9 Tips Praktikal untuk Membuat Jiwa Anda Happy dan Super Kreatif

Dalam sajian kali ini, saya akan mengajak Anda untuk menjelajahi dan menerapkan secara konsisten 9 tips praktikal dan sekaligus simpel untuk merawat jiwa yang bahagia; dan pada gilirannya akan membuat otak Anda menjadi lebih kreatif.

9 tips ini selayaknya lebih sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang Anda lalui.  9 tips praktikal ini, based on science, terbukti memberikan dampak bagus bagi pengembangan jiwa yang happy.

Berikut 9 tips kebahagiaan yang layak dijalani secara lebih sering dan rutin :

1. Rajin olahraga.

Puluhan studi mengkonfirmasi tubuh yang rajin bergerak akan benar-benar membuat otak pelakunya menjadi lebih happy. Aktivitas olahraga mampu merilis zat endorfin yang membahagiakan dan membuat jiwa happy. Karena itu, usahakan agar Anda bisa melakukan aktivitas ini. Misal Anda bisa memulainya dengan jalan kaki atau gowes pagi saat weekend.

2. Rutin jalan-jalan ke taman yang hijau.

Atau berkebun kecil di halaman rumah. Aktivitas berkebun atau jalan-jalan ke taman yang hijau sambil mensyukuri aneka bunga dan pepohonan yang rindang dan hijau, terbukti membuat jiwa Anda akan menjadi lebih tenang dan happy.

3. Lebih sering senyum dan mengucapkan terima kasih pada orang lain.

Berbuat baik itu sesederhana memberikan senyum tulus, dan ucapan terima kasih pada orang lain yang telah membantu kita, siapapun dia (entah dia rekan kerja di kantor, OB, tukang parkir, abang gojek, penjual gado-gado atau satpam di kompeks).

4. Rajin sedekah.

Studi yang dilakukan pakar kebahagiaan Profesor Sonya Lubyomisrksi menemukan, orang yang dermawan ternyata jiwanya akan lebih happy dibanding yang pelit. Dan karena jiwanya makin happy, orang dermawan ini akan makin sukses dalam kehidupannya.

5. Rutin melakukan tafakur atau meditasi.

Aktivitas tafakur atau meditasi intinya adalah Anda duduk diam, selama sekitar 5 menit, sambil merenungkan kebesaran Sang Ilahi disertai ucapan rasa syukur alhamdulilah atas segala karuniaNYA. Aktivitas ini juga bisa digabungkan dengan Gratitude Ritual atau Ritual Bersyukur, dimana kita duduk diam merenungkan tiga anugerah kecil yang layak kita syukuri dari hari ke hari. Riset ilmiah membuktikan kegiatan tafakur atau meditasi ini sangat powerful dampaknya bagi ketenangan batin dan kebahagiaan jiwa.

6. Sering berbuat kebaikan pada orang lain.

Ada istilah random act of kindness. Kita rutin memberikan kebaikan pada orang lain secara random. Kebaikan bisa berupa macam-macam : misal memberikan jalan pada orang lain, selalu menghormati antrian, memberi tempat duduk bagi lansia, mendahulukan orang yang keluar dari lift, membuang sampah di jalanan, membantu pembangunan perpustakaan umum, berbagi ilmu renyah secara konsisten melalui media online, mengkampanyekan gaya hidup sehat, atau apa saja yang bermakna kebaikan bagi orang lain dan semesta. Studi dalam happiness science menemukan fakta : orang yang rajin berbuat kebaikan, maka jiwanya akan menjadi lebih bahagia.

7. Jalani hobi Anda.

Akan lebih bagus jika hobi ini murah meriah dan bermanfaat. Misal hobi olahraga (bisa hobi lari, jalan kaki, gowes, yoga, dll). Atau hobi membaca buku. Atau hobi berkebun. Atau Anda bisa menjalani hobi lain sesuai minat Anda, dan hobi ini punya peluang untuk menghasilkan income sampingan. Misal hobi koleksi jam tangan kuno, koleksi batu akik, koleksi sneakers, atau koleksi lainnya (Anda bisa dapat income dari hobi jual beli koleksi ini). Hobi lain yang mungkin bisa menghasilkan adalah : hobi menulis/blogging, hobi memasak, hingga hobi mendesain baju.

8. Rutin jalan-jalan atau melakukan traveling ke tempat-tempat yang baru dan masih asing bagi diri Anda (bisa ke pulau lain di tanah air, atau ke luar negeri).

Jelajahi tempat-tempat yang indah, pelajari budaya, tata kota, pemandangan lokasi wisatanya, hingga kelezatan kulinernya. Jalan-jalan ke tempat baru yang indah dan penuh petualangan, bisa makin membuka wawasan berpikir Anda, dan juga akan selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan dan membahagiakan.

9. Kejarlah impianmu hidupmu.

Life is too short. Don’t sacrifice your dreams. Masing-masing dari kita mungkin punya impian personal yang ingin diwujudkan. Sebaiknya jangan yang dilamunkan. Take actions. Start small. Lalu, teruslah berusaha untuk membuat impianmu itu terwujud. Sebab ada sebuah studi yang meyebutkan : ternyata saat nanti sudah tua, banyak orang yang menyesal karena tidak melakukan apa yang dia mau saat masih muda. Berbuat sesuatu demi wujudkan impianmu adalah juga sebuah proses yang bisa membuat jiwamu bahagia; meski proses ini acapkali panjang, melelahkan da penuh tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan. But, always believe in your dream. And make it happen.

Demikianlah 9 tips praktikal yang layak dijalankan dalam strategi mengejar sukses kebahagiaan jiwa. Dan percayalah, saat jiwamu happy, maka sel otak Anda akan mekar dan bikin Anda menjelma menjadi insan yang super kreatif.