Strategi Jitu untuk Melawan Godaan Hedonic Treadmill agar Kita Tak Jatuh Miskin

Dalam sajian artikel beberapa waktu lalu, kita telah membahas tentang fenomena hedonic treadmill. Atau sebuah fenomena saat level kepuasan hidup kita tidak akan pernah naik-naik meski level penghasilan sudah naik berlipat. Kenapa begitu? Karena ekspektasi dan gaya hidup kita pasti ikut naik, sejalan dengan kenaikan penghasilan yang terjadi.

Lalu harus bagaimana? Apa yang kudu dilakoni agar kita bisa terhindar dari jebakan hedonic treadmill yang diam-diam akan selalu menggerogoti penghasilan kita ini? Berikut terdapat satu langkah praktikal yang layak dijalani demi masa depan finansial yang lebih sehat.

Terapkan Metode Auto Debet untuk Investasi

Seperti yang telah diuraikan dalam artikel tentang hedonic treadmill, ekspektasi dan godaan nafsu untuk membeli aneka benda materi acapkali terus membayang – apalagi di saat pas tanggal gajian atau saat menerima rezeki bonus atau insentif lainnya.

Tanpa disiplin diri yang tangguh, acapkali kita kalah dengan nafsu konsumtif dan dorongan untuk membeli aneka keinginan hidup ini. Apalagi sekarang juga makin marak layanan mobile banking dan digital payment. Hanya dengan tap tap dan klik, kita bisa dengan mudah membeli aneka barang dan makanan yang kita ingin beli.

Keasyikan berbelanja onlien dan menggunakan uang digital semacam itu kadang membuat kita keasyikan. Tau-tau saldo sudah habis saja. Padahal tanggal gajian masih lama akan  datang lagi.

Itulah kenapa kita perlu mencoba menerapkan sistem auto debet. Jadi dalam sistem ini Anda sudah memilih produk instrumen investasi tertentu yang Anda inginkan, misal berupa produk reksadana, saham, emas, dinar, deposito, atau yang lainnya.

Nah Anda kemudian bisa menggunakan fitur auto debet untuk rutin membeli produk investasi tersebut secara otomatis tiap bulan.  Nilainya bisa Anda tentukan terlebih dahulu. Dengan fitur ini maka secara otomatis, tiap bulan rekening tabungan Anda akan dipotong untuk dialokasikan buat membeli produk investasi yang sudah Anda pilih.

Sejumlah studi tentang perilaku keuangan menunjukkan, fitur autodebet adalah salah satu inovasi simpel dan terbaik, dalam mendorong level disiplin seseorang untuk melakukan proses investasi. Sebab dengan fitur ini, Anda tidak lagi pusing mikir mau investasi kemana tiap bulannya. Anda juga tidak mesti ribet transfer tiap bulan secara manual – yang sering lupa karena aneka kesibukan.

Yang tidak kalah penting, dengan fitur auto debet maka tiap bulan Anda secara pasti sudah mengalokasikan dana tertentu untuk keperluan investasi yang produktif. Dengan demikian, jatahnya sudah sejak awal disiapkan. Anda seolah dipaksa untuk mengalokasikan dana tertentu demi kepentingan yang produktif tiap bulannya.

Cara untuk melakukan auto debet ini adalah Anda tentukan dulu produk investasi apa yang ingin Anda lakukan tiap bulannya. Anda bisa berkonsultasi dengan bank dimana Anda menabung. Kini makin banyak bank yang memili layanan penjualan aneka produk investasi dan juga menyediakan fitur auto debet.

Setelah mempelajari informasi dari CS bank, Anda bisa menentukan produk investasi apa yang ingin Anda mulai tumbuhkan, dan berapa dana yang akan Anda alokasikan tiap bulannya dalam fitur auto debet.

Seperti yang telah ditulis di depan, bahaya laten hedonic treadmill ini amat kuat mempengaruhi kondisi psikologis kita sebagai manusia (yang lemah dan sering khilaf). Sistem auto debet investasi adalah salah satu jenis pertahanan terbaik untuk menahan serbuan bahaya laten itu.

Dengan sejak awal menetapkan dana tetentu untuk keperluan investasi masa depan, maka Anda akan terhindari dari jebakan nafsu hedonis yang terus menggoda. Sebuah jebakan konsumtif yang acap membuat kita membelanjakan uang dalam jumlah banyak, tapi tak pernah meninggalkan jejak yang bermakna.

Anda ingin mendapatkan Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia secara GRATIS? Silakan KLIK gambar di bawah ini.

Related Post

Doni Salmanan, Indra Kenz dan Masa Depan Investasi Kita  Beberapa waktu lalu, dua affiliator trading berbasis binary option yakni Doni King Salmanan dan Indra Kenz ditangkap polisi, karena kegiatan ...
3 Prinsip Investasi Paling Menguntungkan Bagi Masa Depan Keuangan Anda Salah satu cara untuk melipatgandakan aset kekayaan Anda adalah melalui kegiatan investasi finansial.  Melalui kegiatan inilah, sejatinya An...
Strategi Investasi yang Paling Ampuh untuk Meraih Financial Freedom Salah satu instrumen penting dalam perjalanan panjang nan terjal untuk meraih financial freedom adalah strategi investasi yang jitu. Beberapa waktu...