saat melakukan aktivitas ini. Mungkin karena banyak taman dan pohon hijau di sepanjang rute jalan kaki saya.

Apa hobi Anda yang bikin tubuh Anda bugar? Gowes? Lari? Renang? Atau olahraga lainnya? Kalau bisa jalani hobi ini. Selain bikin happy, tubuh juga akan jadi segar kembali.

One Hobby to Keep You Creative

Intinya hobi ini adalah hobi yang bisa bikin kita jadi lebih kreatif. Ada banyak hobi yang terbukti secara ilmiah akan bisa bikin otak kita jadi lebih kreatif. Misal jalan-jalan ke tempat baru, berkebun (gardening), jalan-jalan ke museum, hingga mendaki gunung dan menikmati pemandangan hutan dan alam yang hijau.

Usahakan agar hobi kreatif ini juga murah meriah.

Yang acapkali terjadi sejumlah orang menekuni hobi yang justru butuh biaya mahal (contoh hobi koleksi aneka benda mahal, atau hobi pakai motor mahal dengan asesori yang juga mahal, atau hobi belanja online).

Kadang ada orang yang rela menghabiskan uang hingga puluhan atau bahkan ratusan juta demi memuaskan hobinya. Alamakkk. Kalau begini, bukannya menghasilkan uang, hobi kita justru membuat kita bokek.

One Hobby to Build Knowledge

Hobi ini adalah hobi yang bisa bikin kita makin pintar atau makin bertambah skills dan wawasannya. Ada sejumlah hobi yang bisa dilakukan untuk aspek ini, misal : membaca buku, membaca artikel panjang, mendengarkan podcast berfaedah, nonton konten edukatif via Youtube, hingga hobi melakukan beragam eksperimen nyata untuk mengasah skills (seperti misalnya hobi memasak dan hobi fotografi).

Saya kebetulan punya hobi membaca buku. Tiap malam saya biasanya mengalokasikan waktu hingga 2 jam untuk membaca buku. Kalau malam, saya tidak pernah nonton televisi, Netflix, drama Korea, dan sejenisnya. Saya lebih suka membaca buku sebab ini memang hobi saya. Kalau membaca buku yang bagus, jiwa saya selalu merasa super happy.

One Hobby to Transform Your Mindset

Hobi ini intinya adalah sebuah kegemaran yang bisa membuat mindset kita menjadi lebih tenang, optimis dan positif dalam memandang kehidupan dan masa depan. Ada sejumlah hobi yang bisa kita tekuni untuk membuat mindset kita tumbuh secara positif, misal : hobi meditasi, hobi bersyukur, hobi berbuat kebaikan, hingga hobi menyimak aneka kisah inspiratif dan mencerahkan.

Hobi saya dalam aspek ini adalah melakukan meditasi setelah shalat Tahajud, sekitar  jam 4 dinihari. Melakukan “dzikr meditation” (meditasi sambil merapal kalimat dzikr secara berulang) adalah ritual yang sangat saya sukai, karena membuat batin saya merasa lebih tenang, bahagia dan “meaningful”.

DEMIKIANLAH, lima jenis hobi yang selayaknya kita tumbuhkan dan kita jalani dengan konsisten.

Coba Anda renungkan apa saja hobi Anda dalam lima jenis aspek di atas.

Jalani hobi yang produktif, berfaedah dan murah meriah; demi hidup yang lebih menyenangkan.

Laydown

Related Post

Uang Saya di Paypal (Nyaris) di Curi oleh Maling-maling Digital Sebagai online business player, selama ini saya mengandalkan layanan Paypal untuk menerima pembayaran dari pembeli (terutama pembeli dari manca negara...
5 Mitos Berbahaya yang Wajib Anda Ketahui tentang Uang dan Kekayaan Ini mungkin sebuah kalimat magis yang ingin diraih oleh kebanyakan orang. Kemakmuran. Prosperity. Keberlimpahan. Pada akhirnya, kita semua berjibak...
Uang 200 juta : Buat Beli Honda Jazz Terbaru atau Jalan-jalan Keliling Dunia? Jika Anda mendapat rezeki nomplok sebesar Rp 200 juta, apakah lebih baik digunakan untuk membeli Honda Jazz seri terbaru, atau digunakan untuk biaya j...